Technology

Vektor Adalah: Kelebihan-Kekurangan, Bedanya dengan Bitmap, dan Rekomendasi Aplikasinya

Published on
Min read
6 min read
time-icon
Anisa Sekarningrum

Content writer experiences in digital marketing, startup, and writing feature article. 

H1_1._Vektor_Adalah_Kelebihan-Kekurangan__Bedanya_dengan_Bitmap__dan_Rekomendasi_Aplikasinya.jpg

Dalam desain ada istilah gambar vektor dan bitmap. Apa itu vektor? Lalu, apa bedanya vektor dengan bitmap? Yuk, simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Apa itu vektor?

seseorang sedang menggambar vektor di tablet
Vektor adalah gambar gabungan titik dan garis yang menggunakan rumus matematika - Pexels

Vektor adalah gambar yang terdiri dari gabungan titik dan garis (poligon). Gambar vektor adalah kombinasi dari proses rumus matematika khusus dalam pembuatan gambar. Pada alur vektor, atribut dapat ditambahkan agar dapat membuat bentuk yang diinginkan. Vektor juga dapat ditambahkan dan menghilangkan atribut seperti ketebalan, garis, warna, nodes, dll.

Kiddle menjelaskan bahwa vektor adalah grafik yang menggunakan objek geometris seperti titik, garis, kurva dan poligon untuk memodelkan gambar. Sementara Computer Hope menjelaskan istilah vektor adalah penunjuk (pointer) atau larik (array) dengan hanya satu dimensi. Sedangkan dalam grafik komputer (computer graphics), istilah vektor menggambarkan garis dengan titik awal dan akhir.

Umumnya, grafik vektor digunakan oleh desainer grafis untuk membuat grafik yang perlu diskalakan. Sifat dari grafik vektor sendiri adalah setiap garis, kurva, bentuk dan warna ditentukan sesuai dengan matematis saat ingin memperbesar dan memperkecil gambar. Gambar vektor sendiri banyak dimanfaatkan dalam ilustrasi berukuran kecil seperti kartu nama atau berukuran besar seperti papan iklan.

Gambar vektor juga cocok untuk desain logo, papan reklame, baliho dan desain lain terutama untuk sesuatu yang dicetak dalam ukuran besar, dan juga bisa dikonversi ke tampilan 3D. Contoh format gambar vektor adalah CDR, EPS, PDF, AI, FH, SVG, dan lain-lain. Sementara contoh format gambar bitmap adalah JPEG, BMP, PNG, dan GIF. Bitmap sendiri adalah gabungan titik yang bercampur dengan warna menjadi sebuah susunan dari beberapa pixel warna di dalam grafis komputer.

Baca juga: 10 Situs download vector gratis terbaik di tahun 2022

Kelebihan dan kekurangan vektor

seorang ilustrator sudang membuat vektor di pentab
Salah satu kelebihan gambar vektor adalah proses membuat gambarnya umumnya lebih mudah karena mudah diskalakan - Pexels

Kelebihan dan kekurangan dari grafis vektor adalah sebagai berikut.

Kelebihan vektor Kekurangan vektor
Gambar vektor tidak bergantung pada resolusi sehingga dapat langsung diubah ke bentuk dan ukuran tanpa harus menurunkan kualitas grafis sehingga tidak mudah pecah Umumnya warna akan sedikit berbeda dari objek aslinya
Proses membuat gambar umumnya lebih mudah Minimnya efek khusus atau warna seperti gradasi, sehingga sulit jika ingin dibuat gambar realistis
Hasil grafis vektor dapat dicetak dengan printer dalam kualitas terbaik. Saat ingin mengonversikan objek gambar vektor ke gambar bitmap, hasilnya tidak bisa menampilkan vektor utama
Umumnya ukuran file lebih kecil sehingga kapasitas penyimpanan objek gambar vektor umumnya lebih efisien Tidak dapat menampilkan gambar dan gradasi secara realistis atau senatural gambar umumnya
Grafis vektor dapat di-layering Grafis vektor sulit untuk dimodifikasi dan ditampilkan ketika tidak dibuka di program yang memahami bahasa rendering
Setiap objek dan atribut dalam grafis vektor dapat diedit secara terpisah Grafis vektor tidak sesuai untuk gambar yang kompleks seperti foto digital

Baca juga: 15 Free image websites yang menyediakan ikon vektor untuk desain

Perbedaan vektor dengan bitmap 

seorang ilustrator sedang menggambar vektor di tablet
Perbedaan gambar vektor adalah kualitas gambarnya tidak bergantung pada pixel tidak seperti gambar bitmap - Pexels

Perbedaan gambar vektor dengan bitmap adalah sebagai berikut.

Gambar vektor Gambar bitmap
Terbentuk dari karya dan garis Terbentuk dari titik atau dot
Ukuran file penyimpanan kecil Ukuran file penyimpanan besar
Detail gambar tetap saat diperbesar Detail gambar menjadi tidak jelas saat diperbesar
Kualitas gambar tidak bergantung pada pixel Kualitas bergantung pada banyak pixel

Baca juga: Kenali apa itu bitmap dan bedanya dengan vektor dalam desain grafis

Aplikasi untuk membuat gambar vektor

seorang desainer sedang menggambar di tablet
Ada banyak sekali aplikasi pembuat gambar vektor seperti CorelDraw dan Adobe Illustrator - Pexels

Beberapa rekomendasi aplikasi untuk membuat gambar vektor adalah sebagai berikut.

1. CorelDraw

CorelDraw adalah salah satu aplikasi pembuat vektor yang paling digemari oleh para desainer. Aplikasi ini memiliki fitur menarik seperti tool Live Sketch yang dapat mengubah gambar freehand menjadi vektor tanpa harus melakukan tracing secara manual ataupun melalui scan kertas.

2. Adobe Illustrator

Adobe Illustrator juga tidak kalah populer di kalangan para desainer grafis profesional karena tampilan antarmuka yang sederhana. Banyak tools yang dapat digunakan sehingga sangat membantu proses pembuatan desain. Namun, banyak pengguna pemula yang merasa cukup sulit menguasai aplikasi ini.

3. Adobe Capture

Selain Adobe Illustrator, ada juga Adobe Capture: Vector & Pattern Maker yang dapat digunakan untuk membuat gambar vektor. Aplikasi ini menawarkan beragam fitur canggih yang berkaitan dengan vector art.

4. Affinity Designer

Aplikasi yang satu ini juga memiliki keragaman fitur dan tools yang membantu desainer grafis. Mudahnya aplikasi ini saat digunakan di komputer, baik itu Windows maupun macOS, juga menjadi salah satu alasan desainer menyukai aplikasi ini. Aplikasi ini memiliki warna yang menonjol di mata sehingga dapat menghasilkan gambar yang menakjubkan.

5. Inkscape

Aplikasi ini banyak direkomendasi untuk desainer pemula karena banyaknya fitur dan tools yang mudah digunakan. Gambar vektor yang dihasilkan aplikasi ini dapat diekspor ke dalam format SVG, AI, juga CDR.

6. SVG-edit

Aplikasi desain untuk gambar vektor ini menggunakan JavaScript yang dapat mengekspor desain berbasis vektor. Aplikasi ini memiliki fitur dan tampilan yang sederhana serta menyediakan tools dasar untuk membuat bentuk dan garis serta opsi untuk memasukkan gambar yang berbasis bitmap.

7. Vectr

Aplikasi ini banyak digunakan untuk membuat dan mengedit gambar vektor oleh desainer pemula karena gratis. Aplikasi ini juga dapat dijalankan di Windows dan macOS, sehingga memudahkan siapapun yang ingin mendesain brosur, logo, kartu nama, dll.

8. Bloom

Bloom adalah aplikasi yang ringan dan cepat serta mendukung berbagai jenis platform. Ada beragam fitur seperti filter, efek, sapuan kuas hingga pengeditan vektor, sehingga kamu dapat melanjutkan pengeditan yang sudah pernah dibuat tanpa harus mengulang proses desain dari nol.

Baca juga: 10 Software desain grafis 2022 yang gratis dan berbayar

Itu tadi informasi mengenai gambar vektor dan perbedaannya dengan gambar bitmap. Apakah kamu sedang mencari pekerjaan desainer? Yuk, coba daftarkan diri kamu untuk menjadi talent di EKRUT. Semua proses dan bantuan profesional di talent marketplace EKRUT gratis. Kamu – sebagai talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang di EKRUT!

Sumber:

  • kb.iu.edu
  • kompas.com
  • pranataprinting.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1-3_Cara_Mengatur_Margin_di_Word_Sesuai_Kebutuhan_Agar_Pekerjaanmu_Semakin_Mudah.PNG

    Technology

    3 Cara Mengatur Margin di Word Sesuai Kebutuhan Agar Pekerjaanmu Semakin Mudah

    Lita Lia

    05 December 2022
    4 min read
    H1_tiktok_affiliate.jpg

    Technology

    Cara Daftar TikTok Affiliate Terbaru 2022 untuk Menambah Penghasilan

    Alvina Vivian

    05 December 2022
    6 min read
    aaron-weiss-_x6XZ_jp0g8-unsplash_(2).jpg

    Technology

    Cara Berjualan di TikTok Shop dan 6 Tips Agar Cepat Laris

    Fakhrizal Muttaqien

    05 December 2022
    6 min read

    Video