Published on

Expert's Corner

CorelDRAW adalah: Fungsi, fitur, harga beserta kelebihan dan kekurangannya

Anisa Sekarningrum

H1_1._CorelDRAW_adalah_Fungsi__fitur__harga_beserta_kelebihan_dan_kekurangannya.png

Apakah kamu seorang desainer pemula yang membutuhkan rekomendasi software untuk membuat desain selain software Adobe? Simak penjelasan mengenai software editor grafis CorelDRAW berikut ini.

Apa itu CorelDRAW?


CorelDRAW adalah editor grafis vektor ciptaan Corel Corporation - Pexels

CorelDRAW adalah editor grafis vektor yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel Corporation dari Ottawa, Kanada.  CorelDRAW adalah software yang dirancang untuk mengedit gambar dua dimensi seperti vektor, ilustrasi dan edit foto, sehingga banyak perusahaan percetakan yang menggunakan software ini.

Saat dirilis pertama kali tanggal 16 Januari 1989, CorelDRAW dikembangkan untuk Microsoft Windows 2.1, Windows 3.1x, CTO dan OS/2. Versi terbaru CorelDRAW Graphics Suite 2021 (setara dengan versi 23) yang dirilis pada Maret 2021 tersedia lintas platform untuk pengguna Windows, MacOS, Website, iPad dan perangkat seluler lainnya.

Pada versi CorelDRAW Graphics Suite 2021 tersedia fitur baru seperti aset manajemen dinamis, akses ke online Google fonts, live comments, kolaborasi alur kerja, menggambar dalam perspektif, tampilan multi page, penyesuaian gambar, ekspor multi-asset, project dashboard, halaman docker/inspector, halaman autofit, bantuan HEIF, ekspor/impor koleksi font, penggantian warna, dan beberapa fitur yang mendapat peningkatan.

Baca juga: 6 Rekomendasi Kursus Desain Grafis Online Gratis

Fungsi CorelDRAW


Brosur adalah salah satu media visual yang dapat dibuat menggunakan CorelDRAW - Pexels

CorelDRAW adalah software yang memiliki banyak fungsi untuk membantu kamu mendesain media visual yang kamu butuhkan seperti beberapa contoh berikut ini.

1. Membuat desain logo

Logo adalah elemen yang sangat penting bagi sebuah perusahaan, brand, produk ataupun instansi. Desainer menggunakan CorelDRAW untuk membuat desain logo yang cocok untuk kebutuhan klien mereka.

Baca juga: +10 Aplikasi Pembuat Logo Terbaik Dan Mudah Digunakan Untuk Pemula

2. Membuat desain brosur, poster, dan undangan

Dengan menggunakan CorelDRAW kamu dapat membuat desain yang menarik untuk brosur, poster, dan undangan dengan membuat kombinasi font dengan gambar dan beragam warna.

3. Membuat desain sampul buku

Sampul buku yang menarik dapat membantu pembaca tertarik untuk melihat lebih lanjut mengenai buku tersebut. CorelDRAW juga dapat membantu desainer membuat sampul buku dengan beragam style mulai dari desain sederhana hingga desain yang kompleks.

4. Membuat ilustrasi

Kamu dapat menggambar ilustrasi di CorelDRAW dengan menggabungkan vektor, gambar, dan menggunakan beragam pilihan warna yang tersedia di software ini.

5. Membuat Kartun

Dengan menggabungkan garis dan lengkungan, kamu bisa menciptakan gambar tokoh imajinatif dengan software CorelDRAW ini. Gabungkan tokoh tersebut dengan alur cerita yang menarik dan kamu dapat membuat kartunmu sendiri.

Baca juga: Desainer Grafis: Tanggung Jawab, Skill-Set, Dan Proyeksi Karier 2021 

Fitur unggulan aplikasi CorelDRAW


Salah satu fitur unggulan CorelDRAW adalah PowerTRACE™ yang dapat melakukan konversi bitmap ke vektor dengan cepat - Pexels

CorelDRAW adalah software yang memiliki beberapa fitur unggulan seperti.

1. Kolaborasi

CorelDRAW memiliki fitur kolaborasi yang dapat membantu kamu bekerja sama dengan desainer lain. Kamu dapat dengan mudah melihat dan mengedit file tersebut bersama banyak orang lainnya. 

2. Alat tipografi

CorelDRAW menyediakan alat tipografi yang dapat membantu kamu membuat atau mengkreasikan font kamu sendiri dengan mempertebal atau menipiskan huruf dari font tersebut.

3. PowerTRACE™

Keunggulan CorelDRAW adalah dapat melakukan konversi bitmap menjadi vektor dengan cara yang lebih mudah dan cepat. Kamu dapat melakukan konversi bitmap ke objek vektor, mencoba melakukan ekstrak garis tengah bitmap atau outline dari bitmap

Baca juga: 11 Skills Graphic Designer Ini Wajib Kamu Miliki Agar Sukses

Harga aplikasi CorelDRAW


Ada dua pilihan paket dalam CorelDRAW Graphics Suite 2021 - Pexels

CorelDRAW Graphics Suite 2021 dijual dalam dua pilihan paket yaitu paket tahunan dan paket satu kali pembelian untuk selamanya. Paket tahunan dapat dibeli dengan harga US$399.00/tahun atau sekitar Rp 5.678.089, sementara paket satu kali pembelian dijual dengan harga US$785.00 atau sekitar Rp 11.171.178 (kurs dihitung per Oktober 2021).

Kelebihan dan kekurangan CorelDRAW


Salah satu kelebihan CorelDRAW adalah resolusi yang besar sehingga hasil gambarnya tidak pecah saat dicetak - Pexels

Seperti software lain, CorelDRAW memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai berikut.

Kelebihan Kekurangan

Mudah digunakan
Dengan tampilannya yang mudah dipahami dan fitur yang mudah dipelajari, membuat pengguna lebih mudah terbiasa dengan tata letaknya, sehingga CorelDRAW adalah software yang banyak direkomendasikan untuk desainer pemula. 

Sulit membuat tabel
Sayangnya kamu akan kesulitan membuat tabel di CorelDRAW karena software ini berbasis vektor, sehingga saat membuat tabel kamu mungkin butuh usaha yang lebih agar menghasilkan tabel yang kamu inginkan.

Format file impor/ekspor yang cukup lengkap dengan resolusi tinggi
CorelDRAW menyediakan cukup banyak format untuk keperluan menyimpan, impor dan ekspor data, contohnya format AI agar file dapat dibuka di software Adobe Illustrator. File akhir yang dihasilkan juga memiliki resolusi tinggi sehingga gambar yang dicetak tidak akan pecah.

Ukuran file yang besar
Kekurangan terbesar CorelDRAW adalah ukuran filenya yang besar, sehingga untuk memasang software ini kamu membutuhkan PC dengan spesifikasi mumpuni dan kapasitas RAM yang tinggi, karena ukuran file mentah hasil desain yang dibuat cukup besar.
Tersedia banyak alat
CorelDRAW adalah software yang menyediakan beragam alat dengan fungsi menarik seperti selection, editing, dan pemberian efek. 

Color space yang perlu dikoreksi
Walaupun tersedia banyak tool di software ini, namun banyak desainer yang kurang menyukai hasil warna yang dihasilkan karena akurasi warna dari palet yang dihasilkan secara digital seringkali berbeda setelah dicetak.

Bedanya CorelDRAW dengan Adobe Photoshop


CorelDRAW adalah software yang seringkali dibandingkan dengan software lain seperti Adobe Photoshop  - Pexels

CorelDRAW seringkali dibandingkan dengan software desain lain, salah satunya Adobe Photoshop, berikut perbedaannya.

Poin perbedaan CorelDRAW Adobe Photoshop
Pembuat dan tanggal pembuatan Corel Corporation pada Januari 1989 Adobe Systems pada Februari 1990
Digunakan untuk Sebuah software grafis berbasis vektor untuk membuat grafis, membuat logo, banner atau komik Sebuah program untuk menerjemahkan data berbasis pixel untuk membuat grafis dan mengedit gambar seperti fotografi atau videografi
Kandungan dalam satu layer Dapat mengandung beberapa objek Dapat mengandung copian dari objek singles
Resolusi Resolusi gambar lebih tinggi sehingga tidak akan pecah saat di zoom Resolusi gambar lebih rendah sehingga dapat berubah
Beban PC saat software digunakan CorelDRAW membebani prosesor Photoshop cenderung membebani memori dan GPU ketika akselerasi GPU diaktifkan
Digunakan oleh Umumnya digunakan oleh percetakan, web designer, graphic designer, ux designer Umumnya digunakan oleh fotografer dan graphic designer

Baca juga: 10 Software Desain Grafis 2021 Yang Gratis Dan Berbayar

Kamu ingin memiliki karier sukses sebagai desainer? Yuk, coba daftarkan diri kamu untuk menjadi talent di EKRUT.
Semua proses dan bantuan professional di talent marketplace EKRUT gratis. Kamu – sebagai talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang di EKRUT!

Itu tadi informasi mengenai CorelDRAW sebagai salah satu rekomendasi software untuk membuat desain media visual. Semoga informasi tersebut bisa membantu kamu dalam menentukan software desain yang akan kamu pilih untuk memvisualkan ide kreatifmu. Simak juga video berikut ini mengenai kreatif iklan yang efektif untuk meningkatkan conversion dalam digital marketing campaign.

Sumber: 

  • https://www.coreldraw.com/en/product/coreldraw/?pgid=2100019#features
  • https://www.coreldraw.com/en/
  • https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/13/190422069/perbedaan-adobe-photoshop-dan-coreldraw?page=all

Tags

Share