Published on

Expert's Corner

Waitress Adalah: Tugas dan Tanggung Jawab, Bedanya dengan Waiters, dan Proyeksi Kariernya 2022

Alvina Vivian

H1_waitress_adalah.jpg

Ketika mengunjungi kafe atau rumah makan, kamu akan dihampiri oleh seorang pelayan restoran. Dalam bahasa Inggris, seorang pelayan dipanggil dengan sebutan waitress dan waiters. Tetapi keduanya memiliki pengertian yang berbeda, lho. Pada artikel kali ini, kamu akan menemukan penjelasan mengenai apa itu waitress dan apa perbedaannya dengan waiters. Yuk, simak informasi lengkapnya berikut ini!

Baca juga: Ketahui 5 karakteristik entrepreneur dan cara untuk mencapainya

Apa itu waitress?


Seorang waitress bertanggung jawab melayani pengunjung (sumber: pexels)

Dalam bahasa Indonesia, waitress artinya seorang pelayan perempuan yang bertanggung jawab dalam melayani kebutuhan pengunjung saat berada di restoran, kafe, rumah makan, hotel atau kapal pesiar. Di Indonesia sendiri waitress dan waiters lebih sering dipanggil dengan pelayan atau pramusaji, tanpa ada perbedaan di keduanya.

Secara umum, tugas waitress adalah melayani pengunjung yang hadir mulai saat memasuki restoran hingga membersihkan meja pengunjung ketika sudah selesai. Saat ada pengunjung datang, seorang waitress akan menghampiri meja pengunjung sembari membawa buku menu. Kemudian, waitress menuliskan menu yang dipesan dan setelah makanan siap mereka akan menyajikannya di meja kamu.

Tugas seorang waitress


Memberikan pelayanan yang ramah adalah hal yang wajib bagi waitress (sumber: pexels)

Selain mengenal tugas seorang waitress dari penjelasan di atas, berikut merupakan beberapa daftar tanggung jawab waitress yang juga penting diperhatikan.

  • Berpenampilan rapi, menarik, sopan, dan wangi ketika bertugas
  • Bersikap profesional dan ramah
  • Menyambut tamu di pintu masuk atau dari meja kasir
  • Mengarahkan pengunjung yang hadir ke meja yang kosong
  • Memberikan daftar menu makanan dan minuman di tempat makan tersebut
  • Menawarkan menu signature atau makanan penutup
  • Menuliskan pesanan pengunjung dan memastikan menu yang dipastikan sudah benar
  • Memberikan pesanan ke meja kasir dan tim masak
  • Menyajikan makanan ke meja pengunjung
  • Memberikan bill
  • Membersihkan meja pengunjung yang telah digunakan

Tanggung jawab lain yang perlu dilakukan oleh waitress, yaitu bertanggung jawab terhadap kebersihan tempat makan, menjaga, serta meningkatkan rasa kepuasan pengunjung dengan memberikan pelayanan yang berkualitas, dan berkoordinasi dengan pemimpin atau head waitress.

Beberapa restoran, hotel, atau tempat makan lain ada yang memberlakukan peraturan dan ketentuan berpakaian dan cara melayani pengunjung dengan tepat pada karyawan. Hal ini tentunya untuk memastikan bahwa waitress yang bekerja telah memenuhi standar tempat bekerja dan dapat memberikan layanan yang baik bagi pengunjung.

Baca juga: 14 Film tentang bisnis yang inspiratif dan membuatmu semangat

Perbedaan waitress dengan waiters


Tidak ada perbedaan tugas antara waitress dan waiters (sumber: pexels)

Jika di Indonesia panggilan pelayan ditujukan untuk semua gender, baik perempuan maupun laki-laki, hal ini berbeda dengan sebutan waiters dan waitress. Tidak ada perbedaan mendasar dari tugas dan tanggung jawab yang diemban. Hanya saja, sebutan ini tergantung dengan jenis kelamin pelayan tersebut. Waiters ditujukan untuk seorang pelayan laki-laki. Sedangkan, waitress adalah seorang pelayan perempuan.

Pilihan karier waitress dan proyeksinya di tahun 2022


Tidak hanya di restoran, waitress juga bisa bekerja di tempat lain (sumber: pexels)

Seorang waitress tidak hanya bekerja di sebuah rumah makan saja. Lebih dari itu, ada beberapa pilihan karier waitress yang bisa dicoba. Cek penjelasan dan daftarnya berikut ini.

1. Restoran

Tempat kerja seorang pramusaji atau waitress yang paling umum adalah di restoran biasa hingga restoran bintang lima. Seorang pramusaji di restoran kebanyakan memiliki tugas umum seperti melayani pengunjung hingga membersihkan peralatan makan pengunjung yang telah dipakai.

2. Hotel

Seperti yang kita ketahui bahwa hampir semua hotel memiliki restoran di dalamnya. Tempat ini juga memiliki waitress yang siap melayani tamu hotel maupun pengunjung restoran. Umumnya, pihak pengelola hotel akan membuka lowongan waitress atau pramusaji dengan minimal pendidikan SMK perhotelan karena terdapat beberapa kesamaan dalam hal melayani pengunjung.

3. Bar atau kafe

Waitress yang bekerja di kafe umumnya akan bekerja secara tim dengan bartender yang meracik minuman. Tidak jarang juga profesi pramusaji ini kebanyakan menjadi satu tanggung jawab dengan peracik minuman. Sehingga tugas seorang waiters juga merangkap dengan profesi bartender.

4. Kapal pesiar

Selain di hotel, beberapa kapal pesiar berbintang juga memiliki restoran di dalam kapal. Menjadi seorang waitress di kapal pesiar tentu terdengar menarik, khususnya untuk kamu yang suka traveling. Meskipun terdengar mudah, namun menjadi seorang pramusaji di kapal pesiar punya tantangannya sendiri.

Misalnya saja kamu harus berpenampilan menarik, menguasai bahasa asing, dan tentunya berani mengambil risiko untuk meninggalkan kampung halaman bahkan dalam waktu lama karena ketika berlayar, sebuah kapal akan membutuhkan waktu berhari-hari untuk sampai ke tujuan.

5. Catering

Siapa sangka ternyata usaha catering juga menyediakan posisi waitress. Umumnya, seorang pramusaji dibutuhkan ketika ada acara pernikahan atau acara besar seperti konferensi, pertemuan penting, atau event formal lainnya. Meskipun tugas yang dilakukan tidak selengkap waitress di restoran, namun keberadaan waitress dari catering ini tetap memerlukan ketangkasan bekerja dan sikap ramah saat melayani tamu yang hadir. Perbedaanya adalah waitress catering tidak harus selalu stand by setiap hari, kamu hanya perlu bersiap ketika ada event yang akan diselenggarakan pada waktu-waktu tertentu saja.

Baca juga: Cloud kitchen, konsep bisnis kuliner baru yang sedang hits beserta 3 contohnya!

Setelah mengenali perbedaan waitress dan waiters, apakah kamu tertarik untuk mendalami karier ini? Jika kamu memiliki bekal skill yang dibutuhkan, tidak ada salahnya mencoba karier kamu menjadi seorang waitress. Kembangkan juga skill komunikasi agar nantinya ketika berkomunikasi dengan pengunjung, kamu dapat memberikan pelayanan terbaik.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • restofocus.com
  • dutapersadajogja.com
  • literacymiliter.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1-Branch_Manager__Pengertian__Tanggung_Jawab__Skill_set_Hingga_Gaji_2022.jpg

    Careers

    Branch Manager: Pengertian, Tanggung Jawab, Skill-set, hingga Gaji 2022

    Lita Lia

    30 June 2022
    5 min read
    cover_(3).jpg

    Careers

    Moderator: Pengertian, Manfaat, Tugas, dan Tips Menjadi Moderator yang Baik

    Detty Risetya

    20 June 2022
    5 min read
    Product_Management_Pilihan_karier__Skill-set__dan_Proyeksi_Karier_di_Tahun_2022.jpg

    Expert's Corner

    Product Management: Pilihan Karier, Skill-set, dan Proyeksi Karier di Tahun 2022

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    17 June 2022
    5 min read

    Video