Published on

Technology

15 Rekomendasi Website Ilustrasi Gratis Terbaik 2022

Sylvia Rheny

15_Rekomendasi_Website_Ilustrasi_Gratis_Terbaik_2022.jpg

Jika kamu melihat beragam desain terkini, jelas bahwa unsur grafis visual telah mengambil alih. Kamu bisa menggunakan ilustrasi untuk menyampaikan seluruh tujuan produk atau layanan tanpa harus menulis paragraf panjang tentang hal itu. Lebih jauh lagi, ilustrasi menyediakan banyak kontras warna sehingga kamu bisa menekankan informasi penting secara efisien. Ada banyak pencipta yang mendedikasikan waktu dan usaha mereka untuk memberikan banyak ilustrasi gratis yang dapat diakses melalui berbagai website penyedia ilustrasi. Berikut ini adalah 15 rekomendasi website ilustrasi gratis yang bisa kamu coba!

Baca juga: 10 Software Desain Grafis 2022 yang Gratis dan Berbayar

1. Pixabay


Website ilustrasi gratis Pixabay. (Sumber: Pixabay)

Pixabay adalah salah satu website ilustrasi gratis favorit. Pixabay menyediakan lebih dari 2 juta gambar vektor bebas royalti dan hak cipta. Website ilustrasi gratis ini juga menampung gambar dari ratusan situs lain. Oleh karena itu, Pixabay memiliki variasi stok gambar dan ilustrasi. Salah satu kelebihan Pixabay adalah user interface website-nya yang simpel sehingga kamu bisa menemukan ilustrasi hanya dengan mengetikkan kata kunci.

2. UnDraw


Website ilustrasi gratis UnDraw. (Sumber: UnDraw)

UnDraw telah beroperasi sejak 2017 dan dikelola sepenuhnya oleh Katerina Limpitsouni. Sejak meluncurkan website ilustrasi gratis atau perpustakaan ilustrasi open-source-nya, Katerina telah merancang lebih dari 500 ilustrasi dalam berbagai kategori. Melalui website ilustrasi gratis unDraw ini, kamu bisa mendapatkan file SVG yang bebas hak cipta dan mengatur warna ilustrasi langsung dari situs web. Selain itu, dengan memiliki akses ke file SVG, kamu juga dapat mengedit, menyesuaikan, dan menyatukan beberapa ilustrasi untuk desain yang sepenuhnya dikustomisasi.

3. Freepik


Website ilustrasi gratis Freepik. (Sumber: Freepik)

Freepik adalah website ilustrasi gratis yang tidak kalah diminati. Freepik menyediakan banyak kategori stok gambar dan ilustrasi gratis, mulai dari gambar vektor gratis, template kartu ucapan, brosur, pamflet, dan masih banyak lagi. Selain itu, Freepik juga memiliki editor template bawaan yang bisa disesuaikan dengan konten dan ide yang kamu miliki.

Ilustrasi di Freepik dapat diunduh dalam berbagai format seperti SVG, AI, dan EPS. Selain itu, vektor dan ilustrasi di Freepik adalah open-source dan tidak memerlukan atribusi. Website ilustrasi gratis ini cukup user-friendly, kamu cukup membuat akun dan bisa mulai mengunduh secara gratis stok gambar atau ilustrasi yang kamu butuhkan.

4. Shutterstock


Website ilustrasi gratis Shutterstock. (Sumber: Shutterstock)

Shutterstock adalah salah satu website ilustrasi gratis yang cukup besar dan telah lama ada. Shutterstock menyediakan lebih dari 50 juta desain dan telah membantu profesional kreatif dari semua latar belakang dan bisnis dari semua ukuran memproduksi karya terbaik mereka. Beberapa tools yang bisa digunakan di Shutterstock antara lain editor, konverter file, image resizer, dll.

5. Depositphotos


Website ilustrasi gratis Depositphotos. (Sumber: Depositphotos)

Depositphotos adalah website ilustrasi gratis populer yang memberikan 29 juta pengguna dengan akses perpustakaan ekstensif 230+ juta gambar royalti gratis, video, dan file musik. Situsnya memfitur seni dari 100.000 kontributor internasional. Selain itu, kamu bisa melihat dan mengunduh 70.000 file stock gratis dengan ilustrasi berkualitas tinggi.

Baca juga: 7 Contoh Gambar Ilustrasi beserta Ragam Jenis dan Teknik Pembuatannya

6. Iconscout


Website ilustrasi gratis Iconscout. (Sumber: Iconscout)

Iconscout adalah website ilustrasi gratis lainnya yang bisa kamu coba. Iconscout menyediakan SVGs, vector icons, ilustrasi, grafis 3D, dan lottie animaties yang telah dikurasi dengan total lebih dari 4,7 juta aset. Selain itu, menurut website resminya, terdapat lebih dari 5000+ aset baru ditambahkan setiap harinya.

7. Graphicmaker


Website ilustrasi gratis Graphicmaker. (Sumber: Graphicmaker)

Salah satu website ilustrasi gratis lainnya yang bisa kamu coba adalah Graphicmaker. Dengan Graphicmaker, kamu bisa mengedit file dengan tipe SVG dilengkapi dengan lebih dari 1000 elemen yang bisa kamu gunakan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan kustomisasi untuk menyesuaikan dengan identitas brand-mu.

8. Stubborn


Website ilustrasi gratis Stubborn. (Sumber: Stubborn)

Website ilustrasi gratis yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhan project kamu yang selanjutnya adalah Stubborn. Stubborn yang dibuat oleh Craftwork ini menawarkan kesempatan untuk merancang karakter menggunakan generator dengan benar-benar gratis. Terdapat berbagai pilihan grafik vektor untuk digabungkan menggunakan Stubborn ini.

9. ManyPixels


Website ilustrasi gratis ManyPixels. (Sumber: ManyPixels)

ManyPixels adalah website ilustrasi gratis yang sangat mirip dengan unDraw. Keduanya memiliki kreator yang berbeda, sehingga desain akan memiliki beberapa kualitas yang unik. Melalui website ilustrasi gratis ManyPixels, kamu masih bisa memilih warna default sebelum mengunduh semua ilustrasi gratis. Selain itu, kamu juga bisa mengunduh file dengan format SVG.

10. Freebie Supply


Website ilustrasi gratis Freebie Supply. (Sumber: Freebie Supply)

Jika kamu menggunakan Sketch atau Figma untuk workflow harian, kamu bisa menemukan puluhan ribu sumber daya gratis, termasuk ilustrasi. Nah, Freebie Supply adalah salah satu situs website ilustrasi gratis yang menyusun sumber daya tersebut ke dalam satu direktori tunggal.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Concept Art? Desain Ilustrasi Penting dalam Perfilman Beserta Skill-nya

 11. Ouch!


Website ilustrasi gratis Ouch!. (Sumber: Ouch!)

Ouch! atau Icons8 adalah website ilustrasi gratis yang berfokus pada desain ikon sebagai tujuan utama bisnis. Namun, baru-baru ini, Ouch! memperluas layanannya, termasuk ilustrasi gratis untuk penggunaan komersial pribadi.

12. Vivid.js


Website ilustrasi gratis Vivid.js. (Sumber: Vivid.js)

Vivid.js adalah website ilustrasi gratis untuk ikon SVG dinamis yang akan memberikan sentuhan baru untuk desain situs website-mu. Kamu dapat secara penuh melakukan kustomisasi terhadap ikon-ikon yang disediakan. Sejauh ini terdapat lebih dari 90 ikon berkualitas tinggi yang bisa kamu pilih dan sesuaikan.

13. Humaaans


Website ilustrasi gratis Humaaans. (Sumber: Humaaans)

Humaaans berfokus pada human aspect of design. Dengan website ilustrasi gratis ini, kamu bisa memilih berbagai pose, scene, komposisi, dan berbagai stiker untuk menghidupkan desain yang kamu buat. Jika kamu mengerjakan design project di mana perlu menambahkan sentuhan emosi dan liveliness, kamu bisa mencoba website ilustrasi gratis ini.

14. Interfacer


Website ilustrasi gratis Interfacer. (Sumber: Interfacer)

Rekomendasi website ilustrasi gratis selanjutnya yang bisa kamu coba adalah Inferfacer. Interfacer ini mencakup elemen seperti font, UI kits, ikon, dan paket ilustrasi. Setiap free resource gratis ini akan membawamu ke halaman download atau situs terpisah.

15. Ira Design


Website ilustrasi gratis Ira Design. (Sumber: Ira Design)

Ira Design adalah rekomendasi website ilustrasi lainnya yang memungkinkan kamu membuat ilustrasi khusus menggunakan komponen yang telah dibuat sebelumnya. Setiap komponen memiliki lima gaya gradien yang berbeda, dan kamu dapat mengunduhnya sebagai file SVG, AI, atau PNG.

Baca juga: 15 Free Image Websites yang Menyediakan Ikon Vektor untuk Desain

Nah, itulah 15 rekomendasi website ilustrasi gratis yang bisa membantu kamu untuk menemukan aset desain sesuai dengan kebutuhanmu. Perlu dicatat bahwa beberapa website mungkin menyediakan akses gratis secara terbatas, meskipun begitu kamu tetap bisa menggunakannya dengan bijaksana. Semoga bermanfaat, ya!

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Nah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan ternama!

Sumber:

  • dessign.net
  • themeisle.com
  • govisually.com
  • hayacademy.net

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-steve-johnson-13078553.jpg

    Technology

    Animasi: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

    Tio Derma

    21 September 2022
    8 min read
    0-youtube-dashboard.jpg

    Technology

    Apa Itu YouTube Dashboard? Berikut Penjelasan dan Cara Menggunakannya

    Arin Khurota

    21 September 2022
    5 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu Twibbonize? Berikut Fungsi dan Panduan Membuatnya 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read

    Video