Careers

14 Rekomendasi buku motivasi yang bikin semangat

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Nur Lella Junaedi

Enthusiastic to be part of the creative world especially as a content writer.

rekomendasi-buku-motivasi-EKRUT.jpg

Meski membangun motivasi diri bukan hal yang mudah, namun bukan berarti kamu dapat mengabaikannya begitu saja. Sebab, memiliki motivasi menjadi salah satu faktor penting yang dapat mendorongmu mencapai tujuan yang diinginkan. Lagi pula, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk menumbuhkan motivasi dalam diri. Misalnya dengan membaca buku-buku yang menginspirasi seperti beberapa rekomendasi buku motivasi berikut ini.

Baca juga: 10 Rekomendasi Buku Digital yang Wajib Kamu Baca [2022]

1. Girl Stop Apologizing (A Shame Free Plan for Embracing and Achieving Your Goal) oleh Rachel Hollis 

rekomendasi buku motivasi EKRUT 
Girls Stop Apologizing karya Rachel Hollis jadi salah satu buka best seller di Amerika - EKRUT

Daftar rekomendasi buku motivasi pertama yang bisa kamu baca adalah buku motivasi untuk perempuan dari penulis Rachel Hollis. Dirilis tahun 2019, wanita ini sukses membawa bukunya sebagai  #1 New York Time Best Seller.

Buku ini adalah lanjutan dari buku sebelumnya berjudul Girls Wash Your Face, yang  juga laris manis di negara paman sam. 

Melalui buku ini, Rachel ingin memotivasi kaum hawa yang terlalu sering mendefinisikan diri mereka sendiri berdasarkan kemauan orang lain dengan peran sebagai istri, ibu, karyawan atau anak perempuan. 

Rachel berupaya untuk menghilangkan stigma itu dan menyemangati perempuan untuk terus percaya diri dan tidak merasa malu menjalani kehidupan yang lebih baik.

Untuk mendapatkan buku ini kamu bisa mencarinya secara online dengan harga kisaran Rp 250.000 hingga Rp 400.000.

Baca juga: 5 Tantangan dalam bekerja yang dihadapi pemimpin wanita

2. Sebuah Seni Bersikap Bodo Amat (The Subtle Art of Not Giving a F*ck) oleh Mark Manson 

rekomendasi buku motivasi EKRUT 
Buku Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat merupakan alih bahasa dari buku The Subtle Art of Not Giving a F*ck - EKRUT

Sama seperti buku di atas, buku karangan blogger ini juga masuk sebagai best seller The New York Time dan Washington Post. 

Buku ini sendiri sudah dialih bahasakan ke bahasa Indonesia dengan judul Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat

Buku yang kontras dengan warna oranye ini, mengajarkan pembaca untuk tidak  peduli dengan hal yang sebenarnya kurang penting dengan menerapkan tiga seni masa bodoh dalam hidup yaitu:

  • Seni masa bodoh ketika menemukan tantangan dan rintangan dalam mendapatkan sesuatu yang diinginkan dengan cara menikmati dan menghadapi tantangan tersebut. 
  • Seni menemukan hal penting untuk diprioritaskan 
  • Seni memilih hal yang penting seiring waktu dan kedewasaan

Isi dalam buku itu juga memberikan beberapa contoh kisah kepada pembaca dari pengalaman langsung Mark dalam menjalani hidup dengan bersikap bodo amat tersebut.

Bila kamu tertarik, buku ini sudah banyak ada dijual di pasaran dengan harga sekitar Rp 55.000.

Baca juga: Senang menulis jurnal? Cobalah Rocketbook Wave

3. Good Bye, Things (Hidup Minimalis ala Orang Jepang) oleh Fumio Sasaki

rekomendasi buku motivasi EKRUT 
Buku dari Fumio jadi salah satu buku yang bagus untuk belajar minimalis - EKRUT

Rekomendasi buku motivasi ini cocok dibaca bagi kamu yang ingin hidup dengan cara minimalis. Buku ini sendiri bercerita dari sudut pandang penulis Fumio Sasaki yang berprofesi sebagai editor di sebuah penerbitan. 

Fumio tinggal di dalam apartemennya yang penuh sesak, namun suatu ketika dirinya berpikir tidak mendapat kebahagian dari semua barang-barang yang dimilikinya. 

Ia pun akhirnya pindah ke apartemen yang lebih kecil dan mulai menjual satu persatu barang-barang pribadinya. 

Tak disangka keputusannya ini mendatangkan kebahagiaan bagi Fumio dan memutuskan untuk hidup minimalis dengan kesederhanaan.

Bila kamu terinspirasi untuk hidup seperti Fumio, kamu bisa membeli buku ini dengan harga sekitar Rp 65.000. 

4. The Greatest Salesman in the World oleh Og Mandino

rekomendasi buku motivasi EKRUT
 
The Greatest Salesman in the World jadi salah satu buku acuan yang cukup bagus bagi profesi sales - EKRUT

Rekomendasi buku ini jadi salah satu bacaan wajib untuk kamu yang berprofesi sebagai sales atau marketing

Pasalnya buku karangan Og Mandino ini akan mendorong kamu untuk menjalani hidup dengan percaya diri dan mampu membantu orang lain. 

Salah satu kutipan favorit di dalam buku ini adalah,"Aku akan hidup seolah-olah ini adalah hari terakhirku. Hari ini adalah satu-satunya yang kumiliki dan saat ini adalah keabadianku. Kusambut matahari terbit dengan teriakan sukacita bagai tawanan yang terhindar dari kematian. Kutengadahkan tangan penuh rasa syukur atas anugerah tak ternilai dari sebuah hari baru."

Baca juga: Ini perbedaan sales dan marketing yang perlu kamu ketahui

5. Don't sweat the small stuff oleh Richard Carlson

rekomendasi buku motivasi EKRUT 
Richard Carlson dalam bukunya memotivasi orang untuk tidak memikirkan hal kecil yang tidak perlu - EKRUT

Rekomendasi buku motivasi selanjutnya berasal dari buku lama keluaran sekitar tahun 1997 karya Richard Carlson. Buku ini memotivasi orang untuk tidak terlalu memikirkan hal kecil yang tidak perlu.

Ia membantu pembaca untuk memberitahu apa yang benar-benar penting dalam hidup dan hal apa saja yang hanya berupa gangguan kecil.

Bila kamu orang yang terlalu sibuk mengejar karier atau segala hal di dunia ini, kamu akan dibawa ke dalam pemikiran yang tenang berdasarkan cara hidup Carlson. 

Sehingga apa yang kamu miliki itu, benar-benar bisa dinikmati. Walaupun tergolong buku lama kamu bisa mencoba mencarinya di online atau melalui marketplace Amazon. 

6. The Alchemist oleh Paulo Coelho

The Alchemist oleh Paulo Coelho rekomendasi buku motivasi - EKRUT 
Buku karya Paulo Coelho ini bisa kamu nikmati sebagai salah satu buku motivasi - EKRUT

Buku dengan sampul berwarna orange dan kuning ini sudah cukup populer dibicarakan sebagai buku motivasi yang bisa kamu nikmati. Gaya penulisan Paulo di buku The Alchemist ini mudah dipahami sehingga akan mudah bagi pembaca memahami isinya. 

Ia menuliskan karakter yang kuat dalam sosok anak bernama Santiago yang memulai perjalanan untuk mencari tahu tentang tanda-tanda yang ditunjukkan alam kepadanya. 

Perjalanan ini yang kemudian mengubah kepribadian dan persepsinya. Lewat buku ini Paulo mengejarkan pembaca untuk mendengarkan kata hati serta pintar membaca peluang dalam hidup. Bila kamu tertarik untuk membelinya, di pasaran buku ini dibanderol dengan harga lebih dari Rp 100 ribu. 

7. The 7 Habits of Highly Effective People oleh Steven Covey

rekomendasi buku motivasi EKRUT 
Buku besutan Steven Covey The 7 Habits of Highly Effective People jadi salah satu buku yang legend - EKRUT

Di antara rekomendasi buku motivasi di atas buku ini yang paling tua. Pasalnya buku ini telah ditulis  sejak tahun 1989 dan setidaknya telah dicetak ulang sebanyak 25 juta cetakan di seluruh dunia. 

Buku karya Steven Covey ini membahas 7 kebiasaan efektif yang membuat seseorang akan sukses dalam hidup. Kebiasaan itu antara lain: 

  • Mampu menentukan prioritas 
  • Mengerti orang lain terlebih dahulu untuk kemudian dimengerti 
  • Bersinergi atau bekerja sama 
  • Berpikir menang 
  • Proaktif 
  • Berorientasi masa depan 
  • Berkembang 

Kamu bisa mencoba mendapatkan buku ini secara online dengan harga kisaran Rp 100.000. 

8. Big Magic: Creative Living Beyond Fear oleh Elizabeth Gilbert


Selain Big Magic, Elizabeth Gilbert juga terkenal dengan karyanya yang lain yaitu Eat, Pray, Love (sumber: Goodreads)

Elizabeth Gilbert sangat terkenal dengan karyanya yang menyuarakan motivasi yang dibungkus dengan seni. Karya fenomenalnya, Eat, Pray, Love sampai diangkat ke layar lebar dan menginspirasi banyak orang muda untuk melakukan perjalanan demi menemukan hal baru sekaligus arti hidup mereka. 

Berbeda dengan buku sebelumnya Big Magic mengajak pembacanya untuk melihat hal-hal kecil yang ada di sekitarnya dan membuatnya menjadi sesuatu yang ajaib. Buku ini mengajarkan penikmatnya agar mereka tidak takut menghadapi ketakutan terbesar dan memperjuangkan hal yang dicintai, tidak peduli sebesar atau sekecil apa pun hal tersebut. 

Selain itu, Big Magic juga mendorong para pembaca untuk berani bermimpi dan tidak memedulikan pandangan orang lain yang tidak ada pengaruhnya terhadap kehidupan.

9. The Book Thief oleh Markus Zusak


The Book Thief mendapat predikat The Extraordinary New York Times #1 Best Seller (sumber: Goodreads)

Buku ini menjadi salah satu buku paling berpengaruh sepanjang masa menurut The New York Times. Markus Zusak menggunakan latar waktu 1939, lebih tepatnya pada masa berkuasanya NAZI di Jerman, sebagai fokus utama The Book Thief. Karya fiksi ini menggambarkan kisah seorang anak perempuan yang penasaran dengan sebuah buku catatan kecil yang ternyata bisa mengubah kehidupan orang di sekitarnya.

Melalui buku ini, pesan moral yang bisa diambil oleh pembaca adalah tidak ada batasan bagi seseorang untuk bermimpi kecuali dirinya sendiri. Bahkan pemerintah otoriter pun bisa ditumbangkan oleh orang-orang yang mempunyai mimpi besar.

10. Educated oleh Tara Westover


Educated adalah memoir pribadi penulisnya (sumber: Goodreads)

Educated merupakan buku nonfiksi yang diangkat dari kisah pribadi penulisnya. Selama belasan tahun, ia tinggal bersama keluarga di bawah didikan Mormonisme. Selama hidupnya, Tara (tokoh utama sekaligus penemu buku) tidak mengetahui apa yang terjadi di dunia, seperti Perang Dunia II, Perang Dingin, Holocaust, dan lain sebagainya.

Buku ini secara garis besar menceritakan tentang cara Tara mendidik dirinya sendiri sekaligus mencari jati dirinya. Ia yang tidak pernah memakan bangku sekolah melatih diri dengan banyak belajar matematika dan bahasa Inggris sebelum akhirnya berhasil meraih gelar Ph.D dari Universitas Cambridge.

Kisah yang ditawarkan Tara melalui Educated tidak lain dan tidak bukan adalah perspektif berbeda untuk melihat kehidupan seseorang menggunakan sudut pandang baru serta keinginannya untuk berubah menjadi pribadi yang berpendidikan.

11. Give and Take: Why Helping Others Drives Our Success oleh Adam Grant


Give and Take masuk nominasi Best Nonfiction pada tahun 2013 pada Goodreads Choice Awards (sumber: Goodreads)

Penulis buku ini, Adam Grant, memaparkan penelitian yang menunjukkan bahwa menolong orang lain dapat membantu seseorang melancarkan lintasan kariernya. Jika nasihat karier yang kita dengar berpusat pada diri sendiri, buku ini justru mengajarkan sebaliknya. Dengan berbuat baik dan membantu rekan kerja yang kesulitan, seseorang tidak perlu khawatir posisinya terancam karena menurut buku ini dan penelitian yang dipaparkannya, karier orang demikian akan mengalami peningkatan yang signifikan.

12. Into the Magic Shop: Neurosurgeon’s Quest to Discover the Mysteries of the Brain and the Secrets of Heart oleh James Doty


Buku ini direkomendasikan oleh boyband fenomenal asal Korea Selatan, BTS (sumber: Goodreads)

Sama seperti Educated, Into the Magic Shop juga diangkat dari kisah nyata penulisnya. Doty menceritakan masa lalunya yang suram karena dibesarkan oleh ayah alkoholik dan ibu yang depresi. Akan tetapi, hidupnya mulai berubah sejak ia bertemu dengan Ruth, orang asing ramah yang menjaga toko peralatan sulap milik seseorang di kotanya.

Sejak bertemu Ruth, ia bertekad untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi. Ia juga mengajarkan ilmu yang diberikan oleh perempuan ramah tersebut dan membagikannya kepada banyak orang melalui buku ini. Ilmu tersebut berkaitan dengan cara seseorang membuka hati dan pikiran untuk mendatangkan kedamaian yang berujung pada perubahan hidup manusia ke arah yang lebih sejahtera.

13. The Life-Changing Magic of Tidying Up oleh Marie Kondo


Buku ini turut diadaptasi menjadi salah satu series Netflix terkenal (sumber: Goodreads)

Marie Kondo, penulis buku ini, dianggap sebagai ahli merapikan paling terkenal di dunia. Ia mengajak pembaca untuk menemukan kebahagiaan kecil dari merapikan barang atau ruangan yang ada di sekitar. Ini hanyalah langkah awal sebelum ia menyampaikan pesan utamanya, yaitu terbiasa melihat sesuatu yang rapi bisa memicu seseorang untuk turut merapikan hidupnya dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.

14. The More You Do The Better You Feel oleh David Parker


Buku ini cocok dibaca oleh orang yang suka menunda-nunda pekerjaan (sumber: Goodreads)

Kamu suka menunda-nunda pekerjaan dengan berbagai alasan? Kamu bisa mencoba membaca buku ini untuk mengetahui solusinya. Melalui The More You Do The Better You Feel, David Parker mengajak pembaca untuk menyadari bahwa kebiasaan menunda sesuatu adalah salah satu gejala depresi dan melakukan sesuatu untuk mengatasinya. Buku ini disajikan dengan ramah dan ada pula penyampaian tentang cara menjaga kesehatan mental, terlebih di usia produktif.
 

Baca juga: 9 Rekomendasi buku self improvement yang menarik

Itu dia daftar rekomendasi buku motivasi yang bisa kamu baca di sela-sela waktu senggang. Kira-kira di antara buku tersebut, buku mana yang membuatmu penasaran?

Rekomendasi buku motivasi EKRUT

Sumber: 

  • Goodreads.com
  • Inc.com
  • Everydaypower.com
  • exclusivemotivation
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    support_system.jpeg

    Careers

    Memahami Pentingnya Support System di Dunia Kerja Beserta Tips Membangunnya

    Yohanna Valerie Immanuella

    25 November 2022
    7 min read
    self_esteem.jpg

    Careers

    Pentingnya Self-Esteem Dalam Dunia Kerja dan Cara Membangunnya dengan Sehat

    Yohanna Valerie Immanuella

    25 November 2022
    5 min read
    H1_1._Keunggulan_Komparatif_Pengertian__Teori__Keuntungan__dan_Contohnya.jpg

    Careers

    Keunggulan Komparatif: Pengertian, Teori, Keuntungan, dan Contohnya

    Anisa Sekarningrum

    17 November 2022
    5 min read

    Video