Technology

Visual Basic: Pengertian, Sejarah, Fitur, Keunggulan, dan Kekurangannya

Published on
Min read
5 min read
time-icon
H1-Visual_Basic_Pengertian__Sejarah__Fitur__Keunggulan_dan_Kekuranganya.jpg

Digitalisasi terjadi secara global pada semua bidang. Hal tersebut membuat bahasa pemrograman menjadi penting bagi manusia. Salah satu bahasa pemrograman yang cukup terkenal adalah Visual Basic. Visual Basic adalah bahasa pemrograman yang dibuat oleh Microsoft berisi satu set instruksi rinci untuk komputer. Seperti apa fitur dan keunggulan Visual Basic? Mari simak ulasan lengkapnya di sini!

Baca juga: 12 Bahasa pemrograman yang paling relevan untuk dipelajari 2022

Apa itu Visual Basic?


Visual Basic adalah bahasa pemrograman buatan Microsoft (Sumber: Pexels)

Dilansir dari Techopedia, Visual Basic adalah sebuah bahasa pemrograman yang dibuat dan dikembangkan oleh Microsoft dengan format sederhana dan mudah dipahami. Inilah mengapa programmer pemula menganggap Visual Basic sebagai titik awal pengembangan software.

Visual Basic atau VB mencakup berbagai alat visual yang bisa dipakai untuk membuat aplikasi tingkat lanjut. GUI (Graphical User Interface) dalam Visual Basic juga diperluas sehingga VB tidak sekadar bahasa pemrograman. Melainkan mencakup berbagai library yang bermanfaat untuk membuat program berorientasi objek. Program ini melibatkan tim pengembangan besar yang bisa mengerjakan proyek bersamaan. Sayangnya, banyak developer yang saat ini memandang sebelah mata Visual Basic karena dianggap kuno.

Baca juga: Manusia vs. Internet: Siapa yang salah?

Sejarah singkat Visual Basic


Sejak tahun 1991, Visual Basic sudah tersedia (Sumber: Pexels)

Visual Basic adalah bahasa pemrograman yang sudah ada sejak tahun 1991, sesuai yang ditulis oleh situs ThoughtCo. Sejak pertama kali diperkenalkan, telah ada sebanyak 9 versi VB. Tahun 2002, Microsoft kemudian memperkenalkan Visual Basic.Net 1.0 dengan versi sepenuhnya yang didesain serta ditulis ulang.

VB yang lebih baru dapat menangani program yang ditulis dengan versi sebelumnya. Perubahan cukup besar memang terjadi pada Visual Basic versi baru, tetapi Versi 6.0 merupakan yang paling banyak disukai programmer. Meski beberapa ada yang masih menyukai versi lawas. Tahun 2008, Microsoft menghentikan dukungan untuk VB, kemudian menyatakannya sebagai perangkat lunak Legacy. Sistem pemrograman ini tetap dipakai, guna memudahkan penulisan program saat membuat software.

Baca juga: Kenali plus minus bahasa pemrograman Java di sini

Fitur-fitur Visual Basic


Multithreading adalah salah satu fitur Visual Basic (Sumber: Pexels)

Sistem pemrograman ini menjadi salah satu yang disukai programmer. Hal ini tidak lepas dari segala fitur yang dimilikinya. Beberapa fitur Visual Basic adalah sebagai berikut.

1. Orientasi objek

Arsitektur berorientasi objek lengkap dihadirkan oleh VB.NET. Visual Basic 6.0 kebanyakan berorientasi objek. Subjek perangkat lunak ini memiliki orientasi objek bertopik besar dan melakukan segala sesuatu sebagai objek.

2. Kode otomatis

Pemformatan Visual Basic adalah otomatis, dengan perancang XML, browser objek yang ditingkatkan, dan masih banyak lagi. Selain kode otomatis, pengumpulan sampahnya juga demikian. Ada juga fitur manajemen event yang membuat V.Net semakin unggul.

3. Multithreading sederhana

Salah satu fitur unggulan Visual Basic adalah multithreading sederhana, sehingga memungkinkan aplikasi bisa melakukan multitasking. Aplikasi dalam bekerja nantinya dapat menangani banyak tugas secara bersamaan. Hal ini juga didasari dengan adanya kumpulan pustaka standar.

4. Atribut lengkap

Visual Basic hadir dengan aneka atribut untuk memberikan informasi tambahan. Aneka informasi tambahan ini mengenai elemen-elemen yang didefinisikan di suatu program. Keberadaan berbagai atribut dalam Visual Basic adalah salah satu daya tarik tersendiri.

5. Windows form

Fitur lain dalam Visual Basic adalah windows form. Yang satu ini berguna untuk mewariskan form yang dibuat, ke yang sudah ada. Selain itu, ada juga fitur referensi objek eksternal yang bisa dipakai aplikasi berbasis VB.Net.

Baca juga: Apa Itu DNS? Berikut Pengertian, Cara Kerja, 4 Fungsi, dan Contohnya

Keunggulan dan kekurangan Visual Basic


Visual Basic hadir dengan banyak kelebihan (Sumber: Pexels)

Sebagai sarana yang dipakai oleh programmer, VB hadir dengan kekurangan dan keunggulannya. Agar lebih memahami VB secara menyeluruh, kenali keunggulan dan kekurangannya. Beberapa kelebihan Visual Basic adalah sebagai berikut.

  • VB.Net bisa diformat secara otomatis sehingga memudahkan para pemrogram
  • Selain itu, ada konstruksi berorientasi objek sehingga bisa membuat kode kelas perusahaan
  • Fitur web modern, dengan adanya penghitung kinerja, log, sampai sistem file
  • Formulir web juga tersedia sehingga kamu bisa menikmati kemampuan drag and drop guna mengganti elemen yang diperlukan
  • Menghubungkan aplikasi ke aplikasi lain secara mudah. Cara ini bisa dibuat dalam bahasa yang berjalan di VB.Net
  • Fitur docking bisa dinikmati sebagai penahan kontrol otomatis, editor menu untuk mengembangkan aplikasi web

Meski banyak kelebihan, Visual Basic juga tak sempurna. Ada beberapa kekurangan di dalamnya. Beberapa kekurangan Visual Basic adalah sebagai berikut.

  • Tidak dapat menangani pointer secara langsung. Sebenarnya, hal ini cukup penting mengingat peran pointer sangat berguna saat pemrograman. Sebab, setiap pengkodean situs menghasilkan siklus CPU yang banyak. Waktu yang diperlukan untuk pemrosesan akan lebih besar, alhasil bisa menyebabkan aplikasi melambat
  • Mudah dipelajari sehingga siapa saja bisa menggunakannya. Hal ini menciptakan banyak programmer dengan kemampuan yang sama. Tentu akan sulit mendapatkan pekerjaan dengan basis tersebut, mengingat pesaingnya banyak

Baca juga: Pengguna Internet Indonesia habiskan 5,5 jam per hari dengan ponsel

Contoh Visual Basic


VBA adalah salah satu contoh Visual Basic (Sumber: Pexels)

Sudah ada sejak tahun 1991, Visual Basic memiliki banyak versi. Beberapa contoh Visual Basic adalah sebagai berikut.

1. Visual Basic Runtime

Ini merupakan salah satu inovasi untuk membagi program menjadi 2 bagian. Bagian pertama untuk ditulis programmer, seperti menambahkan dua nilai tertentu serta membuat program unik. Sedangkan bagian lain berguna untuk menambahkan nilai. Bagian kedua ini juga disebut Runtime. Konsep dari Runtime memang masih dipakai di versi NET ini. Akan tetapi, tidak lagi disebut sebagai Runtime.

2. Visual Basic .Net Framework

Selanjutnya, contoh Visual Basic adalah Net Framework yang merupakan gabungan dari versi lama. Sistem yang tersedia lengkap dengan kerangka yang lebih dari sekadar Runtime. Net Framework ini merupakan dasar dari keseluruhan arsitektur perangkat lunak. Salah satu bagian utamanya adalah big library yang bisa diunduh gratis di Microsoft. Framework ini juga menjadi bagian yang disertakan di Windows Server 2003 dan Windows Vista.

3. Visual Basic for Applications

Visual Basic for Applications adalah Visual Basic versi 6.0 yang dipakai sebagai bahasa pemrograman internal di banyak sistem lain, misalnya Microsoft Word, Excel, dan sejenisnya. Banyak perusahaan selain Microsoft yang juga telah memakai VBA ini untuk meningkatkan kemampuan program mereka. VBA merupakan satu-satunya versi yang saat ini masih dijual dan didukung Microsoft. Penggunaannya oleh perusahaan teknologi tersebut hanya di komponen internal program Office.

Baca juga: Pengetahuan Bandwidth, Jenis, Contoh, dan 4 Tips Mengoptimalkannya

Suka dengan artikel di atas? Kamu juga bisa temukan berbagai artikel menarik lainya di EKRUT Media. Informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • toughtco.com
  • techopedia.com
  • wartaekonomi.co.id
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cache-dan-cookies-EKRUT.jpg

    Technology

    Fungsi cache dan cookies yang tak banyak diketahui!

    Maria Yuniar

    28 November 2022
    4 min read
    Google_Data_Studio_Fungsi__Fitur_Utama__Integrasi_Platform_dan_Cara_Menggunakannya.jpg

    Technology

    Google Data Studio: Fungsi, Fitur Utama, Integrasi Platform, dan Cara Menggunakannya

    Sartika Nuralifah

    28 November 2022
    8 min read
    Ssstiktok_Download_Video_TikTok_tanpa_Watermark_Secara_Online_2022.jpg

    Technology

    SSSTikTok Download Video TikTok Tanpa Watermark Online 2022

    Sylvia Rheny

    25 November 2022
    5 min read

    Video