Published on

Lainnya

Abstrak: Pengertian, Fungsi, Jenis, Panduan Membuat Abstrak, dan Contohnya

Detty Risetya

cover.jpg

Saat skripsi atau artikel akademis, kamu mungkin diminta membuat abstrak di halaman awal. Abstrak adalah semacam rangkuman dari isi tulisan ilmiah. Umumnya, abstrak adalah dibuat dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Tapi perlu diingat, meskipun abstrak adalah tercantum di bagian awal karya ilmiah, sebaiknya, buatlah abstrak ketika karya ilmiah sudah selesai dikonsep. Jadi, kamu benar-benar bisa merangkum semua isinya di dalam abstrak.

Pasalnya, bisa dibilang abstrak adalah bagian penting dari suatu karya ilmiah. Tanpa adanya abstrak, pembaca mungkin kesulitan memahami apa isi tulisan dan maksud dibuatnya tulisan ilmiah tersebut. Isi abstrak adalah ringkasan keseluruhan bab dalam beberapa paragraf, termasuk latar belakang, metode penelitian, rumusan masalah, pembahasan, dan lainnya.

Apa itu abstrak?


Abstrak adalah rangkuman dari karya ilmiah (Sumber: Freepik)

Abstrak adalah ringkasan singkat dari makalah penelitian, tesis, artikel ilmiah, atau karya ilmiah lainnya. Abstrak adalah karya ilmiah asli yang dibuat penulis, bukan kutipan. Maka itu, suatu abstrak adalah sepenuhnya dibuat dari konsep dan ide penulis, tanpa referensi ke sumber lainnya. Fokus utama abstrak adalah menjelaskan dan merangkum dari isi utama, seperti tujuan penelitian, manfaat, hasil penelitian, dan sebagainya.

Umumnya, panjang isi abstrak adalah sekitar 250 kata dengan spasi tunggal. Bisa ditulis dalam 1 paragraf atau dikembangkan menjadi beberapa paragraf sesuai kebutuhan.

Baca juga: Cara-cara jitu tingkatkan rekrutmen perusahaan

Fungsi abstrak


Apa fungsi abstrak (Sumber: Freepik)

Abstrak adalah ringkasan singkat dari tulisan akademis seperti artikel, jurnal, tesis atau disertasi. Ada dua fungsi abstrak adalah sebagai berikut:

  1. Membantu pembaca lebih mudah memahami isi materi tulisan ilmiah atau makalah penelitian. Sehingga, pembaca bisa menentukan relevansinya dengan penelitian mereka sendiri.
  2. Mempermudah penyampaian informasi tentang kata kunci bagi pembaca yang mungkin tidak punya waktu untuk membaca seluruh isi tulisan ilmiah tersebut.

Abstrak adalah tulisan ilmiah yang sering dicantumkan bersama kata kunci di database akademik. Sehingga, pencarian akan lebih cepat dan mudah ditemukan lewat komputer. Karena abstrak adalah hal pertama yang akan dilihat oleh pembaca, maka sangat penting merangkum isi abstrak dengan jelas dan akurat.

Baca juga: Cara-cara jitu tingkatkan rekrutmen perusahaan

Jenis-jenis abstrak


Ada beberapa jenis abstrak (Sumber: Freepik)

Abstrak adalah tulisan atau pernyataan yang singkat, kuat, dan menggambarkan isi karya ilmiah yang dibuat. Abstrak adalah terdiri dari ruang lingkup, tujuan, hasil, dan isi karya ilmiah. Selain itu, abstrak juga memuat tentang latar belakang tesis atau disertasi serta kesimpulan karya ilmiah.

Perlu dipahami bahwa abstrak adalah bukan ulasan. Jadi, tidak mengevaluasi karya ilmiah yang dijelaskan. Mari simak jenis abstrak adalah sebagai berikut:

1. Abstrak indikatif

Pertama jenis abstrak adalah abstrak indikatif. Yaitu, abstrak yang langsung menjelaskan pokok pembahasan masalah atau inti tulisan ilmiah. Biasanya, dipakai untuk keperluan pembaca yang mencari apa pokok atau inti tulisan ilmiah. Sehingga, pembaca bisa langsung memahami dan menentukan untuk memakai tulisan ilmiah tersebut atau tidak.

2. Abstrak informatif

Sedangkan, jenis abstrak kedua adalah abstrak informatif. Yaitu, jenis abstrak yang dibuat secara padat, singkat, dan ringkas. Tanpa perlu membaca keseluruhan tulisan ilmiah, si pembaca bisa langsung memahami informasi dan data tulisan secara lengkap.

Cara membuat abstrak


Cara membuat abstrak (Sumber: Freepik)

Sebelum membuat abstrak, perlu dibuat dulu konsep isi atau kerangka abstrak. Cara membuat abstrak adalah berdasarkan unsur dan strukturnya. Ikuti penjelasannya berikut, ya.

1. Pembuatan abstrak dari unsur

Unsur abstrak adalah komponen atau bagian yang melengkapi isi tulisan ilmiah. Di antaranya:

  • Mengandung unsur logis dan hasil penelitian yang relevan dalam memecahkan latar belakang masalah.
  • Terdapat unsur kesimpulan atau hasil kesimpulan dari penelitian tersebut.
  • Mengandung unsur yang ringkas, padat, singkat, namun tetap jelas.

2. Pembuatan abstrak dari struktur

Struktur abstrak adalah kerangka atau format yang penting diperhatikan dalam penulisan karya ilmiah. Di antaranya:

  • Struktur jenis font judul abstrak adalah size font 14, capital, align center, dan harus tebal (bold).
  • Struktur sub judul abstrak adalah sama seperti judul, tapi size font diganti 12.
  • Struktur nama penulis abstrak adalah tanpa gelar. Hanya mencantumkan nama, nomor urut, superscript, align center, cetak bold, dan size font 12.
  • Struktur nama jurusan atau program studi dalam abstrak adalah align center, font size 12, cetak bold, dan cantumkan pula alamat institusi akademisnya.
  • Struktur email ketua penelitian ditulis align center dan font size 12.
  • Struktur tulisan “ABSTRAK” menggunakan align center, cetak tebal, dan font size 12. 
  • Keseluruhan isi abstrak adalah menggunakan struktur align justify atau rata kanan kiri. Maksimal sepanjang 250 kata, dan font size 12.
  • Struktur kata kunci abstrak adalah align justify atau rata kanan kiri, font size 12.

Contoh abstrak karya ilmiah


Contoh abstrak karya ilmiah (Sumber: Freepik)

Berikut ini adalah contoh abstrak karya ilmiah yang dapat kamu ketahui.

1. Contoh abstrak bahasa Indonesia


Contoh abstrak bahasa Indonesia (Sumber: Google)

2. Contoh abstrak bahasa Inggris


Contoh abstrak bahasa Inggris (Sumber: Google)

Baca juga: 4 tren perekrutan bidang teknologi tahun ini

Dari pembahasan di atas, membuat abstrak untuk skripsi atau tesis jadi lebih mudah, kan? Nah, untuk kamu yang ingin mempersiapkan masa depan dengan karier cemerlang, segera daftarkan dirimu di EKRUT! EKRUT adalah platform inovatif di Indonesia yang membantu ribuan talenta berbakat menemukan karier impiannya.

sign up EKRUT

Rekomendasi Artikel:

Sumber:

  • liputan6
  • idntimes
  • merdeka

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Surat_Lamaran_Kerja.jpg

    Careers

    7 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar dari Berbagai Bidang Profesional

    Alvina Vivian

    21 September 2022
    5 min read
    Cover_(8)_(1).jpg

    Careers

    Contoh dan Tips Membuat Portofolio Content Writer

    Yohanna Valerie Immanuella

    20 September 2022
    8 min read
    H1-5_Jenis_Surat_Lamaran_Pekerjaan_yang_Penting_untuk_Kamu_Ketahui.jpg

    Careers

    5 Jenis Surat Lamaran Pekerjaan yang Penting untuk Kamu Ketahui

    Lita Lia

    12 September 2022
    6 min read

    Video