Careers

2 Contoh Bisnis Proposal yang Baik dan Benar untuk Pengajuan Kerja Sama

Published on
Min read
8 min read
time-icon
Anisa Sekarningrum

Content writer experiences in digital marketing, startup, and writing feature article. 

H1_1._Contoh_Bisnis_Proposal_yang_Baik_dan_Benar_Untuk_Pengajuan_Kerjasama.jpg

Saat sebuah bisnis ingin mencari investor, biasanya mereka memerlukan sebuah bisnis proposal. Yuk, pahami lebih dalam mengenai makna, fungsi, jenis, dan contoh bisnis proposal pada artikel berikut ini.

Baca juga: Kartel Adalah: Pengertian, Cara Kerja, Karakteristik, dan 6 Jenisnya

Apa itu bisnis proposal?


Bisnis proposal adalah dokumen pengajuan yang dibuat oleh pengusaha bisnis - Pexels

Bisnis proposal adalah dokumen yang digunakan sebagai permohonan dana kepada investor oleh sebuah bisnis yang baru dirintis dan membutuhkan suntikan dana. Bisnis proposal adalah dokumen yang dibuat oleh pengusaha bisnis untuk membuat investor tertarik menanamkan modalnya pada bisnis mereka.

Namun tidak hanya itu, bisnis proposal juga dapat digunakan untuk mencari potensi kerja sama. Di dalam bisnis proposal, kamu perlu menyertakan informasi dan penjabaran mengenai bisnis yang kamu buat serta prospek bisnismu di masa depan. Tetapi ingat, kamu tetap harus realistis dan jujur dalam menjelaskan kondisi bisnismu yang sebenarnya.

Baca juga: 4 Contoh proposal pengajuan dana yang baik dan benar serta tips membuatnya

Fungsi bisnis proposal


Salah satu fungsi bisnis proposal adalah untuk mengajukan dana kepada investor - Pexels

Bisnis proposal memiliki berbagai fungsi untuk pemilik bisnis. Beberapa fungsi bisnis proposal tersebut adalah sebagai berikut.

1. Dasar pendirian bisnis

Proposal dapat membantu pemilik bisnis untuk memperjelas tujuan dari bisnisnya. Maka dari itu, dalam bisnis proposal, kamu perlu mencantumkan profil bisnis, struktur organisasi perusahaan, dan informasi lainnya.

2. Rencana bisnis

Bisnis proposal juga berfungsi untuk mempermudah pebisnis merancang efektivitas perusahaan dari segi produksi, penjualan, dan alokasi modal. Sekaligus untuk mengamankan strategi yang telah direncanakan agar tetap di jalur yang tepat.

3. Pengajuan dana

Saat ingin melakukan penggalangan dana dan ingin mencari investor, bisnis proposal berfungsi untuk menyampaikan maksud dan tujuan pebisnis agar investor bersedia menanamkan modalnya pada bisnismu.

4. Syarat pengajuan tender

Bisnis proposal juga berfungsi sebagai syarat pengajuan tender kepada lembaga pemerintah atau pihak swasta. Bisnis proposal akan menjadi penentu apakah bisnis akan terpilih seleksi atau tidak untuk mendapatkan tender tersebut.

5. Syarat pengadaan acara

Bisnis proposal juga digunakan saat kamu ingin mengadakan sebuah acara. Sehingga dalam proposal tersebut dapat dicantumkan mengenai detail acara yang ingin dibuat hingga anggaran acara yang dibutuhkan.

Baca juga: Bisnis plan: Tujuan dan 6 Panduan Lengkap Membuat Proposal

Jenis-jenis bisnis proposal


Jenis bisnis proposal adalah proposal bisnis formal, informal, dan unsolicited proposal - Pexels

Ada beberapa jenis-jenis bisnis proposal antara lain seperti berikut.

1. Proposal bisnis formal

Proposal bisnis formal ini umumnya digunakan sebagai respons terhadap permintaan proposal dari pihak lain yang berencana menjalin kerjasama dengan perusahaan lain. Sehingga proposal ini harus ditulis sebaik mungkin agar kerjasama dapat terlaksana.

2. Proposal bisnis informal

Proposal bisnis informal ini biasanya dibuat oleh calon pelanggan yang tertarik pada produk sebuah perusahaan yang berisi sudut pandang klien agar maksud dan tujuan yang mereka inginkan dapat dipahami dengan baik dan meningkatkan konversi penjualan.

3. Unsolicited proposal

Unsolicited proposal adalah jenis bisnis proposal yang disusun tanpa ada permintaan resmi yang jelas. Proposal ini berisi pernyataan singkat, padat, dan jelas agar berjalan sesuai tujuan dan umumnya berisi data generik saja.

Baca juga: 5 Cara membuat proposal untuk menggaet investor

Komponen yang wajib ada dalam bisnis proposal


Komponen yang wajib ada di dalam Bisnis proposal adalah strategi pemasaran dan laporan keuangan - Pexels

Terdapat beberapa komponen yang wajib ada di dalam bisnis proposal. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut.

1. Pendahuluan

Bagian pertama dari bisnis proposal adalah pendahuluan yang berisi visi, misi, dan latar belakang dari pendirian bisnis. Penting juga untuk menyebutkan bagaimana peluang yang dapat diberikan bisnis kepada investor. Cobalah gunakan kalimat singkat namun persuasif.

2. Profil bisnis

Pada bagian profil bisnis ini, jelaskan bisnis yang akan diajukan secara lebih detail. Berikan juga keterangan mengenai jenis bisnis, nama bisnis dan lokasi bisnis.

3. Struktur organisasi perusahaan

Struktur organisasi perusahaan berisi sistem usaha yang akan bekerja dan bagian-bagian yang akan terbentuk dalam organisasi, serta siapa saja yang akan terlibat.

4. Produk perusahaan

Produk perusahaan adalah hal yang paling penting dalam proposal ini, sehingga penting untuk menjelaskan bagian ini secara rinci mengenai produk, jenis produk, dan daya tarik dari produk tersebut.

5. Target pasar

Target pasar adalah audiens yang ingin kamu targetkan untuk membeli produkmu. Penting juga untuk memberikan data yang akurat mengenai target pasar ini dengan sumber yang jelas.

6. Strategi pemasaran

Bagian terpenting lainnya dalam bisnis proposal ini adalah strategi pemasaran untuk melakukan promosi dan menjual produk. Pastikan kamu memahami betul mengenai strategi pemasaran ini untuk dapat meyakinkan investor.

7. Anggaran dana

Pada bagian anggaran dana ini berisi alokasi dana, perhitungan laba, dan sistem bagi hasil yang akan diberikan dengan partner bisnis. Pastikan kamu menghitung dengan benar mengenai kebutuhan dan pengeluaran dana ini agar tidak terjadi kerugian.

8. Penutup

Terakhir kamu harus menulis bagian penutup dengan memberikan pernyataan yang meyakinkan dan meningkatkan rasa penasaran investor dan ucapan terima kasih.

9. Lampiran

Jika terdapat dokumen lain yang ingin kamu lampirkan contohnya biodata pemilik usaha, surat izin usaha, surat perjanjian, atau sertifikat pelatihan dan sertifikat usaha, kamu dapat menyertakannya pada bagian paling belakang setelah penutup.

Baca juga: Contoh business plan dan poin penting yang harus diperhatikan

2 Contoh bisnis proposal


Salah satu contoh bisnis proposal adalah proposal usaha kuliner - Pexels

Untuk dapat membuat bisnis proposal yang tepat, berikut beberapa contoh bisnis proposal untuk menjadi inspirasimu.

1. Contoh bisnis proposal toko kelontong

PROPOSAL TOKO KELONTONG

BAB I
PENDAHULUAN

1. Latar belakang
Pandemi Covid-19 membuat banyak masyarakat enggan berbelanja ke pasar tradisional maupun pasar swalayan. Ditambah lagi dengan peraturan untuk para pekerja agar bekerja dari rumah (work from home) yang membuat makin sedikit orang yang bepergian jauh.

Hal-hal tersebut membuat toko kelontong menjadi usaha bisnis yang menjanjikan karena masyarakat masih mempercayai toko kelontong sebagai tempat untuk membeli kebutuhan pokok sehari-hari. Jarak yang dekat dari rumah dan pembelian dari tetangga dapat menjadi alasan masyarakat untuk melakukan pembelian ke toko kelontong.

2. Tujuan
Tujuan pembuatan toko kelontong rumahan adalah untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan memberikan solusi atas masalah ketersediaan tempat belanja di lingkungan sekitar rumah.

3. Waktu pelaksanaan kegiatan usaha
Toko kelontong akan buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 21.00.

BAB II
TINJAUAN UMUM

1. Profil usaha
Toko kelontong rumahan ini diberi nama Toko Kelontong Jawara yang menjual berbagai macam produk eceran kebutuhan pokok sehari-hari.

2. Struktur kepemilikan dan kepegawaian usaha
Nama usaha: Toko Kelontong Jawara
Alamat usaha: Jl. Kedondong Timur No. 84 Jakarta
Nama pemilik: Rian Putra
Alamat: Jl. Kedondong Timur No. 84 Jakarta
Pendidikan: S1 Administrasi Bisnis, Universitas Jakarta 

3. Strategi pemasaran
Strategi pemasaran Toko Kelontong Jawara akan dilakukan dengan mempromosikan kepada tetangga dan warga yang tinggal di sekitar kelurahan terdekat dari lokasi toko, begitu juga SD Negeri 02 terdekat yang berada di wilayah yang sama.

BAB III
MANAJEMEN KEGIATAN OPERASIONAL USAHA

1. Peralatan
Beberapa peralatan yang mendukung kegiatan operasional Toko Kelontong Jawara seperti etalase kaca, timbangan beras, kulkas, dan mesin kasir elektronik.

2. Sistem kegiatan operasional
Kegiatan operasional Toko Kelontong Jawara dimulai sejak pukul 07.00 hingga 21.00 dengan pembelian barang dagangan yang dilakukan secara berkala sesuai dengan ketersediaan produk kebutuhan pokok yang ada.

3. Produk kebutuhan pokok yang tersedia
Beberapa produk yang dijual di Toko Kelontong Jawara seperti beras, minyak goreng, telur, gula pasir, gula aren, garam, mie instan, tepung terigu, makanan dan minuman ringan, sabun cuci pakaian, sabun cuci piring, sampo, sabun, pasta gigi, dan lain-lain. 

BAB IV
RANCANGAN BIAYA DAN PENDAPATAN

Modal awal: Rp20.000.000
Produk yang dijual: Rp20.000.000
Tagihan listrik: Rp300.000
Total beban usaha: Rp1.500.000
Laba bersih: Rp1.000.000

Toko Kelontong Jawara akan mendapatkan laba bersih sebesar Rp1.000.000 per bulan.

BAB V
PENUTUP

Pendirian Toko Kelontong Jawara ini adalah peluang usaha yang menjanjikan karena kondisi pandemi yang membatasi pergerakan masyarakat untuk berbelanja di tempat ramai dan jauh dari rumah. Sehingga Toko Kelontong yang berada di wilayah perumahan dapat menjawab permasalahan tersebut.

2. Contoh bisnis proposal kuliner

Proposal Bisnis Anugerah Bakery

1. Rencana produk
Usaha Bakery merupakan jenis usaha yang menjual kue dan roti berukuran kecil dengan cita rasa lezat dan cocok untuk dijadikan sebagai camilan.

2. Keunggulan produk

  • Bakery adalah makanan yang lezat dan bergizi yang tersedia dalam berbagai rasa
  • Harga relatif murah karena dapat dijangkau seluruh lapisan masyarakat dari anak-anak sampai dewasa

3. Bahan dan alat yang dibutuhkan

  • Tepung terigu: 34 kg
  • Isi roti: selai nanas, strawberry, coklat (masing-masing 6 kg)
  • Gula pasir: 17 kg
  • Mentega: 17 kg
  • Telur: 70 butir
  • Ragi: 1.000 gram
  • Garam: 200 gram

4. Proses pembuatan produk

  • Pertama, siapkan bahan-bahan untuk pembuatan roti seperti tepung terigu, selai, gula pasir, mentega, telur, ragi, dan garam.
  • Setelah semua bahan siap, takar bahan menggunakan timbangan.
  • Kemudian campurkan tepung terigu, telur, garam, ragi, dan mentega. Selanjutnya, aduk menggunakan mixer lalu masukan air secukupnya.
  • Setelah menjadi adonan, diamkan selama 10 menit.
  • Bagi adonan sesuai dengan keinginan.
  • Roti yang telah dikembangkan, dibentuk dan diisi lalu dimasukan ke dalam loyang besar untuk di oven kurang lebih 15 menit (170ºC).
  • Dinginkan roti kira-kira 1 jam.
  • Setelah roti dingin lakukanlah pengemasan.

5. Analisis SWOT

  • Strength

Usaha roti ini memiliki tampilan dan cita rasa khas yang berbeda dibandingkan bakery lainnya.

  • Weakness

Produk roti tidak mampu bertahan lama dan mudah ditiru.

  • Opportunity

Budaya konsumtif masyarakat menjadi peluang utama untuk meraih keuntungan dengan menjual roti yang memiliki beragam rasa.

  • Threat

Banyak produsen bakery yang sudah terlanjur memiliki nama di Bandung. Harga bahan baku yang tidak stabil juga dapat mengurangi profit.

6. Biaya produksi harian

  • Tepung terigu (34 kg): Rp255.000
  • Selai (6 kg): Rp40.000
  • Gula pasir (17 kg): Rp180.000
  • Mentega (17 kg): Rp160.000
  • Telur (70 butir): Rp110.000
  • Ragi (1.000 gram): Rp50.000
  • Garam (200 gram): Rp45.000
  • Plastik (90 buah): Rp100.000

Total Biaya bahan baku adalah Rp940.000
Perkiraan total biaya alat adalah Rp500.000
Proyeksi Penjualan per hari adalah Rp1.800.000

Laba bersih = Rp1.800.000 – (Rp940.000 + Rp500.000) = Rp360.000
Sehingga, laba bersih per hari yang akan diterima Rp360.000

Baca juga: 2 Contoh proposal usaha yang benar dan panduan untuk membuatnya

Itu tadi informasi mengenai bisnis proposal, semoga dapat menjadi inspirasi untukmu, ya! Jika kamu saat ini masih belum memiliki pekerjaan, coba daftarkan diri kamu untuk menjadi talent di EKRUT. Semua proses dan bantuan profesional di talent marketplace EKRUT gratis. Kamu – sebagai talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang di EKRUT!

Sumber:

  • popbela.com
  • hashmicro.com
  • finance.detik.com
  • warungpintar.co.id
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1.jpg

    Careers

    Contoh Proposal Usaha Pengajuan Dana Investor Beserta Panduan Menyusunnya

    Felixitas Yolanda

    28 November 2022
    6 min read
    H1_Surat_Dinas.jpg

    Careers

    10 Contoh Surat Dinas dari Berbagai Instansi Beserta Struktur Penulisannya

    Algonz D.B. Raharja

    25 November 2022
    5 min read
    H1_Laporan_Keuangan.jpg

    Lainnya

    6 Contoh Laporan Keuangan Beserta Panduan dalam Penyusunannya

    Algonz D.B. Raharja

    17 November 2022
    5 min read

    Video