Published on

Technology

10 Platform Blog Gratis Terbaik untuk Kamu yang Hobi Menulis

Lita Lia

H1-Hobi_Menulis_Inilah_10_Rekomendasi_Platform_Terbaik_untuk_Membuat_Blog_Gratis.jpg

Punya blog sendiri memang sangat menyenangkan. Kamu bisa membagikan hobi, cerita, pengetahuan, ide, dan lain sebagainya. Tak perlu membayar, ada banyak platform blog gratis yang bisa kamu pilih. Platform blog gratis ini masuk dalam kategori CMS (content management system) atau sistem manajemen konten, sehingga bisa dengan mudah membantu kamu memublikasikan setiap konten web.

Baca juga: Blogger Adalah: Definisi, Skill-set, dan Cara Menjadi Blogger Profesional 2022

Apa itu blog?


Blog itu seperti catatan buku harian (Sumber: Pexels)

Mengutip apa yang ditulis oleh Wikipedia, blog adalah situs web yang diterbitkan di WWW (World Wide Web) yang biasanya terdiri teks dan dengan gaya bahasa informal atau seperti catatan buku harian. Definisi seperti ini juga diamini oleh Hostinger. Blog biasanya menampilkan informasi dalam urutan kronologis terbalik, konten terbaru muncul lebih dulu. Isi blog tidak hanya sebatas tulisan, tetapi juga bisa foto, dan video sebagai pelengkap.

Banyak orang menjadikan blog gratis sebagai media catatan harian dan membagikannya ke pembaca. Bagi pebisnis, blog juga sangat berguna. Misalnya untuk kebutuhan publikasi, branding, atau sekadar mempromosikan produk. Adapun topik yang diangkat pada blog sangat beragam dan bebas. Meski umumnya terfokus di suatu bidang tertentu. Mulai dari keuangan, gaya hidup, teknologi, kuliner, hiburan, kesehatan, dan lain sebagainya.

Baca juga: 6 Cara menghasilkan uang dari blog

Perbedaan blog, blogging, dan blogger


Blog, blogging, dan blogger adalah istilah yang berbeda tapi saling terkait (Sumber: Pexels)

Ketika mengulas soal blog, baik itu blog gratis atau berbayar, pasti akan kamu temukan istilah blog, blogging, dan blogger. Lantas, apa perbedaan ketiganya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Blog

Blog adalah wadah untuk para penulis berbagi karya dan pandangannya. Tak seperti website, blog sifatnya lebih dinamis. Sebab, blog selalu diperbarui secara berkala oleh sang pengelola atau penulis tersebut. Kontennya pun tak hanya terbatas pada tulisan semata, melainkan juga bisa berupa foto, video, gambar, atau apapun yang memang ingin dimuat penulis.

2. Blogging

Blogging merupakan istilah yang menggambarkan aktivitas pengelolaan blog tersebut. Saat kamu membuka platform blog gratis, maka blogging mencakup aktivitas saat melakukan penulisan, posting, pemberian link, dan membagikan konten tertentu dalam blog. Hingga kini, blogging jadi salah satu bentuk kegiatan berbagi informasi, tempat menuangkan karya, dan ide sampai menghasilkan pundi-pundi rupiah melalui internet.

3. Blogger

Blogger adalah ungkapan atau istilah untuk orang yang berkecimpung di dunia blogging. Mau pakai blog gratis atau berbayar, kamu yang bermain blog bakal disebut blogger. Umumnya, blogger akan rutin mengisi blog miliknya. Tak sedikit juga yang sengaja melakukan optimasi pada blognya supaya lebih berkembang.

Baca juga: 5 Domain Gratis dan Cara Mudah Membuatnya

10 Rekomendasi platform untuk membuat blog gratis


Wordpress adalah salah satu platform blog gratis (Sumber: Pexels)

Sampai di sini, kamu tertarik untuk membuat blog? Tak perlu mengeluarkan uang, soalnya ada cukup banyak platform blog gratis yang bisa kamu pilih. Berikut beberapa di antara yang paling direkomendasikan.

1. WordPress

Dalam dunia blog gratis, WordPress adalah salah satu platform blogging untuk membuat website yang paling terkenal di berbagai kalangan. Ada dua jenis layanan utama yang disediakan WordPress, yakni WordPress.com dan Wordpress.org. Bisa dibilang, platform satu ini cukup fleksibel digunakan. Sebab, kamu bisa menambahkan berbagai jenis plugin hingga mengganti tema. Kendati demikian, ada juga beberapa fitur yang baru bisa digunakan ketika kamu menggunakan akun berbayar.

2. Blogger

Selain WordPress, platform Blogger juga jadi salah satu yang paling dikenal di antara sekian banyak blog gratis lain. Weblog satu ini sangat gampang dikenali karena memiliki ciri khas domain bernama blogspot.com. Salah satu kelebihannya adalah dukungan keamanan mumpuni karena telah terindeks oleh Google dan terintegrasi dengan Google Analytics. Inilah yang membuat Blogger sangat SEO friendly.

3. Medium

Selanjutnya, ada Medium yang juga jadi salah satu pilihan platform blog gratis. Fakta menarik dari Medium adalah platform ini dikembangkan mantan CEO Twitter sekaligus pengembang Blogger, yaitu Evan Williams bersama Biz Stone. Sejak 2012 silam, Medium telah digunakan banyak penulis dunia untuk membagikan karya tulisannya. Beberapa keunggulan Medium di antaranya tampilan minimalis dan terkesan menarik sehingga audiens merasa betah.

4. Joomla

Satu lagi yang tak boleh ketinggalan adalah Joomla. Platform blog yang bisa diakses secara gratis ini sangat powerful dan serbaguna sehingga bisa dimanfaatkan untuk segala jenis website. Namun, Joomla masuk dalam kategori open-source platform sehingga kamu wajib membayar guna mendapat nama domain dan hosting. Jika ingin menggunakannya secara gratis tanpa biaya sepeser pun, maka kamu harus membuat weblog melalui situs launch.joomla.org.

5. Penzu

Dibuat dengan tagline Your Private Online Journal”, platform blog gratis ini menawarkan media berbagi jurnal yang dibekali tingkat keamanan ekstra. Penzu menjamin seluruh jurnal penggunanya tetap aman melalui sistem proteksi enkripsi militer sangat kuat dan multiple-password. Selain itu, Penzu juga menawarkan fleksibilitas yang jadi daya pikat tersendiri. Di antaranya ketersediaan jenis blog di dalam Penzu seperti Expressive Diary, Travel Diary, Daily Diary, Idea Diary, Dream Diary, Food Diary, dan lain sebagainya.

Baca juga: Begini cara daftar Google Adsense untuk blogmu

6. Site123

Sejauh ini, Site123 selalu mendeskripsikan platform-nya sebagai pembuat weblog paling mudah. Salah satu pilihan blog gratis terbaik ini juga menyediakan banyak pilihan layout dan style sederhana yang bakal membantu pengguna dalam mewujudkan blog impian.

7. Weebly

Berikutnya ada Weebly yang merupakan website builder terlengkap untuk menyusun website secara mudah dan cepat tanpa repot memikirkan soal coding. Setiap pengguna Weebly juga bisa membuat blog pribadi, event, bisnis, hingga portofolio. Ada banyak tema yang disediakan tanpa perlu menyusun dari awal. Bahkan Weebly memiliki 200 aplikasi berkualitas baik seperti, accounting, scheduling, dan live chat.

8. Hubpages

Solusi terbaik untuk kamu yang menginginkan blog gratis tapi tak ingin repot memikirkan kode atau desain web adalah Hubpages. Platform ini dikembangkan dengan fungsi membantu para penggunanya untuk membagikan setiap posting blog ke masyarakat luas. Namun sayangnya, kamu tidak diberikan akses untuk mengatur tema dan tampilan blog secara bebas jika menggunakan platform ini.

9. WIX

WIX seakan tak ingin ketinggalan untuk menantang kompetitornya di bidang website builder. WIX menawarkan pengembangan segala bentuk website dengan sederhana bagi para pengguna baru ataupun profesional. Platform ini juga memiliki ratusan template yang terkesan unik. Bahkan, banyak juga aplikasi tambahan untuk mendukung aktivitas dan kebutuhan pengguna, baik itu untuk sosial media maupun toko online.

10. Tumblr

Rekomendasi blog gratis berikutnya adalah Tumblr. Tak seperti platform lain yang sengaja dibuat untuk tujuan publikasi, Tumblr lebih berorientasi pada media sosial dan multimedia. Meski Tumblr tak digunakan untuk keperluan bisnis, kamu tetap bisa menyematkan iklan pada halaman website, mengintegrasikan dengan sistem Google Analytics, dan memanfaatkan link afiliasi.

Baca juga: Travel Writer Adalah: Tujuan, Skill-set, Prospek Karier, dan 3 Cara Memulainya

Itulah beberapa platform terbaik untuk membuat blog gratis bagi kamu yang hobi menulis. Agar blog kamu makin berkembang, temukan juga beragam informasi teknologi dan lainya di EKRUT Media. Informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • wikipedia.org
  • hostinger.com
  • niagahoster.co.id
  • qwords.com
  • domenesia.com
  • jagoanhosting.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    aplikasi-pdf-converter-EKRUT.jpg

    Technology

    9 Rekomendasi Aplikasi PDF Converter Terbaik untuk Smartphone

    Detty Risetya

    07 July 2022
    6 min read
    zoom-fatigue-EKRUT.jpg

    Careers

    Hati-Hati Terkena Zoom Fatigue, Berikut 10 Cara untuk Mengatasinya

    Lita Lia

    07 July 2022
    6 min read
    contoh-surat-izin-tidak-masuk-kerja---EKRUT.jpg

    Careers

    6 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja beserta Cara Membuatnya

    Anisa Sekarningrum

    07 July 2022
    7 min read

    Video