Technology

Brainware: Pengertian, Jenis, Fungsi, Komponen, dan Contohnya

Published on
Min read
6 min read
time-icon
pexels-andrea-piacquadio-840996.jpg

Selain software dan hardware, di dunia komputer mungkin kamu tidak asing dengan istilah brainware. Brainware merupakan komponen terpenting pada perangkat komputer. Hal itu dikarenakan tanpa brainware komputer tidak dapat bekerja.

Lalu, apa itu brainware? Pada artikel kali ini akan dibahas secara lengkap, dari mulai pengertian brainware,  jenis, fungsi, komponen, hingga contohnya. Jadi, simak pembahasannya berikut ini!

Apa itu brainware?


Brainware adalah orang yang mengoperasikan perangkat komputer (sumber:pexels)

Secara umum, brainware merupakan orang yang mengoperasikan perangkat komputer. Dengan kata lain, brainware adalah manusia yang mempunyai kemampuan menjalankan perangkat hardware dan software pada sebuah komputer. Adapun istilah lain dari brainware adalah perangkat intelektual. Hal tersebut dikarenakan tanpa brainware, secanggih apapun software dan hardware pada perangkat komputer tidak akan bekerja.

Dalam konteks dunia bisnis dan pengembangan perusahaan, istilah brainware diartikan sebagai seseorang atau sekelompok orang yang memiliki kemampuan intelektual untuk mengeksplorasi jaringan sistem informasi manajemenBrainware dalam dunia bisnis berfungsi untuk menghasilkan informasi yang berguna bagi kelangsungan organisasi atau perusahaan.

Baca juga: Sistem Informasi: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Komponen, dan 6 Contohnya

Jenis-jenis brainware


Jenis brainware beragam, salah satunya programmer (sumber: pexels)

Brainware atau pengguna komputer terbagi ke dalam berbagai jenis. Di antara jenis-jenis brainware adalah sebagai berikut.

1. Operator komputer

Operator komputer merupakan seorang brainware yang memiliki kemampuan mengoperasikan program atau sistem operasi pada komputer. Operator komputer juga sering disebut sebagaiuser software atau aplikasi yang ada di komputer untuk melakukan suatu pekerjaan. Misalnya, membuat dokumen dalam Word, Power Point, dan Excel, atau melakukan browsing di web browser.

2. Teknisi komputer

Teknisi komputer adalah seorang brainware yang memiliki keterampilan dalam merawat ataumemperbaiki perangkat komputer, baik dari segi hardware ataupun software. Seorang teknisi komputer akan ahli dalam mengatasi berbagai masalah pada komputer, seperti trouble shooting, hardware yang rusak, dan lain-lain.

3. Programmer

Programer merupakan seorang brainware yang memiliki kemampuan dan keahlian dalam menguasai berbagai bahasa pemrograman, seperti Javascript, Python, C++, dan lain-lain. Programmer erat kaitannya dengan kegiatan coding di perangkat komputer. Seorang programmer bertugas dalam membuat atau membangun software dan aplikasi. Selain itu, ada juga programmer yang bertugas untuk menangani website atau yang berkaitan dengan program komputer lainnya.

4. Spesialis jaringan

Jenis brainware selanjutnya adalah spesialis jaringan. Brainware jenis ini memiliki pengetahuan dan keahlian dalam bidang jaringan komputer dan teknologi informasi. Biasanya untuk perusahaan dalam skala besar, terdapat workstation komputer yang terhubung satu sama lain melalui sistem kabel atau nirkabel. Seorang spesialis jaringan memiliki tanggung jawab untuk membantu menciptakan dan memelihara sistem yang kompleks.

5. Project manager

Project manager adalah jenis brainware yang memiliki tugas utama untuk memimpin sebuah proyek. Biasanya istilah project manager akrab digunakan di dunia bisnis digital, yang mana ia bertugas untuk memimpin sebuah proyek yang berkaitan dengan jaringan atau perangkat komputer, seperti membuat fitur pada software atau aplikasi.

6. System analyst

Jenis brainware selanjutnya adalah sistem analyst. Brainware jenis ini bertanggung jawab terhadap perencanaan dan penelitian dalam memilih perangkat lunak beserta dengan kebutuhan lain yang sesuai dengan perusahaan atau bisnis. Seorang system analyst memiliki berbagai keahlian, seperti manajerial, teknis, analisis, dan interpersonal.

7. Database administrator

Database administrator adalah seorang brainware yang memiliki keterampilan dan pengetahuan tentang pengelolaan data. Database administrator memiliki tanggung jawab terhadap seluruh database yang dimiliki, seperti database dalam perusahaan, organisasi, aplikasi, danlain-lain.

8. Graphic designer

Brainware selanjutnya adalah graphic designer. Jenis brainware ini memiliki keterampilan dan pengetahuan di bidang seni dan desain. Ia menggunakan berbagai aplikasi dan software dalam perangkat komputer untuk membuat gambar, vektor, ilustrasi, animasi, dan lain-lain.

9. Konsultan

Jenis brainware selanjutnya adalah konsultan. Jenis brainware ini memiliki pengetahuan di bidang komputer, tetapi biasanya tidak terjun langsung untuk menangani hal-hal teknis. Seorang konsultan bertanggung jawab sebagai penasihat.

10. Trainer

Sama seperti konsultan, trainer adalah seorang brainware yang memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang komputer. Bedanya, seorang trainer bertanggung jawab untuk memberikan pendidikan atau mengajar orang lain sesuai dengan keterampilannya.

Baca juga: Mengenal Jaringan Komputer Mulai dari Tujuan Cara Kerja dan 4 Jenisnya

Fungsi brainware


Salah satu fungsi brainware adalah sebagai operator (sumber: pexels)

Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, brainware merupakan orang yang mengoperasikan software dan hardware pada perangkat komputer. Berdasarkan pengertian tersebut, brainware memiliki tiga fungsi utama, yaitu sebagai berikut.

  • Sebagai programmer, yaitu fungsi brainware yang bisa membuat dan membangunsistem komputer dengan kemampuan coding yang dimilikinya, sehingga dapat menjaga kelancaran dan keamanan seluruh sistem komputer.
  • Sebagai administrator, yaitu fungsi brainware yang mengelola sistem dan jaringan komputer, seperti untuk menjaga kelancaran sistem database pada komputer, mengatur, mengelola, dan menyimpan data-data penting pada komputer.
  • Sebagai operator, yaitu fungsi brainware yang menjalankan program atau sistem, serta melakukan perawatan terhadap komputer.

Baca juga: Tips membuat portofolio programmer yang bisa kamu coba

Komponen brainware


Komponen brainware ada dua, hardware engineer dan software engineer (sumber: pexels)

Brainware merupakan otak dari berfungsinya software dan hardware pada perangkat komputer, sehingga jika dikelompokkan berdasarkan komponennya, brainware dapat dibagi menjadi dua bagian. Kedua bagian komponen tersebut adalah sebagai berikut.

1. Hardware engineer

Sesuai namanya, hardware engineer adalah seorang brainware yang berfokus pada perangkat keras dari suatu sistem komputer. Hardware engineer memiliki keahlian dan pengetahuan tentang perangkat komputer yang bersifat fisik. Mereka bertanggungjawab untuk mengembangkan metode atau teknik baru dalam pembuatan perangkat keras.

2. Software engineer

Jika hardware engineer menangani perangkat keras dari sistem komputer, software engineer menangani perangkat lunak dari sistem komputer. Seorang software engineer akan bertanggung jawab dalam melakukan perancangan dan pengembangan teknik-teknik baru di bidang jaringan komputer.

Baca juga: Software Engineer: Tanggung Jawab dan Proyeksi Karier 2022

Contoh brainware


Salah satu contoh brainware adalah Netter (sumber: pexels)

Setelah membahas tentang komponennya, sekarang akan dibahas contoh dari brainware. Berikut ini beberapa contoh brainware.

  • Netter, yaitu para pengguna internet yang menjelajahi web untuk mencari informasi. Netter bisa dalam bentuk individu, kelompok, atau organisasi. Misalnya, saat kamu browsing di web browsing untuk mengerjakan tugas kuliah menggunakan kata kunci tertentu.
  • EDP Department, yaitu kepanjangan dari Electronic Data Processing Department atau biasa disebut juga IT Department. Brainware ini menggunakan suatu metode otomatis untuk mengelola data komersial di suatu perusahaan.
  • Network System, yaitu jenis operasi yang ditujukan untuk menangani suatu jaringan komputer. Sistem operasi ini terdiri dari banyak layanan bagi para pengguna komputer, seperti DNS service, HTTP service, layanan berbagai berkas, dan layanan alat pencetak.

Baca juga: Network engineer: Pengertian Tugas Tanggung jawab dan Skills

Itulah pembahasan tentang brainware, dari mulai pengertian, jenis, fungsi, komponen, hingga contohnya. Dengan memahami lebih jauh tentang brainware, semoga kamu juga lebih memahami tentang sistem komputer. Semoga bermanfaat!

Demikian artikel EKRUT Media, dapatkan juga berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagaikesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • naviant.com
  • maxmanroe.com
  • daridesignstudio.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1-3_Cara_Mengatur_Margin_di_Word_Sesuai_Kebutuhan_Agar_Pekerjaanmu_Semakin_Mudah.PNG

    Technology

    3 Cara Mengatur Margin di Word Sesuai Kebutuhan Agar Pekerjaanmu Semakin Mudah

    Lita Lia

    05 December 2022
    4 min read
    H1_tiktok_affiliate.jpg

    Technology

    Cara Daftar TikTok Affiliate Terbaru 2022 untuk Menambah Penghasilan

    Alvina Vivian

    05 December 2022
    6 min read
    aaron-weiss-_x6XZ_jp0g8-unsplash_(2).jpg

    Technology

    Cara Berjualan di TikTok Shop dan 6 Tips Agar Cepat Laris

    Fakhrizal Muttaqien

    05 December 2022
    6 min read

    Video