Published on

Careers

Cara Menjadi Dropshipper di Shopee Bagi Pemula [2022]

Detty Risetya

cover.jpg

Dahulu, bila ingin berjualan, kamu harus stok barang terlebih dulu sebelum membuka toko. Namun, hal ini membutuhkan modal yang besar. Saat ini, kamu perlu memahami cara dropship di Shopee untuk memulai usaha sendiri dengan modal minim. Mungkin istilah dropshipper ini tidak asing di telinga. Apalagi, jika kamu sering belanja online. Dengan mengenal cara dropship di Shopee, kamu bisa berbisnis secara online melalui ponsel atau laptop. Selain itu, sistem dropship tidak perlu menyediakan stok barang karena pengiriman dan pengemasan barang akan ditangani langsung oleh pihak Shopee. Jadi, tugasmu sebagai dropshipper hanya mempromosikan barang agar memikat calon pembeli.

Baca juga: Inventories Adalah: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan 8 Tips untuk Mengelolanya

Apa itu dropship?


Cara dropship di shopee ternyata mudah dan tak perlu menyetok barang. (Sumber: Pexels)

Dropship adalah kegiatan menjual apapun tanpa harus menyetok barang. Cukup dengan memilih produk di toko penyedia dropship seperti Shopee, kamu sudah bisa memasarkan produk secara online. Jika ada konsumen yang ingin membeli, maka kamu tinggal melakukan checkout seperti biasa di Shopee. Lalu, Shopee sebagai penyedia dropship akan mengirimkan produk ke alamat  konsumen. Mudah sekali, kan? Kamu tidak perlu menyewa toko untuk membuka bisnis sendiri.

Baca juga: 6 Cara menjadi dropshipper yang bisa kamu coba

Mengapa memilih dropship di Shopee?


Keterbatasan modal sering menjadi alasan banyak orang memilih dropship shopee. (Sumber: Pexels)

Apakah kamu tertarik menjadi dropshipper Shopee? Banyak alasan mengapa bisnis dropship Shopee cukup prospektif. Selain proses pendaftaran dropshipper Shopee yang relatif cepat dan mudah, modalnya pun juga minim. Tidak heran, banyak orang yang berminat untuk ikut cara dropship di Shopee.

Selain itu, dengan banyaknya promo gratis ongkos kirim membuat Shopee menjadi salah satu aplikasi favorit pengguna jasa jual-beli online di Indonesia. Di Shopee ada ribuan merchant menjual berbagai kategori produk, sehingga barang-barang yang kamu jual juga makin variatif.

Baca juga: 15 Ide kerja sampingan online tanpa modal

Cara menjadi dropship di Shopee


Jenis barang fashion banyak diminati untuk dijual secara dropship. (Sumber: Pexels)

Cara dropship di Shopee tak jauh berbeda dengan dropship pada online marketplace lainnya. Kamu tidak harus pusing dengan stok barang di gudang. Kamu hanya bertugas sebagai penjual yang memasarkan barang tersebut. Untuk masalah modal, kamu hanya perlu memulai dari satu langkah kecil. Pasalnya, sudah banyak penjual dropship yang merasakan hasil yang lumayan dari kegiatan berjualan dengan cara dropship di Shopee. Berikut beberapa hal yang harus kamu siapkan sebelum melakukan cara dropship di Shopee.

1. Jenis barang yang akan dijual

Sebelum memutuskan berjualan dengan cara dropship di Shopee, pastikan sudah memilih dan menentukan jenis barang apa yang akan dijual. Umumnya, fashion merupakan jenis produk yang laris di Shopee. Namun, ada juga yang menawarkan barang seperti produk makanan frozen food, minuman kesehatan, kosmetik, dan sebagainya.

2. Cari supplier

Jika sudah menemukan barang apa yang akan dijual, langkah selanjutnya adalah memilih supplier yang barang yang dipilih tadi. Pastikan supplier pilihanmu juga menerima atau menyediakan cara dropship di Shopee.

3. Bermitra dengan satu toko

Untuk pemula bisnis, sebaiknya kamu hanya menjual barang dari satu toko terlebih dulu. Hal ini untuk mempermudah pengaturan pesanan pelanggan serta membuat ongkos kirim jadi lebih murah.

Baca juga: Ide kerja online dari rumah dan tips mendapatkannya

Tips melakukan dropship di Shopee


Dropshipper perlu mempromosikan dagangan secara teratur agar menarik pembeli. (Sumber: Pexels)

Berikut cara dropship di Shopee yang bisa kamu ikuti tipsnya di bawah ini.

1. Riset pasar

Perhatikan barang apa yang sedang diminati dan tren di kalangan masyarakat adalah suatu kunci untuk menentukan barang apa yang dijual dengan cara dropship di Shopee. Kemudian, carilah supplier yang menyediakan barang tersebut. Selain itu, kamu juga bisa memilih barang yang kamu sukai karena pastinya kamu mengenal barang tersebut dengan baik.

2. Manfaatkan fitur promosi

Ketika kamu memilih cara dropship di Shopee maka kamu otomatis menjadi penjual. Kamu harus bisa memanfaatkan fitur promosi yang telah disediakan untuk menarik lebih banyak pembeli.

3. Hindari barang KW

Hal yang paling harus kalian ingat sebelum menjadi dropshipper adalah jangan menjual produk KW. Dengan menyajikan kualitas terbaik barang yang akan dijual, maka hal ini akan menentukan kepuasan dari pembelimu. Barang KW atau tiruan akan menurunkan kepuasan pelanggan dan membuat pelanggan merasa “tertipu”. Jadi, usahakan selalu menjual barang yang orisinil dan jujur. Kunci sukses cara dropship di Shopee yang baik adalah menjual barang asli, meskipun dengan harga yang lebih mahal. Kualitas barang yang bagus dan terbukti barang asli akan membuat kepuasan pembeli makin meningkat.

Baca juga: Ini 7 ide bisnis untuk karyawan yang mudah dan bermodal kecil

Ide barang untuk dropship di Shopee


Kategori barang yang bisa dijual secara dropship di shopee sangat bervariasi. (Sumber: Pexels)

Sebelum memulai cara dropship di Shopee, kamu bisa memilih jenis barang yang akan kamu jual. Berikut beberapa ide barang untuk dropship yang bisa kamu pertimbangkan.

  • Makanan sehat
  • Kosmetik dan perawatan kulit
  • Pakaian dan aksesoris
  • Produk bayi
  • Perlengkapan rumah tangga
  • Aksesoris gadget
  • Furnitur

Baca juga: 30 Ide Usaha Rumahan yang Menjanjikan

Melalui bisnis dengan cara dropship di Shopee ini, dropshipper dapat berbisnis kapan pun dan di mana pun asalkan memiliki koneksi jaringan internet. Kelebihan sistem dropship adalah kamu bisa mendapatkan penghasilan ekstra tanpa mengganggu pekerjaan utama. Jadi, drosphipper dapat dijadikan pekerjaan sampingan, sembari tetap menjalankan karier utamamu.

Jika kamu sudah memiliki CV, tinggal unggah saja di platform EKRUT. Karena, hanya di EKRUT kamu bisa mendapatkan mitra terpercaya untuk menemukan peluang karier dari berbagai perusahaan ternama di Indonesia. Siapkan portofolio dan sign up EKRUT sekarang!

Sumber:

  • majoo.id
  • pinhome.id
  • seller.shopee.co.id

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    10_Tips_mendapatkan_first_impression_yang_positif_di_tempat_kerja.jpg

    Careers

    10 Tips mendapatkan first impression yang positif di tempat kerja

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    05 October 2022
    6 min read
    cover_(9).jpg

    Careers

    SPPKP: Pengertian, Fungsi, Persyaratan, dan Cara Mendapatkannya

    Detty Risetya

    05 October 2022
    5 min read
    h1.jpg

    Lainnya

    Goodwill: Definisi, Jenis, Rumus, dan Cara Menghitungnya

    Tio Derma

    05 October 2022
    6 min read

    Video