Published on

Lainya

10 Cara menghilangkan mata panda bagi yang sering bekerja hingga larut malam

Felixitas Yolanda

H1.jpg

Bagi para penggelut dunia kerja, lembur adalah sesuatu yang kadang tak bisa dihindari. Load kerja yang terlalu banyak, atasan yang demanding, dan alasan-alasan lainnya membuat kita harus bekerja hingga larut malam hingga kadang lupa tidur. Tanpa disadari, lingkaran hitam dan kantung mata semakin menebal. Inilah yang disebut mata panda.

Mata panda bukanlah masalah kesehatan serius, tapi bagi beberapa orang bisa merusak penampilan. Karenanya tidak jarang orang-orang mencari cara menghilangkan mata panda. Ada banyak sekali cara menghilangkan mata panda, yuk, kita kenali beberapa di antaranya.

Baca juga: Work-life balance, apakah benar-benar ada? Ini jawabannya!

Apa itu mata panda?


Mata panda adalah kondisi adanya lingkaran hitam dan kantung mata di bawah mata. (Sumber Pexels)

Mata panda adalah kondisi di mana bagian bawah mata tampak terlihat lebih gelap dari warna kulit wajah dan kantung mata membengkak, sehingga menyerupai mata panda. Alhasil, orang dengan mata panda akan terlihat letih dan lebih tua. Bagi orang-orang yang mementingkan penampilan dalam pekerjaan, ini tentu bisa jadi hal yang mengganggu.

Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja, dan umumnya dikaitkan dengan kurang tidur atau istirahat. Meski demikian, kadang kala kita tidak bisa menghindari lembur atau bekerja hingga larut malam demi tanggung jawab. Jangan khawatir, karena ada beberapa cara menghilangkan kantung mata yang bisa kamu coba.

Penyebab timbulnya mata panda


Cara menghilangkan mata panda paling penting adalah istirahat dengan cukup. (Sumber: Pexels)

Sebelum membahas cara menghilangkan mata panda, kenali dulu apa sebenarnya penyebab mata panda. Salah satu penyebab utamanya memang kurang tidur. Saat kurang tidur, darah yang menumpuk di sekitar area mata akan terlihat karena tidak mampu mengalir dengan baik. Karenanya, kurang tidur akan menyebabkan lingkaran hitam, mata bengkak dan wajah jadi kusam. Selain kurang tidur, berikut ini penyebab mata panda lainnya:

  • Terlalu lama menatap layar
  • Usia
  • Dehidrasi
  • Hiperpigmentasi
  • Penipisan kulit di bawah mata
  • Faktor genetik
  • Kebiasaan merokok atau minum alkohol
  • Paparan sinar matahari
  • Alergi

Baca juga: 14 Penyakit akibat kerja berlebihan yang sering diderita karyawan

10 Cara menghilangkan mata panda


Berikut ini merupakan beberapa cara menghilangkan mata panda. (Sumber: Pexels)

Cara menghilangkan mata panda bisa kamu sesuaikan dengan penyebab mata panda itu sendiri. Misalnya, jika diakibatkan oleh faktor genetik, tentu mencukupi waktu tidur belum tentu bisa mengatasinya. Tapi secara umum, ada 10 cara menghilangkan mata panda yang mudah dan efektif.

1. Istirahatkan mata sesekali setelah beberapa jam bekerja

Menatap layar komputer atau handphone terlalu lama akan membuat mata letih dan pembuluh darah di sekitar mata melebar. Saat harus bekerja hingga larut malam, biarkan mata rileks selama beberapa menit. Lepaskan pandangan dari layar, tutup mata dan pijat perlahan area sekitar mata untuk melancarkan sirkulasi darah.

2. Mencukupi waktu tidur


Tidur cukup agar tidak memperparah mata panda. (Sumber: Pexels)

Jika disebabkan oleh kurang tidur, maka cara menghilangkan mata panda tentunya adalah dengan mencukupi waktu tidur. Kurangi begadang, tambah jam tidur dan istirahat dengan cukup. Normalnya orang dewasa membutuhkan tidur 7-8 jam sehari.

Baca juga: Ini pentingnya kesehatan mental karyawan bagi perusahaan

3. Tidur dengan posisi yang tepat

Selain mencukupi waktu tidur, cara menghilangkan mata panda yang masih berhubungan adalah dengan mengatur posisi tidur. Pastikan kamu meninggikan sandaran kepala dan hindari tidur dengan posisi tengkurap. Tujuannya agar tidak ada cairan yang menggnang di bawah mata dan menyebabkan bengkak.

4. Gunakan timun


Timun dipercaya sebagai salah satu cara menghilangkan mata panda secara alami. (Sumber: Pexels)

Salah satu cara menghilangkan mata panda yang paling banyak digunakan adalah dengan menempelkan timun ke kelopak mata Anda. Kandungan vitamin C dan air yang tinggi pada timun dapat menenangkan mata yang letih dan bengkak serta membantu melembabkan kulit.

5. Perbanyak minum air


Perbanyak minum air putih untuk mengurangi mata panda. (Sumber: Pexels)

Dehidrasi dapat menjadi salah satu faktor penyebab mata panda. Cara menghilangkan mata panda akibat dehidrasi adalah dengan perbanyak minum air putih, setidaknya 2 liter setiap hari. Konsumsi air putih cukup juga bermanfaat untuk kebugaran dan kesegaran tubuh sehingga kamu tidak cepat lelah.

Baca juga: 7 Jenis vitamin untuk pekerja keras yang wajib kamu konsumsi

6. Gunakan kompres dingin

Menggunakan kompres dingin adalah salah satu cara menghilangkan mata panda yang sudah terbukti efektif. Hal ini karena air dingin bisa membantu mengurangi pelebaran pembuluh dan perubahan warna pada kulit. Bungkus es batu dengan kain bersih, pejamkan mata dan kompres mata Anda selama sekitar 20 menit.

7. Menggunakan krim mata


Gunakan krim atau masker mata untuk mengurangi mata panda. (Sumber: Pexels)

Jika kamu memilih cara menghilangkan mata panda yang praktis, bisa coba menggunakan krim mata. Pastikan kamu menggunakan krim yang mengandung retinol, kafein atau vitamin C dan vitamin E yang ampuh mencerahkan lingkaran hitam di bawah mata.

8. Mengompres dengan kantong teh

Jangan buang kantong teh celup kamu, karena ternyata bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan mata panda. Kandungan kafein dan antioksidan pada teh dipercaya dapat memperlancar sirkulasi darah dan memperkecil pembuluh darah. Biarkan kantong teh mendingin atau simpan di dalam kulkas sebelum menggunakannya, lalu kompres bagian bawah mata selama 10-15 menit. Jangan lupa untuk membilas area mata dengan air bersih setelahnya.

9. Kurangi konsumsi kafein, alkohol, dan rokok

Batasi konsumsi kafein dan alkohol serta kurangi merokok karena hal-hal ini bisa memicu dehidrasi yang membuat area bawah mata jadi gelap. Jika harus bekerja hingga larut, jangan terus-menerus minum kopi agar terjaga. Lebih baik beristirahat dulu selama beberapa menit sebelum melanjutkan kerja.

10. Perawatan medis


Bisa juga melakukan perawatan medis untuk cara menghilangkan kantung mata. (Sumber: Pexels)

Jika cara-cara menghilangkan mata panda secara alami tidak ampuh atau jika kantung mata kamu disebabkan oleh faktor-faktor lain, kamu bisa mencoba perawatan medis. Beberapa di antaranya adalah chemical peeling, operasi laser, tissue fillers atau operasi pembuangan lemak. Tentunya kamu wajib berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk menjalani prosedur medis ini.

Baca juga: 9 Tanda kamu butuh cuti secepatnya

Itu dia beberapa cara menghilangkan mata panda yang bisa kamu coba. Meski harus bekerja lembur, pastikan kamu tetap mendapat istirahat yang cukup. Bagaimanapun juga, kamu harus menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh agar tetap fokus bekerja dan menjaga performa.

Dapatkan lebih banyak informasi seputar work-life wellbeing di EKRUT. Kamu juga bisa cari info lowongan kerja yang sesuai minat dan kemampuan serta tips menarik lainnya untuk pengembangan karier. Ingin tahu lebih banyak tentang cara mengelola stres saat kerja? Simak cara mengatasinya di video berikut ini:

Sumber:

  • Alodokter.com
  • Liputan6.com
  • Health.kompas.com

Tags

Share