Technology

4 Cara Cek Pulsa Axis dengan Mudah Tanpa Ribet [2022]

Published on
Min read
4 min read
time-icon
H1_cara_cek_pulsa_axis.jpg

Di Indonesia terdapat beberapa provider penyedia layanan komunikasi yang cukup terkenal di masyarakat, salah satunya adalah Axis. Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Axis adalah anak perusahaan dari perusahaan XL Axiata. Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2008, ternyata Axis berhasil menarik perhatian masyarakat dengan berbagai promo dan paket yang disediakan.

Bagi kamu pengguna Axis, tentu kamu harus memiliki cukup pulsa untuk bisa melakukan komunikasi telepon, SMS, atau bahkan untuk membeli kuota. Bingung bagaimana cara cek pulsa Axis di smartphone-mu? Jangan khawatir, pada artikel kali ini kamu akan mendapatkan informasi cara cek pulsa menggunakan berbagai metode. Penasaran? Yuk, simak artikel berikut ini!

Baca juga: 10 Cara jaga privasi di internet agar datamu aman

Cara cek pulsa Axis via SMS


Cek pulsa melalui SMS tidak dikenai biaya sehingga lebih mudah (sumber: pexels)

Metode pertama yang bisa dilakukan untuk cek pulsa Axis adalah melalui SMS. Kamu hanya perlu mengetikkan “CEK” kemudian kirim SMS tersebut ke 123. Setelah berhasil terkirim, kamu akan mendapatkan informasi mengenai nomor telepon beserta besaran pulsa dari operator. Untuk cek pulsa melalui SMS ini tidak dikenai biaya pulsa sama sekali alias gratis, jadi kamu tidak perlu khawatir pulsa akan terpotong ketika melakukannya.

Baca juga: 8 Paket WiFi murah dan unlimited untuk kebutuhan rumah maupun perorangan

Cara cek pulsa Axis via Aplikasi AxisNet


Aplikasi AxisNet membantu pengguna mengetahui informasi terkait nomornya (sumber: ekrut)

Provider Axis menyediakan sebuah aplikasi bernama AxisNet yang mana akan memudahkan penggunanya dalam memantau informasi terkait. Pada aplikasi ini, kamu akan menemukan informasi pulsa, kuota, masa tenggang nomor, dan berbagai paket menarik dari Axis.

Kini AxisNet telah tersedia di Play Store dan App Store. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasinya di smartphone, kemudian lakukan pendaftaran dan masuk ke dengan akun yang telah terdaftar. Metode ini sangat menarik karena kamu semua informasi yang kamu butuhkan mengenai nomor Axis kamu sudah tersedia dalam satu aplikasi saja.

Baca juga: 5 Cara Cek Nomor Axis Paling Praktis dan Terbaru 2022

Cara cek pulsa Axis via Kode USSD

seseorang sedang cek pulsa axis
Gunakan kode USSD untuk mengecek saldo pulsa yang dimiliki (sumber: pexels)

Selanjutnya, kamu bisa mengecek pulsa Axis menggunakan kode USSD di *123#. Ketik *123#, kemudian klik OK. Setelah itu, tekan angka menu “Cek Pulsa” dan tekan “OK”. Tunggu beberapa saat hingga proses loading selesai, maka akan muncul informasi mengenai saldo pulsa serta masa tenggang nomor Axis kamu.

Baca juga: Panduan dan Cara Unreg Kartu AXIS dengan Praktis 2022

Cara cek pulsa Axis via call center

menelfon call center untuk cek pulsa axis
Telepon call center mempermudah untuk mengecek pulsa (sumber: pexels)

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk cek pulsa Axis adalah dengan menghubungi call center di 838 atau 083 8800 0838. Pastikan kamu sudah mendengar arahan saat terhubung dengan call center. Tekan angka yang telah disampaikan untuk melakukan pengecekan pulsa. Lalu, kamu akan mendapatkan informasi tersebut. Pada metode satu ini, kamu akan dikenai biaya pulsa sebesar Rp800 untuk satu kali panggilan. Jadi, pastikan kalau kamu memiliki saldo pulsa sebelum menghubungi call center

Baca juga: 4 Cara Cek Kuota Axis Online dengan Mudah dan Cepat 2022

Tarif telepon dan SMS Axis

kartu perdana axis
Tarif telepon dan SMS Axis berbeda-beda tergantung nomor tujuan pengguna (sumber: kumparan)

Saldo pulsa tidak hanya bisa digunakan untuk membeli paket kuota saja. Tidak jarang seseorang membutuhkan pulsa untuk telepon dan SMS dengan pengguna lain. Setiap komunikasi yang kamu lakukan melalui SMS atau telepon memiliki besaran tarif yang berbeda. Selain itu, perbedaan tarif juga dipengaruhi oleh kepada siapa kamu melakukan panggilan atau mengirim SMS. Berikut merupakan daftar lengkap tarif telepon dan SMS di Axis yang perlu kamu pahami.

1. Panggilan atau telepon

  • Telepon ke sesama pengguna Axis = Rp1/detik 
  • Telepon ke pengguna XL = Rp1/detik
  • Telepon ke operator selain XL & Axis = Rp10/detik 

2. Mengirim SMS

  • Kirim SMS ke semua operator = Rp500/SMS
  • Bonus 250 SMS ke semua operator

Baca juga: 7 Paket Internet Unlimited dengan Internet Cepat

Tips menghemat pulsa Axis

kartu perdana axis
Pulsa lebih hemat dengan adanya paket kuota internet (sumber: katadata)

Agar pulsa yang kamu punya tidak cepat habis, kamu bisa lakukan beberapa tips menghemat pulsa Axis berikut ini. Tentunya bisa menguntungkan kamu agar tidak terlalu boros.

1. Pilih paket yang tersedia

Axis menyediakan berbagai paket yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan kamu. Mulai paket kuota, SMS, hingga telepon. Umumnya, paket yang ditawarkan akan lebih murah dari harga normal. Pilihan paketnya sangat beragam, mulai dari berbagai pilihan besaran kuota, lama durasi telepon, dan banyaknya SMS yang akan kamu kirim.

Selain itu, kamu juga bisa menentukan lama masa aktif dari paket yang kamu pilih. Pilihan paket ini bisa kamu cek di aplikasi AxisNet atau tidak jarang juga kamu akan mendapatkan SMS dari operator yang memberikan informasi mengenai paket yang tersedia.

2. Ambil promo

Tidak hanya mengambil paket yang disediakan Axis, kamu juga bisa memanfaatkan promo yang ada. Cek aplikasi AxisNet atau lihat juga riwayat SMS kamu karena sering kali provider akan mengirimkan promo yang sedang berlangsung ke nomer kamu. Jangan sampai kamu terlewat promo tersebut agar semakin cuan.

3. Pilih paket kuota internet

Melihat tarif SMS dan telepon yang telah dibahas di bab sebelumnya, terlihat cukup besar tarif yang dibutuhkan. Alternatif lain untuk menghemat pulsa Axis yang kamu miliki, cobalah beralih ke kuota internet. Kamu bisa berkomunikasi menggunakan WhatsApp atau media komunikasi online lainnya secara gratis. Tidak hanya untuk berkomunikasi, dengan adanya kuota, kamu juga bisa mengakses platform lain seperti YouTube, Instagram, dan TikTok.

4. Optimalkan penggunaan SMS dan telepon

Jika kamu tetap membutuhkan komunikasi melalui SMS atau telepon, pastikan kamu melakukannya secara to the point. Hal ini ditujukan agar kamu tidak boros dalam mengeluarkan pulsa sehingga lebih hemat tentunya.

Baca juga: 8 Rekomendasi WiFi portable terbaik dan lengkap dengan daftar harganya

Nah, cukup mudah bukan untuk cek pulsa Axis? Karena ada banyak metode yang bisa dipilih, kamu bisa sesuaikan cara yang paling tepat untukmu, ya. Namun agar lebih praktis, kamu bisa mengunduh aplikasi AxisNet di smartphone karena informasi yang ditampilkan lebih lengkap dalam satu aplikasi saja. Apalagi aplikasi tersebut gratis dan bisa diunduh di Android atau iOS.

Kamu juga bisa temukan juga artikel menarik lainnya di EKRUT Media. Berbagai informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • xl.co.id
  • kontan.co.id
  • katadata.co.id
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cache-dan-cookies-EKRUT.jpg

    Technology

    Fungsi cache dan cookies yang tak banyak diketahui!

    Maria Yuniar

    28 November 2022
    4 min read
    Google_Data_Studio_Fungsi__Fitur_Utama__Integrasi_Platform_dan_Cara_Menggunakannya.jpg

    Technology

    Google Data Studio: Fungsi, Fitur Utama, Integrasi Platform, dan Cara Menggunakannya

    Sartika Nuralifah

    28 November 2022
    8 min read
    Ssstiktok_Download_Video_TikTok_tanpa_Watermark_Secara_Online_2022.jpg

    Technology

    SSSTikTok Download Video TikTok Tanpa Watermark Online 2022

    Sylvia Rheny

    25 November 2022
    5 min read

    Video