Published on

Careers

6 Contoh surat penawaran barang resmi yang baik dan benar

Sylvia Rheny

Contoh_surat_penawaran_barang_resmi_yang_baik_dan_benar.jpg

Jika kamu seorang pengusaha yang sering melakukan transaksi bisnis dengan pihak eksternal, maka surat penawaran barang adalah salah satu alat yang berguna demi kelangsungan bisnis yang kamu jalankan. Mengirimkan surat penawaran barang merupakan hal yang biasa dilakukan dalam kegiatan marketing perusahaan.

Lalu, apa saja komponen yang sebaiknya dicantumkan dalam sebuah surat penawaran barang? Yuk, ketahui jawaban selengkapnya beserta beberapa contoh surat penawaran barang di bawah ini.

Baca juga: 5 Contoh surat keterangan kerja dan cara membuatnya

Apa itu surat penawaran barang?

Apa itu surat penawaran barang?
Surat penawaran barang digunakan untuk menjalin kerjasama bisnis. (Sumber: Pexels)

Surat penawaran barang adalah surat yang memiliki fungsi sebagai perantara dalam menjalankan suatu kerjasama dengan pihak eksternal. Surat penawaran barang ini termasuk ke dalam medium promosi yang dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan pemasaran dan juga membantu perusahaan dalam memperluas jaringan bisnisnya. Isi surat ini secara garis besar adalah penjelasan rinci dari barang yang sedang ditawarkannya. Surat ini biasanya dibuat ketika ada permintaan penawaran dari calon konsumen. 

Jika diringkas, maka surat penawaran barang merupakan surat resmi yang diberikan oleh penjual kepada calon pembeli yang berisi detail mengenai perusahaan serta barang yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut dengan maksud agar diketahui dan meyakinkan calon pembeli sehingga pada akhirnya terjadi sebuah transaksi jual beli atau kerja sama antara keduanya.

Baca juga: 4 Contoh surat rekomendasi kerja dan cara menyiapkannya

Komponen dalam surat penawaran barang

Komponen dalam surat penawaran barang
Komponen dalam contoh surat penawaran barang adalah informasi perusahaan dan barang. (Sumber: Pexels)

Sesuai dengan tujuan dibuatnya surat penawaran barang, maka dalam membuat surat penawaran barang haruslah mampu meyakinkan calon pembeli terhadap kredibilitas perusahaan dan barang yang ditawarkan. Untuk itu, kamu perlu memperhatikan beberapa komponen dalam surat penawaran barang berikut ini.

1. Informasi perusahaan yang menawarkan barang

Dalam surat penawaran barang, yang pertama harus dicantumkan adalah informasi singkat tentang perusahaan yang menawarkan barang. Ini merupakan upaya untuk memperkenalkan perusahaan kepada calon pembeli. Informasi tentang perusahaan yang dapat kamu cantumkan antara lain nama perusahaan, alamat perusahaan, dan bidang perusahaan.

2. Barang yang ingin ditawarkan

Komponen penting kedua yang perlu dicantumkan dalam surat penawaran barang adalah informasi mengenai barang yang ingin ditawarkan itu sendiri. Detail informasi barang yang bisa dicantumkan mulai dari harga barang dan juga stok yang dimiliki. Dengan demikian, calon pembeli bisa memperkirakan jumlah pembelian.

3. Penjelasan mengenai harga promo

Calon pembeli kemungkinan besar akan lebih mudah tertarik jika diberikan keistimewaan, oleh karena itu kamu bisa mempertimbangkan untuk memberikan harga khusus atau harga promo kepada calon pembeli. Promo yang bisa kamu berikan misalnya potongan harga dengan minimal pembelian jumlah tertentu atau bisa juga gratis ongkir.

4. Metode pembayaran yang bisa dilakukan

Pilihan metode pembayaran juga merupakan komponen penting yang bisa kamu sertakan dalam surat penawaran barang. Semakin beragam pilihan metode pembayaran maka akan semakin meyakinkan dan membuat calon pembeli tertarik karena hal ini tentu membuat calon pembeli lebih mudah dalam melakukan transaksi.

5. Lampiran informasi produk

Komponen penting terakhir yang bisa menjadi jurus andalan untuk membuat calon pembeli tertarik dengan barang yang kamu tawarkan adalah dengan melampirkan informasi produk secara lengkap. Kamu sebaiknya membuat lampiran informasi produk ini semenarik mungkin di mata calon pembeli. 

Baca juga: 3 Contoh surat resign yang yang baik dan benar 2021

6 Contoh surat penawaran barang resmi yang baik dan benar

6 Contoh surat penawaran barang resmi yang baik dan benar
Terdapat berbagai contoh surat penawaran barang menurut bidang industri. (Sumber: Pexels)

Setelah mengetahui pengertian, tujuan, dan komponen dalam surat penawaran barang, selanjutnya kamu bisa memperhatikan beberapa contoh surat penawaran barang resmi yang baik dan benar di bawah ini. 

1. Contoh surat penawaran barang keperluan kantor

Berikut ini salah satu contoh surat penawaran barang untuk keperluan kantor.

PT Permata Indah Maju
Ruko Permata Hijau, Jl. Srigunting No. 44
Jakarta Selatan

Jakarta, 25 Juli 2020

Nomor : 19/ASS/VI/2020
Hal : Penawaran Barang
Lampiran : 1 lembar brosur
 
Kepada
Manager PT Warna Merah
Jl. Protayudana No. 85, Bali.

Dengan hormat,

Melalui surat ini, kami ingin memperkenalkan diri dari perusahaan PT Permata Indah Maju yang bergerak di bidang distributor peralatan kantor. 

Dari informasi yang kami peroleh, PT Warna Merah merupakan perusahaan properti yang sedang berkembang di kawasan Bali dan akan membuka beberapa unit pemasaran di Denpasar. 

Sehubungan dengan itu, kami ingin menawarkan produk berupa barang peralatan kantor untuk mendukung operasional PT Warna Merah. Di surat ini, kami melampirkan daftar produk peralatan kantor beserta harganya untuk dipertimbangkan. 

Jika perusahaan Anda tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang produk yang kami tawarkan, mohon menghubungi di nomor telepon 021-1234567 atau 081234567. 

Perlu diketahui bahwa kami juga menyediakan layanan berupa pengantaran produk dengan biaya kirim gratis. Bahkan, kami menawarkan harga khusus jika perusahaan Anda melakukan pembelian dalam jumlah tertentu.

Harapan kami, kerjasama yang saling menguntungkan dapat terjalin antara dua perusahaan ini. Untuk informasi lebih lanjut, kami siap untuk menyampaikan presentasi yang lebih lengkap. 

Atas perhatian dan kerjasama Anda, kami mengucapkan terima kasih.

Hormat kami, 

PT Permata Indah Maju

 

Dora Doreyanti
Marketing Manager 

2. Contoh surat penawaran barang properti

Berikut ini salah satu contoh surat penawaran barang berupa properti.

No : 01/DSG/SPR/XX/2020
Tanggal : 21 September 2020
Hal : Surat Penawaran Rumah
Lampiran : 1 Berkas

Kepada Yth.
Direktur Utama/Direktur/Manajer/Kepala Bagian & Karyawan
Perusahaan/Lembaga/Dinas
Di tempat.

Dengan hormat,
Pemenuhan kebutuhan rumah bagi setiap individu adalah kebutuhan primer di mana kepemilikan rumah bukan hanya untuk kebutuhan tempat tinggal namun juga bisa dimanfaatkan sebagai investasi untuk masa depan. Kami mengucapkan terima kasih karena Bapak/Ibu telah berkenan memberikan kesempatan untuk kami memperkenalkan produk unggulan kami. Kami dari PT. Permata Biru Property member BiruLand Group merupakan perusahaan yang bergerak di bidang properti di Bali. Bersama ini, kami mengajukan penawaran produk kami sebagai berikut:

Biru Garden Residence — Denpasar, Bali
Luas bangunan : 100 m², 200 m², 300 m²
Luas tanah : 150 m², 250 m², 350 m²
Sertifikat : SHM
Spesifikasi bangunan : Terlampir
Total unit : 5 unit
Ketersediaan unit : 2 unit
Lokasi : Jalan Bangun Cipta No. 100, Denpasar, Bali.

Fasilitas dan akses : 

  • Rumah Sakit (Harapan Bangsa)
  • Sekolah (SDN 2/4, SMAN 101 Denpasar)
  • Kampus (Universitas Harapan Negeri)
  • Mall (Harapan Tinggi)
  • Minimarket (Lomart, Betamart, Donimart)

Harga : 

  • Rp3.199.000.000,- (Flamboyan)
  • Rp5.699.000.000,- (Geranium)
  • Rp7.499.000.000,- (Gorgeous)

Sistem pembayaran:

  • Cash keras
  • Cash bertahap
  • KPR Bank

Biru Garden Residence adalah perumahan eksklusif pertama di Denpasar yang memiliki view terbaik di wilayah Bali. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang produk yang kami tawarkan, mohon menghubungi di nomor telepon 021-123123123 atau 081231231231. 

Hormat kami,

PT Permata Biru Property


Wayan Adi
Marketing Manager

3. Contoh surat penawaran barang furnitur

Berikut ini salah satu contoh surat penawaran barang berupa furnitur.

Contoh surat penawaran barang furnitur
Contoh surat penawaran barang furnitur. (Sumber: Maxmanroe)

Baca juga: 10 Contoh kalimat penutup surat lamaran pekerjaan yang tepat

4. Contoh surat penawaran barang elektronik

Berikut ini salah satu contoh surat penawaran barang dalam bidang elektronik.

Contoh surat penawaran barang elektronik
Contoh surat penawaran barang elektronik. (Sumber: Pinterest)

5. Contoh surat penawaran barang fashion

Berikut ini salah satu contoh surat penawaran barang dalam bidang fashion.

Contoh surat penawaran barang fashion
Contoh surat penawaran barang fashion. (Sumber: Scribd)

6. Contoh surat penawaran barang sepatu

Berikut ini salah satu contoh surat penawaran barang berupa sepatu.

Contoh surat penawaran barang sepatu
Contoh surat penawaran barang sepatu. (Sumber: Pinterest)

Baca juga: 5 Contoh surat peringatan untuk karyawan

Semoga penjelasan mengenai komponen dalam surat penawaran barang hingga beberapa contoh surat penawaran di atas bisa membantu kamu dalam memasarkan barang untuk kepentingan bisnis perusahaan. 

Di luar itu, jika kamu tertarik untuk pindah kerja demi perkembangan karier yang lebih baik, kamu bisa mendaftarkan diri melalui EKRUT sekarang juga karena terdapat banyak peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu. Dapatkan juga berbagai tip dan insight menarik untuk pengembangan karier kamu melalui YouTube EKRUTtv.

sign up EKRUT

Sumber:

  • Indeed
  • Hubspot
  • Maxmanroe

Tags

Share