Careers

Tips Menentukan Ide Pokok Pada Suatu Paragraf Beserta dengan 2 Contohnya

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Algonz D.B. Raharja

A passionate ecological researcher and writer who loved to learn about SEO and content writing for marketing purposes

H2_Apa_Itu_Ide_Pokok.jpg

Bagi kamu yang gemar menulis atau yang sedang dikejar-kejar tenggat waktu pengerjaan skripsi, mungkin perihal ide pokok bisa menjadi hal penting buat kamu. Ide pokok tak bisa lepas dari struktur paragraf yang kamu susun untuk membangun sebuah tulisan, terutama tulisan ilmiah. Lantas, apa yang sebenarnya dimaksud dengan ide pokok ini? Mari simak ulasan singkatnya berikut ini.

Apa itu ide pokok?


Ide pokok merupakan gagasan utama atau topik utama dalam suatu paragraf yang tengah dibahas (Sumber: Pexels)

Ide pokok atau gagasan pokok merupakan bagian penting dari sebuah paragraf. Isah Cahyani dalam paparannya menyebut bahwa ide pokok merupakan hal pokok atau inti keseluruhan isi paragraf. Ide pokok dapat ditemukan pada kalimat topik (utama) yang didukung oleh beberapa kalimat penjelas.

Sedangkan, dilansir dari situs Miami Dade College (MDC), ide pokok atau main idea merupakan ide sentral atau ide paling penting dalam sebuah paragraf. Ide pokok menyatakan tujuan dan menetapkan arah suatu paragraf. Ide pokok dapat dinyatakan secara tersirat. Ide pokok selalu didukung oleh kalimat-kalimat yang menyajikan pandangan pendukung maupun pandangan kontras/berlawanan.

Secara umum, ide pokok merupakan paparan kalimat yang menjadi hal utama dari pengembangan sebuah paragraf. Ide pokok secara khusus terletak di dalam sebuah kalimat utama dan tidak selalu berada dalam kalimat pertama.

Baca juga: Content Writer, Ini 7 Aplikasi Menulis Terbaik di Tahun 2022

Ciri-ciri ide pokok


Ide pokok memiliki ciri-ciri khusus seperti terletak pada kalimat utama dan bersifat umum (Sumber: Pexels)

Seperti yang telah disebut sebelumnya, ide pokok memiliki beberapa ciri yang umum diketahui karena menjadi bagian penting dari sebuah paragraf. Adapun beberapa ciri dari ide pokok adalah sebagai berikut.

  • Berada di kalimat utama
  • Berisi tentang gagasan utama, tema, atau pokok pembicaraan
  • Bersifat secara lugas namun ada beberapa yang tersirat
  • Bertempat di sebuah kalimat utama bersifat umum
  • Didukung oleh beberapa kalimat penjelas yang berkaitan dan bersifat khusus
  • Memerlukan pengembangan informasi lewat kalimat-kalimat pendukung
  • Tidak selalu berada di awal atau akhir kalimat

Ide pokok memiliki ciri utama yang selalu dijelaskan lewat beberapa kalimat berkaitan. Hal ini membuat kita bisa mengidentifikasi sebuah ide pokok dari sana.

Baca Juga: Bagaimana Proyeksi Karier Menjadi Seorang Ghostwriter?

Cara menentukan ide pokok


Menentukan ide pokok dapat dilakukan dengan membaca tiap kalimat dan menelaah sifat kalimat umum atau khusus (Sumber: Pexels)

Setelah kita mengetahui ciri-ciri ide pokok, langkah selanjutnya adalah cara kita menentukan ide pokok dalam sebuah paragraf. Menentukan ide pokok dapat dilakukan dengan beberapa cara yang basisnya adalah memahami dan menelaah kalimat-kalimat dalam suatu paragraf. Adapun cara-cara menentukan ide pokok adalah sebagai berikut.

  • Membaca paragraf secara teliti dan cermat
  • Menelaah kalimat pertama sampai akhir dalam suatu paragraf
  • Beri tanda mana kalimat utama dan kalimat penjelas
  • Tentukan mana informasi utama dan informasi pendukung
  • Temukan ide pokok tersirat dalam kalimat utama dengan informasi utama

Baca juga: Content Writer: Tugas, Kualifikasi, dan Proyeksi Karier 2022

Contoh ide pokok


Ide pokok dapat mempermudah pembaca dalam memahami konteks suatu paragraf (Sumber: Pexels)

Untuk lebih jelas dan mempermudah kamu dalam mencari ide pokok, berikut ini ada beberapa contoh ide pokok yang disarikan dari situs Gramedia dan Ruang Guru.

1. Contoh 1

Fokus sopir dalam kendaraan yang sedang melaju adalah melihat ke depan melalui kaca depan, bukan pada kaca spion. Fokus pada kaca spion akan memengaruhi laju kendaraan dan bukan tidak mungkin berakibat kecelakaan. Penggunaan kaca spion pun hanya sewaktu-waktu dan setiap kali penggunaannya hanya untuk sekejap, tidak untuk berlama-lama. (Kompas, 9 Juli 2007)

Ide pokok paragraf tersebut adalah…

Pertama, kita perlu mengidentifikasi kalimat utama dari paragraf tersebut yang terletak di awal paragraf atau kalimat pertama.

Kedua, dari kalimat utama itu kita ambil simpulan tersirat dari seluruh kalimat tersebut bahwa paragraf tersebut memiliki gagasan utama mengenai tugas atau fokus sopir dalam berkendara.

Ketiga, kita menemukan subjek utamanya adalah sopir dan objeknya adalah kaca depan karena hal ini dibahas di kalimat-kalimat penjelas yang membahas kaca spion.

Maka, ide pokok paragraf tersebut adalah “tugas utama sopir adalah melihat kaca depan”.

Baca juga: 7 Tips Menjadi Freelance Writer dengan Banyak Proyek

2. Contoh 2

Bencana banjir lumpur akibat jebolnya tanggul Situ Gintung di Tangerang Selatan menimbulkan berbagai macam penyakit. Beberapa penyakit yang akan timbul sesudah bencana adalah diare, tifus, leptospirosis dan demam berdarah. Masalah kesehatan pada korban dan masyarakat di sekitar lokasi lokasi bencana harus segera diantisipasi. Beberapa penyakit itu muncul karena lingkungan kotor dan sumber air bersih yang tercemar lumpur. (Ruang Guru, 24 Desember 2021)

Ide pokok paragraf di atas adalah…

Pertama, kita tentukan kalimat utama dari paragraf di atas terlebih dahulu. Kita bisa dengan mudah menemukan kalimat-kalimat penjelas bersifat khusus yang menyebutkan jenis-jenis penyakit dan penyebab penyakit. Oleh sebab itu, maka kalimat utama bersifat umum terletak sebelum kalimat penjelas tersebut, yaitu pada kalimat pertama.

Kedua, kalimat pertama dan utama menjelaskan tentang banjir lumpur akibat dari jebolnya tanggul Situ Gintung, hal ini menjadi subjek dari kalimat tersebut. Sedangkan, berbagai macam penyakit menjadi objek yang muncul oleh karena akibat dari objek tadi.

Berdasarkan analisis tersebut, maka bisa ditemukan bahwa ide pokok paragraf di atas adalah “bencana banjir lumpur menimbulkan berbagai penyakit”.

Nah, itulah tadi perihal ide pokok yang perlu kamu ketahui. Membangun ide pokok dapat memudahkan kamu dalam membuat paragraf dengan kalimat-kalimat efektif. Hal ini bisa mendukung tulisanmu agar mudah dibaca dan tidak bertele-tele. Susunan utama dari suatu paragraf adalah terdiri dari kalimat utama dan beberapa kalimat penjelas. Jadi, kamu hanya perlu menjelaskan ide pokok lewat kalimat-kalimat penjelas bersifat khusus.

Baca juga: Mau Jadi Penulis yang Kreatif? Simak 10 Tipsnya Berikut Ini

Bagi kamu yang tengah berjibaku dengan skripsi atau penulisan tugas akhir, bahasan mengenai ide pokok ini bisa menjadi bekal penting. Sedangkan, bagi kamu yang sudah lulus, maka langkah selanjutnya adalah mulai meniti karier.

EKRUT bisa menjadi rekan profesional bagi kamu yang sedang menata langkah dalam berkarier. Lewat EKRUT, kamu bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai karier dan kesempatan kerja. Kamu hanya perlu mendaftar langsung lewat EKRUT dengan klik tautan di bawah ini dan temukan kesempatan karier sesuai kualifikasi yang kamu miliki.

Sumber:

  • file.upi.edu
  • mdc.edu
  • katadata.co.id
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1.jpg

    Careers

    5 Contoh Biografi Diri Sendiri untuk Peluang dan Perkembangan Karier

    Alvina Vivian

    01 December 2022
    6 min read
    business-model-canvas-EKRUT.jpg

    startup

    Segmen Business Model Canvas untuk Merancang Bisnis di Awal

    Nur Lella Junaedi

    29 November 2022
    8 min read
    H1_1._5_Cara_Menjawab_Pertanyaan_“Kenapa_Kami_Harus_Menerima_Anda_”.jpg

    Careers

    Panduan Menjawab “Kenapa Kami Harus Menerima Anda?” Beserta Contohnya

    Anisa Sekarningrum

    29 November 2022
    7 min read

    Video