Published on

Careers

5 Venture capital ini ternyata berasal dari Indonesia

Tsalis Annisa

venture-capital-Indonesia-EKRUT.jpg

Seiring dengan terus bertambahnya jumlah startup di Indonesia, istilah venture capital pun semakin akrab di telinga. Nah, yang lebih membanggakannya, ada beberapa venture capital yang berasal dari Indonesia. 

Bahkan, tidak sedikit juga startup besar Indonesia mendapatkan dana dari venture capital ini. Berikut adalah beberapa daftarnya yang menarik untuk kamu ketahui. 

1. East Venture

Bisa dikatakan, venture capital yang satu ini adalah pionir. Perusahaan ini didirikan tahun 2010 oleh Wilson Cuaca, Batara Eto, dan Taiga Matsuyama. 

Berdasarkan situsnya, East Venture melakukan pendanaan pada Tokopedia, Traveloka, Otten Coffee, hingga Fore Coffee. Saat ini East Venture telah memiliki 3 cabang. Tidak hanya ada di Indonesia, tapi juga di Singapura dan Jepang. Membanggakan, bukan?

2. MDI Ventures

MDI Ventures atau Metra Digital Inovasi merupakan perusahaan VC milik BUMN Telkom yang didirikan sejak Agustus 2015. 

Venture capital yang dipimpin oleh Nicko Widjaja ini diketahui telah mendanai beberapa startup di antaranya seperti, Kredivo, Qlue, dan Payfazz.

Qlue sendiri merupakan perusahaan yang bekerja sama langsung dengan Pemprov DKI Jakarta. 

3. Convergence Ventrues

Dari namanya lagi-lagi venture capital ini nampak seperti milik asing. Padahal, perusahaan ini berasal dari Indonesia. Convergence Ventures didirikan oleh Adrian Li dan Donald Wihardja sejak November 2014.  

Adapun beberapa startup yang didanai oleh Convergence Ventures seperti, MOKA, Sorabel, Kata.ai, Xendit, Qraved, Get Craft, Julo, Carsome, dan beberapa perusahaan lainnya. 

4.  Ideosource

Venture capital selanjutnya yang berbasis di Indonesia adalah Ideosource. Perusahaan ini berfokus pada pendanaan untuk startup yang bergerak di bidang media, e-commerce, konten, internet, dan pembangunan infrastruktur. 

Ideosouce didirikan oleh Andi Surja Boediman dan Edward Ismawan Chamdani pada tahun 2011. Perusahaan startup yang sudah didanai oleh Ideosource seperti, Acommerce, FemaleDaily, KapanLagi Netwokd, Touchten games, dan bahkan 8Wood. 

5. BRI Ventures

BRI Venture adalah venture capital yang diakusisi oleh BRI dari PT Bahana Artha Ventura pada tahun 2019. Sebelumnya, BRI Venture bernama PT Sarana Nusa Tenggara Timur Ventura. 

Hal yang menarik dari venture capital yang satu ini adalah, selain dikeluarkan oleh BRI, perusahaan ini juga dinahkodai oleh Nicko Widjaja yang dulu merupakan CEO dari MDI Ventures. 

Venture capital ini dikabarkan telah menyiapkan dana sekitar Rp3,5 trilium untuk diinvestasikan ke beberapa perusahaan startup yang telah 
memiliki pertumbuhan transaksi yang cukup bagus dan pelanggan yang menghasilkan. 

Itulah beberapa perusahaan venture capital asal Indonesia. Jika kamu tertarik untuk membuat startup, mungkin tidak ada salahnya untuk coba melakukan picth deck dengan beberapa perusahaan di atas. 

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags

Share