Technology

Intip Kompetitor di Facebook Ads Library? Begini Cara Menggunakannya!

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Anisa Sekarningrum

Content writer experiences in digital marketing, startup, and writing feature article. 

H1_1._Intip_Kompetitor_di_Facebook_Ads_Library__Begini_Cara_Menggunakannya!.jpg

Kamu ingin memasang iklan di Facebook, namun bingung bagaimana membuat iklan yang menarik? Coba gunakan Facebook Ads Library! Begini caranya menggunakannya!

Apa itu Facebook Ads Library?

ilustrasi homepage facebook di laptop
Facebook Ads Library banyak digunakan pebisnis untuk melihat iklan kompetitor - Pexels

Facebook Ads Library adalah salah satu fitur gratis milik Facebook atau Meta yang dapat digunakan untuk melihat semua iklan yang dipasang di platform Facebook, Instagram, Messenger Facebook, hingga Audience Network. Banyak pebisnis yang menggunakan Facebook Ads Library untuk melihat iklan dari kompetitor bisnis mereka.

Facebook melakukan transparansi data sehingga kamu dapat melihat gambar iklan, ads copy, hingga target audiens yang digunakan klien dengan begitu kamu bisa mendapatkan inspirasi, ide dan membuat iklan yang cocok dengan target audiens bisnismu. Beberapa hal yang dapat kamu lihat di Facebook Ads Library adalah tanggal penayangan iklan, platform tempat iklan tersebut ditayangkan, ads copy, ads visual (gambar/video/gif).

Saat melakukan riset iklan di Facebook Ads Library, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal seperti apakah iklan masih aktif, kapan iklan tersebut dijalankan, bagaimana penempatan iklan, bagaimana mereka menggunakan visual (gambar/video/gif) juga ads copy.

Baca juga: Mengenal Facebook Business Manager dan Cara Pembuatan Terlengkap 2022

Kegunaan Facebook Ads Library

ilustrasi hompage facebook di hp
Facebook Ads Library dapat digunakan untuk mencari inspirasi hingga mendapatkan klien - Pexels

1. Mengintip iklan kompetitor

Fungsi utama Facebook Ads Library adalah untuk memata-matai iklan milik kompetitor. Kamu dapat mencari pengiklan manapun berdasarkan nama yang mereka gunakan di Facebook Ads Manager. Walaupun kamu tidak dapat mengintip strategi pemasaran ataupun hal sensitif lainnya, kamu bisa menggunakan Facebook Ads Library untuk mendapatkan ide. Cobalah untuk menggunakan filter untuk mempersempit lokasi, platform, dan impression menurut tanggal.

2. Mendapatkan inspirasi untuk materi iklan

Kamu juga dapat menggunakan Facebook Ads Library untuk mendapatkan inspirasi untuk materi iklan yang ingin kamu buat. Terutama untuk pebisnis baru, kamu mungkin bingung bagaimana membuat iklan yang menarik perhatian audiens. Nah, kamu bisa menggunakan Facebook Ads Library untuk mendapatkan inspirasi konten iklan yang menarik di mata audiens. Apakah bentuk gambar atau bentuk GIF yang lebih banyak mendapatkan impresi? Di sinilah Facebook Ads Library akan membantumu.

3. Mengasah keterampilan copywriting 

Untuk beberapa orang, menulis caption adalah tugas yang tricky. Melihat contoh-contoh iklan kompetitor di Facebook Ads Library dapat membantumu mendapatkan inspirasi copy untuk iklanmu sendiri. Kamu juga dapat menilai tipe copywriting seperti apa yang bisa mendapatkan banyak impresi.

4. Mengetahui funnel yang digunakan klien

Saat melihat iklan pesaing di Facebook Ads Library, kamu juga dapat melihat jenis funnel apa yang mereka terapkan untuk iklan tersebut. Apakah mereka ingin mendapatkan leads atau sekadar melakukan brand awareness saja? Kamu pun dapat melihat penawaran apa yang diberikan klien kepada audiens mereka, contohnya apakah mereka memberikan diskon atau penawaran khusus.

Baca juga: Facebook Ads: Cara Kerja, Benefit, Jenis Iklan, dan Cara Membuat Akunnya

5. Menyusun strategi bisnis

Saat melihat iklan yang dibuat oleh kompetitor, kamu dapat melakukan analisis iklan yang sudah dibuat kompetitor. Catat semua hal yang dapat kamu lakukan analisis, contohnya berapa banyak reach yang didapatkan iklan klien. Kamu dapat menilai apakah iklan tersebut sesuai sasaran yang ditargetkan oleh kompetitor tersebut. Berdasarkan analisis tersebut, kamu bisa menyusun strategi bisnis dan membuat iklan yang lebih baik dengan peluang keberhasilan yang lebih besar.

6. Mengawasi tren periklanan

Digital marketing adalah industri yang dinamis sehingga perubahan bergerak sangat cepat. Kamu dapat menggunakan Facebook Ads Library untuk melihat tren yang sedang naik, karena biasanya bisnis akan berlomba-lomba menggunakan tren tersebut untuk menarik perhatian audiens mereka. Setelah melihat contoh iklan dari kompetitor, kamu pun dapat membuat iklanmu sendiri dan ikut serta dalam tren tersebut.

7. Menemukan klien

Tidak hanya menemukan kompetitor, kamu juga dapat menemukan klien di Facebook Ads Library. Bagaimana caranya? Tentunya kamu bisa mencari melalui kata kunci. Contohnya kamu memiliki bisnis agensi digital, kemudian kamu sedang membutuhkan orang yang dapat membuat website. Kamu dapat mencari kata kunci “jasa pembuatan website” kemudian kamu dapat menjangkau pembuat iklan tersebut untuk menjadi klienmu.

Baca juga: Bagaimana cara gunakan Facebook Ads untuk promosikan konten?

Cara menggunakan Facebook Ads Library untuk intip iklan kompetitor

tampilan login facebook di hp
Ada banyak sekali informasi iklan kompetitor yang dapat dilihat di Facebook Ads Library - Pexels

Berikut adalah cara menggunakan Facebook Ads Library untuk melakukan riset iklan kompetitor.

  • Buka browser di komputermu.
  • Kemudian masuk atau login ke akun Facebook yang masih aktif.
  • Kunjungi Facebook Ads Library di https://www.facebook.com/ads/library/.
  • Setelah tampilan dashboard Facebook Ads Library muncul, kamu dapat memilih lokasi sesuai dengan target audiens yang akan disasar oleh iklanmu. Contohnya kamu hanya ingin menargetkan negara Indonesia.
  • Berikutnya kamu dapat memilih kategori iklan. Jika kamu memilih semua iklan, maka iklan yang muncul tidak akan tersaring.
  • Selanjutnya, kamu bisa menuliskan kata kunci pada bar kategori iklan untuk memilih jenis iklan yang ingin kamu tampilkan. Contohnya kamu ingin melihat iklan mengenai penjualan makanan kucing, maka kamu dapat menuliskan kata kunci “makanan kucing” pada search bar tersebut.
  • Kamu pun dapat mencari iklan berdasarkan pengiklannya dengan cara menuliskan nama bisnis kompetitor di dalam search bar kategori iklan. Selain itu, ada juga fitur untuk membandingkan iklan-iklan kompetitor.
  • Ada juga pilihan filter di mana kamu dapat menyaring jenis media yang ingin kamu lihat (gambar, meme, gambar dan meme, video, atau tanpa gambar dan video), platform tempat iklan ditayangkan (Facebook, Instagram, Audience Network, Messenger), status iklan tersebut (aktif dan tidak aktif) serta impresi berdasarkan tanggal yang bisa dipilih.

Baca juga: Online Advertising: Pengertian, Manfaat, dan 15 Tipenya

Itu tadi beragam cara menggunakan Facebook Ads Library untuk menjadi inspirasi kamu dalam membuat iklan. Semoga membantu, ya! Kamu mau menjadi seorang performance marketer yang bekerja melakukan setup iklan di Facebook? Yuk, coba daftarkan diri kamu untuk menjadi talent di EKRUT. Semua proses dan bantuan profesional di talent marketplace EKRUT gratis. Kamu – sebagai talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang di EKRUT!

Sumber:

  • k6agency.com
  • blog.embertribe.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cache-dan-cookies-EKRUT.jpg

    Technology

    Fungsi cache dan cookies yang tak banyak diketahui!

    Maria Yuniar

    28 November 2022
    4 min read
    Google_Data_Studio_Fungsi__Fitur_Utama__Integrasi_Platform_dan_Cara_Menggunakannya.jpg

    Technology

    Google Data Studio: Fungsi, Fitur Utama, Integrasi Platform, dan Cara Menggunakannya

    Sartika Nuralifah

    28 November 2022
    8 min read
    Ssstiktok_Download_Video_TikTok_tanpa_Watermark_Secara_Online_2022.jpg

    Technology

    SSSTikTok Download Video TikTok Tanpa Watermark Online 2022

    Sylvia Rheny

    25 November 2022
    5 min read

    Video