Published on

Expert's Corner

Funding Officer: Tugas, kualifikasi, dan proyeksi karier 2021

Ningtyas Dewanasari Kinasih

Funding_Officer-_Tugas__Kualifikasi__dan_proyeksi_karier_2021.jpg

Apakah kamu familiar dengan istilah funding officer? Pekerjaan tersebut mungkin belum banyak diketahui oleh banyak orang. Secara garis besar, funding officer adalah pekerjaan yang berkaitan dengan pembiayaan. 

Funding officer adalah profesi yang banyak diperlukan oleh perusahaan yang bergerak di berbagai bidang, salah satunya yaitu perbankan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai profesi ini, perhatikan tugas dan kualifikasinya berikut ini.

Apa itu Funding Officer?

Apa itu Funding Officer?
Funding officer adalah pekerjaan yang dapat dilakukan secara individu maupun tim. (Sumber: Pexels)

Funding officer adalah profesi yang bertugas dalam bidang bidang pendanaan atau pembiayaan perusahaan. Profesi tersebut dapat bekerja secara individu maupun dalam tim tergantung dari masing-masing perusahaan. Pekerjaan yang dilakukan melibatkan perencanaan dan pengimplementasian proyek, membuat strategi penggalangan dana, dan mengidentifikasi area-area yang membutuhkan pendanaan.

Selain itu, funding officer adalah pekerjaan yang memiliki tanggung jawab terhadap penyampaian manajemen akuntansi dan finansial yang konsisten, juga sistem administrasi yang berkaitan dengan pemasukan dan pengeluaran.

Tugas dan tanggung jawab Funding Officer

Tugas dan tanggung jawab Funding Officer
Salah satu tugas dan tanggunggung jawab dari funding officer adalah mengelola laporan pajak.  (Sumber: Pexels)

Tugas dan tanggung jawab dari funding officer adalah melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan pendanaan perusahaan. Tugas serta tanggung jawab yang diberikan kepada funding officer tentunya akan berbeda-beda tergantung dari perusahaan yang bersangkutan.

Dilansir dari prezi.com, berikut ini beberapa tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan oleh funding officer secara garis besar:

  • Memproses pembayaran pada semua invoice yang diterima.
  • Mengelola data penjualan dan pembelian.
  • Mengelola supplier dan kontraktor serta pengeluarannya.
  • Mengelola laporan pajak.
  • Menyiapkan dokumen pendanaan.
  • Meneliti kemungkinan sumber pendanaan baru.
  • Mengurus administrasi dana yang diterima dari funders.
  • Mengumpulkan semua kuitansi dan dokumen dari pendanaan yang diterima.
  • Mengurus rekening-rekening di bank.
  • Menyiapkan anggaran proyek.
  • Memantau aktivitas, pengeluaran dan progres pendanaan.
  • Membuat laporan.
  • Mengelola dan memproses semua transaksi finansial termasuk pendapatan dari donasi, sponsor, keanggotaan, dan lainnya. Juga memasukan semua data dalam database.

Baca juga: 6 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Kualifikasi untuk menjadi Funding Officer

Pendidikan dan pengalaman
Kualifikasi penting jika ingin menjadi funding officer adalah pengalaman dalam bidang terkait. (Sumber: Pexels)

Kamu tertarik untuk menjadi funding officer? Jika iya, pastinya kamu harus memenuhi kualifikasi yang telah ditentukan oleh tiap perusahaan. Tiap perusahaan memiliki persyaratan yang berbeda-beda tergantung pada industri yang digeluti, baik dalam skill-set, pendidikan dan pengalaman.

1. Pendidikan dan pengalaman

Sebagian besar kandidat yang akan melamar pekerjaan sebagai funding officer diharuskan untuk memiliki gelar sarjana dari program studi yang berhubungan dengan finansial. Namun, tidak menutup kemungkinan perusahaan akan membuka lowongan untuk berbagai jurusan. Perusahaan juga akan memberikan kualifikasi lainnya seperti nilai IPK, serta soft skill dan hard skill yang mendukung. Merupakan poin plus apabila kamu memiliki pengalaman profesional yang berkaitan dengan pekerjaan tersebut.

Funding officer adalah pekerjaan yang memiliki tugas dan tanggung jawab yang cukup berat. Oleh karena itu, perusahaan biasanya memilih kandidat yang memiliki pengalaman atau training. Memiliki pengalaman dalam fundraising, baik internship atau pernah berpartisipasi dalam event kampus dapat membuat kandidat lebih menonjol saat melamar pekerjaan.

Baca juga: 10 Contoh deskripsi diri yang profesional dan menarik HRD

2. Skills-set

Skills-set
Skill penting yang harus dimiliki oleh funding officer adalah kemampuan IT untuk mengolah data. (Sumber: Pexels)

Tidak hanya faktor pendidikan dan pengalaman, kamu juga harus menguasai beberapa skill untuk dapat memenuhi kualifikasi menjadi funding officer. Kemampuan yang dibutuhkan juga tergantung dari perusahaan. Adapun beberapa skill tersebut, seperti: 

  • Kemampuan IT untuk memproses rekening, menghasilkan dokumen, mengelola data dan informasi.
  • Dapat menggunakan aplikasi Mircrosoft dengan baik.
  • Keterampilan berhitung secara akurat dan detail.
  • Berpengalaman menggunakan sistem database dalam konteks keuangan.
  • Kemampuan komunikasi verbal dan tertulis yang baik.
  • Kemampuan untuk listening, influencing, dan motivating.
  • Berkomitmen, self motivated, fleksibel, dan berkomunikasi dengan siapa saja secara efektif.
  • Mampu untuk menginterpretasikan dan menampilkan data kompleks secara detail.

Proyeksi karier Funding Officer

Proyeksi karier Funding Officer
Funding officer adalah profesi yang banyak dicari oleh perusahaan dari berbagai industri.. (Sumber: Pexels)

Funding officer adalah profesi yang banyak dicari oleh perusahaan dari berbagai industri seperti retail, perbankan, organisasi non profit, dan lainnya. Profesi ini akan banyak kamu temukan dalam industri perbankan, dimana funding officer akan bertugas untuk mencari nasabah. Pada organisasi non profit, funding officer bertanggung jawab untuk mengamankan pendanaan, sehingga berbagai macam proyek yang direncanakan bisa berjalan lancar. Sedangkan untuk gaji yang didapatkan, tentunya akan berbeda-beda untuk tiap perusahaan.

Profesi tersebut memiliki jangkauan luas yang banyak dibutuhkan oleh berbagai macam industri. Jika kamu tertarik, pastikan kamu memiliki kualifikasi dan skill yang sesuai dengan persyaratan perusahaan.

Nah, bagi kamu yang tertarik menjadi funding officer, bisa segera mendaftarkan diri di EKRUT untuk mendapatkan pekerjaan dengan lebih cepat dan karier yang lebih baik.

Baca juga: Informasi UMR Jakarta 2021 dan provinsi lainnya

Setelah mengetahui tugas, kualifikasi, dan proyeksi kariernya, apakah kamu tertarik untuk berprofesi sebagai funding officer? Profesi tersebut memiliki potensi karier yang baik dan dibutuhkan di banyak perusahaan. Semoga berhasil, ya!

sign up EKRUT

Sumber: 

  • prezi.com
  • acf.org.uk
  • inputyouth.co.uk

Tags

Share