Expert's Corner

Macam-macam Hobi Orang Kantoran untuk Melepas Penat Seusai Bekerja

Published on
Min read
7 min read
time-icon
Nurina Ulfah

Her love for writing always revives the vigor in her soul. If she could visualize the amount of love she has for writing, it would be as big as the sun.

Infographics_Hobi_Orang_Kantoran.png

Hobi merupakan kegiatan yang menyenangkan di mana seseorang memiliki minat dan antusiasme dalam menjalankannya. Ketika menjalani hobi, pikiran kita akan menstimulasi hormon bahagia. Lalu, tahukah kamu bahwa hobi bisa bermanfaat bagi perkembangan karier? Hobi sangat penting untuk membuat rileks tubuh kita setelah lelah bekerja seharian. Tubuh dan pikiran yang segar akan memproduksi energi yang positif sehingga tercipta work-life balance—keseimbangan waktu antara kehidupan personal dan karier. Nah, artikel ini akan membahas lebih lengkap terkait macam-macam hobi orang kantoran untuk melepas penat seusai bekerja. Untuk itu, yuk simak informasinya di sini!

Manfaat hobi sebagai work-life balance

manfaat hobi orang kantoran
Hobi bermanfaat bagi fisik dan psikis. (Sumber: EKRUT)

Hobi bukan hanya sekadar kesenangan saja, namun hobi juga bermanfaat untuk berbagai macam-macam hal, baik fisik dan psikis. Berikut ini adalah manfaat hobi sebagai work-life balance agar kehidupan personal dan kariermu tetap seimbang.

1. Melatih kreativitas

Hobi bisa membantu untuk melatih daya kreativitas karena makin beragam hobi yang kamu miliki, maka makin tinggi juga peluangmu untuk menghasilkan sesuatu yang unik dan inovatif yang dapat menunjang perkembangan kariermu.

2. Menambah wawasan

Dengan melakukan hobi, kamu juga bisa sekaligus mengeksplorasi hal baru serta menambah wawasan dan kemampuan kognitif. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi pekerjaanmu.

3. Menyalurkan passion

Aktivitas yang didasari passion bermanfaat untuk meningkatkan diri dan membuka networking yang luas. Kamu bisa mengikuti komunitas atau organisasi sehingga kamu akan bertemu orang lain dengan hobi yang sama dan melakukan kegiatan seru bersama-sama. Hal tersebut akan meningkat interaksi yang memberikan dampak positif.

4. Mempertajam skill

Hobi dapat mempertajam skill yang kamu miliki dan berguna di masa depan. Dengan menekuni hobi yang dapat mengasah kinerja otak, maka secara otomatis skill-mu pun akan makin terlatih sehingga kamu akan menguasai bidang yang didalami.

5. Meningkatkan energi positif

Aktivitas yang menyenangkan akan membuat tubuhmu selalu dalam keadaan yang positif. Sebab, dengan berkumpul bersama orang yang memiliki hobi signifikan akan menghasilkan sebuah reaksi positif dan membangkitkan energimu.

Baca juga: Macam-macam Hobi yang Membuatmu Semakin Percaya Diri dan Meningkatkan Self-Esteem

Macam-macam hobi orang kantoran

macam-macam hobi orang kantoran
Macam-macam hobi orang kantoran dan rekomendasinya. (Sumber: EKRUT)

Melansir survei followers EKRUT di Instagram, 46% orang gemar menonton film atau series, 26% orang menyukai travelling, 16% senang mendengarkan musik, dan 12% orang suka berolahraga. Sementara itu, survei followers EKRUT di LinkedIn, 37% orang gemar menonton film atau series, 27% orang senang mendengarkan musik, 19% orang menyukai travelling, dan 17% orang suka berolahraga. Nah, berikut ini adalah rangkuman hobi pilihan responden yang sekaligus disajikan dengan berbagai rekomendasinya. Untuk itu, simak informasinya di bawah ini.

Rekomendasi film dan series yang tersedia di Netflix

Di era serba digital kini, menonton film bisa dilakukan dari mana saja. Hanya dengan TV, laptop, atau smartphone, kamu sudah bisa menikmati tontonan film-film favoritmu tanpa pergi ke bioskop. Kamu pun bisa memanifestasikan hobimu menonton film dan series seru seusai bekerja di platform streaming seperti Netflix. Oleh karena itu, mari simak rekomendasinya berikut ini.

1. Film Ngeri-Ngeri Sedap

Film Ngeri-Ngeri Sedap adalah film drama komedi Indonesia tahun 2022 yang disutradarai dan ditulis oleh Bene Dion Rajagukguk. Film berlatar Suku Batak ini menceritakan tentang hubungan sebuah keluarga dengan empat orang anak. Setiap anak memiliki masalah dan kehidupan sendiri yang dekat dengan keseharian kita.

2. Film Enola Holmes 2

Film Enola Holmes 2 menceritakan petualangan Enola menangani kasus pertamanya sebagai detektif untuk mengungkap misteri seorang gadis yang hilang dengan bantuan dari teman-teman dan kakak laki-lakinya, Sherlock Holmes.

3. Film The Gray Man

Film The Gray Man berkisah tentang seorang agen CIA yang terampil dan misterius namun tengah diburu akibat mengungkap rahasia gelap agensi. Ia adalah Court Gentry alias Sierra Six (Ryan Gosling), mantan operasi CIA terbaik yang identitas aslinya tidak diketahui siapa pun.

4. Series Little Women

Series Little Women bercerita tentang kisah tiga saudara perempuan yang telah lama hidup dalam kemiskinan hingga suatu hari menemukan uang senilai 70 miliar won. Dikira mampu jadi jawaban atas masalah kemiskinan yang mereka hadapi selama ini, uang tersebut justru menghadirkan masalah baru. Tiga saudara perempuan itu harus terlibat dalam kasus kriminal dan berhadapan dengan keluarga terkaya dan paling berpengaruh di Korea Selatan.

5. Series Extraordinary Attorney Woo

Series Extraordinary Attorney Woo mengisahkan tentang Woo Young Woo, seorang pengacara yang mengidap autism spectrum disorder (ASD). Woo Young Woo si jenius dapat menangani berbagai kasus di kantor hukum Hanbada. Drama ini juga memunculkan kisah cinta Woo Young Woo dengan rekan kerjanya di Hanbada, Lee Jun Ho.

Baca juga: 15 Rekomendasi Film Animasi Studio Ghibli, Tersedia di Netflix!

Rekomendasi kota di Indonesia untuk travelling

Kamu seseorang yang hobi travelling? Mungkin kamu tertarik untuk mengeksplorasi kota-kota pilihan berikut ini untuk disinggahi. Terdiri dari keragaman budaya yang indah dan ciri khasnya masing-masing, kamu bisa mengagendakan kota-kota ini sebagai destinasi liburanmu berikutnya.

1. Bali

Bali adalah sebuah sebuah provinsi di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan alamnya, mulai dari pantai sampai gunung. Bali kaya akan multikulturalismenya yang begitu lekat. Selain itu, Bali memiliki pilihan wisata dan hiburan mulai dari alam sampai sejarah.

2. Yogyakarta

Yogyakarta juga menjadi destinasi favorit para turis domestik maupun asing. Yogyakarta dikenal dengan tiap sudut yang terasa romantis dan syahdu. Ada banyak wisata alam, bangunan bersejarah, museum, pagelaran seni, sampai kuliner autentik di kota ini.

3. Solo

Solo ikonik dengan Bengawan Solo dan Stasiun Balapan yang melekat padanya. Bila kamu berencana untuk travelling ke Solo, sempatkan untuk mengunjungi keraton Solo yang menjadi salah satu destinasi wajib jika kamu berada di kota ini.

4. Malang

Malang merupakan kota pariwisata dengan alam yang menawan dan dikelilingi oleh pegunungan. Udaranya yang sejuk membuat siapapun yang singgah menjadi betah. Malang pun menjadi salah satu kota tujuan terbaik untuk berlibur.

5. Bandung

Bandung terkenal dengan factory outlet yang tersebar di mana-mana serta wisata kuliner yang bermacam-macam membuatnya memiliki ciri khas tersendiri. Kamu yang menyukai wisata kuliner wajib berkunjung ke kota ini.

Baca juga: 10 Rekomendasi Kota Idaman di Indonesia untuk Menghabiskan Hari Tua

Rekomendasi playlist Spotify untuk menemani hari-harimu

Kamu yang hobi mendengarkan musik pasti memiliki playlist tertentu kesukaanmu untuk membangkitkan energi positif seusai bekerja. Lebih lanjut, mendengarkan musik juga dapat menggugah inspirasi dan produktivitas, lho! Berikut ini adalah playlist Spotify yang cocok untuk didengarkan agar mood-mu tetap terjaga.

1. Creativity boost

Playlist creativity boost cocok untuk kamu yang mengandalkan kreativitas seusai bekerja. Untuk menunjang kreativitasmu dalam melakukan hobi seperti menulis, membuat desain, atau merencanakan timeline pekerjaan, playlist ini bisa menjadi pilihan tepat untukmu.

2. Music for concentration

Playlist music for concentration berisi kumpulan musik instrumen yang dapat menenangkan pikiranmu. Dengan musik instrumen ini, dijamin kamu bisa merasa lebih teduh seusai bekerja.

3. Your favorite coffeehouse

Playlist your favorite coffeehouse menyajikan musik yang cocok didengarkan di saat senggang sembari melakukan hobi. Playlist ini mengimajinasikan seolah-olah kamu sedang berada di kedai kopi. Lagu-lagu di playlist ini bertempo ringan yang nyaman didengar sehingga cocok untuk melepas penat.

4. Have a great day

Playlist have a great day akan menjadi moodbooster kamu seusai seharian bekerja. Dengan lagu-lagu yang hits dari para penyanyi dan grup band ternama, playlist ini adalah pilihan yang tepat untuk kamu dengarkan di kala senggang.

5. Wanderlust

Playlist wanderlust hadir dengan berbagai musik yang mengusung genre folk, yang bisa membangkitkan semangat dan membuatmu berpikir positif. Lagu-lagu di playlist ini pun sangat menyenangkan untuk membumbui harimu seusai bekerja.

Baca juga: 10 Playlist Spotify yang Cocok untuk Didengarkan Selama Bekerja

Rekomendasi olahraga praktis dan menyenangkan

Olahraga merupakan kegiatan yang perlu dilakukan secara rutin agar kesehatan tubuh terjaga. Namun, beberapa pekerja acap kali sulit menyesuaikan waktu yang tepat untuk olahraga. Dengan demikian, sebisa mungkin jadikan olahraga pilihanmu yang praktis dan menyenangkan sebagai hobi. Buatlah jadwal yang terorganisasi sehingga kamu bisa menjadikan olahraga sebagai rutinitas melepas penat seusai bekerja sehingga tubuh dan pikiran akan selalu sehat. Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi olahraga yang bisa kamu lakukan.

1. Joging

Joging bisa jadi pilihan olahraga yang praktis dan menyenangkan. Kamu bisa jogging di taman atau ruang terbuka terdekat atau keliling kompleks rumah sebelum atau seusai bekerja. Bagi kamu yang tidak punya banyak waktu, joging 15-30 menit juga cukup untuk membakar kalori di tubuh.

2. Yoga

Bagi kesehatan fisik, yoga dapat meningkatkan fleksibilitas dan menjaga keseimbangan metabolisme dan postur tubuh. Bagi kesehatan mental, yoga dipercaya dapat membantu mengelola stres dan meningkatkan kesejahteraan mental seseorang. Beberapa gerakan yoga mendasar relatif mudah dilakukan untuk pemula. Olahraga ini dapat melatih kelenturan, kekuatan, dan keseimbangan.

3. Zumba

Jika kamu ingin melakukan olahraga kardio atau aktivitas aerobik yang seru, zumba adalah pilihan tepat. Olahraga ini memadukan beragam musik dengan mencampurkan gerakan berima cepat dan lambat untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Selain itu, zumba juga memiliki beberapa manfaat lain untuk kesehatan seperti mencegah stres, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Bersepeda

Bersepeda diketahui dapat menjaga kebugaran dan melindungi tubuh dari berbagai masalah kesehatan. Selain menyenangkan, bersepeda merupakan olahraga kardio yang dapat meningkatkan stamina dan menjaga kesehatan jantung. Kemudian, bersepeda selama satu jam juga dapat membakar sekitar 400-1000 kalori.

5. Angkat beban

Olahraga angkat beban sangat baik untuk melatih otot tangan dan bahu. Untuk melakukannya, kamu juga tidak perlu menggunakan beban yang berat. Kamu bisa menggunakan dumbbell kecil dengan berat mulai dari 1-5 kg. Yang terpenting, pastikan dumbbell yang kamu pilih nyaman untuk digunakan.

Baca juga: 8 Alat Olahraga Di Rumah yang Wajib Dimiliki dan Praktis untuk Digunakan

Itulah pembahasan mengenai macam-macam hobi orang kantoran untuk melepas penat seusai bekerja. Pilihlah hobi sesuai dengan minatmu sehingga kamu akan merasa lebih bahagia melakukannya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untukmu, ya!

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • netflix.com
  • spotify.com
  • halodoc.com
  • Data Internal EKRUT
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    Infographic_10_Rekomendasi_Kota_Idaman.png

    Expert's Corner

    10 Rekomendasi Kota Idaman di Indonesia untuk Menghabiskan Hari Tua

    Nurina Ulfah

    12 October 2022
    7 min read
    Infographics_Generalist_vs_Specialist_Harus_Pilih_yang_Mana_agar_Karier_Cemerlang.png

    Expert's Corner

    Generalist vs Specialist: Harus Pilih yang Mana agar Karier Cemerlang?

    Fakhrizal Muttaqien

    06 October 2022
    8 min read
    Infographic_Monotasking_vs_Multitasking.png

    Expert's Corner

    Memahami Efisiensi Monotasking vs Multitasking: Mana yang Lebih Produktif?

    Nurina Ulfah

    03 October 2022
    7 min read

    Video