Careers

HRBP: Definisi, Fungsi, Keterampilan, Tugas, dan Tanggung Jawab [2022]

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Tsalis Annisa

Content Editor who eager to learn more about Marketing

Untitled_design-24.jpg

Jika HR atau human resources hanya berfokus kepada SDM, HRBP ikut berperan dalam kemajuan bisnis suatu perusahaan. Seiring berjalannya waktu, kini posisi ini menjadi salah satu posisi yang banyak dicari oleh perusahaan. Jika kamu tertarik menjadi seorang HRBP, berikut adalah informasi seputar jabatan ini hingga kemampuan apa yang perlu kamu miliki.

Baca juga: Apa Itu Organization Development? Berikut Pengertian dan Perbedaannya dengan HR

Apa itu HRBP?


HRBP adalah salah satu peran baru di bidang HR. (Sumber: Pexels)

HRBP atau human resources business partner bisa dikatakan sebagai salah satu peran baru dalam bidang HR yang menghubungkan SDM dengan bisnis dimana para HR profesional tak hanya mengelola SDM, tetapi juga bekerja sama dengan tim manajer divisi dan manajemen sebagai mitra bisnis yang memberikan nasihat kepada perusahaan.

Seorang HRBP umumnya adalah HR professional yang sudah senior dan memiliki keahlian dan pemahaman luas yang dapat membantu menjalankan fungsi HR berjalan sesuai dengan tujuan kesuksesan bisnis. Selain itu, seorang HRBP juga bisa berperan sebagai konsultan yang bekerja di dalam HR, menyediakan sumber daya, dan bahkan membantu dalam membangun hubungan di dalam suatu perusahaan.

Baca juga: Human Resources: Tugas, Tanggung Jawab, dan 5 Skill yang Wajib Dimiliki

Fungsi HRBP dalam perusahaan


Konsultasi dengan manajemen adalah salah satu fungsi HRBP. (Sumber: Pexels)

Ada beberapa fungsi HRBP dalam perusahaan yang dapat membantu dalam mencapai tujuan kesuksesan bisnis. Berikut adalah beberapa diantaranya yang perlu kamu ketahui.

  • Melakukan konsultasi dengan manajemen serta memberikan petunjuk SDM
  • Melakukan rapat mingguan dan koordinasi dengan semua bisnis unit
  • Berinovasi dalam pengembangan solusi, program dan peraturan perusahaan
  • Memberikan panduan dalam pengembangan karier, tindakan disipliner, pembinaan, dan konseling
  • Selain mengembangkan  peraturan perusahaan, HRDP juga berfungsi dalam mengembangakan peraturan dalam kontrak karyawan baru dan karyawan yang mengalami transfer atau promosi
  • Memastikan bahwa strategi HR sejalan dengan strategi bisnis secara keseluruhan
  • Membantu dalam penyelesaian masalah karyawan yang berkaitan dengan operasional perusahaan
  • Dengan pengetahuan seputar legal yang membantu dalam melindungi pihak terkait
  • Memberikan nasihat mengenai perubahan struktur unit bisnis, perencanaan perubahaan struktur, dan perencanaan tenaga kerja

Baca juga: HRBP Adalah: Tugas dan Tanggung Jawab, Bedanya dengan HR Manager, dan Proyeksi Kariernya di Tahun 2022

Perbedaan HRBP dan HR manager


HR manager lebih fokus ke sumber daya manusia. (Sumber: Pexels)

Ternyata HRBP dan HR manager tidak sama, lho! Keduanya memiliki tugas utama yang berbeda. HR manager memiliki tugas yang berfokus pada pengembangan prosedur dan penegakan peraturan. Selain itu, HR manager juga bertanggung jawab dalam perekrutan, proses penggajian, sistem administrasi, dan mengawasi departemen SDM.

Sedangkan HRBP tentunya tidak memiliki tanggung jawab ini, terlebih tanggung jawab dari sisi administratif. HRBP lebih berfokus kepada bekerja dengan manajer departemen dan tim kepemimpinan senior untuk membantu mengomunikasikan dan memandu strategi perusahaan secara keseluruhan. Selain itu, HRBP juga bekerja sama dengan departemen HR untuk mengembangkan inisiatif dan strategi HR yang berkaitan dengan perusahaan sambil berkonsultasi dengan tim eksekutif tentang masalah dan inisiatif HR.

Baca juga: Apa Itu Business Partner? Ketahui Pengertian dan 4 Peran Business Partner

Keterampilan yang diperlukan untuk menjadi HRBP


Kemampuan lintas budaya adalah salah satu skills yang dibutuhkan HRBP (Sumber: Pexels)

Jika kamu ingin menjadi seorang HRBP, di bawah ini adalah beberapa skill atau keterampilan yang diperlukan untuk bekerja di posisi ini.

1. Kemampuan lintas budaya

Mungkin kamu belum pernah mendengar kemampuan ini sebelumnya, tetapi untuk menjadi seorang HRBP kamu perlu memilikinya. Pasalnya, jika kamu bekerja di perusahaan multinasional, mereka tak hanya memiliki saingan pasar skala global, tetapi juga bersaing dalam mendapatkan kandidat terbaik. Oleh karena itu, mereka perlu memiliki pemahaman mengenai budaya di setiap area perusahaan berdiri termasuk undang-undang yang berlaku di area atau negara tersebut.

2. Kemampuan dalam menggunakan artificial intelligence

Sebagai seorang HRBP, menganalisis data dapat membantu departemen HR dengan tugas-tugas seperti mengevaluasi kandidat, memantau produktivitas, metrik kinerja pekerjaan, dan menilai kebutuhan staf.

3. Tajam teknologi

Dalam memudahkan pekerjaan, kamu akan menggunakan beberapa software dalam mengembangkan dan mengomunikasikan strategi HR dan lain sebagainya. Misalnya saja dengan visualisasi data, business intelligence, komunitas online yang memfasilitasi penyebaran informasi, dan decision support.

4. Memiliki pengetahuan dalam hal bisnis

Perusahaan umumnya menginginkan HRBP yang memiliki latar belakang pengetahuan manajemen sumber daya manusia. Selain itu, HRBP juga diharapkan sudah memiliki pahaman mengenai bagaimana suatu perusahaan atau organisasi beroperasi, bagaimana para unit bisnis saling berinteraksi, dan sebagainya.

5. Memiliki kemampuan dalam mengidentifikasi dan menciptakan pemimpin

Penting bagi seorang HRBP untuk dapat mengidentifikasi seseorang yang memiliki potensi untuk menjadi pemimpin. HRBP akan mengevaluasi kandidat eksternal maupun internal berdasarkan bagaimana kinerja serta kemampuan mereka dapat selaras dengan tujuan bisnis perusahaan.

Baca juga: Panduan Kerja: 100 Hari Pertama Sebagai HR Manager

Tugas dan tanggung jawab HRBP


HRBP juga bertugas untuk menghidupkan budaya dengan employer branding. (Sumber: Pexels)

Seorang HRBP bertugas untuk membangun kolaborasi yang baik dengan executive management agar dapat secara aktif membentuk masa depan perusahaan yang lebih baik. Lebih dari itu, HRBP juga bertugas untuk menghidupkan budaya dengan employer branding agar perusahaan nampak menarik bagi calon kandidat.

Bahkan, seorang HRBP juga akan diharapkan mampu untuk menginformasikan secara detail mengenai manajemen perusahaan serta legalitas. Dalam hal mengembangkan sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahan, HRBP juga bertugas dalam menyediakan program pengembangan ataupun training untuk karyawan.

Baca juga: Mengenal Apa itu HRD Beserta 4 Perbedaanya di Startup dan Korporat

Itulah beberapa hal mengenai HRBP yang perlu kamu ketahui. Jika kamu ingin bekerja di posisi ini, teruslah mengasah kemampuanmu dengan juga mengikuti beberapa pelatihan. Semoga berhasil!

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Nah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up di EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan ternama!

Sumber:

  • cipd.co.uk
  • personio.com
  • bamboohr.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    BEP_(Break_Event_Point)_Pengertian__konsep__tujuan__3_komponen_dan_cara_perhitunganya.jpg

    startup

    BEP (Break Event Point): Pengertian, Tujuan, dan 3 Komponennya

    Sylvia Rheny

    06 December 2022
    5 min read
    tipe-tipe-kepemimpinan-EKRUT.jpg

    Careers

    10 Tipe Kepemimpinan Dalam Tim, Kamu Termasuk yang Mana?

    Tsalis Annisa

    06 December 2022
    5 min read
    cara-membuat-grafik-di-excel---EKRUT.jpg

    Technology

    Cara Membuat Grafik di Excel dengan Mudah Beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    05 December 2022
    6 min read

    Video