Published on

Lainnya

5 Contoh Permainan Ice Breaking yang Asyik untuk Acara Kantor

Sylvia Rheny

5_Contoh_Permainan_Ice_Breaking_yang_Asyik_untuk_Acara_Kantor.jpg

Ice breaking adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama dalam acara yang biasanya cukup menguras fokus. Tujuan ice breaking adalah untuk mencairkan suasana yang terlalu serius dan biasanya dilakukan di sela waktu acara berlangsung. Ice breaking sendiri bisa dilakukan dalam berbagai acara.

Nah, seperti apa contoh permainan ice breaking yang asyik untuk dilakukan bersama saat acara kantor? Simak ulasan lengkap mengenai ice breaking di bawah ini.

Baca juga: 5 Ide ice breaking online untuk mengusir bosan saat WFH

Apa itu ice breaking?


Ice breaking adalah salah satu cara untuk membangun kekompakan tim atau peserta. (Sumber: Pexels)

Juga biasa disebut ice breaker, berdasarkan Cambridge Dictionary, ice breaking adalah permainan atau kegiatan yang digunakan untuk memperkenalkan orang satu sama lain sehingga mereka merasa lebih santai bersama. Ice breaking adalah salah satu cara yang berguna untuk memulai presentasi atau sesi pelatihan.

Seperti namanya, sesi ini dirancang untuk "memecahkan kebekuan" di sebuah acara atau pertemuan. Teknik ini sering digunakan ketika orang-orang yang biasanya tidak bekerja sama, atau mungkin tidak saling mengenal sama sekali, bertemu untuk tujuan bersama yang spesifik.

Ice breaking adalah kegiatan yang tepat untuk dilakukan saat peserta acara berasal dari latar belakang yang berbeda, orang-orang perlu terikat dengan cepat untuk bekerja menuju tujuan bersama, saat tim baru terbentuk, dan sebagainya. Dalam acara ice breaking, diperlukan seorang fasilitator sebagai pemandu berlangsungnya acara dan bertugas untuk membuat setiap peserta ice breaking terlibat dan mengenal satu sama lain.

Baca juga: 6 Ide games team building dalam ruangan untuk bangun kekompakan team

Manfaat ice breaking


Salah satu manfaat ice breaking adalah menciptakan rasa kebersamaan. (Sumber: Pexels)

Dari pengertiannya, mungkin kamu sudah bisa tahu sedikit manfaat dari ice breaking. Lebih jauh lagi, manfaat ice breaking adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan kemampuan belajar

Manfaat pertama dari ice breaking adalah meningkatkan kemampuan belajar. Menggunakan ice breaking dengan benar selama acara dapat menjadi cara yang efisien untuk memastikan bahwa orang benar-benar belajar dari diskusi. Peserta cenderung menyerap lebih banyak informasi ketika mereka berpartisipasi secara holistik dalam kegiatan, sebab itu membuat mereka tetap terlibat satu sama lain.

2. Menciptakan rasa kebersamaan

Sebagai hasil dari semua kesenangan yang dialami, peserta cenderung ramah dan mau berbagi informasi tentang diri mereka sendiri. Ini meningkatkan rasa percaya satu sama lain, membuat semua orang merasa percaya diri untuk terbuka dan lebih responsif selama diskusi. Sehingga disini, manfaat dari ice breaking adalah menciptakan rasa kebersamaan.

3. Membantu fasilitator mengenal peserta

Manfaat lain dari ice breaking adalah membantu fasilitator untuk mengenal peserta. Selain hubungan peserta dengan peserta, fasilitator harus berinisiatif untuk mengenal kelompok. Dari minat hingga keterampilan mereka, fasilitator akan dapat memperoleh wawasan melalui interaksi mereka melalui ice breaking.

4. Mengembangkan kreativitas

Ada beberapa ice breaking yang mengharuskan peserta memikirkan strategi dan teknik untuk memenangkan kegiatan. Hal ini mendorong orang untuk lebih imajinatif dan kreatif dalam tugas-tugas mereka. Itulah sebabnya manfaat dari ice breaking adalah untuk mengembangkan kreativitas peserta.

Baca juga: 7 Game virtual team building saat remote working

Hal yang perlu diperhatikan saat ice breaking


Hal yang perlu diperhatikan dalam ice breaking adalah tujuannya dilakukannya. (Sumber: Pexels)

Agar efektif, saat mengadakan ice breaking, perhatikan tiga aturan berikut:

1. Ice breaking sebaiknya memiliki tujuan yang jelas

Aturan pertama dalam ice breaking adalah menentukan tujuan yang jelas. Sebelum memutuskan apakah akan menggunakan ice breaking atau ice breaking mana yang akan digunakan, penting untuk memahami apa yang ingin dicapai. Misalnya, jika setengah dari tim adalah peserta baru, maka sharing ice breaking akan sangat bermanfaat. Jika tim belum bekerja secara kolaboratif, maka team builder mungkin paling bermanfaat.

2. Tetap sederhana

Aturan kedua dalam ice breaking adalah membuatnya tetap sederhana. Ice breaking tidak dimaksudkan untuk memakan waktu berjam-jam atau menjadi sangat rumit. Tujuannya agar peserta tidak harus berpikir terlalu banyak atau menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mengevaluasi tugas yang ada. Semakin sederhana aktivitasnya, semakin efektif.

3. Waktu

Aturan ketiga dalam ice breaking adalah terkait dengan waktu. Ice breaking biasanya paling efektif bila diselesaikan di awal pertemuan, namun terdapat beberapa pengecualian. Misalnya, jika kamu berencana untuk menyajikan topik yang sulit, seperti pengurangan staf, tidak ada kenaikan gaji, atau perubahan kebijakan, melakukan ice breaking tidak akan efektif, karena pada kenyataannya, para peserta akan merasa dikhianati dan hal itu menimbulkan dampak sebaliknya yang ingin dicapai.

Baca juga: Coffee Break: Pengertian, Sejarah, Manfaat, dan Istilah Lainnya

5 Contoh permainan ice breaking


Contoh permainan ice breaking adalah Kahoot. (Sumber: Pexels)

Tidak semua jenis permainan ice breaking bisa cocok untuk diterapkan dalam setiap acara. Untuk memperbanyak pilihan permainan ice breaking, maka tidak ada salahnya kamu mencari referensi yang cocok. Beberapa contoh permainan yang bisa kamu pertimbangkan dalam ice breaking adalah sebagai berikut.

1. Kuis kepribadian

Kuis kepribadian dalam ice breaking adalah contoh permainan yang dapat meningkatkan ikatan tim, dan ini adalah salah satu opsi permainan yang sederhana dan mudah dimainkan.

Cukup pilih kuis kepribadian singkat di ponsel atau komputer kamu, kemudian pasang di proyektor atau kirim tautannya ke semua orang. Setelah setiap orang menyelesaikan penilaian kepribadian, mintalah setiap rekan kerja menyebutkan satu hal yang mereka setujui atau tidak setujui dari hasil mereka.

Tujuan dari permainan ini dalam ice breaking adalah memungkinkan anggota tim untuk mendapatkan perspektif baru tentang rekan-rekan mereka dan merupakan cara yang menyenangkan dan mudah untuk memulai percakapan yang menarik.

2. Kuis “Siapa itu?”

Cara melakukan kuis “Siapa itu?” dalam ice breaking adalah dengan meminta setiap orang menulis fakta unik, aneh, atau tak terduga tentang mereka di selembar kertas. Kemudian, masukkan potongan kertas ke dalam topi dan acak. Tarik salah satu kertas dari topi dan baca setiap fakta yang tertulis.

Biarkan tim mencoba menebak siapa yang menulisnya. Setelah mereka menebak, minta peserta yang menulis fakta untuk mengidentifikasi diri mereka sendiri dan berikan konteks lebih lanjut jika perlu. Tujuan dari permainan ini dalam ice breaking adalah untuk mengetahui hal-hal baru yang mengejutkan tentang rekan satu tim kamu.

3. Permainan trivia

Jika kamu mencari ice breaking jarak jauh yang lebih merupakan permainan, dan kurang berbasis diskusi, permainan trivia adalah opsi yang paling direkomendasikan. Salah satu permainan trivia yang patut dicoba untuk ice breaking adalah Kahoot. Kahoot adalah platform trivia yang dapat digunakan secara gratis (menampung hingga 10 orang). Untuk memulai, kamu hanya perlu mendaftar untuk mendapatkan akun Kahoot gratis.

Kemudian, kamu dapat memilih game trivia unggulan untuk dimainkan. Untuk menjalankan ini dari jarak jauh, bagikan layar dengan timmu. Setiap orang harus memiliki perangkat terpisah untuk digunakan sehingga mereka dapat memasuki permainan dan mengirimkan jawaban mereka.

4. Tebak gambar

Selanjutnya, contoh permainan ice breaking adalah Drawasaurus, yaitu game menggambar online yang bisa dimainkan bersama rekan kerja. Pemain dapat memilih dari tiga petunjuk acak untuk dengan cepat menafsirkan dan menggambarnya. Pemain lain dapat mencetak lebih banyak poin untuk mengidentifikasi kata yang tercepat dan bergiliran sampai penghitung waktu padam.

Selain Drawasaurus, permainan tebak gambar sejenis untuk dicoba dalam ice breaking lainnya adalah Gartic. Cara bermainnya kurang lebih sama dengan Drawasaurus.

5. Bucket list

Di luar tempat kerja, rekan tim kamu adalah orang-orang dengan aspirasi dan tujuan yang tidak akan kamu ketahui dari obrolan kantor sehari-hari. Mintalah anggota tim membagikan beberapa item bucket list yang ingin mereka capai di masa mendatang.

Ini tidak hanya dapat menjadi inspirasi, tetapi mereka juga membuka ruang bagi anggota tim untuk saling mendorong untuk mengejar impian mereka juga. Tujuan permainan bucket list dalam ice breaking adalah untuk mendekatkan dan membuat anggota tim semakin mengenal satu sama lain.

Baca juga: 15 Jenis game asah otak yang seru dan bisa anda coba di rumah

Sekian pembahasan mengenai pengertian hingga contoh permainan ice breaking. Perlu diingat bahwa tujuan dari ice breaking adalah untuk mencairkan suasana dan membuat peserta yang ada di dalamnya lebih mengenal satu sama lain. Jadi, permainan ice breaking mana yang kamu suka?

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official.  Nah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up di EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan terkemuka!

Sumber:

  • andmeetings.com
  • dictionary.cambridge.org
  • hubspot.com
  • kahoot.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_8_Contoh_Personal_Letter_untuk_Menjaga_Silaturahmi_dan_Relasi.jpg

    Careers

    8 Contoh Personal Letter untuk Menjaga Silaturahmi dan Relasi

    Sartika Nuralifah

    06 July 2022
    8 min read
    H1-Pentingnya_GAP_Analysis_dan_Panduan_untuk_Melakukannya.jpg

    Careers

    Pentingnya GAP Analysis dan Panduan untuk Melakukannya

    Lita Lia

    05 July 2022
    5 min read
    H1-Apa_Itu_Sabbatical_Leave_dan_Regulasinya_di_Indonesia.jpg

    Careers

    Apa Itu Sabbatical Leave dan Regulasinya di Indonesia

    Lita Lia

    30 June 2022
    5 min read

    Video