Published on

Careers

5 Ide ice breaking online untuk mengusir bosan saat WFH

Nur Rosita Dewi

ide-ice-breaking-online-EKRUT.jpg

Ada kalanya kita bosan saat WFH atau mengikuti meeting secara virtual. Untuk menciptakan suasana yang kondusif namun tetap nyaman, lakukan lima ide cara ice breaking online berikut ini, yuk.

Apa itu ice breaking online?

ide ice breaking online - EKRUT
Aktivitas yang dilakukan dengan anggota tim agar saling mengenal - EKRUT

Sebelum membahas lebih lanjut, mungkin ada beberapa dari kamu yang belum tahu apa itu ice breaking online. Ice breaking online adalah permainan atau aktivitas yang bisa dilakukan bersama anggota tim untuk lebih mengenal satu sama lain.

Cara ini sangat bagus untuk membuat WFH atau Zoom meeting menjadi lebih menyenangkan. Intinya ice breaking online adalah cara untuk memecah rasa bosan dan kebekuan yang kerap terjadi selama online meeting.

Menciptakan ikatan yang kuat dengan rekan satu tim akan membangun komunikasi dan kepercayaan yang lebih baik. Ini juga akan membantumu menciptakan lingkungan yang lebih nyaman dan terhubung. Kamu tentu mau tim tetap kompak meski berjauhan, kan?

Baca juga: Seru, 11 game asah otak ini bantu tingkatkan daya ingat

Ide ice breaking online

ragam ide ice breaking online - EKRUT
Zoom background challenge bisa menjadi ide ice breaking online - EKRUT

Sekarang kamu sudah tahu apa yang dimaksud dengan ice breaking online. Ini lima cara ice breaking online meeting yang bisa kamu lakukan.

1. Mengambil foto sesuai kategori yang sudah ditetapkan

Buatlah satu atau beberapa kategori yang diinginkan, misalnya meja kerja, pemandangan di luar jendela, atau tanaman yang ada di rumah. Lalu, minta semua orang dalam tim untuk mengambil foto dan mengunggahnya di dalam satu folder.

Kemudian, kamu dan semua orang bisa berbagai cerita tentang foto masing-masing.

Ide ice breaking online meeting ini dilakukan untuk melatih kreativitas tim sebelum brainstorming secara online. Kamu bisa menggunakannya untuk membuka percakapan sebelum meeting.

2. Zoom background challenge

Rapat virtual bisa lebih seru dan ‘cair’ dengan cara ice breaking online yang satu ini. Kamu dan anggota tim bisa berlomba memasang zoom background yang paling lucu dan menarik.

Cara ini juga bisa merangsang kreativitas tim untuk memilih background yang tidak biasa. Orang dengan background terbaik pantas mendapatkan hadiah. Voucher belanja mungkin bisa membuat semua orang bersemangat.

3. Team trivia quiz

Ide ice breaker ini bisa membuat sesama anggota tim mengenal lebih dalam. Cara bermainnya buat semua orang menulis fakta-fakta penting tentang dirinya. Kemudian, koordinator akan mengumpukan semua data tersebut untuk dijadikan trivia.

Misalnya, si A sangat suka mengoleksi action figure one piece. Nah, koordinator bisa membuat trivia dengan pertanyaan: siapa yang suka mengoleksi action figure one piece?

Koordinator bisa menerapkan sistem poin untuk setiap jawaban yang benar. Siapa yang memiliki poin terbanyak, akan menjadi pemenangnya.

4. Tebak judul lagu

Minta setiap anggota tim untuk menyiapkan satu lagu dan diputar selama beberapa detik selama virtual meeting. Siapa yang bisa menebak judul dan nama penyanyinya akan menjadi pemenang. Sistem poin berlaku untuk ide ice breaker ini, ya.

5. Permainan dilarang tertawa atau tersenyum

Usir rasa bosan selama Zoom meeting dengan cara memainkan permainan: ‘Dilarang Tertawa atau Tersenyum”. Beri tahu semua orang bahwa mereka tidak boleh tertawa atau tersenyum selama lima menit saat rapat dimulai.

Semua anggota tim berhak melakukan berbagai cara untuk membuat orang lain kalah. Lihat saja siapa yang bisa bertahan saat dilarang untuk tersenyum.

Baca juga: 7 Game virtual team building saat remote working

Bagaimana, seru bukan kegiatan ide ice breaking online di atas? Selain bisa membuat suasana lebih cair, kamu juga bisa mengenal anggota tim kamu lebih jauh. Bisa menguji kreativitas masing-masing juga lho. Berminat memainkannya?

daftar EKRUT

Tags

Share