Published on

Careers

8 Pekerjaan yang Cocok untuk ISFJ, Kamu yang Mana?

Chrissila Jessica

pexels-cottonbro-4861355.jpg

Apakah kamu pernah mengerjakan tes kepribadian sebelum memutuskan untuk bekerja? Atau baru mengerjakannya saat masuk ke dunia kerja? Tes kepribadian ini sudah banyak digunakan untuk mengetahui sifat dari kandidat ataupun pegawai yang sudah bekerja di sebuah perusahaan. Salah satu tipe dari tes kepribadian ini adalah ISFJ. ISFJ adalah sebuah tipe kepribadian yang cenderung dimiliki oleh orang-orang introvert. Pekerjaan apa yang cocok untuk para ISFJ? Simak informasi selengkapnya di sini!

Baca juga: Apa itu Pottery atau Tembikar? Berikut 3 Jenis dan Proses Pembentukannya

Apa itu kepribadian ISFJ?


Salah satu tipe kepribadian adalah ISFJ, apakah itu? (sumber: pexels)

Sebelum masuk ke dalam jenis pekerjaan yang cocok untuk para ISFJ, ada baiknya kita mengulas sedikit mengenai tipe kepribadian ISFJ terlebih dahulu. ISFJ adalah tipe kepribadian yang memiliki sifat introvert, observant, feeling, dan judging. Secara singkat, ISFJ bisa dikatakan sebagai pengamat yang baik dan memiliki kehati-hatian yang sangat tinggi. Mereka juga memperhatikan hal-hal kecil serta bertanggung jawab dalam bertindak.

Seorang ISFJ sangat perfeksionis dan teliti. Tak jarang seorang ISFJ mengingat hal-hal kecil seperti tanggal ulang tahun, deadline pekerjaan, bahkan pertemuan singkat bersama teman atau keluarga. Seorang ISFJ memiliki sikap yang hangat, sehingga orang yang di sekitar mereka merasa nyaman dan diberikan support.

ISFJ adalah seseorang yang merasa mereka sangat bertanggung jawab dengan apapun yang di sekitarnya. Baik dalam hal pekerjaan maupun hal-hal kecil untuk membuat orang lain senang dan merasa terurus. Tak jarang ISFJ sering merasa lelah karena tak bisa menolak pekerjaan yang diberikan walaupun bukan tanggung jawabnya. Walaupun begitu, ISFJ adalah sosok kepribadian yang sangat bisa diandalkan dan mampu mengerjakan apapun yang diberikan.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Prospek dari Definisi, Kegunaan, hingga 3 Cara Melakukannya

Karakteristik umum kepribadian ISFJ


Salah satu sifat seorang ISFJ adalah mereka suka sekali menjaga hubungan yang baik dengan orang-orang di sekitarnya. (sumber: pexels)

Ada beberapa karakteristik umum yang bisa dijumpai di dalam kepribadian ISFJ, diantaranya sebagai berikut.

1. Setia

Seorang ISFJ dapat menjaga hubungan yang baik dengan orang-orang di sekitarnya. Mereka tidak hanya basa-basi bertanya kabar seseorang, melainkan mereka ingin menjaga hubungan agar tetap baik secara tulus.

2. Perfeksionis

Seseorang ISFJ memiliki sifat perfeksionis dan memiliki standar yang sangat tinggi dalam mengerjakan sesuatu. Seorang ISFJ akan mengerjakan tugas dengan serius dan berusaha untuk mendapatkan hasil di atas ekspektasi. Mereka juga berekspektasi kepada orang lain agar hasil pekerjaannya bisa melebihi dari standar seorang ISFJ.

3. Peduli

Walaupun ISFJ seorang introvert, bukan berarti mereka tidak peduli dengan teman-teman atau orang di sekitarnya. ISFJ memiliki kemampuan untuk membuat orang lain nyaman dan aman.

Baca juga: Ketahui Manfaat Teamwork dan 6 Tips Membangunnya Agar Lebih Kompak

Kelebihan dan kekurangan ISFJ


Seorang ISFJ seringkali tidak bisa mengomunikasikan perasaannya dengan baik. (sumber: pexels)

Adapun kelebihan yang dimiliki seorang ISFJ, yaitu:

  • Suportif
  • Bisa dipercaya
  • Pengamat yang baik
  • Antusias
  • Pekerja keras
  • Kemampuan belajar yang baik

Dari semua kelebihan yang dimiliki oleh ISFJ, ada pula kekurangannya, yaitu:

  • Rendah hati yang berlebihan
  • Mudah tersinggung
  • Tidak mudah menyampaikan perasaan atau pendapat
  • Overcommitted
  • Terlalu menjaga perasaan orang lain

Baca juga: Apa Itu Moodboard dan Bagaimana Cara Membuatnya? Simak 10 Tips Terbaiknya Di Sini!

Karier yang cocok untuk kepribadian ISFJ


Rasa peduli yang tinggi membuat seorang ISFJ cocok menjadi seorang perawat atau pekerja kesehatan lainnya. (sumber: pexels)

Dengan sifat-sifat yang dimiliki oleh ISFJ, berikut ini adalah karier yang cocok untuk kamu yang berkepribadian ISFJ.

1. Perawat

Sifat peduli yang natural seorang ISFJ, mereka sangat cocok untuk menjadi seorang perawat. ISFJ tak hanya peduli mereka juga seorang yang sensitif serta memiliki pengamatan yang baik, sehingga mereka dengan mudahnya memahami keadaan seseorang.

2. Data scientist

ISFJ adalah seorang yang teliti dan perfeksionis. Mereka juga memiliki kemampuan untuk mengamati serta mengobservasi yang baik. Data scientist merupakan salah satu pekerjaan yang tepat untuk mereka.

3. Personal finance advisor

Dengan memanfaatkan sifat yang pengertian, mudah memahami orang lain, dan sangat suka menjaga hubungan pertemanan dengan baik, seorang ISFJ sangat cocok untuk menjadi personal finance advisor. Mereka bisa memberikan saran sesuai dengan lawan bicara atau klien. ISFJ juga sangat berhati-hati dalam berbicara dan dapat membuat orang lain nyaman didekatnya.

Baca juga: 10 Pilihan Pekerjaan yang Sesuai untuk Seorang INTJ

4. Akuntan

Dengan kepribadian yang sangat teliti, seorang ISFJ cocok sekali untuk terjun ke dalam dunia keuangan, khususnya akuntan. ISFJ sangat detil terhadap hal-hal kecil sehingga pekerjaannya akan selesai dengan tepat dan benar.

5. Project manager

Antusias, pekerja keras, dan bisa dipercaya merupakan karakteristik utama dari seorang ISFJ. Kamu tak perlu khawatir jika menyerahkan semua proyek kepada seorang ISFJ karena semuanya akan diurus dan dikerjakan secara baik alias terima beres.

6. Desainer pakaian

Gabungan karakteristik dari perhatian dalam hal-hal kecil dan peduli, seorang ISFJ juga cocok menjadi seorang desainer pakaian. Mereka akan mendengarkan request klien sambil memberikan saran yang cocok untuk kepribadiannya.

7. Pustakawan

Seorang ISFJ juga suka dalam hal-hal yang stabil. Seorang pustakawan bisa dijadikan salah satu alternatif karier untuk ISFJ yang masih bingung mencari kerja. Bagi beberapa orang menjadi pustakawan akan terasa membosankan. Namun, bagi ISFJ kegiatan menjadi pustakawan bisa menjadi sebuah pelarian bahkan pekerjaan untuk meluapkan ketekunan serta keingintahuan mereka yang besar.

8. Volunteer

Kepedulian mereka yang tinggi tak jarang membuat banyak ISFJ menjadi seorang volunteer. ISFJ sangat senang membantu orang lain walaupun kadang-kadang mereka merasa cepat lelah bertemu dengan orang banyak akibat dari sifat introvert-nya.

Baca juga: 10 Cara Menulis Artikel yang Baik dan Benar untuk Pemula

Dari rujukan karier di atas, mungkin kamu bisa mencarinya di EKRUT. Bisa jadi ada perusahaan yang sedang membutuhkan kandidat yang memiliki kemampuan seperti kamu. Selain di EKRUT Media, kamu bisa mendapatkan informasi serta tips menarik dari EKRUT di YouTube EKRUT Official. Yuk, kembangkan kariermu bersama EKRUT! Sign up EKRUT sekarang juga, agar kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang sesuai dengan minat kamu.

Sumber:

  • 16personalities.com
  • springboard.com
  • glassdoor.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Merchandise_Pengertian__Benefit__Jenis__Hingga_Strategi_Merchandise_Marketing.jpg

    Careers

    Merchandise: Pengertian, Benefit, Jenis, dan Strategi Merchandise Marketing

    Sartika Nuralifah

    06 October 2022
    5 min read
    H1_1._Mengenal_Lebih_Jauh_Mengenai_Officer_Development_Program_(ODP).jpg

    Careers

    Mengenal Lebih Jauh Mengenai Officer Development Program (ODP) Beserta 5 Tips Suksesnya

    Anisa Sekarningrum

    06 October 2022
    5 min read
    Untitled_design-68.jpg

    Lainnya

    Lagi Cari Resep Makan Malam? Coba 18 Menu Simple yang Enak, Sehat, dan Praktis Ini!

    Tsalis Annisa

    06 October 2022
    10 min read

    Video