Published on

Careers

10 Pilihan Pekerjaan yang Sesuai untuk Seorang INTJ

Anisa Sekarningrum

H1_1._Pilihan_Pekerjaan_yang_Sesuai_untuk_Seorang_INTJ.jpg

INTJ adalah salah satu kepribadian MBTI. Simak beberapa pilihan pekerjaan yang cocok untuk seorang INTJ berikut ini.

Baca juga: 8 Pekerjaan yang Cocok untuk ISFJ, Kamu yang Mana?

Apa itu kepribadian INTJ?


Kepanjangan dari INTJ adalah Introversion - Intuition - Thinking - Judgment - Pexels

Salah satu rute menuju jalur karier yang sukses dan menjalani pekerjaan yang kamu sukai adalah bekerja pada karier yang selaras dengan kepribadian kamu serta keterampilan, minat dan tujuan keuangan yang kamu inginkan.

Kuesioner Myers-Briggs Type Indicator atau yang lebih dikenal dengan MBTI dapat membantumu memahami kekuatan, nilai, dan motivasi. Salah satu dari 16 tipe kepribadian MBTI adalah INTJ yang juga disebut sebagai architect.

Berdasarkan tes MBTI, karakteristik umum dari kepribadian INTJ adalah kepanjangan dari singkatan itu sendiri yaitu Introversion - Intuition - Thinking - Judgment. Ada dua tipe kepribadian INTJ, yaitu INTJ-A dan INTJ-T.

Baca juga: Inilah tes MBTI, 16 hasil untuk mendapatkan karier yang ideal

Karakteristik umum kepribadian INTJ


Salah satu karakter dari INTJ adalah seorang yang mengedepankan logika dibanding perasaan untuk menyelesaikan masalah - Pexels

Beberapa karakteristik umum dari kepribadian INTJ adalah sebagai berikut.

1. Introversion

INTJ adalah seseorang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi, namun mereka tetap seorang introvert yang kurang nyaman berada di dalam kelompok besar terutama di antara orang-orang baru atau yang tidak mereka kenal dengan baik. Hal ini membuat para INTJ sering menyendiri dan dianggap paling mandiri di antara semua 16 tipe kepribadian MBTI. Sifat independen mereka ini membuat INTJ selektif dalam hubungan mereka dan lebih suka bersama para pemikir yang memiliki pemikiran sama dengannya.

2. Intuitive

Seorang INTJ adalah pribadi yang menghargai kemungkinan, gambaran besar, serta masa depan. Mereka pun lebih suka melihat masa depan dibandingkan mengingat masa lalu. INTJ adalah individu kuat yang selalu mencari cara baru dalam memandang sebuah hal. Hal ini membuat mereka berwawasan luas dan memiliki pemahaman baru. Rasa haus para INTJ terhadap pengetahuan mendorong mereka belajar dari orang lain dan terlibat dalam percakapan kolaboratif.

3. Thinking

Seorang INTJ adalah mereka yang mengedepankan keputusan berdasarkan logika dan fakta. INTJ dikenal haus akan pengetahuan dan lebih mengutamakan akal dan logika dalam berpikir dibandingkan perasaan. INTJ adalah seorang yang sangat analitis, sehingga mereka terkadang kesulitan memahami orang-orang yang lebih mengandalkan emosi dibandingkan nalar dalam pengambilan keputusan. Mereka juga lebih tertarik berbagi ide daripada terlibat dengan obrolan ringan.

4. Judgment

INTJ dapat memiliki kecenderungan menghakimi dan perfeksionis, namun hal ini dapat menjadi aset untuk menjalankan tugas dan menghasilkan pekerjaan dengan kualitas tinggi. Sayangnya hal ini mungkin akan menyebabkan ketegangan dalam beberapa hubungan di tempat kerja. Seorang INTJ adalah pribadi yang tegas dan lebih menyukai struktur. Kepercayaan diri mereka membuat INTJ berusaha untuk menjadi pemecah masalah, mereformasi, dan memperbaiki dunia di sekitar mereka.

Baca juga: INTP Adalah: Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan, beserta Rekomendasi Pekerjaannya

Kelebihan dan kekurangan kepribadian INTJ


Salah satu kekurangan dari INTJ adalah anti sosial - Pexels

Beberapa kelebihan dari kepribadian INTJ adalah sebagai berikut.

1. Rasional

INTJ adalah pribadi yang rasional dan bangga atas kekuatan pikiran mereka. Mereka selalu bersemangat untuk mengasah keterampilan berpikir rasional dan memperluas pengetahuan mereka. Pola pikir ini membantu mereka merancang solusi inventif bahkan untuk masalah yang tersulit sekalipun. Hal ini membuat mereka lebih mengembangkan pendapat yang rasional dan berbasis fakta dibandingkan firasat atau asumsi yang tidak matang. Terkadang mereka terlibat dalam ketidaksepakatan saat membela ide-ide mereka.

2. Rasa ingin tahu yang tinggi

Pribadi INTJ terbuka untuk ide-ide baru yang rasional dan berbasis fakta. Hal ini membuat para INTJ tertarik pada sudut pandang yang tidak biasa atau bahkan bertentangan. Jika fakta membuktikan bahwa mereka salah, mereka umumnya akan senang hati merevisi pendapat mereka.

3. Bertekad

INTJ adalah tipe kepribadian yang dikenal ambisius dan berorientasi terhadap tujuan. Sehingga mereka tidak akan berhenti sampai mereka mencapai definisi kesuksesan mereka sendiri, yang biasanya memerlukan penguasaan subjek dan pengejaran yang penting bagi mereka sendiri.

4. Independen

INTJ adalah pribadi yang kreatif dan memiliki motivasi diri tinggi, sehingga mereka selalu berusaha untuk melakukan sesuatu sesuai cara mereka sendiri. Mereka pun tidak akan membiarkan aturan atau konvensi yang sewenang-wenang menghalangi kesuksesan mereka.

5. Original

Garis pemberontak yang dimiliki INTJ membuat mereka dibutuhkan di dunia ini. Mereka bertanggung jawab atas beberapa ide dan penemuan paling tidak konvensional dalam sejarah.

Sementara itu kekurangan dari kepribadian INTJ adalah sebagai berikut.

1. Arogan

INTJ mungkin berpengetahuan luas tetapi mereka tidak sempurna. Keyakinan akan diri mereka sendiri kadang membuat mereka sulit menerima masukan dari orang lain, terutama orang-orang yang mereka anggap lebih rendah secara intelektual. Terkadang mereka dapat terlihat sebagai orang yang kasar atau single-minded dalam cara mereka membuktikan bahwa orang lain salah.

2. Anti sosial

Rasionalitas yang dimiliki INTJ dapat menyebabkan frustasi dalam kehidupan sosial mereka. Upaya mereka untuk menentang harapan mungkin membuat mereka merasa terisolasi atau terputus dari orang lain. Terkadang, mereka mungkin menjadi sinis tentang nilai sebuah hubungan secara keseluruhan dan mempertanyakan pentingnya cinta dan hubungan itu sendiri.

3. Terlalu kritis

Seorang INTJ dapat terlihat sangat kritis, terutama ketika orang-orang dalam hidup mereka gagal untuk menyamai tingkat pengekangan mereka. Sayangnya kritik ini dapat menjadi kurang adil, karena mereka selalu melihat sesuatu berdasarkan standar yang mereka percayai daripada pemahaman penuh mengenai sifat manusia.

4. Mudah terlibat perdebatan

Para INTJ benci mengikuti sesuatu tanpa memahami alasannya, termasuk pembatasan dan figur otoritas yang memberlakukannya. INTJ dapat terjebak dalam perdebatan tentang peraturan yang tidak berguna, walaupun terkadang pertengkaran ini mengalihkan perhatian dari hal-hal yang lebih penting.

5. Mengesampingkan emosi

Bagi para INTJ, rasionalitas adalah hal yang terpenting. Sayangnya hal ini dapat membuat mereka menjadi tidak sabar dengan siapa pun yang tampaknya lebih menghargai perasaan daripada fakta.

Baca juga: 7 Pekerjaan yang Cocok dan Sesuai untuk Kepribadian ISTP

Berapa persen pemilik kepribadian INTJ di seluruh dunia?


Kepribadian INTJ mewakili 2% dari total populasi manusia - Pexels

Kepribadian INTJ adalah wakil dari 2% total populasi dunia, dengan 0,8% adalah wanita. Mereka memiliki kemampuan unik dalam melihat gambaran besar saat orang lain tidak mampu melakukannya.

Pribadi INTJ juga memiliki tekad dan keinginan kuat untuk memperbaiki dunia, sangat termotivasi oleh inspirasi, sangat terorganisir, dan cenderung berpikir secara logis. INTJ adalah orang yang imajinatif, tegas, ambisius, namun bisa menjaga privasi dan sangat ingin tahu banyak hal tetapi tidak ingin membuang-buang energi mereka.

Dalam berkarier, kepribadian INTJ sering merasa lebih nyaman berada di lingkungan yang cenderung kecil karena mereka introvert. Namun banyak tipe INTJ yang mencari pekerjaan menantang agar dapat mewujudkan ide-ide mereka, menguji keterampilan analitis mereka, agar dapat memecahkan masalah yang kompleks dan merumuskan ide serta solusi.

Baca juga: INFJ Adalah: Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan Beserta Rekomendasi Pekerjaannya

10 Karier yang cocok untuk kepribadian INTJ


Seperti julukannya, karier yang cocok untuk kepribadian INTJ adalah seorang arsitek - Pexels

Beberapa karier yang cocok untuk kepribadian INTJ adalah sebagai berikut.

1. Teknik mesin

Profesi ini membutuhkan seseorang yang dapat menjadi pemecah masalah yang hebat sehingga karier ini sangat cocok untuk tipe kepribadian INTJ. Pekerjaan ini termasuk merancang, membangun, dan menguji semua jenis perangkat dan mesin mekanis seperti mesin mobil, turbin angin, peralatan medis, satelit, elevator, printer, generator, robot hingga sistem pemanas. Teknik mesin sendiri adalah bidang teknik yang sangat luas. Beberapa spesialis teknik mesin bekerja di berbagai industri termasuk dirgantara, otomotif, biomedis, perawatan kesehatan, manufaktur, konstruksi, dan energi.

2. Teknik sipil

Profesi ini merancang, membangun, dan memelihara jalan raya, bandara, jembatan, terowongan, bendungan, jaringan utilitas, sistem drainase, serta struktur dan sistem lain yang membantu memindahkan produk dari satu titik ke titik lain secara efisien.

Profesi ini membutuhkan mereka yang mampu memecahkan masalah yang kompleks dan mencari solusi unik untuk mengatasinya sehingga sangat cocok untuk para INTJ. Proyeknya pun harus selesai tepat waktu dan sesuai anggaran dan harus sesuai standar kualitas yang ketat. Spesialisasi dari teknik sipil yang populer termasuk teknik struktural, teknik konstruksi, teknik lingkungan, teknik transportasi, dan teknik geoteknik.

3. Detektif/penyidik kriminal

Seorang detektif memainkan peran penting dalam menjaga keamanan komunitas dan memecahkan masalah kriminal. Pekerjaan ini umumnya melibatkan penyelidikan terperinci atas sebuah kejahatan seperti narkotika, perampokan, penyerangan, pembunuhan dan kejahatan berat lainnya.

4. Arsitek

Seorang arsitek adalah pribadi yang visioner dan pemecah masalah yang berpengalaman. Seperti julukannya sebagai seorang arsitek, profesi yang satu ini sangat direkomendasikan untuk para INTJ. Selain merancang bangunan untuk estetika dan mengunjungi lokasi bangunan, tugas seorang arsitek juga memastikan pekerjaan mereka sesuai dengan peraturan keselamatan, serta memeriksa bangunan dapat berfungsi dan menggunakan sistem kelistrikan, HVAC hingga pipa ledeng yang tepat.

5. Ahli kimia

Seorang ahli kimia mempelajari dan menganalisis komposisi bahan pada tingkat atom dan molekul untuk menentukan bagaimana zat berinteraksi satu sama lain. Tugas mereka juga termasuk mengembangkan formulasi di laboratorium, melakukan eksperimen, menguji bahan, melakukan penelitian, dan menulis laporan teknis. Ahli kimia bekerja di berbagai industri termasuk minyak dan gas, kosmetik, farmasi, manufaktur perangkat medis, lingkungan, pendidikan, manufaktur kimia, produksi makanan, kedirgantaraan, perawat kesehatan, dan otomotif.

6. Ahli mikrobiologi

Seorang ahli mikrobiologi mempelajari organisme dan mikroba seperti bakteri, jamur, algae, protozoa, dan virus. Tugas mereka mencakup perencanaan dan pelaksanaan penelitian, melakukan eksperimen, menyiapkan laporan ilmiah dan teknis, mengawasi teknisi, mempresentasikan temuan penelitian, dan menerbitkan makalah.

7. Analis riset pasar

Seorang analis riset pasar bertugas membantu bisnis mendapatkan pemahaman mengenai pelanggan mereka melalui analisis data dan penelitian perilaku. Profesi ini membantu perusahaan memahami produk yang diinginkan pasar dan bagaimana konsumen melihat dan menggunakan produk mereka, serta membantu bisnis menentukan produk mana yang akan dirilis, produk mana yang harus ditingkatkan, dan produk mana yang harus dihentikan.

8. Entrepreneur

Kepribadian INTJ memiliki kemampuan untuk membuat rencana bisnis dan menerapkan kampanye untuk tujuan strategis. Sehingga secara alami para INTJ sangat cocok untuk berwirausaha karena profesi ini juga membutuhkan pemecahan masalah dan fokus pada gambaran besar.

9. Perawat kesehatan

INTJ biasanya tertarik pada lingkungan therapeutic bertekanan rendah yang memungkinkan mereka menyempurnakan pengetahuan dan keterampilan mereka. Beberapa profesi di bidang ini termasuk personal trainer, chiropractor, terapis pijat, dental hygienist, terapis fisik, psikiater, dan dokter.

10. Finansial

INTJ adalah seorang yang analitis dan terorganisir sehingga mereka sangat cocok untuk pekerjaan yang melibatkan angka seperti financial advisor, akuntan, auditor, atau ahli ekonomi. INTJ juga akan menemukan kepuasan dalam memberikan nasihat keuangan yang sesuai dengan kebutuhan klien atau menyajikan penelitian mendalam kepada audiens.

Selain itu, mereka dengan kepribadian INTJ mungkin ingin menghindari karier di bidang properti seperti agen real estate, tenaga pengasuh anak atau polisi, karena sifat mereka yang introvert agak bertolak belakang dengan karier yang menuntut interaksi sosial tinggi.

Baca juga: Perusahaan startup mulai pakai tes MBTI, apa fungsinya?

Itu tadi informasi dan karier yang cocok untuk kamu yang memiliki MBTI INTJ. Apakah kamu salah seorang INTJ yang masih mencari pekerjaan? Yuk, coba daftarkan diri kamu untuk menjadi talent di EKRUT. Semua proses dan bantuan profesional di talent marketplace EKRUT gratis. Kamu – sebagai talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang di EKRUT!

Sumber:

  • bsu.edu
  • indeed.com
  • bestcolleges.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Merchandise_Pengertian__Benefit__Jenis__Hingga_Strategi_Merchandise_Marketing.jpg

    Careers

    Merchandise: Pengertian, Benefit, Jenis, dan Strategi Merchandise Marketing

    Sartika Nuralifah

    06 October 2022
    5 min read
    H1_1._Mengenal_Lebih_Jauh_Mengenai_Officer_Development_Program_(ODP).jpg

    Careers

    Mengenal Lebih Jauh Mengenai Officer Development Program (ODP) Beserta 5 Tips Suksesnya

    Anisa Sekarningrum

    06 October 2022
    5 min read
    Untitled_design-68.jpg

    Lainnya

    Lagi Cari Resep Makan Malam? Coba 18 Menu Simple yang Enak, Sehat, dan Praktis Ini!

    Tsalis Annisa

    06 October 2022
    10 min read

    Video