Media

Ketahui fakta-fakta tentang software engineer
By Maria Yuniar - 9 July 2018
4 min read 395 Views

Seorang insinyur perangkat lunak atau software engineer merupakan berperan dalam menerapkan prinsip rekayasa perangkat lunak untuk desain, pengembangan, pemeliharaan, pengujian, dan evaluasi perangkat lunak komputer. Banyak sarjana IT yang berlomba-lomba untuk memasuki perusahaan dengan profesi ini. Apalagi gaji yang ditawarkan pun menggiurkan, mengingat profesi ini tak mudah digeluti. Lalu, seperti apa sih fakta menarik tentang software engineer yang perlu kita ketahui?

 

Gaji

Seorang software engineer dapat memperoleh gaji rata-rata dengan rentang Rp 5.000.000 sampai Rp 8.000.000 per bulan. Namun, tak hanya perusahaan besar saja lho, startup juga berani menggaji tinggi software engineer mereka, dengan kisaran Rp 11.000.000 hingga Rp 12.000.000. Sementara itu, gaji software engineer di perusahaan minyak dan gas bumi (migas) bisa mencapai  Rp 19.500.000. Wow, menjanjikan sekali ya!

 

Peran

Software engineer memiliki peran dalam mengurangi kompleksitas. Jangan hanya tergiur dengan gaji besarnya saja ya. Pada hakikatnya software engineer menghadirkan solusi untuk mengurangi kompleksitas dari setiap proyek dengan cara membagi sekumpulan masalah besar menjadi beberapa masalah yang lebih kecil. Dengan demikian, masalah-masalah dapat diselesaikan dengan solusi-solusi yang dikerjakan satu persatu. Dengan teknik ini, setiap permasalahan kecil dapat diselesaikan secara independen satu sama lain. 

 

Efisiensi biaya

Kebanyakan orang berfokus untuk membangun perangkat lunak dengan jutaan baris kode program. Namun di dalam software engineering, programmer harus merencanakan semuanya dan mereduksi segala hal yang dianggap tidak penting. Hasilnya, biaya produksi dari pengembangan perangkat lunak menjadi dapat dikurangi dibandingkan pengembangan perangkat lunak lainnya yang tidak menggunakan pendekatan software engineering.

 

Efektivitas perangkat lunak

Software yang diharapkan perusahaan harus andal. Artinya, software yang dibangun haruslah bekerja sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Jika terdapat kesalahan dalam pembuatan software, maka perusahaan harus menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut. Di dalam software engineering, terdapat teknik testing dan maintenance yang harus dilakukan untuk menjamin keandalan perangkat lunak.

 

Acuan

Di dalam tugas software engineering terdapat berbagai standar yang dapat dijadikan acuan dalam pembangunan sebuah software yang efektif. Beberapa di antaranya adalah ISO 3535:1977 tentang desain formulir dan bagan, ISO 5806/1984 tentang tabel dan information processing, ISO 5807:1985 tentang dokumentasi dan konvensi data, dan lain-lain.

Berbagai fakta menarik software engineer ini akan membuat lulusan IT semakin bersemangat bukan? Bagaimana tidak? Tak hanya gaji besar yang menggiurkan tetapi juga ternyata software engineer memiliki peran dalam produktivitas dan problem solution dari suatu perusahaan.

 

Rekomendasi bacaan:
Investor berangsur-angsur tinggalkan Bitcoin, kenapa?
Untuk startup, lebih baik bangun aplikasi atau website?
Pengguna Internet Indonesia habiskan 5,5 jam per hari dengan ponsel

 

Sumber:
linkedin.com
medium.com
dictio.id
qerja.com
dream.co.id

Tags:

  • IT
  • software engineer
  • engineer
  • software
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang