Published on

Technology

Panduan Membuat Linktree Gratis Hanya Beberapa Menit dan Tips Optimasinya

Mentari Nurmalia

H1_Panduan_Membuat_Linktree_Gratis_Hanya_Beberapa_Menit_dan_Tips_Optimasinya.PNG

Kamu termasuk seseorang yang aktif di Instagram? Jika iya, kamu mungkin pernah melihat kalimat “link in bio” saat seseorang mengunggah posting-an mereka di akunnya. Ya, mereka menggunakan Linktree sebagai single link untuk memuat semua link yang ingin dibagikan.

Linktree merupakan penyedia layanan yang bisa membantu kamu dalam membagikan semua tautan hanya lewat satu link saja. Ada beberapa cara membuat Linktree gratis yang bisa dilakukan. Keberadaan linktree sendiri sangat memudahkan semua orang yang ingin klik semuanya lewat satu tautan saja. Sama halnya dengan kamu yang ingin membagikan semua akun media sosial yang dimiliki kepada pengikutmu di Instagram. Misalnya, membagikan akun Twitter, LinkedIn, website, atau akun media sosial lainnya. Yuk, ketahui panduan membuat Linktree gratis hanya dalam beberapa menit dan tips optimasinya!

Baca juga: Cara Membuat Linktree dengan Mudah di Bio Instagram [2022]

Mengenal Linktree dan kegunaannya


Linktree hadir dengan berbagai kemudahan. (sumber: linktree)

Linktree memiliki layanan paket gratis yang bisa dimanfaatkan oleh kamu yang mungkin memiliki bujet terbatas. Bagi kamu yang akan membuat Linktree, tenang saja. Meskipun gratis, kamu sudah bisa menautkan semua link yang diinginkan di halaman Linktree yang kamu miliki. Kendati demikian, jika menggunakan paket berbayar fitur yang didapatkan akan lebih lengkap lagi.

Beberapa dari kamu mungkin kerap menemui seseorang yang mengarahkan followers-nya untuk mengunjungi halaman profil Instagram mereka dan mengklik URL yang ada di bio. Nah, mengarahkan orang ke tautan ini sering kali membantu pengguna Instagram menghasilkan impression di berbagai situs web, sebut saja kanal YouTube hingga landing page untuk situs web. Lalu, apa saja kegunaan Linktree? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Bisa menambahkan tautan tanpa batas

Linktree memungkinkanmu untuk memaksimalkan potensi berbagi link di Instagram. Walaupun sebenarnya Instagram sekarang juga menawarkan peluang untuk bisa memasukkan tautan di Instagram Story, streaming langsung, dan tab Toko, Instagram belum memiliki fitur yang dimiliki Linktree. Dengan begitu, pengguna mau tidak mau harus mengandalkan aplikasi seperti Linktree untuk menggabungkan tautan terpenting mereka agar menjadi satu link yang mudah dilihat.

2. Menampilkan statistik

Walaupun menggunakan Linktree gratis, kamu juga bisa mendapatkan data statistiknya. Kamu dapat melihat seberapa banyak orang yang sudah mengakses halaman Linktree-mu dan berapa kali tautan yang kamu simpan diklik oleh orang lain.

3. Menyediakan kustomisasi

Pada akun Linktree, setelah login, kamu juga juga bisa melakukan kustomisasi. Kamu dapat  menambahkan gambar untuk mewakili branding-mu dan memilih beberapa skema warna yang paling sesuai dengan ciri khas dan karaktermu.

Baca juga: 8 Skills yang Harus Dimiliki Social Media Specialist

Cara membuat Linktree gratis 2022

Setelah mengetahui penjelasan tentang Linktree dan kegunaannya, mari ketahui cara membuat Linktree gratis yang bisa kamu praktikkan dengan mudah.

1. Buat akun Linktree gratis


Melakukan sign up dalam pembuatan akun linktree gratis. (sumber: linktree)

Navigasikan ke linktr.ee untuk membuat akun gratis milikmu sendiri. Buatlah akun terlebih dahulu jika belum memilikinya. Pilih tombol “Sign up free” yang terletak di bagian pojok kanan atas. Isilah data-data yang dibutuhkan, mulai dari email, password, dan username yang diinginkan. Pastikan kamu menggunakan username yang belum dimiliki orang lain. Apabila muncul warna hijau, itu tandanya kamu bisa memakai username yang dipilih. Namun, jika muncul warna merah, kamu harus menggantinya dengan username yang belum ada. Setelah berhasil membuat akun Linktree, kamu bisa login sesuai dengan data-data yang sudah didaftarkan.

2. Jelaskan tentang dirimu dan pilih kategori


Menjelaskan data diri saat login akun Linktree. (sumber: linktree)

Selanjutnya, setelah akun Linktree sudah siap dan telah login, ikuti petunjuk di layar untuk menjelaskan dirimu dan pilih kategori yang tersedia. Terdapat pilihan seperti business, creative, education, entertainment, health & wellness, dan lain-lain. Sesuaikan dengan preferensi pribadi, ya. Nah, jika sudah selesai, kamu hanya perlu menekan tombol “Continue”.

3. Pilih rencana paket


Perencanaan paket saat membuat akun (sumber: linktree)

Pada halaman berikutnya, kamu akan melihat beberapa pilihan paket, entah itu berbayar atau gratis. Terdapat rincian harga untuk masing-masing paketnya. Jika memilih paket Linktree gratis, kamu tidak harus mengeluarkan biaya dan langsung menggunakannya.

4. Edit halaman dashboard


Edit halaman saat membuat akun Linktree. (sumber: linktree) 

Setelah memilih paket yang diinginkan, kamu bisa mengedit bagan dashboard dan menambahkan tautan baru dengan mengklik “Add New Link” dan memasukkan title serta URL yang dituju. Untuk mulai menambahkan tautan ke akun Linktree, kamu memiliki dua opsi:

  • Pilih “Add New Link” dan akan muncul di mana kamu harus mengisi judul dan URL yang relevan.
  • Kamu juga bisa mengklik “Explore Links” untuk melihat berbagai opsi tautan berdasarkan konten, misalnya tautan musik atau video.

5. Bagikan akun Linktree


Contoh Linktree yang telah jadi. (sumber: EKRUT)

Setelah kamu merasa puas dengan akun Linktree-mu dan segala informasi yang dibutuhkan, sekarang saatnya untuk menyimpan tautan tersebut di profil Instagram milikmu.

Baca juga: 7 Tips Strategi Social Media Marketing di Saat Krisis

Tips optimasi Linktree untuk bisnis online


Akun Linktree salah satu online shop cuanki instan. (sumber: lakoca)  

Setelah memiliki akun Linktree, jika kamu merupakan pelaku bisnis online, ada beberapa tips optimasi Linktree yang harus kamu perhatikan.

1. Pilih nama yang relevan

Sebagai pemilik bisnis online, gunakanlah Linktree semaksimal mungkin. Tips optimasinya adalah dengan memberi nama pada setiap tautan dengan jelas. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan efektivitas.

2. Pilih judul yang jelas

Tulis juga deskripsi yang singkat dan jelas pada akun Linktree-mu. Cara ini akan membantu menarik perhatian audiens untuk mengklik link tersebut.

3. Sertakan tautan yang paling relevan

Akun Linktree memang memungkinkanmu untuk menyimpan tautan sebanyak mungkin. Akan tetapi, kalau kamu pelaku bisnis online, tips optimasi Linktree yang harus dilakukan adalah menempatkan tautan yang paling relevan di akun Linktree-mu sehingga pengguna tidak akan merasa kewalahan dengan pilihan yang tersedia.

4. Terus pantau akun Linktree

Teruslah pantau akun Linktree-mu dan memastikannya agar selalu up-to-date dengan penawaran bisnismu saat ini. Kamu bisa menghapus tautan yang sudah tidak lagi relevan dengan bisnis online-mu dan mengalihkannya ke link yang baru. Intinya, pikirkan strategi yang baik untuk memaksimalkan penggunaan akun Linktree-mu.

Baca juga: 10 Bisnis Online Tanpa Modal beserta Kisaran Penghasilannya

Nah, demikian penjelasan tentang membuat Linktree gratis yang bisa dimanfaatkan, baik untuk keperluan pribadi atau kamu yang memiliki bisnis online. Berhubung sudah tahu caranya, sekarang kamu sudah bisa memaksimalkan penggunaan Linktree untuk menampilkan beberapa tautan pilihanmu dalam satu single link.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Bukan hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • linktr.ee
  • blog.hubspot.com
  • sea.mashable.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-steve-johnson-13078553.jpg

    Technology

    Animasi: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

    Tio Derma

    21 September 2022
    8 min read
    0-youtube-dashboard.jpg

    Technology

    Apa Itu YouTube Dashboard? Berikut Penjelasan dan Cara Menggunakannya

    Arin Khurota

    21 September 2022
    5 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu Twibbonize? Berikut Fungsi dan Panduan Membuatnya 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read

    Video