Technology

Cara Membuat Linktree dengan Mudah di Bio Instagram [2022]

Published on
Min read
6 min read
time-icon
H1_cara_membuat_linktree.jpg

Pernahkah kamu mengunjungi sebuah tautan yang tercantum di bio seseorang, kemudian tautan tersebut mengarahkanmu ke halaman lainnya? Bagian tautan tersebut disebut dengan single link. Dari sekian banyak provider tautan singkat, linktree adalah pilihan yang paling banyak digunakan. Cara membuat linktree pun terbilang mudah dan tidak terbatas untuk kebutuhan bisnis saja. Nah, jika kamu tertarik untuk mencari tau bagaimana cara membuat linktree dengan cepat, pastikan kamu membaca artikel satu ini hingga selesai, ya. Karena artikel berikut akan mengulas seputar apa itu linktree hingga manfaatnya.

Apa itu linktree?


Linktree adalah penyedia single link yang multifungsi (sumber: Linktree)

Linktree adalah sebuah penyedia layanan single link di mana tautan tersebut akan memiliki tampilan berupa website yang berisikan tombol-tombol sederhana yang mengarah ke situs yang kamu inginkan. Linktree tersedia dalam empat jenis paket dan salah satu paketnya bisa diakses secara gratis.

Ada juga tiga paket berbayar yang bisa kamu coba di linktree, di antaranya starter, pro, dan premium yang dikenai biaya mulai Rp39.000 hingga Rp220.000. Pada paket free, kamu sudah bisa menautkan link tanpa batasan di halaman linktree kamu. Sedangkan pada paket berbayar, kamu bisa mendapatkan fitur yang lebih beragam seperti:

  • Analytics
  • Kustom tampilan
  • Redirect
  • Animation
  • Mengumpulkan data email dan nomor telepon
  • Penjadwalan
  • Embed link

Tidak hanya untuk menampilkan beberapa tombol yang berisikan link, linktree juga bisa menjadi media untuk menampilkan akun sosial media, kode QR, twitch dari Facebook dan YouTube, serta sebagai platform menampilkan karya NFT. Linktree memang cukup banyak ditemukan di bio Instagram sebuah akun, tetapi lebih dari itu linktree juga bisa digunakan pada media sosial TikTok dan juga bisa ditampilkan pada informasi yang tertera di footer saat kamu mengirim email. Karena link ini sangat praktis digunakan, maka kegunaan linktree pun dapat beragam.

Baca juga: 12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

Manfaat linktree


Manfaat Linktree tidak hanya untuk bisnis saja tapi juga dapat digunakan individu (sumber: Linktree)

Bentuk linktree yang simple tidak hanya dapat digunakan untuk pemilik bisnis saja, ada banyak manfaat linktree yang perlu kamu kenali berikut ini.

1. Aset lebih terorganisasi

Setiap bisnis atau individu tentu memiliki akun di platform media sosial yang beragam. Mulai TikTok, Instagram, YouTube, Facebook, dan Twitter. Agar lebih terorganisasi dan saling terhubung, kamu bisa mengumpulkan keseluruhan tautan pada linktree. Untuk pemilik bisnis, menampilkan berbagai akun sosial media dalam satu halaman bisa meningkatkan kepercayaan pengguna untuk membeli produk atau menggunakan jasamu.

Selain itu, linktree juga memberi keuntungan yang serupa pada individu yang ingin menampilkan berbagai tautan berisi portofolio yang dikerjakan. Misalkan bagi seorang penulis, tidak jarang kamu pasti lupa dengan apa saja yang pernah kamu tulis. Linktree bisa kamu gunakan untuk mendokumentasi hasil tulisan terbaikmu yang sudah diterbitkan ke internet. Dengan mengumpulkan aset yang kamu miliki, maka kamu bisa mengelola aset-aset yang tersebut secara lebih optimal.

2. Menganalisis engagement dan klik

Salah satu fitur menarik dan sangat berguna yang disediakan linktree adalah analytics yang memungkinkan untuk kamu bisa menganalisis berapa orang yang sudah mengklik link tersebut dan mana tautan yang paling banyak dikunjungi. Ini bisa kamu gunakan juga untuk memantau bagian mana yang perlu dievaluasi dari laman linktree tersebut.

Misalnya saja kamu ingin membawa user yang masuk ke linktree untuk mengklik tombol ke halaman produk yang telah kamu letakkan di posisi pertama. Namun, jika ternyata jumlah pengguna yang mengunjungi halaman tersebut sangat sedikit dari pengunjung linktree, maka kamu perlu mengevaluasi apakah kecilnya jumlah klik dikarenakan copywriting yang menarik, atau karena alasan lainnya.

3. Mendapatkan data dari calon konsumen

Adanya fitur yang dapat mengumpulkan nomor telepon serta email akan menjadi salah satu sumber data calon konsumen yang tentunya berguna bagi sebuah bisnis. Pengguna yang memasukkan nomor telepon dan alamat email, artinya mereka memiliki ketertarikan kepada produk yang kamu jual atau bisnis yang kamu jalankan. Pengguna seperti inilah yang bisa memudahkanmu untuk mendapatkan transaksi. Selain itu, dari data yang terkumpul juga bisa menjadi bahan untuk kamu analisis terkait apa ketertarikan calon pelanggan, umur bahkan gender dari calon konsumen.

Baca juga: 8 Skills yang Harus Dimiliki Social Media Specialist

Cara membuat linktree dengan mudah


Cara membuat Linktree cukup mudah dalam beberapa tahapan saja (sumber: Linktree)

Setelah mengerti manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan linktree, langsung saja berikut merupakan cara membuat linktree dengan mudah yang bisa kamu praktikkan.

1. Kunjungi situs resmi linktree

Tahap pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengunjungi halaman utama linktree. Kemudian, kamu bisa melakukan registrasi atau masuk ke akun yang pernah kamu buat. Pada halaman utama tersebut kamu bisa menemukan berbagai penjelasan mengenai linktree serta inspirasi halaman yang dapat kamu tiru.

2. Lakukan registrasi akun

Jika kamu belum memiliki akun, kamu bisa mendaftarkan diri dengan menekan tombol “Sign up free” yang ada di pojok kanan atas pada halaman utama. Ketika masuk ke halaman pendaftaran, kamu perlu mengisi kolom email, password, dan username untuk tautan yang bisa dibagikan nanti. Username haruslah unik dan berbeda dengan yang dimiliki orang lain, untuk itu kamu bisa mengecek pada simbol. Jika simbol menunjukkan warna hijau, artinya kamu bisa menggunakan username tersebut. Jika merah, artinya kamu perlu mencari username baru yang belum digunakan oleh orang lain.

3. Pilih kategori

Setelah mengisi kolom saat registrasi, kamu akan diarahkan untuk memilih kategori apa yang kamu tekuni, contohnya seperti education, entertainment, food, fashion, tech, atau lifestyle. Selain kategori, kamu juga akan diminta mengisi namamu. Jika sudah, tekan “Continue”.

4. Pilih paket berlangganan

Pada halaman selanjutnya, kamu akan diminta memilih paket berbayar atau paket gratis. Untuk paket berbayar, biaya paket perlu dibayarkan tiap bulan. Sedangkan untuk paket gratis, kamu bisa memilihnya sekali untuk waktu yang tidak terbatas.

5. Edit di bagian admin page

Ini adalah halaman terakhir, kamu sudah selesai dan bisa mengatur tampilan linktree sesuai yang kamu inginkan. Tambahkan link terbaru dengan tombol “Add new link” kemudian masukkan title dan URL. Kamu juga bisa mengeksplor template lain di tombol “Explore” untuk menemukan pilihan sosial media dan konten lainnya.

6. Bagikan tautan linktree kamu

Setelah selesai menyusun landing page, kini kamu bisa membagikan tautan linktree ke semua media sosialmu. Tetap kelola dan awasi perkembangan linktree yang kamu miliki agar hasilnya lebih optimal.

Baca juga: 7 Tips Strategi Social Media Marketing di Saat Krisis

Itu tadi penjelasan mengenai apa itu linktree hingga bagaimana cara membuat linktree simple yang bisa kamu terapkan di bisnis kamu. Tak hanya itu, jika kamu ingin menampilkan beberapa portofolio yang kamu miliki, linktree juga bisa menjadi media yang tepat untuk mengumpulkannya menjadi satu.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, berbagai informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • kompas.com
  • kumparan.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cache-dan-cookies-EKRUT.jpg

    Technology

    Fungsi cache dan cookies yang tak banyak diketahui!

    Maria Yuniar

    28 November 2022
    4 min read
    Google_Data_Studio_Fungsi__Fitur_Utama__Integrasi_Platform_dan_Cara_Menggunakannya.jpg

    Technology

    Google Data Studio: Fungsi, Fitur Utama, Integrasi Platform, dan Cara Menggunakannya

    Sartika Nuralifah

    28 November 2022
    8 min read
    Ssstiktok_Download_Video_TikTok_tanpa_Watermark_Secara_Online_2022.jpg

    Technology

    SSSTikTok Download Video TikTok Tanpa Watermark Online 2022

    Sylvia Rheny

    25 November 2022
    5 min read

    Video