Published on

Careers

Ketahui pentingnya manfaat literasi digital dalam perusahaan

Nur Lella Junaedi

manfaat-literasi-digital-EKRUT.jpg

Digital literacy atau istilah lainnya literasi digital adalah tentang seberapa mahir seseorang dapat menggunakan teknologi untuk menemukan, membuat, menilai dan mengkomunikasikan informasi.

Terkadang literasi juga dapat dipahami dengan kemampuan dalam menggunakan teknologi seperti laptop, smartphone, dan software untuk berkomunikasi. 

Penting bagi perusahaan untuk mendukung literasi digital pada karyawan. Sebab, tidak hanya dapat mendorong karyawan lebih aktif dan produktif, ini juga akan memberikan banyak manfaat lain. Berikut ulasan terkait manfaat literasi digital bagi karyawan dan perusahaan.

Manfaat literasi digital bagi perusahaan 

manfaat literasi digital EKRUT 
Salah satu manfaat dari literasi digital adalah untuk meningkatkan motivasi karyawan-EKRUT

Sempat disinggung di awal, bahwa perusahaan yang mengerti pentingnya literasi digital bisa meningkatkan kreativitas dan produktivitas karyawan. Selain itu, manfaat literasi digital lainnya bagi perusahaan yaitu: 

Mendapatkan keuntungan 

Manfaat literasi digital pertama yang akan dirasakan oleh perusahaan adalah memperoleh keuntungan. Sebab, di dunia modern ini melek digital jadi bagian dari kompetisi perusahaan.

Perusahaan yang tidak melek digital mereka tidak akan mengerti pentingnya membangun media sosial dalam rangka membentuk merek serta mengenalkan perusahaan ke khalayak umum. 

Mereka juga tidak akan mengerti pentingnya strategi mengirim email marketing kepada customer, pentingnya membangun portal web sampai pada optimasi mesin pencari. 

Pada akhirnya manfaat literasi digital akan membuat proses bisnis menjadi lebih efektif dan efisien. Namun tentunya ini perlu didukung oleh SDM yang andal dalam literasi digital tersebut. 

Meningkatkan motivasi karyawan 

Tahukah kamu bahwa masih banyak profesional di dunia yang memiliki literasi digital yang rendah? Padahal saat ini perusahaan berlomba mencari kandidat yang melek literasi digital. 

Perusahaan-perusahaan tersebut berani membayar berapapun demi mendapatkan kandidat yang memiliki pengalaman luas tentang isu ini. Dengan begitu, karyawan akan lebih termotivasi untuk bekerja meningkatkan kemampuan literasi digital mereka. 

Apalagi bila perusahaan memberikan perhatian dengan mengadakan pelatihan literasi digital ini, tentu mereka akan lebih bersemangat untuk bekerja dan tinggal lebih lama di perusahaan. 

Meningkatkan pendapatan 

Sisi lain dari manfaat literasi digital adalah menambah pendapatan perusahaan. Karyawan yang cakap dalam literasi digital akan membantu perusahaan memanfaatkan inovasi teknologi untuk menghasilkan sumber pendapatan.

Sebagaimana kita tahu bahwa kini banyak perusahaan mendapatkan pelanggan secara digital dan pada akhirnya mendorong perusahaan untuk bisa memfasilitasi transaksi secara online. 

Baca juga: Mengenal apa itu marketplace dan contohnya di Indonesia

Contoh bentuk literasi digital di tempat kerja 

manfaat literasi digital EKRUT 
Bentuk dari literasi digital adalah dapat mengaplikasikan konten perusahaan dalam media sosial FB-EKRUT

Keterampilan digital sangat penting di dunia kerja. Adapun bentuk dari literasi digital yang biasa digunakan di bidang profesional adalah:

  • Platform untuk menampilkan konten dan media, di mana bisnis saat ini menjangkau banyak orang melalui daring. 

Karyawan diharapkan mengerti tentang media sosial yang bisa digunakan oleh perusahaan untuk mengkampanyekan produk dan konten.

Beberapa contoh media sosial tersebut seperti Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn, Medium dan sebagainya. 

  • Pengolahan kata, spreadsheet dan perangkat lunak presentasi. Kemampuan ini kini menjadi keharusan bagi karyawan misalnya mengerti tentang Microsoft Word, Excel, Powerpoint. Adapun kemampuan lainnya yang menunjang mudahnya pekerjaan misalnya penggunaan Google Document, Spread, dan Slide.
  • Tools kolaborasi. Banyak posisi yang mengharuskan karyawan untuk melakukan kolaborasi antar tim. Bila pekerjaan karyawan memerlukan input dari banyak orang pertimbangkan untuk menggunakan tools seperti Dropbox, Google Drive, Evernote hingga Slack. 
  • Tools komunikasi. Penting bagi perusahaan untuk mengenalkan tools komunikasi di luar kantor saat karyawan melakukan Work From Home. Bentuk dari tools tersebut bisa dipakai untuk video conference contohnya Zoom, Discord, Google Meets dan lain-lain

Baca juga: Meningkatkan produktivitas kerja pada 2020 dengan deretan tools ini

Cara meningkatkan literasi digital di perusahaan

manfaat literasi digital EKRUT 
Perusahaan bisa mengadakan pelatihan untuk mengasah literasi digital karyawan-EKRUT

Setelah mengetahui pentingnya dari melek digital ini, kini perusahaan bisa mencoba menerapkan beberapa cara dalam meningkatkan literasi digital karyawan mulai dari: 

Menilai keterampilan digital

Cara ini digunakan untuk mengetahui seberapa dalam karyawan memiliki wawasan terkait literasi digital. Untuk mengetahuinya, perusahaan bisa melakukan upaya survei,  jejak pendapat atau tes digital sederhana. 

Kemudian nilai keterampilan digital itu dengan mempertimbangkan 3 aspek berupa etika digital meliputi privasi data dan berbagi, kolaborasi digital meliputi media sosial dan tools digital serta keamanan siber mencakup peretasan, spam dan risiko keamanan. 

Ukur sesuaikan dengan kebutuhan 

Seperti strategi dalam manajemen lainnya, perusahaan juga harus mengukur literasi digital ini di perusahaan. 

Caranya adalah dengan membuat pengukuran dasar dari keterampilan daring ini, lalu pantau kemajuan dan kemundurannya. Dengan begini akan membantu tim menyesuaikan, melatih dan memberikan inisiatif melihat fungsinya atau tidak.

Sampaikan nilai dan tujuannya

Perusahaan perlu memberitahukan kepada karyawan kenapa harus melakukan literasi digital bahkan transformasi digital. Yang mana perubahaan ini akan membawa keuntungan bagi karyawan dan perusahaan.

Perlu diketahui bila perusahaan besar banyak yang menjadikan literasi digital ini sebagai budaya perusahaan, seperti yang dilakukan oleh perusahaan komputer Dell. 

Berikan pelatihan dan dukungan 

Setelah perusahaan melakukan semua upaya di atas, perusahaan baru bisa memberikan pelatihan literasi digital kepada karyawan. 
Bentuknya bisa berupa kursus online literasi digital, kelas pertemuan tatap muka, sampai pemberian e-book. 

Baca juga: Mengetahui marketing 4.0 dan pengaruhnya dalam pemasaran digital

Dengan melakukan berbagai upaya ini mencerminkan bila perusahaan peduli untuk turut serta mengembangkan kemampuan karyawan khususnya dalam bidang literasi digital di tempat kerja.

Jadi, apakah perusahaan kamu sudah mendukung literasi digital karyawan?

manfaat literasi digital EKRUT

Sumber: 

  • Everyonesocial.com
  • Techboomers.com
  • Comat.com
 

Tags

Share