Published on

Lainnya

5 Kelebihan Menjadi Morning Person agar Lebih Semangat Bekerja

Lita Lia

H1-5_Kelebihan_Menjadi_Morning_Person.jpg

Morning person adalah seseorang yang secara alami bangun lebih awal sekalipun tidur larut malam. Orang dengan kronotipe morning person terbiasa melakukan aktivitas di pagi hari dengan penuh semangat. Karena lebih awal melakukan bangun, morning person sering dianggap memiliki banyak efek positif karena mampu menyelesaikan lebih banyak kegiatan. Benarkah demikian?

Baca juga: Kebiasaan Bangun Jam 5 Pagi Dapat Mengubah Hidupmu Menjadi Lebih Baik

Apa itu morning person?

Salah satu kelebihan morning person adalah biasa melakukan lebih banyak kegiatan di pagi hari
Kebalikan dari morning person adalah night owl. (sumber: Pexels)

Jika kamu termasuk morning person, kemungkinan besar kamu tahu bahwa kamu adalah orang yang suka bangun pagi. Tentu, kamu sedikit pusing ketika bangun di pagi hari, tetapi kamu tidak membutuhkan jam alarm hanya untuk bangun pagi. Kamu juga tidak terlalu sulit untuk bangun dan melakukan aktivitas. Bahkan saat kamu tidak memiliki sesuatu yang spesifik untuk dilakukan, kamu tetap akan bangun pagi.

Dr. Doha Ayish, ahli saraf di Houston Methodist, menyebut morning person adalah mereka yang cukup mudah bangun dari tidur dan paling produktif atau aktif di pagi hari. Umumnya, morning person sangat pandai memanfaatkan energi dan fokus di pagi hari untuk menyelesaikan kewajiban, pekerjaan, dan tugas.

Sementara itu, situs Public People mendefinisikan morning person adalah seseorang yang merasa dalam kondisi terbaik pada jam-jam sebelum siang hari. Mereka merasa berenergi setelah tidur semalaman dan dapat menghilangkan rasa kantuk dengan mandi pagi. Morning person menjadikan waktu di pagi hari sebagai waktu yang ideal untuk melakukan berbagai kegiatan rutin. Kebalikan dari morning person adalah night owl, yakni mereka yang merasa paling baik di siang atau malam hari.

Meski memiliki banyak kelebihan menjadi morning person, bukan berarti tidak ada kekurangan. Perlu diingat bahwa banyak toko dan layanan profesional tidak tersedia di pagi hari. Terlebih lagi, untuk menjadi morning person kemungkinan besar juga harus tidur lebih awal sehingga sangat mungkin melewatkan beberapa kegiatan larut malam.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Susah Tidur yang Tepat Bagi Pekerja Kantoran

5 Kelebihan menjadi morning person

Morning person memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih baik
Salah satu kelebihan morning person adalah lebih Bahagia. (sumber: Pexels)

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, menjadi morning person jauh lebih baik dibanding night owl. Itu bahkan dibuktikan dengan beberapa kelebihan menjadi morning person berikut ini.

1. Lebih bahagia

Ketika Universitas Toronto melakukan melakukan penelitian pada lebih dari 700 orang dewasa tentang kebiasaan tidur, suasana hati, kesehatan, dan pertanyaan lainnya, ditemukan bahwa morning person, yakni mereka yang secara alami bangun sekitar jam 7 atau lebih awal mengalami peningkatan perasaan bahagia, keceriaan, dan kewaspadaan hingga 25 persen sebagaimana yang dilaporkan oleh Prevention.

Terlebih lagi, jadwal bangun morning person juga lebih sesuai dengan jadwal kebanyakan masyarakat, biasanya antara jam 9 sampai jam 5 sore. Tak hanya itu, paparan sinar pagi yang biasanya dilewatkan oleh night owl juga dapat meningkatkan energi dan mengurangi risiko depresi.

2. Lebih cenderung makan sarapan sehat

Logikanya sederhana mengapa morning person cenderung makan sarapan sehat. Ketika kamu memiliki waktu yang cukup di pagi hari sebelum berangkat kerja, kemungkinan besar kamu punya waktu yang cukup untuk mengatur menu sarapan. Kamu bisa mempertimbangkan makanan yang kaya vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Baca juga: Kenapa Orang Sukses Bangun Jam 5 Pagi? Ini Jawabannya

3. Lebih rutin berolahraga

Morning person lebih punya banyak waktu di pagi hari. Mereka bisa berolahraga di pagi hari secara rutin tanpa takut telat masuk kerja. Apalagi Cedric Bryant, Kepala Sains di American Council on Exercise menyebut kalau, “Dalam hal konsistensi kebiasaan olahraga, individu yang berolahraga di pagi hari cenderung lebih baik.” katanya dalam OrnishSpectrum. Lara Carlson, profesor di University of New England, mengatakan kepada WomensHealthMag bahwa jika kamu ingin menurunkan berat badan atau meningkatkan kesehatan, lakukan olahraga di pagi hari.

4. Lebih mudah terhindar dari masalah kesehatan

Penelitian menyebutkan jika waktu tidur yang terlalu larut tidak baik untuk gula darah. Orang-orang dewasa Jepang dengan diabetes tipe 2 dan night owl memiliki kadar HbA1C, trigliserida, dan kolesterol LDL yang lebih tinggi daripada mereka yang bangun lebih awal (morning person). Studi Medscape juga menyebutkan kalau mereka yang memiliki jam tidur tidak teratur memiliki kaitan dengan sejumlah masalah kesehatan. Apakah itu arteri koroner, sindrom metabolik, dan gangguan toleransi glukosa.

5. Lebih teliti

Berbagai penelitian juga menyebutkan kalau morning person lebih teliti dibanding night owl, terutama jika dikaitkan dengan jam kerja di pagi hari. Mereka yang masuk kerja tergesa-gesa kurang teliti dibandingkan dengan mereka yang masuk kerja lebih awal.

Baca juga: 5 Rutinitas Pagi Hari Agar Kamu Lebih Produktif

Dengan berbagai kelebihan morning person di atas, kamu tertarik untuk rutin bangun di pagi hari? Temukan temukan pula berbagai artikel menarik di EKRUT Media. Informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • aaptiv.com
  • healthday.com
  • medscape.com
  • publicpeople.org
  • ornishspectrum.com
  • houstonmethodist.org
  • womenshealthmag.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    shutterstock_1682336344.jpg

    Careers

    9 Tips Menghadapi Interview Kerja Setelah Terkena Layoff

    Fakhrizal Muttaqien

    23 September 2022
    7 min read
    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    23 September 2022
    7 min read
    H1_1._10__Rekomendasi_Kursus_Digital_Marketing.jpg

    Careers

    10+ Rekomendasi Kursus Digital Marketing

    Anisa Sekarningrum

    21 September 2022
    8 min read

    Video