Lainnya

Pangsa Pasar: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan 5 Cara Meningkatkannya

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Natasya Primatyassari

Natasya Primatyassari has been dipping her toes into the digital marketing pool since 2018 and has helped numerous companies with their communication needs. Her passion is to make a business sparkle through its useful and engaging content.

H1_Pangsa_pasar.jpg

Pangsa pasar atau yang sering disebut dengan market share sangat berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis. Jika kamu telah berkecimpung dalam bisnis atau telah bekerja untuk sebuah perusahaan besar dalam jangka waktu tertentu, kamu pasti sudah pernah mendengar istilah ini. Yuk, pahami dengan tepat seluk beluk pangsa pasar melalui artikel berikut.

Baca juga: 12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Apa itu pangsa pasar?


Pangsa pasar adalah persentase total suatu produk dalam kategori tertentu - Pexels

Dikutip dari chron.com, pangsa pasar adalah persentase total sebuah produk dalam kategori atau kelompok konsumen tertentu. Kelompok konsumen tersebut dapat dibagi berdasarkan kategori usia, jenis kelamin, pendapatan, dan sebagainya. Dengan kata lain, pangsa pasar adalah seberapa banyak perusahaan mengambil ruang di pasar tertentu. Meskipun pangsa pasar tidak dapat menggambarkan kesehatan keuangan perusahaan secara menyeluruh, mengetahui persentase pangsa pasar dapat membantu memberikan gambaran mengenai ukuran dan daya saing bisnis terhadap kompetitor.

Baca juga: Pasar Modern: Pengertian, Ciri-Ciri, Kelebihan, Kekurangan, 5 Jenis, dan Contohnya

Tujuan dan manfaat pangsa pasar bagi bisnis


Nilai pangsa pasar berguna untuk mengetahui posisi perusahaan di antara para kompetitor - Unsplash

Setelah mengetahui pengertian pangsa pasar, kamu juga perlu memahami bagaimana nilai pangsa pasar dapat mempengaruhi kesuksesan perusahaan. Berikut tujuan dan manfaat pangsa pasar seperti dikutip dari populix.co.

1. Mengetahui posisi perusahaan

Informasi mengenai nilai pangsa pasar dapat membantu perusahaan untuk melihat posisinya dalam industri tertentu. Perusahaan kecil mungkin tidak menaruh terlalu banyak perhatian pada pangsa pasar secara nasional, tetapi perusahaan tersebut akan mempertimbangkan proporsi penjualannya dengan perusahaan kompetitor dalam skala regional.

Semakin besar skala perusahaan, maka akan semakin dipertimbangkan pula posisinya oleh para pesaing. Terlepas dari besar atau kecilnya jangkauan pasar, pangsa pasar tetap memberikan keuntungan bagi perusahaan. Segala kebijakan perusahaan dapat diambil dari cara perusahaan menentukan positioning mereka.

2. Mengembangkan perusahaan

Pangsa pasar adalah rujukan penting bagi perusahaan untuk merumuskan langkah-langkah strategis yang harus dilakukan di masa depan. Suatu perusahaan bisa jadi mulai mempelajari cara pemasaran baru karena mengetahui pangsa pasar perusahaan kompetitor mengalami peningkatan. Berangkat dari langkah ini, perusahaan juga berpotensi mendapatkan formula baru yang lebih efektif dalam menjalankan ekspansi bisnis.

3. Efisiensi sumber daya pemasaran

Setelah mengetahui langkah-langkah baru yang akan ditempuh, perusahaan menyesuaikan metode pemasaran selanjutnya. Dengan tersedianya data terbaru mengenai pangsa pasar, tingkat keterbacaan konsumen akan semakin baik.

Perusahaan akan menilai bagaimana pasar merespon kampanye atau iklan yang dibuat melalui peningkatan atau penurunan market share. Dari data yang muncul, marketer akan memperbarui cara mereka melakukan pendekatan kepada pasar sehingga sumber daya yang dialokasikan untuk menjangkau konsumen akan semakin efisien.

Baca juga: Mengenal Segmenting Targeting Positioning (STP) Marketing

Jenis-jenis pangsa pasar


Pangsa pasar terbagi menjadi dua jenis yaitu absolut dan relatif - Pexels

Pangsa pasar memiliki peran penting dalam meningkatkan laba perusahaan. Oleh kerena itu, kamu juga perlu mengetahui jenis-jenis pangsa pasar seperti dikutip dari populix.co sebagai berikut.

1. Pangsa pasar absolut

Pangsa pasar absolut adalah suatu perhitungan di mana perusahaan memiliki andil yang tetap terhadap total nilai penjualan. Contoh pangsa pasar absolut sebagai berikut. Diketahui jumlah baju yang terjual dalam suatu kota setiap periode waktunya adalah 100. Perusahaan A mampu menjual 15 baju pada periode waktu yang sama. Jadi, nilai pangsa pasar perusahaan A adalah 15% dari keseluruhan nilai penjualan.

2. Pangsa pasar relatif

Jika pangsa pasar absolut menilai proporsi perusahaan terhadap total penjualan, pangsa pasar relatif menjadikan penjualan pesaingnya sebagai acuan. Contoh pangsa pasar relatif sebagai berikut. Diketahui jumlah baju yang terjual dalam suatu kota setiap periode waktunya adalah 100. Perusahaan A berhasil menjual 15 baju, sedangkan kompetitor lain berhasil menjual 85 baju. Jadi, nilai pangsa pasar relatif perusahaan A adalah 15 baju/85 baju x 100% = 17%.

Baca juga: 5 ide bisnis rumahan yang menguntungkan dan patut dicoba!

5 Cara meningkatkan pangsa pasar


Melakukan inovasi produk adalah salah satu cara meningkatkan pangsa pasar - Pexels

Dengan semakin ketatnya persaingan, setiap bisnis harus memutar otak untuk mengoptimalkan pangsa pasar dan memperoleh keuntungan yang maksimal. Berikut 5 cara meningkatkan pangsa pasar yang sudah dirangkum dari midtrans.com dan accurate.id.

1. Menciptakan inovasi produk

Dalam dunia yang terus berubah seperti saat ini, perusahaan perlu mempertahankan relevansi bisnis mereka. Salah satu caranya adalah dengan berinovasi menciptakan produk atau layanan baru yang ditujukan untuk target pasarmu yang ideal. Inovasi yang dimaksud tidak harus dengan melakukan perubahan besar. Kamu bisa melakukan modifikasi pada produk yang sudah ada sehingga memberikan kesan baru yang lebih segar. Lakukan riset pasar dan gali umpan balik dari konsumen agar menemukan inovasi yang paling pas dilakukan.

2. Memaksimalkan promosi

Kamu punya banyak pilihan untuk melakukan promosi dan memaksimalkan penjualan. Salah satunya dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn, hingga YouTube. Satu hal yang perlu diingat, masing-masing media sosial tersebut memiliki karakteristik pengguna yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kamu perlu mengeksplorasi satu per satu kanal tersebut untuk menentukan media sosial yang paling optimal untuk mencapai tujuan promosi yang sudah ditentukan. Sesuaikan juga bentuk promosi dengan tipe konsumen produkmu. Jika memungkinkan, kamu bisa membangun situs web atau bergabung dengan situs marketplace untuk meningkatkan kesan profesional dan menambah kepercayaan konsumen.

3. Mempertahankan motivasi karyawan

Meningkatkan dan mempertahankan tingkat motivasi karyawan adalah kunci untuk menghasilkan barang dan jasa yang berkualitas. Karyawan yang termotivasi akan cenderung lebih peduli dengan pekerjaan mereka dan bersedia meluangkan waktu yang dibutuhkan untuk mengambil bagian dalam penciptaan produk atau layanan yang inovatif. Langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi karyawan yaitu menawarkan pengaturan kerja yang lebih fleksibel, meningkatkan keterlibatan karyawan, dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengerjakan proyek yang benar-benar disukai.

4. Menciptakan posisi merek yang unik

Memenangkan merekmu dari persaingan berarti memunculkan potensi untuk memperluas pangsa pasar. Ketika bisnismu lebih menonjol di antara perusahaan lain, pelanggan cenderung membeli produk dari perusahaanmu. Salah satu cara untuk menciptakan posisi merek yang unik adalah dengan meneliti kekurangan kompetitor dan memasukkannya dalam model bisnismu.

5. Menjadikan pelanggan baru dan lama sebagai prioritas

Menjaga pelanggan yang sudah ada dan memprioritaskan pelanggan baru menjadi elemen yang penting dalam meningkatkan pangsa pasar. Hal tersebut dikarenakan memungkinkan perusahaanmu untuk membangun basis pelanggan yang lebih besar. Gunakan strategi komunikasi yang dipersonalisasi, seperti dalam email pemasaran, dan pastikan kamu menanggapi mereka dengan tepat waktu.

Baca juga: Riset pasar: Manfaat, jenis, 4 metode umum, dan cara melakukannya

Selain mengetahui cara meningkatkan pangsa pasar, kamu juga bisa mengetahui cara membuat strategi social media marketing yang efektif melalui video di bawah ini. Tak hanya itu saja, dengan mengakses EKRUT, kamu akan menemukan berbagai macam informasi bermanfaat mulai dari tips wawancara dengan recruiter, kiat-kiat membangun karier, hingga menemukan pekerjaan impian. Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftarkan dirimu di EKRUT!

Rekomendasi Bacaan:

Sumber:

  • chron.com
  • populix.co
  • midtrans.com
  • accurate.id
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    jenis-strategi-pemasaran-EKRUT.jpg

    jobs

    12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

    Tsalis Annisa

    02 December 2022
    5 min read
    business-model-canvas-EKRUT.jpg

    startup

    Segmen Business Model Canvas untuk Merancang Bisnis di Awal

    Nur Lella Junaedi

    29 November 2022
    8 min read
    H1_1._Mengenal_Apa_itu_Dispatching__Cari_Tahu_Mulai_dari_Definisi_hingga_Jenisnya_Di_Sini!.jpg

    Careers

    Dispatching Adalah: Pengertian, Definisi, dan Jenis-Jenisnya

    Anisa Sekarningrum

    09 November 2022
    5 min read

    Video