Published on

Lainnya

Pemasaran Langsung: Definisi, Manfaat, dan 3 Contohnya

Ningtyas Dewanasari Kinasih

Pemasaran_Langsung-Definisi__Manfaat__dan_3_Contohnya.jpg

Pemasaran langsung adalah salah satu strategi bisnis yang digunakan oleh banyak perusahaan untuk mengenal target pasarnya dengan baik. Proses tersebut juga memberikan dampak secara langsung terhadap pertumbuhan bisnis perusahaan. Perusahaan menggunakan pemasaran langsung untuk mengkomunikasikan produknya dan menanggapi feedback konsumen secara efektif.

Apabila kamu bekerja dalam bidang pemasaran, memahami strategi tersebut akan membantu kamu untuk menjangkau dan membangun hubungan yang lebih baik dengan konsumen. Agar strategi pemasaran langsung dapat diterapkan dengan baik dan tepat, ketahui pengertian, manfaat, faktor, dan contohnya berikut ini.

Baca juga: 12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

Apa itu pemasaran langsung?


Pemasaran langsung adalah strategi pemasaran yang tidak menggunakan perantara. (sumber: pexels)

Dilansir dari investopedia.com, direct marketing atau pemasaran langsung adalah strategi pemasaran yang mengandalkan komunikasi langsung atau distribusi kepada konsumen individu, tanpa melalui pihak ketiga. Iklan atau notifikasi melalui email, surat, media sosial, dan pesan merupakan beberapa sistem pengiriman yang digunakan.

Mungkin kamu sudah mulai memahami alasan disebut pemasaran langsung adalah karena dihilangkannya perantara, seperti media periklanan. Sehingga dapat dikatakan, pemasaran langsung adalah bentuk dari kampanye iklan yang melibatkan komunikasi dengan potensial konsumen. Jenis pemasaran ini memusatkan perhatiannya langsung pada konsumen dan menghilangkan kebutuhan akan orang ketiga.

Baca juga: Manajemen pemasaran: Pengertian, tujuan, tugas, dan strateginya

Pemasaran langsung menurut para ahli


Pemasaran langsung adalah sistem yang memanfaatkan saluran langsung. (sumber: pexels)

Kamu tentunya sudah memahami bahwa pemarang langsung adalah sistem yang memanfaatkan saluran langsung untuk berkomunikasi dengan konsumennya. Menurut buku Pemasaran Strategik: Perspektif Perilaku Konsumen dan Marketing Plan (2015) oleh Ujang Sumarwan, dkk, dalam pemasaran langsung, perusahaan atau pihak pemasar bisa berkomunikasi langsung serta mendapatkan reaksi segera dari calon pelanggan, tanpa hambatan jarak dengan biaya relatif murah.

Sedangkan, Morissan dalam buku Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu (2015), pemasaran langsung (direct marketing) merupakan upaya perusahaan atau organisasi untuk berkomunikasi langsung dengan calon pelanggan, guna menimbulkan tanggapan dan atau transaksi penjualan.

Baca juga: Apa itu Marketing? Berikut Informasi Terlengkap yang Penting untuk Kamu Ketahui!

Manfaat pemasaran langsung


Salah satu manfaat pemasaran langsung adalah menghemat biaya. (sumber: pexels)

Pemasaran langsung adalah sistem pemasaran yang memiliki banyak manfaat untuk suatu bisnis. Berikut ini beberapa manfaat pemasaran langsung yang akan kamu dapatkan apabila dilakukan dengan tepat.

1. Anggaran pemasaran

Manfaat pemasaran langsung adalah dapat membantu bisnis kamu untuk menetapkan tujuan yang logis dan realistis, serta meningkatkan hasil penjualan saat anggaran pemasaran terbatas. Perusahaan dapat menjalankan kampanye pemasaran yang efektif dengan biaya yang cenderung lebih rendah dibandingkan dengan menggunakan perantara.

2. Memberikan hasil yang terukur

Manfaat selanjutnya dari pemasaran langsung adalah perusahaan dapat menganalisis jumlah potensial konsumen yang berinteraksi dengan iklan, keuntungan atas investasi, dan pendapatan dari keberhasilan iklan. Kamu juga bisa mendapatkan pemahaman mengenai jumlah konsumen dan prospeknya untuk membeli produk atau layanan.

3. Meningkatkan loyalitas pelanggan

Pemasaran langsung adalah sistem yang baik untuk membangun dan menjaga hubungan dengan konsumen. Cara ini memungkinkan kamu untuk mengirimkan pesan dan penawaran iklan secara lebih personal untuk membangun hubungan yang lebih eksklusif dengan konsumen.

4. Membantu untuk berkomunikasi dengan konsumen

Pemasaran langsung membantu kamu untuk mendapatkan konsumen setia yang secara berkala akan membeli produkmu. Dengan menggunakan sistem ini kamu bisa terus meng-update produk baru, penawaran, dan promosi lainnya.

Baca juga: 7 Tren Content Marketing yang Dapat Kamu Terapkan di Tahun 2022

Faktor yang mempengaruhi pemasaran langsung


Faktor penting pemasaran langsung adalah memiliki target pasar yang jelas. (sumber: pexels)

Fokus dari strategi pemasaran langsung adalah untuk mengkomunikasikan pesan dari merek dagang secara langsung kepada konsumen. Berikut ini beberapa faktor yang perlu kamu perhatikan dalam pemasaran langsung.

  • Segmentasi database. Marketer membagi konsumen menjadi kelompok-kelompok kecil dalam beberapa karakteristik umum, seperti jensi kelamain, usia, minat, pekerjaan, pendapatan, dan lainnya. Hal tersebut memungkinkan kamu untuk membuat penawaran yang relevan untuk setiap segmen.
  • Penargetan. Pemasaran langsung dapat dikatakan sukses apabila menargetkan pasar yang tepat. Nah, jika kamu menargetkan audiens yang luas, akan beresiko untuk menghabiskan lebih banyak biaya yang percuma. Oleh karenanya, marketer umumnya fokus kepada potensial konsumen dan menggunakan segmentasi pasar.
  • Menganalisis feedback. Tanpa memantau feedback dari konsumen, kamu tidak akan mengetahui strategi mana yang memiliki kinerja paling baik. Pemasaran langsung secara online, memungkinkan konsumen untuk dengan mudah menanggapi kampanye yang kamu lakukan. Kamu dapat dengan mudah memantau proses tersebut melalui saluran pemasaran langsung yang kamu miliki.

Baca juga: 10 Strategi Promosi Penjualan yang Efektif dalam Bisnis Saat Ini

3 Contoh pemasaran langsung


Cara populer menerapkan pemasaran langsung adalah dengan media sosial. (sumber: pexels)

Berikut ini beberapa contoh pemasaran langsung yang bisa kamu terapkan dalam bisnis.

1. Pemasaran langsung melalui email

Salah satu contoh populer pemasaran langsung adalah dengan melalui email yang dikirim langsung kepada konsumen. Beberapa perusahaan mengirimkan penawaran diskon khusus, pemberitahuan akan produk baru, atau buletin mingguan. Cara ini bisa kamu gunakan untuk membangun dan meningkatkan hubungan dengan para konsumen. Kamu bisa mengubah kampanye pemasaran email yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnismu.

2. Pemasaran langsung melalui telemarketing

Contoh lain pemasaran langsung adalah telemarketing yang melibatkan panggilan kepada pelanggan potensial melalui telepon. Tentunya cara ini bertujuan untuk meyakinkan konsumen agar membeli produk kamu. Biasanya tugas ini dilakukan oleh bagian penjualan dalam perusahaan. Keuntungan terbesar dari telemarketing dalam pemasaran langsung adalah kamu akan mendapatkan respons pelanggan secara langsung akan ketertarikannya terhadap produk.

3. Pemasaran langsung melalui media sosial

Salah satu contoh paling populer dari pemasaran langsung adalah dengan media sosial untuk memasarkan berbagai produk. Dengan menggunakan media sosial, kamu bisa berinteraksi secara langsung dengan konsumen, memperkenalkan produk baru, atau mengiklankan penawaran khusus. Seiring dengan terus berkembangnya media sosial, tidak heran banyak perusahaan menggunakan platform tersebut sebagai strategi pemasaran.

Baca juga: Strategi Pemasaran Online yang Efektif di Tahun 2022

Pemasaran langsung adalah strategi efektif karena memiliki target audiens yang jelas. Kamu pun dapat menganalisis keefektifan strategi yang telah kamu terapkan dengan lebih cepat. Selain itu, cara ini akan menghemat biaya apabila kamu sedang memulai bisnis karena tidak menggunakan perantara dalam pemasaran.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • kompas.com
  • sendpulse.com
  • investopedia.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    shutterstock_1682336344.jpg

    Careers

    9 Tips Menghadapi Interview Kerja Setelah Terkena Layoff

    Fakhrizal Muttaqien

    23 September 2022
    7 min read
    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    23 September 2022
    7 min read
    H1_1._10__Rekomendasi_Kursus_Digital_Marketing.jpg

    Careers

    10+ Rekomendasi Kursus Digital Marketing

    Anisa Sekarningrum

    21 September 2022
    8 min read

    Video