Published on

Expert's Corner

Apa itu Sales Counter? Kenali Definisi, Tugas, Skill-set Hingga Gajinya di Tahun 2022

Sylvia Rheny

Apa_itu_Sales_Counter__Kenali_Definisi__Tugas__Skill-set_Hingga_Gajinya_di_Tahun_2022.jpg

Ketika berjalan masuk melewati pintu masuk sebuah toko, sales counter biasanya adalah orang yang pertama kali konsumen cari. Konsumen biasanya ingin mencari tahu banyak mengenai produk yang ingin mereka beli dan sales counter adalah orang yang bertanggung jawab untuk itu. Ingin tahu lebih banyak mengenai pekerjaan sebagai sales counter? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Baca juga: Kenali lebih dalam tentang sales dan 5 jenis pekerjaannya saat ini

Apa itu sales counter?


Sales counter memiliki tanggung jawab penjualan produk di konter. (Sumber: Pexels)

Sales counter adalah karyawan pertama yang ditemui pelanggan saat memasuki toko atau perusahaan. Sales counter bertanggung jawab untuk menangani proses penjualan, dari saat permintaan pertama hingga eksekusi pesanan. Sales counter biasanya menjadi posisi yang dibutuhkan oleh dealer motor, gerai makanan cepat saji, toko ritel, dan perusahaan logistik. Namun, sekarang hampir di semua lini industri membutuhkan staf ini.

Baca juga: 5 Perbedaan sales dan marketing dalam bisnis perusahaan

Tugas sales counter


Tugas sales counter adalah menjual produk secara langsung. (Sumber: Pexels)

Setelah mengerti apa pengertian sales counter, kamu mungkin telah memiliki gambaran seperti apa tugas seorang sales counter. Meskipun tugas sales counter tiap perusahaan bisa berbeda satu sama lain, namun secara umum, berikut ini adalah beberapa tugas sales counter yang perlu kamu ketahui.

1. Penjualan produk

Tugas utama seorang sales counter adalah menjual produk secara langsung baik melalui konter atau telepon. sales counter biasanya akan diberikan target penjualan tertentu di mana besarnya target ini berbeda antara perusahaan satu dengan yang lainnya. Misalnya, seorang sales counter harus bisa menjual produk lebih dari 50 buah setiap harinya.

2. Melakukan up-selling dan suggestive selling

Untuk meningkatkan dan memaksimalkan penjualan, sales counter juga bertugas untuk melakukan up-selling dan suggestive selling.

Up-selling adalah teknik penjualan dengan cara menawarkan produk sejenis yang nilai produknya lebih mahal dari produk yang ingin dibeli konsumen. Sedangkan suggestive selling adalah teknik penjualan untuk menambahkan beberapa penjualan item dengan penjualan yang telah terjadi. Ini bisa dilakukan sales counter dengan cara menyarankan konsumen untuk membeli beberapa produk lainnya yang lebih baik dan berguna.

3. Memberikan informasi produk

Untuk menyukseskan tugas sales counter dalam melakukan up-selling dan suggestive selling, maka sales counter juga bertugas untuk memberikan informasi produk kepada konsumen. Dengan memberikan informasi secara jelas dan rinci, maka konsumen dapat mengenal lebih baik produk yang ditawarkan sehingga mempengaruhi motivasi mereka untuk membelinya.

4. Membuat laporan aktivitas penjualan

Sebagai orang yang bertanggung jawab dalam melakukan penjualan, maka sales counter juga bertanggung jawab untuk membuat laporan dari aktivitas penjualan yang memuat beberapa data, seperti jenis produk yang terjual, jumlah produk yang terjual, hingga nilai jual yang berhasil didapatkan yang ditujukan kepada atasan.

5. Merchandising

Sales counter selanjutnya juga memiliki tugas untuk melakukan penataan dan pemeliharaan rak dan pajangan yang ditebar. Selain itu, mereka juga bertugas untuk menjaga kebersihan area dan membersihkan counter tersebut secara berkala.

6. Tanggung jawab keamanan

Sales counter juga harus waspada terhadap masalah keamanan dan potensi pencurian. Misalnya, sales counter bertugas dalam mengikuti kebijakan toko dalam memastikan dok atau pintu belakang ditutup sebelum gelap. Mereka mematuhi kebijakan toko untuk menyetorkan tagihan besar ke dalam drop box selama shift mereka.

7. Menjaga hubungan baik dengan konsumen

Tugas selanjutnya sebagai sales counter adalah bertanggung jawab untuk menjaga hubungan baik dengan konsumen. Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan loyalitas konsumen. Misalnya, dengan menghafal nama konsumen yang sering datang dan produk yang biasanya dipesan. Hal tersebut membuat konsumen merasa diperhatikan dan loyal terhadap brand yang kamu tawarkan.

8. Memahami kebijakan perusahaan

Selain tugas-tugas di atas, seorang sales counter juga harus memahami kebijakan kredit dan pengembalian/penukaran produk. Tujuannya untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada konsumen.

Baca juga: 9 Skills ini kamu butuhkan untuk jadi Sales yang sukses

Kemampuan/skill-set yang harus dimiliki sales counter


Sales counter membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik. (Sumber: Pexels)

Untuk menjadi sales counter yang sukses, maka kamu perlu menguasai beberapa kemampuan untuk bisa mencapai target dan mendukung pekerjaan sehari-harinya. Berikut ini adalah skill-set yang dibutuhkan untuk menjadi sales counter yang sukses.

1. Komunikasi yang baik

Kemampuan yang paling penting dimiliki oleh seorang sales counter adalah komunikasi. Sebab, sebagai seorang sales counter, kamu perlu berhubungan langsung dengan konsumen untuk menjelaskan hingga menawarkan produk kepada mereka. Tidak hanya itu, sales counter juga harus mampu menjawab kebutuhan konsumen dan meyakinkan mereka untuk melakukan pembelian produk.

2. Memahami produk

Pemahaman dan penguasaan produk adalah kemampuan lain yang dibutuhkan sebagai seorang sales counter. Untuk meyakinkan konsumen, maka sales counter perlu terlebih dahulu mengenal dan memahami dengan baik produk yang ia tawarkan. Pemahaman terhadap produk ini tentu akan mempengaruhi kesuksesan penjualan.

3. Menguasai teknik closing sales

Closing sales adalah tahap untuk memastikan bahwa calon konsumen mau melakukan pembelian atau tidak. Kemampuan teknik closing sales ini dibutuhkan agar calon konsumen tidak mengurungkan niat untuk melakukan pembelian produk. Untuk itu, sales counter harus mampu bersikap persuasif dan meyakinkan calon konsumen.

4. Memiliki kemampuan untuk mencapai target

Penting bagi sales counter untuk memiliki motivasi tinggi agar bisa melampaui target penjualan yang diberikan. Agar bisa mencapai target yang diberikan ini, maka seorang sales counter harus mempersiapkan strategi penjualan yang cocok untuk diterapkan dalam bidangnya.

5. Memahami personal grooming

Memahami bagaimana cara berpenampilan yang menarik dan berperilaku sopan di hadapan konsumen adalah cara untuk menunjang penjualan. Secara psikologis, konsumen akan lebih tertarik pada sales counter yang memiliki penampilan rapi, bersih, wangi, dan memiliki keramah tamahan. Secara tidak langsung, ini adalah bagian dari upaya untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada konsumen.

Baca juga: 16 Teknik closing sales yang efektif tingkatkan penjualan

Bedanya sales counter dengan sales executive


Terdapat perbedaan antara sales counter dengan sales executive. (Sumber: Pexels)

Meskipun sama-sama berhubungan dengan sales, namun terdapat perbedaan mendasar antara sales counter dengan sales executive. Seperti namanya, sales counter bertugas untuk menghadapi atau melayani konsumen yang datang ke konter atau toko, sedangkan sales executive biasanya lebih sering berada di luar untuk melakukan mobilitas bertemu konsumen atau menjalin kerjasama dengan klien.

Gaji sales counter


Sales counter biasanya mendapatkan komisi dari penjualan yang dilakukannya. (Sumber: Pexels)

Gaji sales counter biasanya terdiri dari gaji pokok dan insentif. Gaji pokok sales counter per bulan biasanya berada dalam kisaran 2 juta hingga 5 juta rupiah, tergantung dari lokasi dan industri tempat kerja.

Keuntungan yang dimiliki oleh sales counter yang tidak dimiliki oleh pekerjaan lainnya adalah komisi dari setiap penjualan yang dilakukan. Terlebih jika kamu berhasil mencapai target yang diberikan, maka kamu masih bisa berkesempatan mendapatkan bonus dari perusahaan.

Baca juga: Sales Associate: Ketahui Apa Saja Tugas, Skill-set, dan proyeksi kariernya di tahun 2022

Nah, setelah membaca penjelasan di atas, apa kamu tertarik bekerja sebagai sales counter? Semoga informasi di atas cukup membantu kamu untuk mencari tahu lebih jauh mengenai pekerjaan sebagai sales counter.

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT OfficialNah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up di EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan ternama!

Sumber:

  • Betterteam.com
  • Zippia.com
  • Careertrend.com
  • Gartner.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-thisisengineering-3862603_(1).jpg

    Careers

    HRBP Adalah: Tugas dan Tanggung Jawab, Bedanya dengan HR Manager, dan Proyeksi Kariernya di Tahun 2022

    Fakhrizal Muttaqien

    05 July 2022
    5 min read
    cover_(3).jpg

    Careers

    Moderator: Pengertian, Manfaat, Tugas, dan Tips Menjadi Moderator yang Baik

    Detty Risetya

    20 June 2022
    5 min read
    Product_Management_Pilihan_karier__Skill-set__dan_Proyeksi_Karier_di_Tahun_2022.jpg

    Expert's Corner

    Product Management: Pilihan Karier, Skill-set, dan Proyeksi Karier di Tahun 2022

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    17 June 2022
    5 min read

    Video