Published on

Lainnya

13 Rekomendasi Tempat Healing di Jakarta [2022]

Arin Khurota

0-tempat-healing-di-jakarta.jpg

Di tengah hiruk pikuk dan penatnya Kota Jakarta, rupanya ada beberapa rekomendasi tempat healing tersembunyi yang tak banyak orang mengetahuinya. Rata-rata orang yang datang ke Jakarta memang hanya untuk keperluan bisnis atau bertemu sanak keluarga.

Walaupun bukan dikenal sebagai kawasan wisata, tetapi beberapa rekomendasi tempat wisata di bawah ini setidaknya dapat mengurangi rasa stres di seluk beluk pekerjaan. Berikut daftar rekomendasi tempat healing di Jakarta yang dapat kamu kunjungi saat liburan.

1. Pantai Pasir Perawan

pemandangan pantai pasir perawan
Pantai Pasir Perawan sangat sempurna untuk short vacation bersama keluarga (sumber: Google Maps)

Pantai Pasir Perawan berlokasi di Jalan Pari Utama, Pulau Pari, Kab. Administrasi Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Destinasi wisata pantai ini cukup membantu kamu melepaskan penat dengan hamparan pasir putih yang menawan. Birunya laut akan membuatmu melupakan berbagai beban kehidupan yang mungkin masih tertinggal dalam pikiran.

Pantai Pasir Perawan sangat sempurna untuk short vacation, serta lokasinya tidak terlalu jauh dari Jakarta. Pantainya cukup bersih dan kamu juga dapat melakukan berbagai kegiatan di tempat ini, seperti camping, snorkeling, main ayunan di atas ombak kecil, melihat sunset yang indah, dan lain sebagainya. Pantai ini juga cocok untuk bermain bersama anak karena ombaknya tidak terlalu tinggi, suasananya tenang, dan ada beberapa spot permainan. Tentunya cukup untuk mengurangi rasa stres setelah bekerja selama weekend.

Baca juga: Rekomendasi Work From Cafe Ternyaman di Jakarta Selatan

2. Museum Tengah Kebun

bentuk interius di museum tengah hutan
Salah satu sudut ruang Museum Tengah Kebun (sumber: Google Maps)

Bagi kamu yang pecinta seni, maka salah satu tempat healing di Jakarta ini bisa menjadi pilihanmu. Museum yang awalnya menjadi rumah Alm. Sjahrial Djalil ini berlokasi di Jl. Kemang Timur, Bangka, Kota Jakarta Selatan, kini berubah menjadi museum seni bernuansa sejarah. Tempat ini hanya buka Sabtu dan Minggu dengan reservasi terlebih dahulu.

Selain menyuguhkan berbagai koleksi seni dan artefak hingga sebanyak 4000 koleksi, kamu juga tidak perlu membayar tiket masuk. Museum Tengah Kebun dapat diakses oleh berbagai kalangan. Sesuai dengan namanya, kamu akan melewati berbagai jenis pepohonan dan suasana sejuk saat menuju tempat ini. Yang unik dari Museum Tengah Kebun ini adalah 17 ruangan yang diberi nama sesuai koleksi yang mendominasi. Bangunan ini juga mengandung nilai historis di setiap sudutnya, salah satunya adalah tembok yang tersusun dari batu bata dari zaman VOC.

3. Mercusuar Sunda Kelapa

pemandangan dari museum sunda kelapa
Museum Sunda Kelapa tampak saat sore hari (sumber: Google Maps)

Salah satu tempat healing di Jakarta yang juga memiliki nilai historis adalah Mercusuar Sunda Kelapa. Tempat ini adalah bangunan yang didirikan pada pertengahan abad 19 dan menjadi salah satu mercusuar modern tertua di Indonesia.

Mercusuar Sunda Kelapa berlokasi di Cipulir, Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan. Kamu dapat menaiki kapal kecil untuk sampai ke tempat ini dan melihatnya dari dekat. Ketika matahari terbenam, tempat ini dapat menjadi gate yang cukup bagus untuk berburu foto.

Panorama matahari terbenam ketika hari cerah juga akan membuatmu sejenak melupakan beban pekerjaan. Selain itu, nelayan dan pekerja di dekat wilayah ini terkenal ramah dan suka menolong. Kamu dapat mencoba merasakan suasana baru dengan mencoba berinteraksi dengan para penduduk di sana.

4. Skywalk Senayan Park

pemandangan skywalk senayan di jakarta
Panorama Malam Kota Jakarta dari Skywalk Senayan Park (sumber: Google Maps)

Jika kamu menyukai menikmati panorama perkotaan dari ketinggian, maka Skywalk Senayan Park dapat masuk dalam daftar liburanmu. Taman Skywalk Senayan berlokasi di depan Gedung Gelora Bung Karno (GBK) di Gelora, Jakarta Pusat. Untuk dapat masuk ke tempat ini, kamu harus masuk lebih dulu ke Mall Senayan Park.

Skywalk Senayan Park atau sering juga disebut sebagai Skywalk Spark menjadi salah satu tempat healing di Jakarta yang paling diminati, terutama usai matahari terbenam. Tempat ini memang dibuka mulai pukul 3 sore, tetapi sangat direkomendasikan kamu datang di atas pukul 5 sore.

Baca juga: 15 Rekomendasi Tempat untuk Healing di Bali [2022]

5. Taman Wisata Mangrove Angke Kapuk

pemandaangan di taman wisata mangrove
Rawa yang mirip danau di Taman Wisata Mangrove Angke Kapuk (sumber: Google Maps)

Taman Wisata Mangrove Angke Kapuk termasuk tempat healing di Jakarta yang cocok dikunjungi bersama keluarga. Destinasi wisata alam yang berlokasi di Kamal Muara, Kota Jakarta Utara ini memiliki spot foto yang menarik di tengah nuansa alam. Tiket masuk ke Taman Wisata Mangrove yaitu Rp30.000/orang. Kamu dapat menyewa speedboat untuk mengelilingi rawa, menyaksikan habitat monyet dan biawak serta berbagai jenis burung.

6. Pasar Petak Sembilan

penampakan toko pasar petak sembilan
Berbagai aksesori khas China di Pasar Petak Sembilan (sumber: Google Maps)

Petak Sembilan Market adalah pasar tradisional China yang sangat populer dengan kulinernya, sayuran, ikan, obat-obatan tradisional China, dan juga makanan ringan. Pasar ini terletak Jl. Kemenangan Raya, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat.

Jika kamu adalah seseorang yang menyukai nuansa autentik, maka salah satu tempat healing di Jakarta ini dapat menjadi pilihanmu. Di sini, kamu dapat menikmati berbagai kuliner khas China, seperti bakmi loncat, kuotie, cipedak, laksa lao hao, dan lain-lain. Selain itu, Pasar Petak Sembilan juga tempat yang bagus untuk mengetahui secara lebih mendalam mengenai sejarah Indonesia-China.

7. Taman Suropati

gerbang masuk taman suropati
Gerbang Masuk Taman Suropati (sumber: Google Maps)

Jika kamu mencari tempat untuk sekadar melepas penat tetapi ingin berhemat, maka kamu dapat mengunjungi Taman Suropati. Taman kota ini terletak di daerah Menteng, Kota Jakarta Pusat dan menjadi pertemuan tiga titik jalan, yaitu Jalan Diponegoro, Jalan Teuku Umar, dan Jalan Imam Bonjol.

Taman Suropati dibangun pada tahun 1920 dengan berbagai spot yang dapat dinikmati secara gratis. Kamu dapat melihat serangkaian patung dan air mancur, serta jalan dan bangku taman sambil bersantai. Di samping itu, Taman Suropati juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti batu refleksologi, books corner, dan patung-patung seni yang indah.

8. Pulau Kaliage

penampakan pulau kaliage
Suasana ketika matahari terbenam di Pulau Kaliage (sumber: Google Maps)

Destinasi tempat healing di Jakarta yang dapat kamu kunjungi saat akhir pekan salah satunya adalah Pulau Kaliage. Pulau pribadi ini terletak di Kepulauan Seribu dan membutuhkan sekitar 90 menit dari Ancol. Tempat ini sangat baik untuk menikmati ketenangan dan jika kamu tidak ingin diganggu seseorang. Kamu dapat memancing, menyaksikan sunset, snorkeling, dan scuba diving di tempat ini. Kamu juga tidak perlu khawatir akan kebutuhan tempat tinggal karena di pulau ini telah tersedia fasilitas kamar mandi, helipad musala, dermaga, dan vila.

Baca juga: 10 Rekomendasi Tempat Terbaik untuk Healing di Malang [2022]

9. Jakarta Aquarium

bagian lorong dalam jakarta aquarium
Bagian lorong dalam Jakarta Aquarium (sumber: Google Maps)

Jika kamu menyukai suasana bawah laut, kamu dapat mengunjungi tempat ini. Jakarta Aquarium berlokasi di Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat. Untuk sampai ke tempat ini, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi, angkutan umum, maupun ojol.

Jakarta Aquarium cocok menjadi tempat healing bersama keluarga. Banyak atraksi dan tempat edukasi yang dapat memberikan pengetahuan baru. Selain nyaman dan bersih, staf pekerjanya juga dikenal baik dan ramah. Direkomendasikan untuk membeli tiket secara online supaya menghindari kemungkinan antre, terutama di akhir pekan.

10. Bumi Perkemahan Cibubur

bumi perkemahan cibubur
Danau yang terdapat di Bumi Perkemahan Cibubur (sumber: Google Maps)

Apabila kamu ingin merasakan nuansa berkemah, maka kamu dapat mengunjungi tempat ini. Bumi Perkemahan Cibubur berlokasi di Kec. Cirada, Kota Jakarta Timur. Salah satu tempat healing di Jakarta ini sangat luas, yakni mencapai 210 hektare dengan danau di tengahnya.

Bumi Perkemahan Cibubur menjadi tempat yang tepat jika kamu ingin piknik atau camping bersama keluarga atau teman. Di sini, kamu dapat menikmati nuansa alam yang masih hijau, udara yang segar, jogging, bersepeda, bermain layang-layang, atau hanya sekadar berkumpul dengan keluarga.

Baca juga: Rekomendasi tempat healing dibogor

11. Perpustakaan Nasional RI

perpustakaan nasional ri
Fasilitas untuk anak-anak dalam Perpusnas (sumber: Google Maps)

Bagi pecinta buku, Perpustakaan Nasional RI dapat menjadi surga dunia. Perpustakaan Nasional RI berlokasi di Jalan Medan Merdeka, Gambir, Jakarta Pusat dan sangat cocok untuk self healing. Kamu dapat menikmati waktumu sendiri maupun bersama dengan teman di tempat ini.

Perpusnas dapat menjadi salah satu pilihan tempat healing di Jakarta yang dapat kamu coba. Selain koleksi bukunya yang sangat lengkap, fasilitas tambahan yang ada akan membuatnya semakin nyaman. Kamu pun juga dapat mengunjunginya selama akhir pekan sehingga sangat cocok untuk menghilangkan beban pikiran.

Kamu dapat meminjam berbagai buku setelah terdaftar membership. Jika kamu ingin merasakan nuansa dingin, kamu dapat menuju lantai 24 yang mana tempatnya cukup luas, tenang, dan memiliki ruangan outdoor untuk melihat Menara Monas beserta seisi kota.

12. Hutan Kota Srengseng

hutan kota srengseng
Spot bermain anak di ruang terbuka Hutan Kota Srengseng (sumber: Google Maps)

Ruang terbuka hijau ini bisa merupakan salah satu tempat healing di Jakarta untuk kamu yang bosan dengan pusat perbelanjaan. Hutan Kota Srengseng adalah taman alam perkotaan dengan jalan setapak berbatu bata, taman bermain anak, dan kolam yang cukup besar.

Tempat ini sangat tepat untuk melupakan sejenak kebisingan kota dan tiket masuknya hanya Rp2000/orang. Kamu dapat melihat berbagai jenis pohon, bunga, burung, serta beberapa hewan merayap. Udaranya juga cukup segar karena banyak pepohonan sehingga cocok untuk menyegarkan badan dan pikiran. Jika kamu memutuskan ke tempat ini, pastikan kamu membawa losion anti nyamuk. Selain itu, beberapa spot mungkin terlihat kurang terawat, sehingga kamu perlu berhati-hati.

13. Taman Ria Rio

taman ria rio
Pohon raksasa yang terdapat di sudut Taman Ria Rio (sumber: Google Maps)

Taman Ria Rio merupakan salah satu tempat healing di Jakarta yang terkenal dengan ciri khas pohon raksasa. Spot tersebut sering menjadi salah satu lokasi foto pengunjung yang berlibur. Taman Ria Rio berlokasi di Pulo Gadung, Jakarta Timur, taman kecil di pojok waduk. Kawasan ini cukup dikelola dengan baik, udaranya segar, serta pemandangannya cukup menenangkan. Mengunjungi tempat ini saat sore hari adalah ide yang bagus, sekaligus melihat matahari terbenam.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Self Healing Serta Bedanya dengan Self Love, Self Care, dan Self Reward

Itulah beberapa rekomendasi tempat healing di Jakarta yang dapat kamu kunjungi di akhir pekan maupun saat liburan. Semoga rekomendasi ini dapat memberikanmu liburan yang berarti ya! Bagi kamu yang memiliki mimpi untuk dapat berkarier di startup ternama, yuk, sign up EKRUT sekarang! Jangan khawatir, karena semua proses dan bantuan profesional di talent marketplace EKRUT bisa kamu dapatkan secara gratis.

Sumber:

  • popmama.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    Untitled_design-68.jpg

    Lainnya

    Lagi Cari Resep Makan Malam? Coba 18 Menu Simple yang Enak, Sehat, dan Praktis Ini!

    Tsalis Annisa

    06 October 2022
    10 min read
    H1_8_Cara_Memilih_Jurusan_Kuliah_Sesuai_Minat_dan_Bakat_Kamu__Jangan_Salah_Pilih!.jpg

    Lainnya

    8 Cara Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Minat dan Bakat Kamu, Jangan Salah Pilih!

    Sartika Nuralifah

    06 October 2022
    5 min read
    apple-691323__340.jpg

    Technology

    Yakin isi email Anda aman?

    Widyanto Gunadi

    30 September 2022
    4 min read

    Video