Published on

Lainnya

25 Rekomendasi Tempat Wisata untuk Healing di Bogor [2022]

Anisa Sekarningrum

H1_1._25_Rekomendasi_Tempat_Wisata_Untuk_Healing_di_Bogor__2022_.png

Penat dengan hiruk pikuk Jakarta dan butuh healing? Jika kamu sedang mencari tempat wisata yang tidak jauh dari Jakarta, simak rekomendasi tempat healing di Bogor pada artikel ini. Berikut adalah tempat healing di Bogor yang berlokasi di Bogor Tengah.

1. Kebun Raya Bogor


Pohon rimbun di Kebun Raya Bogor - Instagram.com/kimjinkyu001

Kebun Raya Bogor adalah kebun botani terbesar dan tertua di Asia Tenggara yang juga merupakan salah satu destinasi utama ketika berwisata ke Bogor. Kebun seluas 87 hektar ini memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Pemandangan hijau dan udara yang sejuk di Kebun Raya Bogor dapat menjadi rekomendasi tempat healing di Bogor untuk mereka yang penat dengan kemacetan dan polusi ibu kota.

Tidak hanya menikmati koleksi ribuan tanaman bunga dan pohon, kamu juga dapat melakukan aktivitas lain di sini seperti bersantai di Danau Teratai Raksasa, melihat monumen Lady Raffles, Prasasti Reinwardt, Patung The Little Mermaid, Pemakaman Belanda Kuno, Taman Tugu Teijsman, Taman Meksiko, Jembatan Pemutus Cinta, dan atraksi lainnya. Sehubungan dengan Peraturan Pemerintah tentang Covid-19, saat ini Kebun Raya Bogor dibuka kembali dengan protokol kesehatan yang ketat dan penjualan tiket secara online yang dapat dibeli di sini.

Lokasi: Jalan Ir. H. Juanda, Paledang, Bogor Tengah, Bogor
Jam operasional: Setiap hari 08.00-16.00 WIB
Tiket masuk: Rp16.500-26.500

2. Museum Tanah dan Pertanian


Ruang pameran di Museum Tanah dan Pertanian - Instagram.com/aquil.ina

Museum Tanah dan Pertanian ini terletak di depan pintu masuk Kebun Raya Bogor tepatnya di samping Gerbang Suryakencana. Museum Tanah dan Pertanian ini dibagi menjadi dua gedung. Museum Tanah menyimpan koleksi jenis-jenis batu dan tanah di berbagai wilayah Indonesia. Sementara, Museum Pertanian menyimpan informasi sejarah pertanian Indonesia dan berbagai alat-alat pertanian sejak sebelum penjajahan oleh bangsa asing.

Lokasi: Jalan Ir. H. Juanda, Gudang, Bogor Tengah Bogor 
Jam operasional: Selasa-Minggu pukul 09.00-16.00 WIB
Tiket masuk: Gratis

3. Museum Zoologi


Salah satu fosil di Museum Zoologi - Instagram.com/happynofun

Museum Zoologi ini terletak tidak jauh dari Kebun Raya Bogor. Di museum ini kamu dapat melihat banyak benda bersejarah, fosil hewan purba, dan satwa yang sudah diawetkan seperti buaya, gajah, dan paus biru. Museum yang berdiri sejak tahun 1894 ini memiliki jutaan spesies dari 20 ribu jenis fauna langka seperti burung, mamalia, reptil, ikan amfibi, krustasea, serangga, hingga moluska.

Lokasi: Jalan Ir. H. Juanda, Paledang, Bogor Tengah, Bogor
Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00-15.00 WIB
Tiket masuk: Rp15.000-25.000

4. Indonesian Museum of Ethnobotany


Pameran peralatan rumah tangga nusantara di Museum Etnobotani Indonesia - Instagram.com/naila_aunika

Museum Etnobotani Indonesia atau yang pernah dikenal sebagai Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia adalah museum yang menyimpan koleksi dan penjelasan mengenai hubungan berbagai tumbuhan dengan etnografi Indonesia. Museum ini juga masih terletak di area Kebun Raya Bogor. Etnobotani sendiri adalah ilmu yang mempelajari pemanfaatan tumbuhan oleh suku bangsa tertentu untuk kepentingan sehari-hari. Sehingga museum ini memiliki 2.000 artefak etnobotani dari berbagai diorama pemanfaatan flora.

Lokasi: Jalan Ir. H. Juanda, Paledang, Bogor Tengah, Bogor
Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB
Tiket masuk: Rp15.000-25.000

5. Aranya Coffee and Forest


Outdoor spot di Aranya Coffee and Forest - Instagram.com/aranya.id

Kamu bosan ngopi di tengah hutan beton Jakarta? Tempat healing di Bogor yang satu ini adalah jawabannya. Di Aranya Coffee and Forest ini kamu bisa menikmati secangkir kopi dikelilingi pohon pinus. Di kafe ini tersedia berbagai menu kopi dan minuman lain yang menyegarkan juga camilan-camilan yang bisa menemani kamu berbincang di tengah hutan.

Lokasi: Jalan Tapos Lbc, Pancawati, Caringin, Bogor
Jam operasional: Setiap hari pukul 10.00-21.00 WIB
Tiket masuk: Gratis

Baca juga: 13 Rekomendasi Tempat Healing di Jakarta [2022]

6. Flowers Garden Camp Hulu Cai


Area camping di Camp Hulu Cai - Instagram.com/pebrianaintan23

Tempat healing di Bogor yang satu ini merupakan sebuah resort dengan pemandangan taman bunga yang indah. Jika kamu tertarik untuk bermalam di sini, tersedia villa dengan 12 titik lokasi perkemahan. Di sini juga tersedia kafe dan tempat outbound seperti wall climbing, cargo net, flying fox, dan rappelling.

Lokasi: Jalan Veteran, Cibedug, Ciawi, Bogor
Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB
Tiket masuk: Rp20.000

7. Telaga Saat Puncak


Pemandangan di pinggir Telaga Saat Puncak - Instagram.com/nurkha_25

Telaga Saat Puncak ini menjadi tempat healing di Bogor yang tidak hanya menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa tapi juga udara dingin dan sejuk. Danau besar atau telaga dengan air yang jernih ini dikelilingi oleh pepohonan dan perkebunan teh. Dari tempat healing di Bogor yang instagramable ini kamu juga dapat menikmati panorama Gunung Kencana dan Gunung Gede Pangrango.

Lokasi: Cibulao, Tugu Utara, Cisarua, Bogor
Jam operasional: Setiap hari pukul 07.30-18.00 WIB
Tiket masuk: Rp10.000

8. Telaga Warna Puncak


Suasana di pinggir Telaga Warna Puncak - Instagram.com/anukmau

Lokasi dari Telaga Warna ini masih berdekatan dengan Telaga Saat karena masih berada dalam satu kompleks yang sama. Telaga ini merupakan habitat alami dari kera abu-abu, surili, lutung, macan tutul, dan babi hutan. Pemberian nama dari telaga ini adalah karena airnya yang sering berubah warna, setidaknya ahli berpendapat ada tujuh warna di telaga ini yang dipengaruhi oleh ekosistem sekitarnya.

Lokasi: Cibulao, Tugu Utara, Cisarua, Bogor
Jam operasional: Setiap hari pukul WIB
Tiket masuk: Rp10.000-25.000

9. Perkebunan Teh Gunung Mas


Pemandangan di Kebun Teh Gunung Mas - Instagram.com/yohakh

Kebun Teh Puncak Agrowisata Gunung Mas ini adalah pilihan tempat healing di Bogor yang harus kamu kunjungi saat berada di wilayah Cisarua. Di area kebun teh ini kamu dapat menikmati pemandangan sambil berkeliling kebun teh (tea walk) dengan pemandu, naik kuda, berkunjung ke pabrik teh, hingga naik flying fox, terbang layang, motocross mini, off road, dan berkendara ATV.

Lokasi: Tugu Selatan, Cisarua, Bogor
Jam operasional: Setiap hari pukul 07.00-17.00 WIB
Tiket masuk: Rp15.500-35.000

10. Taman Safari Indonesia


Memberi makan Jerapah di Taman Safari Bogor - Instagram.com/xuxuboen

Taman Safari Indonesia adalah destinasi wisata favorit di area Puncak, Bogor. Di sini kamu bisa berkeliling naik mobil pribadi atau bus pemandu untuk melihat bermacam-macam satwa. Selain itu, ada juga atraksi baby zoo, kandang burung, pulau komodo, rumah penguin, primate center, terowongan reptil, dan istana panda. Jika kamu bermalam di sini, kamu juga bisa melihat hewan di malam hari dengan safari malam.

Lokasi: Jalan Raya Puncak Gadog, Cisarua, Bogor
Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB
Tiket masuk: Rp200.000-400.000

Baca juga: 10 Rekomendasi Tempat Healing di Bandung Terbaik [2022]

11. Bukit Alesano Campground


Pemandangan malam hari di Bukit Alesano - Instagram.com/igedejayapratama

Bukit Alesano Campground adalah tempat camping di mana kamu bisa menikmati keindahan kota Bogor juga puncak Gunung Gede Pangrango dari ketinggian. Di bukit ini kamu juga bisa menikmati pemandangan city light Bogor atau matahari terbit yang cantik, sehingga kamu disarankan untuk bermalam di bukit ini.

Lokasi: Desa Cijeruk, Cijeruk, Bogor
Jam operasional: Setiap hari buka 24 jam
Tiket masuk: Rp10.000

12. Bukit Alas Bandawasa


Sunrise di Bukit Alas Bandawasa - Instagram.com/idhayhidayat

Jika kamu mencari tempat healing di Bogor untuk berkemah selain bukit Alesano, kamu juga bisa berkunjung ke Bukti Alas Bandawasa. Tempat ini juga digunakan untuk menikmati sunrise dari kaki Gunung Salak, sehingga banyak juga pengunjung yang merupakan penggemar fotografi yang datang ke sini.

Lokasi: Desa Pasir Jaya, Cigombong, Bogor
Jam operasional: Setiap hari buka 24 jam
Tiket masuk: Rp5.000-20.000

13. Curug Cigamea Pamijahan


Di bawah Curug Cigamea - Instagram.com/armand_sagaph

Untuk kamu yang mencari tempat healing di Bogor di mana kamu bisa menikmati pemandangan air terjun yang segar, Curug Cigamea adalah tujuan kamu. Curug Cigamea ini hanya berjarak 400 meter dari pintu masuk atau sekitar 15 menit berjalan kaki. Curug Cigamea ini dikenal juga dengan nama Air Terjun Bidadari yang memiliki dua buah air terjun bersebelahan dengan perkiraan ketinggian 30 meter dan 50 meter.

Lokasi: Kawasan Wisata Gunung Salak Endah, Kampung Loka Purna, Pamijahan, Bogor
Jam operasional: Setiap hari pukul 07.30-17.00 WIB
Tiket masuk: Rp10.000

14. Curug Seribu


Pemandangan Curug Seribu - Instagram.com/nasirin_17

Curug eksotis berikutnya sebagai tempat healing di Bogor adalah Curug Seribu dengan ketinggian air terjun sekitar 100 meter yang menjadikannya curug tertinggi di Bogor yang berada pada ketinggian antara 750-1.050 mdpl. Nama curug ini diambil dari 1.000 anak tangga yang menuju ke curug ini.

Lokasi: Kawasan Wisata Gunung Halimun Salak, Pamijahan, Bogor
Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB
Tiket masuk: Rp10.000

15. Leuwi Balong Endah


Pemandangan Leuwi Balong Endah - Instagram.com/hadjukemal

Leuwi Balong Endah adalah salah satu curug indah yang terletak di wilayah TN Gunung Halimun Salak. Airnya yang sangat jernih mengundang pengunjung untuk berenang dan menyelam di dalamnya. Curug ini berada di atas ketinggian 900 mdpl.

Lokasi: Kawasan wisata Gunung Salak Endah Pasir Lenyit, Pamijahan, Bogor
Jam operasional: Setiap hari pukul 07.00-17.00 WIB
Tiket masuk: Rp7.500-10.000

Baca juga: 10 Rekomendasi Tempat Terbaik untuk Healing di Malang [2022]

16. Lembah Tepus


Berfoto di Lembah Tepus - Instagram.com/sitimelindapristiyantiputri

Lembah Tepus ini merupakan tempat healing di Bogor yang juga berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Di sini kamu bisa bermain di air yang jernih. Tersedia kolam untuk anak-anak dan dewasa yang berbentuk bertingkat secara alami sehingga sangat cantik untuk difoto.

Lokasi: Kampung Pasir Reungit, Gunung Sari, Pamijahan, Bogor
Jam operasional: Setiap hari pukul 09.00-17.00 WIB
Tiket masuk: Rp10.000-30.000

17. Kopi Tubing


River Tubing bersama teman-teman - Instagram.com/cikuluwungrivertubing

Kopi Tubing ini adalah salah satu tempat ngopi yang terletak di pinggir sungai. Di sini tersedia juga wisata bermain air (river tubing) dengan panorama hamparan sawah hijau dan pepohonan. Harga menu di sana berkisar Rp10.000-Rp 85.000. Beberapa pilihan menu yang mereka miliki seperti nasi goreng, burger, brownies ice cream, banana split, cheesecake, dan beragam pilihan menu kopi.

Lokasi: Jalan Gunung Menir, Ciasihan, Pamijahan, Bogor
Jam operasional: Setiap hari pukul 09.00-20.00 WIB
Tiket masuk: Rp10.000

18. Taman Fathan Hambalang


Bersantai bersama di Taman Fathan Hambalang - Instagram.com/dhaniswara.24

Tempat healing di Bogor berikutnya terletak di atas bukit di mana kamu bisa menikmati pemandangan alam yang indah. Kamu juga dapat menikmati pemandangan sambil memesan makanan dan minuman yang dijual di sini.

Lokasi: Bukit Hambalang, Citeureup, Bogor
Jam operasional: Senin-Jumat (11.00-20.00 WIB) dan Sabtu-Minggu (09.00-21.00 WIB)
Tiket masuk: Rp5.000

19. Taman Wisata Gunung Pancar


Berfoto di tengah hutan pinus - Instagram.com/oniesthougt

Tempat healing di Bogor berikutnya adalah area Gunung Pancar, di mana kamu bisa mendaki, bersepeda, hingga berkemah di tengah hutan pinus. Selain itu, kamu juga bisa menunggangi kuda dan pergi ke pemandian air panas.

Lokasi: Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul, Bogor
Jam operasional: Setiap hari buka 24 jam
Tiket masuk: Rp5.000-150.000

20. Jungle Land


Bianglala di Jungle Land - Instagram.com/adzkiart

Taman bermain yang satu ini berada di kaki Gunung Pancar. Jungle Land memiliki sekitar 37 wahana bermain yang terbagi menjadi 4 zona utama, yaitu Mysteria, Carnivalia, Tropicalia, dan Explora.

Lokasi: Kawasan Sentul Nirwana, Kadang Tengah, Babakan Madang, Sentul, Bogor
Jam operasional: Setiap hari pukul 10.00-18.00 WIB
Tiket masuk: Rp15.000-75.000

Baca juga: 12 Rekomendasi Tempat Wisata untuk Healing di Jogja (2022)

21. Curug Cinta


Berfoto di pinggir Curug Cinta - Instagram.com/arifmuhamad_12

Curug Cinta ini memang tidak terlalu tinggi dibandingkan curug lainnya, yaitu sekitar lima meter. Namun, aliran airnya cukup deras yang berasal dari lereng bukit. Keunikan air terjun ini adalah air sungainya yang berwarna biru dengan bebatuan berbelok mengapit sungai.

Lokasi: Sentul Atas, Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor
Jam operasional: Setiap hari buka 24 jam
Tiket masuk: Rp15.000

22. Leuwi Pengaduan


Pemandangan di Leuwi Pengaduan - Instagram.com/hadjukemal

Tempat healing di Bogor berikutnya adalah Leuwi Pengaduan yang memiliki beragam keindahan alam seperti air terjun, sungai dengan air berwarna hijau toska dan persawahan. Di sini tersedia juga warung makan, gazebo, spot foto, outbound, dan tempat camping.

Lokasi: Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Sentul, Bogor
Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB
Tiket masuk: Rp20.000-30.000

23. Curug Leuwi Hejo


Berjalan di pinggir Curug Leuwi Hejo - Instagram.com/hadjukemal

Curug Leuwi Hejo ini dikenal juga dengan sebutan Green Canyon-nya Bogor karena memiliki kolam berwarna hijau toska di bawah air terjun. Tinggi dari air terjun ini sekitar 2 meter yang dikelilingi tebing-tebing menjulang tinggi.

Lokasi: Cibadak, Sukamakmur, Bogor
Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB
Tiket masuk: Rp15.000

24. Situ Rawa Gede Sukamakmur


Pemandangan di Situ Rawa Gede - Instagram.com/campingground_rawagede

Situ Rawa Gede ini adalah kawasan rawa yang dikelola secara gotong-royong oleh organisasi pemuda dan warga setempat dengan bantuan pemerintah. Tempat healing di Bogor ini adalah sebuah danau besar di antara perbukitan yang memiliki pemandangan persawahan, curug juga perkebunan.

Lokasi: Desa Sirnajaya, Sukamakmur, Bogor
Jam operasional: Setiap hari buka 24 jam
Tiket masuk: Rp20.000

25. Desa Wisata Malasari


Berjalan di pinggir sawah di Desa Wisata Malasari - Instagram.com/hendrasetiawann_

Tempat healing di Bogor yang terakhir ini memiliki banyak destinasi alam seperti perkebunan, bukit, sungai, kebun teh hingga view Gunung Halimun Salak di mana kamu dapat menikmati waktu libur sambil menghirup udara segar. Spot favorit di destinasi ini adalah kebun teh nirmala dengan pemandangan Gunung Salak. Jika kamu ingin bermalam untuk menikmati sunrise, tersedia banyak homestay untuk bermalam.

Lokasi: Kampung Karamat Banteng, Nanggung, Bogor
Jam operasional: Setiap hari buka 24 jam
Tiket masuk: Rp12.500

Baca juga: 15 Rekomendasi Tempat untuk Healing di Bali [2022]

Itu tadi informasi mengenai tempat-tempat healing di Bogor beserta lokasi, jam operasional dan tiket masuk (belum termasuk biaya parkir). Jadi, kamu mau healing kemana, nih?

Untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan, coba daftarkan diri kamu untuk menjadi talent di EKRUT. Semua proses dan bantuan profesional di talent marketplace EKRUT gratis. Kamu – sebagai talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang di EKRUT!

Sumber:

  • pegipegi.com 
  • idntimes.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Cara_Menghitung_IPK_dan_IP_dengan_Mudah_dan_Cepat_yang_Wajib_Diketahui_Mahasiswa.jpg

    Lainnya

    Cara Menghitung IPK dan IP dengan Mudah dan Cepat yang Wajib Diketahui Mahasiswa

    Sartika Nuralifah

    22 September 2022
    5 min read
    H1.JPG

    Lainnya

    Ingin Work From Bali? Berikut 5 Rekomendasi Tempat Tinggal Seminggu!

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    6 min read
    Contoh_BUMN.jpg

    Careers

    12 Contoh BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Berdasarkan Kluster Industri

    Mauditalani

    20 September 2022
    7 min read

    Video