Published on

Careers

Moderator: Pengertian, Manfaat, Tugas, dan Tips Menjadi Moderator yang Baik

Detty Risetya

cover_(3).jpg

Memahami tugas moderator adalah bagian penting dari kelancaran suatu acara debat. Jika kamu pelajar atau mahasiswa, kemungkinan besar pasti sering menghadiri acara debat. Di dalam acara tersebut, tugas moderator adalah pengendali jalannya diskusi agar bisa sukses.

Bisa diibaratkan, tugas moderator adalah selayaknya wasit pertandingan olahraga. Jika kedua kubu yang berdebat sudah mulai tidak kondusif atau melebihi batas waktu yang ditentukan, maka tugas moderator adalah adalah menengahi dan mengendalikan diskusi.

Apa itu moderator?


Moderator berperan untuk memimpin jalannya forum diskusi. (sumber: pexels)

Moderator adalah suatu profesi yang berperan untuk membantu proses debat atau diskusi agar berjalan lancar. Di sini, peran atau tugas moderator adalah memimpin jalannya perbincangan atau diskusi debat yang berlangsung. Seperti yang diketahui, terkadang ketika berdiskusi atau debat, terjadi perbedaan pendapat atau selisih paham yang sengit. Maka itu, tugas moderator adalah menengahi jalannya diskusi tersebut, sehingga tidak sampai terjadi pertengkaran maupun hal-hal lain yang tidak kondusif.

Selain itu, tugas moderator adalah menjadi orang yang bersikap netral ketika mengomentari pendapat peserta debat. Moderator juga dapat mengajukan pertanyaan, membacakan tata tertib acara debat, dan menjelaskan pertanyaan jika dirasa ada yang tidak dipahami peserta debat.

Baca juga: Notula Adalah: Pengertian, Fungsi, dan 3 Contoh Penulisannya

Manfaat adanya moderator


Manfaat adanya moderator untuk menengahi jalannya debat atau diskusi agar berjalan lancar. (sumber: pexels)

Lantas, muncul pertanyaan, mengapa dibutuhkan moderator dalam debat? Tugas moderator adalah menjadi pengawas dan penengah ketika debat berlangsung. Moderator yang akan memantau pergantian giliran peserta yang berbicara, serta mengarahkan topik diskusi satu ke topik lain sesuai waktu acara.

Contohnya dalam acara debat pemilihan kepala desa, tugas moderator adalah membatasi waktu berbicara satu peserta, dan menengahi jalannya diskusi. Terkadang, ada peserta yang mungkin berbicara terlalu panjang, sehingga menyimpang dari topik yang dibahas. Di sini, tugas moderator adalah membantu agar para peserta tetap berdiskusi dengan topik terkait.

Baca juga: Apa Itu Seminar? Berikut Definisi, Tujuan, Fungsi, Jenis, beserta 10 Contohnya

Tugas dan tanggung jawab seorang moderator


Ada beberapa tugas dan tanggung jawab moderator ketika memimpin diskusi. (sumber: pexels)

Adapun beberapa tanggung jawab dan tugas moderator adalah sebagai berikut.

  • Mengawasi dan memantau jalannya diskusi atau debat
  • Mengingatkan peserta atau anggota debat jika ada yang berbicara menyimpang terlalu jauh dari topik utama
  • Mengingatkan peserta atau anggota debat yang berpotensi mengganggu jalannya debat dan menyalahi aturan
  • Menjelaskan topik yang akan dibahas secara singkat agar lebih mudah dipahami para anggota debat atau diskusi

Baca juga: 10 rapat yang efektif dan tips mewujudkannya

Kemampuan yang harus dimiliki seorang moderator


Moderator adalah orang yang berwawasan dan terampil berkomunikasi. (sumber: pexels)

Beberapa kemampuan atau skill yang diperlukan untuk menjadi moderator, antara lain sebagai berikut.

  • Memiliki wawasan atau pengetahuan luas agar bisa tetap membuat suasana diskusi menjadi hidup dan pembicaraan yang berbobot
  • Skill komunikasi dan menguasai panggung untuk menyajikan suatu acara diskusi yang tidak hanya berfaedah dari segi akademis, tetapi juga menghibur penonton
  • Dapat memberikan kesimpulan dari hasil diskusi yang sudah dilakukan

Baca juga: Public Speaking: Kenali Manfaat dan 6 Tips Meningkatkannya

Tips menjadi moderator yang baik


Moderator memberikan waktu bicara dengan batasan yang adil bagi setiap peserta diskusi. (sumber: pexels)

Lalu, bagaimana agar bisa menjadi moderator yang berhasil? Mari simak tipsnya berikut ini.

1. Mengenali panelis

Dalam diskusi, tugas moderator adalah mengajukan pertanyaan kepada panelis dan menunjukkan kedalaman wawasannya. Maka itu, lakukan persiapan sebelum berbicara di suatu forum diskusi dan pahami latar belakang panelis agar perbincangan tetap menarik.

2. Melibatkan audiens

Suasana debat akan menjadi lebih semarak jika moderator mampu menguasai panggung. Dalam hal ini, tugas moderator adalah mengajak audiens untuk memberikan feedback. Ajukan pertanyaan yang bisa dijawab dan berikan tepuk tangan untuk memeriahkan suasana. Jika ada hal yang lucu atau tidak terduga, buat komentar lucu agar audiens terhibur dan suasana lebih cair.

3. Jangan terpaku pada naskah

Dalam momen debat khusus, terkadang moderator butuh membaca naskah. Tetapi, sebaiknya jangan terlalu terpaku pada naskah. Atur pembicaraan yang mengalir, ajukan pertanyaan, dan siapkan kerangka secara garis besar. Minta panelis lain untuk menanggapi jika ada kontroversi.

4. Adil membatasi waktu bicara

Tak jarang, panelis atau peserta debat saling berebut mikrofon agar bisa berbicara lebih lama. Berikan waktu bicara yang sama kepada setiap panelis dengan batasan waktu yang adil. Cobalah untuk membatasi interupsi dengan sopan, tetapi tegas. Yakinkan panelis bahwa mereka akan diberi waktu tersendiri untuk menanggapi lawan bicaranya nanti.

5. Tahu kapan harus memotong pembicaraan

Jika ada peserta debat yang bertele-tele, tugas moderator adalah segera menegur dengan sopan dan tegas. Hal ini tentunya butuh latihan dan persiapan agar bisa berkomunikasi sebagai moderator handal. Meringkas atau mengarahkan pertanyaan ke topik utama adalah cara terbaik untuk melakukan hal ini tanpa menyinggung panelis atau menyalahi aturan.

Baca juga: Focus Group Discussion: Pengertian, Tujuan serta 6 Proses

Kamu pernah mengikuti acara debat atau forum diskusi? Seperti yang telah diketahui, tugas moderator adalah memimpin acara debat agar para panelis bisa mengungkapkan pemikirannya secara seimbang. Contohnya seperti acara debat presiden, debat kepala desa, debat ketua OSIS, dan lainnya.

Di industri media nasional dan televisi, profesi moderator memiliki penghasilan yang sangat besar. Meski begitu, dibutuhkan keterampilan komunikasi dan pengalaman agar bisa menjadi moderator andal. Di EKRUT, kamu bisa mendapatkan banyak informasi bermanfaat seputar dunia industri dan pengembangan karier. Caranya mudah, cukup dengan sign up EKRUT sekarang dan kamu bisa raih karier impianmu!

Sumber:

  • liputan6.com
  • kompas.com
  • kumparan.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_grross_adalah.jpg

    Careers

    Bedanya Gross, Nett, dan Gross Up yang Wajib Karyawan Ketahui

    Alvina Vivian

    04 July 2022
    5 min read
    h1_proaktif.jpg

    Careers

    Proaktif Adalah: Definisi, Manfaat, Ciri, hingga Contohnya

    Tio Derma

    04 July 2022
    6 min read
    0-kata-kata-motivasi.jpg

    Lainnya

    25+ Kata-kata Motivasi untuk Penyemangat Diri Sendiri!

    Arin Khurota

    01 July 2022
    7 min read

    Video