Media

Baru lulus kuliah? Ini alasan kerja magang perlu kamu pertimbangkan
By Tsalis Annisa - 29 January 2019
4 min read 154 Views
Menerima tawaran kerja magang membantumu dalam menigkatkan kualitas dan jaringan - EKRUT
Menerima tawaran kerja magang membantumu dalam menigkatkan kualitas dan jaringan - EKRUT

Menyandang status fresh graduate terkadang memiliki beban tersendiri. Terlebih jika kamu masih belum memiliki pengalaman kerja. Tapi jangan sedih, karena kerja magang sebenarnya bisa membantumu dalam mengembangkan kemampuan.

Ada banyak kesempatan yang akan kamu dapatkan dengan magang, mulai dalam bentuk wawasan, sampai jaringan. Semua ini tentu bermanfaat untuk masa depanmu. Nah, agar lebih lengkap, berikut ini alasan mengapa magang perlu dijalani sebagai bentuk investasi sekaligus solusi bagi kamu yang baru lulus kuliah.

1. Menambah pengalaman kerja

Meskipun bukan menjadi karyawan tetap, HRD tetap akan memperhitungkan ini, dan mengapresiasi usahamu untuk belajar. Selain itu, pernah magang artinya kamu sudah memiliki gambaran mengenai pekerjaan terkait.

Hal ini tentu lebih baik daripada kamu sama sekali tidak mengetahui apa-apa. Jadi, dengan magang kamu akan menambah pengalaman kerja yang bisa mendongkrak profile-mu.

Baca juga: 5 tips tentukan karier buat fresh graduate

2. Meningkatkan kualitas diri

Kerja magang di perbagai perusahaan dapat membantumu dalam meningkatkan kualitas dan kemampuan diri. Besar kemungkinan kamu akan mendapat pekerjaan yang kurang lebih sama dengan pegawai tetap lainnya meski dengan porsi berbeda.

Nantinya, kegiatan ini akan memberikanmu nilai lebih, sebab dengan mengawali karir melalui magang, kamu bisa memahami situasi bekerja, memahami alur pekerjaan, dan memahami cara komunikasi di dunia pekerjaan.

Hal ini tentu akan meningkatkan kualitasmu sebagai seorang fresh graduate dan mempermudahmu dalam bekerja di kantor selanjutnya. Pelajaran seputar ini tak akan kamu dapatkan jika kamu tak mencoba untuk kerja magang.

3. Membangun relasi

Kebanyakan fresh graduate memilih meluangkan waktu setelah lulus kuliah dengan magang karena alasan untuk membangun relasi. Apalagi kesempatan untuk dapat berkenalan dengan rekan kerja yang memiliki jabatan atau posisi tinggi di kantor.

Semakin luas pergaulanmu maka besar kemungkinan akan mendapat kesempatan sebagai karyawan jika mengetahui performa bagus.

Baca juga: Ini lho, pengalaman berharga dari kantor pertama

4. Menentukan masa depan karir

Keputusan mengambil kerja magang setelah lulus kuliah akan membantumu dalam mempertimbangkan kembali apakah kamu benar-benar ingin bekerja di bidang tersebut atau ternyata hanya penasaran.

Dengan mencoba kerja magang di suatu perusahaan akan memberikan gambaran jenjang karir yang ingin kamu tempuh. Selain itu, kamu juga bisa menentukan tujuan karir dan memikirkan ulang apakah itu pekerjaan yang kamu inginkan.

Refleksi diri seperti ini tak ada salahnya karena pada akhirnya, hanya kamu yang dapat menentukan jalur yang kamu ambil.

5. Membuka peluang untuk dipilih menjadi karyawan tetap

Jika kamu memiliki perusahaan impian, namun perusahaan tersebut hanya menawarkan kerja magang, tentu tidak ada salahnya untuk bergabung. Karena tidak menutup kemungkinan bahwa statusmu dapat berubah dari karyawan magang menjadi karyawan tetap.

Setelah bergabung, tunjukkanlah performa yang baik. Karena jika perusahaan tersebut membutuhkan karyawan, tentu akan memprioritaskan untuk memilihmu karena hasil kerjanya sudah teruji.

Dapatkan kesempatan mendapatkan pekerjaan pertamamu di sini.

Nah, sekarang kamu sudah tahu apa saja manfaat dari kerja magangkan? Selain dengan kerja magang, kamu juga bisa terus membuka kesempatanmu untuk dilamar dengan mendaftarkan dirimu di situs talent marketplace. Di samping itu, teruslah kembangkan dirimu dari segi soft skill maupun hard skill sebagai bekal masa depanmu.

Rekomendasi:

Sumber:

Tags:

  • karier
  • pengalaman kerja
  • kerja magang
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang