Published on

Lainnya

17 Brand Lokal Indonesia yang Berkualitas, Kekinian, dan Mendunia

Farah Reginda

H1_17_Brand_Lokal_Indonesia_yang_Berkualitas__Kekinian__dan_Mendunia_(1).jpg

Banyak karya anak bangsa yang berkualitas dan ikut berkecimpung dalam pasar dunia, mulai dari apparel hingga skincare, brand besutan Indonesia berikut ini tidak kalah saing dengan brand impor dan akan membuatmu semakin cinta dengan produk dalam negeri. Daftar brand lokal ini bisa jadi inspirasi cendera mata atau bahkan dirimu sendiri—simak, yuk!

Baca juga: Kumpulan tagline unik dan catchy dari 15 brand yang dapat menjadi referensi

Brand lokal pakaian


Banyak brand pakaian Indonesia yang bisa mewarnai lemarimu. (Sumber: Unsplash)

Kamu sedang mencari rekomendasi style atau brand pakaian baru? Merek-merek yang dibuat dengan apik oleh para desainer ini bisa jadi acuan fesyenmu dengan berbagai gaya, mulai dari yang formal sampai yang santai, brand Indonesia punya semuanya. Cek daftarnya!

1. Get Dirrty


Perkembangan Get Dirrty meramaikan skema streetwear di Indonesia. (Sumber: Shopee GetDirrty)

Sebagai brand yang menyediakan t-shirt, hoodie, dan celana streetwear, Get Dirrty identik dengan desainnya yang unik dan berani. Brand ini tahu apa minat penggemar streetwear dengan menunjukkan fesyen yang fun dan slogan yang kece. Bahkan, beberapa media internasional telah meliputnya atas keunggulan tadi. Kalau kamu penasaran, cek akun Instagram resminya di @getdirrty.

2. Cotton Ink


Casual with a twist menjadi fokus Cotton Ink dalam produknya. (Sumber: Cotton Ink)

Kamu suka dengan gaya fesyen yang sederhana tetapi tetap terlihat keren? Cotton Ink bisa jadi alternatif yang kamu cari. Brand ini mengusung gaya kasual yang fashionable. Selain ramah body size, Cotton Ink juga melibatkan kain batik dan ikat dalam desainnya. Tak heran mereka sempat memasuki daftar Forbes 30 Under 30 di 2016 dan telah memiliki sejumlah offline store tersebar di seluruh mal besar di Indonesia.

3. Damn! I Love Indonesia


Bukan hanya apparel semata, Damn! I Love Indonesia adalah bentuk cinta negeri. (Sumber: YouTube)

Siapa yang tak kenal dengan brand pakaian karya Daniel Mananta ini? Damn! I Love Indonesia sering menjadi pilihan cendera mata untuk teman atau rekan kerja yang berasal dari luar negeri. Nama brand yang juga berfungsi sebagai slogan ini pengingat generasi muda untuk mengapresiasi dan mengingat sejarah dan budaya negara. Desainnya yang simple membuat t-shirt dan hoodie-nya nyaman dipakai sehari-hari.

4. The Executive


The Executive memungkinkan pekerja kantoran terlihat tidak membosankan. (Sumber: Kargoku)

The Executive adalah brand pakaian kantor yang jadi langganan, terutama para pekerja milenial. Brand ini menyediakan attire kantoran yang membuat kamu tetap fashionable dan tidak kaku bahkan saat sedang bekerja. Kualitasnya yang juara diikuti dengan harga yang terjangkau. Tidak perlu kesusahan mencarinya karena The Executive tersedia secara online dan offline di mal-mal besar Indonesia.

5. Erigo


Erigo makin terkenal dengan prestasinya di NYFW. (Sumber: Beautynesia)

Para penggemar casual fashion tentunya tahu Erigo. Brand ini dikenal dengan apparel santainya tanpa meninggalkan kesan classy. Produknya yang sering memadukan desain a la oriental dan hawaiian tidak hanya diminati oleh masyarakat Indonesia, tetapi juga Malaysia dan Singapura. Pamornya semakin melejit dengan prestasi terbarunya di 2021 kemarin, yang berkesempatan untuk mengenalkan koleksinya di New York Fashion Week S/S.

Baca juga: Brand awareness: Pengertian, strategi dan 3 contohnya

Brand lokal sepatu


Sepatu dari brand lokal terbukti awet dan penuh gaya. (Sumber: Pexels)

Pakaian yang bagus tidak akan lengkap dengan kehadiran sepatu yang sama bagusnya. Daftar brand sepatu berikut ini dapat memberikanmu rekomendasi footwear berkualitas terbaik dengan berbagai style. Simak daftar dan produknya!

1. Pvra


Prestasi Pvra sudah terukir sejak pendiriannya. (Sumber: Instagram Pvra)

Kreasi handmade dengan teliti dan material berkualitas tinggi selalu tampak dalam produk sepatu dan sandal Pvra. Brand ini merupakan salah satu pionir penggunaan manik-manik dalam footwear wanita. Pvra pun sudah melanglang buana untuk memamerkan koleksinya di London Fashion Week F/W 2019 dan Seoul Fashion KODE F/W 2019. Kamu bisa menemukan offline store-nya di mal-mal besar di Jakarta. Cek produknya lewat akun Instagram resminya @pvra.official, yuk!

2. Wakai


Wakai dikenal dengan desain simple dan warna uniknya. (Sumber: Glitzmedia)

Siapa yang pertama kali mengira bahwa Wakai berasal dari Jepang? Brand dengan nuansa dan desain minimalis sepatu kanvasnya ini asli dari Indonesia, lho! Tak heran hal tersebut lahir dari kolaborasinya dengan seniman Jepang. Wakai bisa kamu temukan di mal-mal besar Indonesia dan secara online.

3. Sagara Boots


Sepatu dari Sagara Boots biasanya menjadi pilihan konsumen pria. (Sumber: Kompas)

Iklim tropis Indonesia tidak menghalangi tren sepatu boots di sini, lho! Nyatanya, produk handmade Sagara Boots punya kualitas yang juara. Karenanya, sepatu boots ini dibanderol dengan harga yang cukup merogoh saku. Meskipun begitu, peminatnya banyak sampai diekspor ke Italia, Perancis, dan Jepang.

4. Buccheri


Buccheri bisa menjadi alternatif one-stop-solution untuk pilihan sepatumu. (Sumber: Malbekasi)

Nama brand yang kebarat-baratan terkadang membuat kita salah anggap asalnya—hal ini juga berlaku pada Buccheri. Brand lokal ini sudah berkecimpung dalam dunia footwear cukup lama dan bisa kamu temukan di mal-mal besar. Buccheri bagaikan paket komplet karena gaya apapun yang kamu cari—formal maupun kasual—dan untuk siapapun—laki-laki maupun perempuan, semuanya ada di sini!

Baca juga: Begini tantangan e-commerce di Indonesia

Brand lokal tas


Banyak jenis tas yang dapat kamu pilih dari brand lokal. (Sumber: Unsplash)

Selain pakaian dan footwear, keseharianmu tidak pernah lepas dari tas, ‘kan? Kenyamanan, tipe bahan, ruang penyimpanan, serta style jadi faktor penentu dalam memilih tas. Brand asli Indonesia punya banyak pilihan tas yang akan kamu sukai. Yuk, lihat daftarnya!

1. Eiger


Tas Eiger tidak terbatas untuk kegiatan pecinta alam. (Sumber: Lazada)

Aktivitas menjelajah dan menikmati alam didukung oleh Eiger dengan tas gunung dan sejumlah perkakas muncak lainnya. Para pecinta alam menggemari produk ini karena kelengkapannya, kualitas terjamin, dan harga yang affordable. Beberapa produknya juga pas untuk kegiatan sehari-hari dan informal dengan desain yang simple dan keren.

2. Kaynn


Terbuat dari kulit kambing dan sapi, tas Kaynn diminati konsumen luar negeri. (Sumber: Instagram Kaynn)

Produk tas kulit Kaynn memenuhi segala aspek hingga diminati oleh konsumen dari Australia, Jepang, dan Dubai. Brand dengan desain yang terinspirasi dari produk Jepang ini cocok digunakan untuk waktu santai. Kamu bisa mengecek akun Instagram resminya @kaynn.craft untuk menentukan tas pilihanmu dan membelinya lewat e-commerce.

3. Tulisan


Selain tas, Tulisan juga menawarkan dompet, pouch, tas tangan, dan lainnya. (Sumber: Twitter Tulisan)

Tas dengan desain unik dan warna beragam sering mendapat stigma tidak akan tahan lama. Namun, Tulisan mematahkan asumsi ini. Harganya yang cukup tinggi sebanding dengan kualitas dan kepuasan yang akan kamu dapatkan. Brand ini kerap memamerkan keindahan Indonesia lewat desainnya. Kalau kamu suka produk yang waterproof dan ringan dibawa, cek produk Tulisan melalui akun Instagram resminya @mytulisan.

4. Wellborn Goods


Produk Wellborn Goods punya banyak padanan tas untuk segala aktivitas. (Sumber: Beautynesia)

Terkesan simple dengan dipertegas oleh tag nama brand-nya, produk-produk Wellborn Goods banyak bermain dengan tone warna netral dengan desain stylish. Selain tas, brand ini juga menyediakan apparel yang cenderung menggunakan desain oriental dan unik. Kamu bisa melihat katalognya melalui akun Instagram resminya @wellborncompany dan mendapatkannya secara online maupun offline di Bandung.

Baca juga: Brand extension adalah: Tujuan, cara membuatnya, dan 4 contoh terbaiknya

Brand lokal lainnya


Brand lokal unggulan juga datang dari sektor kecantikan dan kuliner. (Sumber: Pexels)

Tidak hanya pakaian, sepatu, dan tas saja yang merupakan produk andalan dalam negeri. Nyatanya, skincare dan F&B karya anak bangsa pun selevel dan telah melanglang buana karena kualitas dan keunikannya. Apakah brand di bawah ini membuatmu tertarik?

1. J.Co


Gerai J.Co mengusung konsep open kitchen. (Sumber: Twitter J.Co)

Sebagai brand donat dengan tampak sederhana tetapi rasa yang luar biasa, J.Co sering dikira berasal dari luar Indonesia. Padahal, brand ini adalah besutan Johnny Andrean yang mungkin lebih dikenal dengan salonnya. J.Co juga digemari akan frozen yogurt-nya. Donatnya juga dicintai oleh konsumen Malaysia, Singapura, Filipina, Hongkong, dan Arab Saudi sehingga kamu bisa menemukan gerainya di sana.

2. Silver Queen


Telah banyak event yang ditemani kehadiran Silver Queen, seperti hari Valentine. (Sumber: Voi)

Rasanya yang enak dan dengan harga terjangkau membuat cokelat Silver Queen tetap digemari bahkan setelah lebih dari 5 dekade perjalanannya. Mulai dari cokelat susu biasa sampai cokelat matcha, brand ini telah berinovasi dan menghasilkan banyak rasa yang meramaikan pengalaman cokelat konsumen. Silver Queen juga diproduksi dengan biji kakao lokal berkualitas tinggi.

3. Mustika Ratu


Mustika Ratu didirikan oleh Mooryati Soedibyo, salah satu anggota keraton Surakarta. (Sumber: Katadata)

Bagi kalangan perempuan dan milenial yang bergerak di bidang kecantikan, Mustika Ratu bukanlah brand yang asing. Brand kecantikan yang tidak hanya menawarkan produk makeup, tetapi juga skincare dan haircare ini telah berjaya hampir 5 dekade, lho! Kekhasan Mustika Ratu dalam menggunakan bahan alami yang identik dengan nusantara membawa namanya hingga ke Taiwan, Oman, Ceko, dan Amerika Serikat.

4. Sensatia Botanicals


Sensatia Botanicals juga berkomitmen menjaga kelangsungan bumi dan hewan. (Sumber: Bisnis)

Tidak jarang yang mengira bahwa Sensatia Botanicals adalah merek luar negeri. Padahal, brand skincare ini berasal dari Bali dan telah berkecimpung di dunia kecantikan sejak 2000. Bahan alami yang efektif menangani masalah kulit wajah menjadi nilai jual produknya sampai ke Australia, Amerika Serikat, dan Eropa.

Baca juga: Ini 5 daftar marketplace paling unggul 2021 di Indonesia

Anak bangsa masih punya segudang karya lainnya yang tidak kalah berkualitasnya dan bisa kamu dukung. Daftar di atas bisa menjadi pembuka jalanmu untuk lebih mengenal dan mencintai produk dalam negeri. Jangan lupa masukkan produk andalan mereka ke to-buy-list-mu!

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Nah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up di EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan ternama!

Sumber:

  • flokq.com
  • theculturetrip.com
  • ussfeed.com
  • thesmartlocal.com
  • kompas.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    Untitled_design-68.jpg

    Lainnya

    Lagi Cari Resep Makan Malam? Coba 18 Menu Simple yang Enak, Sehat, dan Praktis Ini!

    Tsalis Annisa

    06 October 2022
    10 min read
    H1_8_Cara_Memilih_Jurusan_Kuliah_Sesuai_Minat_dan_Bakat_Kamu__Jangan_Salah_Pilih!.jpg

    Lainnya

    8 Cara Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Minat dan Bakat Kamu, Jangan Salah Pilih!

    Sartika Nuralifah

    06 October 2022
    5 min read
    h1.jpg

    Lainnya

    Goodwill: Definisi, Jenis, Rumus, dan Cara Menghitungnya

    Tio Derma

    05 October 2022
    6 min read

    Video