Lainnya

8 Cara Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Minat dan Bakat Kamu, Jangan Salah Pilih!

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Sartika Nuralifah

I like to put a lot of my emotions, experiences, and opinions into what I write. I like being able to make my writing something other people can connect to, or relate to in some way by generalizing the thoughts and experiences I'm writing about. I have a strong relationship with the written word. 

H1_8_Cara_Memilih_Jurusan_Kuliah_Sesuai_Minat_dan_Bakat_Kamu__Jangan_Salah_Pilih!.jpg

Ketika kita hendak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, terkadang kita merasa bingung dalam memilih jurusan. Dalam memilih jurusan kita harus berhati-hati, jangan sampai kamu merasa salah jurusan di tengah jalan. Namun, jangan khawatir! Ternyata ada beberapa cara memilih jurusan kuliah agar sesuai dengan minat dan bakat kamu. Yuk, simak caranya dalam artikel ini.

Baca juga: Kuliah S2 Meningkatkan Karier? Kenali 7 Jurusan Menjanjikan!

Apa yang harus dipersiapkan sebelum mendaftar kuliah?


Sebelum mendaftar kuliah kamu harus mempelajari jurusan yang akan kamu ambil. Sumber: Pexels 

Sebelum mendaftar kuliah terdapat beberapa hal yang perlu kamu persiapkan, salah satunya adalah mengetahui lebih dalam mengenai kampus dan jurusan yang akan kamu ambil. Hal ini perlu kamu pelajari karena untuk memastikan jurusan yang kamu ambil adalah jurusan yang sesuai dengan minat kamu dan kamu benar-benar ingin belajar dan mendalami jurusan yang kamu pilih.

Baca juga: 5 Tips karier untuk fresh graduate agar cepat dapat kerja

8 Tips memilih jurusan kuliah yang tepat


8 cara memilih jurusan kuliah yang tepat. Sumber: Pexels 

Berikut 8 cara memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan bakat kamu.

1. Ketahui kegemaranmu

Cara memilih jurusan kuliah yang pertama adalah dengan mengetahui kegemaran kamu. Saat memilih jurusan kuliah jangan lupa untuk perhatikan passion atau kegemaran yang kamu miliki. Dengan kamu mengetahui apa yang kamu sukai, maka kita dapat lebih mudah untuk memilih jurusan kuliah. Misalnya, jika kamu menyukai hal yang berhubungan dengan bidang sosial, kamu bisa pilih jurusan-jurusan sosial seperti hukum atau komunikasi.

2. Menggali potensi diri

Tiap orang pasti memiliki potensi yang terdapat di dirinya masing-masing. Cara memilih jurusan kuliah yang kedua adalah dengan menggali potensi diri yang kamu miliki. Potensi ini dapat menjadi salah satu pertimbangan saat kamu memilih jurusan kuliah.

Khususnya bagi kamu para pelajar yang hendak memasuki dunia perkuliahan, kamu bisa menggali potensi diri kamu agar tahu keunggulan yang kamu punya. Salah satu cara untuk mengetahui potensi diri adalah dengan menekuni hobi yang kamu lakukan.

Baca juga: 6 Tips Menjawab Pertanyaan Interview untuk Fresh Graduate

3. Kenali minat serta bakat dalam diri

Cara memilih jurusan kuliah yang ketiga adalah mengenal minat dan bakat dalam diri. Sebelum memutuskan untuk memilih suatu jurusan kuliah, ada baiknya untuk melakukan tes minat dan bakat. Hasil dari tes minat dan bakat ini nantinya dapat kamu gunakan sebagai pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah yang ingin kamu ambil.

4. Pelajari jurusan yang hendak dipilih

Cara memilih jurusan kuliah yang keempat adalah mempelajari jurusan yang akan dipilih. Biasanya, beberapa kampus menyelenggarakan sebuah acara pengenalan kampus. Hal ini dapat kamu manfaatkan untuk bertanya kepada pihak kampus mengenai jurusan-jurusan yang terdapat pada kampus tersebut. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan gambaran tentang pelajaran-pelajaran yang nantinya akan dipelajari.

5. Tentukan kamu ingin menjadi apa setelah kuliah

Cara memilih jurusan kuliah yang kelima adalah menentukan kamu ingin menjadi apa setelah selesai kuliah. Setelah selesai kuliah, beberapa orang memilih untuk melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang selanjutnya. Beberapa orang juga memilih untuk membuka bisnis. Namun, mayoritas biasanya setelah kuliah mereka akan bekerja. Dengan menanyakan kamu ingin menjadi apa setelah kuliah, maka kamu harus menggali potensi diri kamu tentang apa yang ingin kamu raih di masa yang akan datang.

Baca juga: 10 Jurusan kuliah untuk berkarier di bidang IT

6. Perhatikan peluang kerja

Selain potensi diri, cara memilih jurusan kuliah selanjutnya adalah memperhatikan peluang kerja suatu jurusan saat kamu hendak memilihnya. Kamu tetap harus melihat perkembangan dunia sehingga kamu dapat mengetahui jurusan mana yang memiliki banyak peluang pekerjaan.

7. Hindari memilih jurusan karena ikut-ikutan

Cara memilih jurusan kuliah yang ketujuh adalah hindari memilih jurusan hanya karena ikut-ikutan. Setiap orang memiliki potensi dan impian yang berbeda-beda. Maka dari itu, hal yang harus kamu hindari ketika memilih jurusan adalah mengikuti jurusan orang lain.

Misal, teman kamu memilih untuk melanjutkan pendidikan di jurusan komunikasi karena ia merasa sangat suka dengan bidang komunikasi dan mempunyai potensi public speaking, saat itu kamu hendak mengikuti jurusan tersebut karena agar kamu bisa satu kampus dengan temanmu, namun kamu tidak memiliki passion dalam bidang komunikasi sama sekali. Hal tersebut sebaiknya tidak dilakukan. Kamu harus benar-benar mempelajari jurusan kuliah yang akan kamu ambil.

8. Konsultasi dengan yang lebih berpengalaman

Cara memilih jurusan kuliah yang terakhir adalah konsultasi dengan orang-orang yang lebih berpengalaman. Beberapa orang mengalami kebingungan saat menentukan jurusan kuliah. Solusinya adalah kamu dapat bertanya kepada orang-orang yang berpengalaman seperti orang tua, guru, hingga kakak kelas yang sudah menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Dengan begitu, kamu dapat mengetahui pengalaman mereka memilih jurusan, bagaimana gambaran tentang jurusan perkuliahan yang dipilih, hingga mengetahui prospek kerja setelah lulus perkuliahan.

Baca juga: 9 Prospek kerja lulusan jurusan Administrasi Bisnis yang dapat kamu pilih

Demikian cara memilih jurusan kuliah sesuai dengan minat dan bakat kamu. Sekarang, melamar pekerjaan sangat mudah karena kamu bisa langsung melamar dari rumah dengan menggunakan platform EKRUT. EKRUT punya banyak informasi tentang dunia pekerjaan, lho! Kamu bisa mencari informasi seputar lowongan pekerjaan, diskusi tentang pekerjaan, dan berbagai kebutuhan lainnya terkait dengan pekerjaan.

Selain di EKRUT Media, kamu bisa mendapatkan informasi serta tips menarik dari EKRUT di YouTube EKRUT Official. Yuk, kembangkan kariermu bersama EKRUT! Sign up EKRUT sekarang juga, agar kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang sesuai dengan minat kamu.

Sumber:

  • persiapanmasukui.com
  • info.sekolah.mu
  • kiaton.kontan.co.id
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_1._Cara_Menulis_Artikel_yang_Baik_Untuk_Pemula.jpg

    Careers

    10 Cara Menulis Artikel yang Baik dan Benar untuk Pemula

    Anisa Sekarningrum

    19 December 2022
    5 min read
    ucapan_perpisahan_kerja_-_EKRUT.jpg

    Careers

    Tips Menyampaikan Kata-kata Perpisahan Kerja yang Berkesan beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    19 December 2022
    7 min read
    5.Bagaimana_cara_Anda_untuk_menciptakan_lingkungan_kerja_yang_kondusif__(1).jpg

    Careers

    8 Pertanyaan Tentang Kepemimpinan Saat Interview Kerja beserta Jawaban Terbaiknya

    Gloria Renatha

    16 December 2022
    5 min read

    Video