Published on

Careers

Komunikasi Pemasaran: Pengertian, Peran, Ruang Lingkup, dan 6 Tujuannya

Natasya Primatyassari

H1_Komunikasi_pemasaran.jpg

Komunikasi pemasaran adalah bagian fundamental sekaligus kompleks dari upaya pemasaran perusahaan. Secara umum, komunikasi pemasaran dapat digambarkan sebagai semua pesan dan media yang digunakan oleh perusahaan untuk berkomunikasi dengan target pasar.

Apa itu komunikasi pemasaran?


Perusahaan menyampaikan pesan kepada pelanggan melalui komunikasi pemasaran - Freepik

Dilansir dari marketing91.com, komunikasi pemasaran dapat didefinisikan sebagai metodologi dan taktik yang diadopsi oleh perusahaan untuk menyampaikan pesan dengan cara yang unik dan kreatif kepada pelanggan atau calon konsumen mengenai produk dan layanan mereka. Pesan tersebut dapat disampaikan secara langsung maupun tidak langsung dengan maksud untuk membujuk pelanggan agar melakukan pembelian produk atau layanan perusahaan.

Peran komunikasi pemasaran


Komunikasi pemasaran berperan untuk membujuk audiens melakukan pembelian - Pexels

Komunikasi pemasaran berperan penting dalam perkembangan bisnis. Seperti dikutip dari bizfluent.com, berikut tiga peran pokok komunikasi pemasaran.

1. Menjadi penyampai pesan

Menyampaikan pesan perusahaan yang kohesif di semua saluran adalah salah satu peran utama komunikasi pemasaran. Tim komunikasi pemasaran akan berperan merepresentasikan suara perusahaan, menciptakan kampanye yang mengarah pada kesadaran merek yang positif, dan membangun percakapan yang berpotensi untuk menghasilkan pembelian.

2. Menemukan target audiens yang tepat

Komunikasi pemasaran melibatkan penciptaan dan penyampaian pesan terbaik melalui sarana terbaik kepada target audiens perusahaan. Hal ini dapat berupa kampanye media sosial, buletin mingguan, atau mengadakan acara komunitas. Setiap target audiens perusahaan akan memiliki kebutuhan komunikasi yang berbeda.

Membujuk audiens untuk tujuan dan pesan tertentu juga dapat berkembang menjadi peluang lain, misalnya, meyakinkan talenta baru untuk bergabung dengan perusahaan atau mendorong pelanggan untuk membeli produk atau layanan terbaru. Komunikasi pemasaran dapat memaksimalkan kesempatan ini untuk menentukan peluang pasar yang baru.

3. Meningkatkan kesadaran merek

Tim komunikasi pemasaran akan meningkatkan kesadaran merek melalui pameran, siaran pers, buletin mingguan, materi penjualan, dan sebagainya. Mereka akan menjangkau media baru untuk mendapatkan eksposur, mengatur rencana pemasaran dan membuat media kit untuk perusahaan dan produk atau layanan yang ditawarkan.

Saat ini, situs web, surel pemasaran, dan iklan digital memainkan peranan yang penting dalam komunikasi pemasaran. Meskipun begitu, saluran tradisional seperti media cetak, papan reklame, radio, dan televisi masih cukup efektif untuk digunakan dalam strategi pemasaran.

Baca juga: Panduan memiliki komunikasi efektif dan cara membangunnya

Ruang lingkup komunikasi pemasaran


Billboard iklan dirancang sebagai sarana promosi untuk menarik konsumen - Unsplash

Menurut ut.ac.id, ruang lingkup komunikasi pemasaran meliputi 8 aspek, yaitu sebagai berikut.

  1. Konsumen sebagai target komunikasi pemasaran. Dalam hal ini, konsumen terbagi menjadi dua, yaitu konsumen perorangan yang membeli barang dan jasa untuk pemakaian mereka sendiri (atau pemakaian rumah tangga) dan konsumen bisnis yang membeli berbagai produk, peralatan, dan jasa-jasa untuk menjalankan usaha mereka.
  2. Rancangan pesan pemasaran. Baik disadari maupun tidak, seringkali kita tertarik dengan gambar, kata-kata, dan ilustrasi yang disajikan dalam iklan televisi, radio, maupun billboard yang terpampang di sepanjang jalan. Iklan tersebut merupakan pesan yang sengaja dirancang oleh perusahaan agar konsumen tertarik untuk melihat, membaca, dan tentu saja mengingatnya.
  3. Citra perusahaan dan merek. Melalui komunikasi pemasaran, konsumen akan mengetahui eksistensi sebuah perusahaan dan produknya. Berdasarkan informasi yang diterima, konsumen akan memberikan citra terhadap perusahaan dan produk tersebut. Oleh karena itu, komunikasi pemasaran harus mampu membangun citra merek atau brand image, yaitu asosiasi yang muncul di benak konsumen ketika mengingat sebuah merek tertentu.
  4. Anggaran komunikasi merupakan keputusan terpenting yang harus dibuat oleh bagian pemasaran perusahaan. Besaran biaya yang dikeluarkan dalam kegiatan komunikasi pemasaran ditentukan oleh seberapa besar cakupan pasar yang ingin didapatkan. 
  5. Strategi penyampaian pesan pemasaran. Dalam menyampaikan pesan pemasaran, perlu dipahami siapa sasaran pemasaran tersebut. Hal lain yang juga harus dipertimbangkan adalah tujuan yang ingin dicapai, misalnya, untuk meningkatkan penjualan, menginformasikan sesuatu, atau mengingatkan kembali penawaran yang menarik kepada konsumen.
  6. Strategi komunikasi pemasaran. Dalam mengembangkan strategi komunikasi, faktor-faktor berikut sangat penting untuk dipertimbangkan yaitu dapat menjelaskan peran komunikasi dalam konteks strategi dan rencana pemasaran tertentu; dapat mencegah duplikasi dan kebingungan dalam pengembangan strategi komunikasi; dapat menjadi jangkar strategi komunikasi yang memberikan dasar, tujuan, dan pengertian tentang evaluasi keberhasilan suatu kegiatan komunikasi pemasaran; dapat menyediakan arahan bagi semua personil yang berkaitan dengan pengembangan dan penerapan strategi komunikasi; dan dapat menjadi fokus perhatian untuk khalayak sasaran yang sesuai.
  7. Pengendalian komunikasi pemasaran. Melalui fungsi pengendalian, manajer pemasaran dapat mempertahankan pelaksanaan komunikasi pemasaran agar tetap pada jalurnya. Manajer harus memantau kemajuan komunikasi pemasaran agar dapat mencapai tujuannya pada waktu yang telah ditentukan. Monitoring juga dapat membantu memastikan efektivitas dan efisiensi yang diperlukan demi keberhasilan pemasaran.
  8. Keputusan komunikasi pemasaran. Proses pengambilan keputusan dalam komunikasi pemasaran meliputi empat komponen umum, yaitu membuat struktur organisasi untuk pengambilan keputusan mengenai komunikasi pemasaran, memantau dan mengelola lingkungan pemasaran, membuat keputusan komunikasi pemasaran pada tingkat merek, dan meningkatkan ekuitas merek.

6 Tujuan komunikasi pemasaran


Salah satu tujuan komunikasi pemasaran adalah membangun jejaring atau koneksi - Freepik

Dikutip dari chron.com, komunikasi pemasaran memiliki beberapa tujuan yaitu sebagai berikut.

1. Membangun jejaring

Komunikasi pemasaran dapat membantu menghubungkan bisnismu dengan konsumen atau pelanggan potensial. Baik itu berkomunikasi melalui buletin mingguan maupun melalui forum media sosial tempat kamu bertukar ide, sarana komunikasi ini membuat hubunganmu tetap terjalin dengan para pelanggan. Selain membantu membangun bisnis kamu, komunikasi pemasaran juga dapat menumbuhkan kepercayaan kepada pelanggan, dan mendorong pelanggan membeli secara berulang.

Baca juga: 9 Manfaat networking bagi perkembangan karier di masa depan

2. Mendengarkan tanggapan

Kamu dapat meminta feedback atau umpan balik dari pelanggan melalui alat komunikasi pemasaran seperti survei, kuesioner, dan grup diskusi. Meminta masukan pelanggan membuat konsumen merasa dilibatkan dalam bisnismu karena kamu menunjukkan bahwa pendapat mereka penting untuk kemajuan perusahaan. Masukan yang diterima juga dapat membantumu meningkatkan layanan, membedakan lini produk, dan melayani kebutuhan pelanggan dengan lebih baik.

3. Memberikan edukasi

Alat komunikasi pemasaran dapat membantumu mengedukasi pelanggan mengenai produk atau layanan perusahaan yang kamu tawarkan. Misalnya, demonstrasi produk berbasis situs web atau video tutorial adalah bentuk komunikasi pemasaran yang dirancang agar konsumen semakin familiar dengan produkmu.

4. Memperkuat merek perusahaan

Setiap jenis komunikasi pemasaran yang kamu produksi dan distribusikan memiliki tujuan untuk memperkuat merek perusahaan. Branding membantu agar bisnis dan layanan yang kamu tawarkan mendapat top of mind awareness atau menjadi merek yang pertama kali muncul dalam benak konsumen secara spontan.

Selain itu, komunikasi pemasaran juga dapat membantu meningkatkan loyalitas pelanggan. Hal ini bisa tercapai ketika citra merek dan pesan disampaikan secara konsisten melalui semua materi pemasaran, iklan, dan promosi perusahaan.

5. Meningkatkan pelayanan

Komunikasi pemasaran yang efektif dapat membantu meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Kamu dapat menggunakan sarana surel atau buletin mingguan untuk mendistribusikan kupon diskon dan penawaran khusus. Blog interaktif juga dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan pelanggan, mendistribusikan informasi, dan memberitahu pelanggan tentang produk atau layanan terbaru di perusahaan.

6. Meningkatkan penjualan

Tujuan akhir dari komunikasi pemasaran adalah untuk meningkatkan penjualan produk dan layanan perusahaan. Ketika kamu tetap berhubungan dengan pelanggan dan memperlakukan mereka sebagai aset berharga, kamu telah membangun pondasi untuk hubungan jangka panjang yang menguntungkan. Hal ini berpotensi mendatangkan penjualan berulang, peningkatan bisnis, dan referensi pembelian dari konsumen yang merasa puas akan produk atau layanan perusahaan.

Baca juga: 8 Cara meningkatkan kemampuan komunikasi demi kemajuan karier

Komunikasi pemasaran terlihat sederhana, tetapi sebenarnya memiliki banyak aspek yang harus dikerjakan. Berada dalam tim komunikasi pemasaran juga membutuhkan keterampilan organisasi yang mumpuni untuk menangani berbagai kampanye yang dilakukan. Jika ingin tahu lebih lanjut seperti apa pekerjaan seorang Marketing Manager, simak video di bawah ini, ya!

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Rekomendasi Bacaan:

Sumber:

  • marketing91.com
  • bizfluent.com
  • ut.ac.id
  • chron.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Customer_Engagement_Pengertian__Fungsi_dan_Cara_Untuk_Mengukurnya.jpg

    Careers

    Customer Engagement: Pengertian, Fungsi, dan Cara untuk Mengukurnya

    Sartika Nuralifah

    05 July 2022
    5 min read
    H1_user_experience_adalah.jpg

    Technology

    User Experience: Pengertian, Tujuan, dan 7 Aspek yang Penting dalam Membangunnya

    Alvina Vivian

    01 July 2022
    6 min read
    H1_1._Impression_Definisi__Jenis_dan_8_Tips_Untuk_Meningkatkan_Impression.jpg

    Technology

    Impression: Definisi, Jenis, dan 8 Tips untuk Meningkatkan Impression

    Anisa Sekarningrum

    30 June 2022
    5 min read

    Video