Published on

Lainnya

10 Manajer Investasi Terbaik di Indonesia Lengkap dengan Dana Kelolaan Juni 2022

Sartika Nuralifah

H1_10_Manajer_Investasi_Terbaik_di_Indonesia_Lengkap_dengan_Dana_Kelolaan_Juni_2022.jpg

Apakah kamu pernah mendengar istilah manajer investasi? Manajer investasi adalah sebuah kelompok atau kegiatan usaha yang telah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK dan bertugas mengelola portofolio efek untuk para nasabah atau mengelola portofolio investasi kolektif untuk sekelompok nasabah berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Baca juga: 12 Rekomendasi aplikasi saham online terbaik dan terdaftar OJK

Apa itu manajer investasi?


Manajer investasi adalah pengelola dana investor. Sumber: Pexels

Manajer investasi adalah sebuah pihak yang berasal dari perorangan atau perusahaan berbadan hukum atau PT yang secara profesional mampu mengelola dana nasabah atau investor yang akan ditempatkan di berbagai instrumen investasi. Mulai dari saham, obligasi, deposito, dan lain-lain.

Berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 10/POJK.04/2018 tentang Penerapan Tata Kelola Manajer Investasi, investor dapat berbentuk perusahaan atau individu. Kecuali perusahaan asuransi, dana pensiun, dan bank yang memang melakukan sendiri kegiatan usahanya. Manajer investasi yang baik tentunya adalah manajer investasi yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Namun, OJK hanya mengatur perizinan tentang wakil manajer investasi.

Menurut Pasal 1 angka 3 Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 31/POJK.04/2018 tentang Perizinan Wakil Manajer Investasi atau POJK Wakil Manajer Investasi, wakil manajer investasi adalah orang perseorangan yang bertindak mewakili kepentingan perusahaan efek yang melakukan kegiatan usaha sebagai manajer investasi. Manajer investasi memiliki tugas untuk menyediakan berbagai produk investasi yang nantinya akan menjadi pilihan investor untuk mendapatkan target investasi.

Baca juga: 9 Strategi Belajar Investasi Saham untuk Pemula yang Efektif

Otoritas yang dimiliki manajer investasi


Otoritas manajer investasi. Sumber: Pexels

Manajer investasi memiliki tiga otoritas atau kewenangan utama dalam melakukan kegiatan usaha. Berikut otoritas dari sebuah manajer investasi.

  • Pengelolaan portofolio efek nasabah tertentu berdasarkan dengan perjanjian pengelolaan dana yang bersifat bilateral dan individual yang disusun sesuai peraturan pengawas pasar modal
  • Pengelolaan portofolio investasi kolektif untuk kepentingan sekelompok nasabah melalui wadah produk-produk yang diatur dalam peraturan pengawas pasar modal
  • Mengatur kegiatan lainnya yang sesuai dengan ketentuan pengawas pasar modal

Baca juga: 10 Sekuritas Terbaik Indonesia, Aman untuk Investasi Saham 2022

Daftar lengkap manajer investasi di Indonesia


Daftar manajer investasi di Indonesia. Sumber: Pexels

Manajer investasi yang terdapat di negara Indonesia memiliki jumlah yang cukup banyak. Berikut beberapa manajer investasi di Indonesia yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan.

  • Allianz Global Investors Asset Management Indonesia
  • Avrist Asset Management
  • Bahana TCW Investment Management
  • Batavia Prosperindo Aset Manajemen
  • BNI Asset Management
  • Capital Asset Management
  • Danareksa Investment Management
  • Eastspring Investments Indonesia
  • FWD Asset Management
  • Gemilang Indonesia Manajemen Investasi
  • Indo Arthabuana Investama
  • Insight Investments Management
  • Jasa Capital Asset Management
  • Kresna Asset Management
  • Mandiri Manajemen Investasi
  • Manulife Aset Manajemen Indonesia
  • Nikko Securities Indonesia
  • Sucorinvest Asset Management
  • Trimegah Asset Management
  • UOB Asset Management Indonesia

Baca juga: Kenali Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap (RDPT) beserta Kelebihan dan Kekurangannya

10 Manajer investasi terbaik di Indonesia beserta dana kelolaan Juni 2022


Manajer investasi terbaik di Indonesia. Sumber: Pexels

Berdasarkan dengan total dana kelolaan atau asset under management (AUM) bulan Juni 2022, Otoritas Jasa Keuangan mencatat dana kelolaan industri reksa dana di Indonesia menurun dari bulan Mei 2022. Pada bulan Mei 2022, jumlahnya mencapai Rp558,21 triliun, sedangkan bulan Juni 2022 berjumlah Rp548,48 triliun. Berikut 10 manajer investasi terbaik beserta dana kelolaan bulan Juni 2022.

1. Manulife Aset Manajemen Indonesia


Manulife Aset Manajemen Indonesia. Sumber: Bareksa.com

Manajer investasi terbaik di Indonesia yang pertama adalah Manulife Aset Manajemen Indonesia. Manajer investasi ini telah berdiri sejak tahun 1996. Manulife Aset Manajemen Indonesia menawarkan 29 produk reksadana yang terdiri dari reksa dana saham, pendapatan tetap, campuran, dan pasar uang. Total dana kelolaan Manulife Aset Manajemen Indonesia pada bulan Juni 2022 adalah Rp53,05 triliun.

2. Bahana TCW Investment Management


Bahana TCW Investment Management. Sumber: 99.co

Bahana TCW Investment Management adalah PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia dengan Trust Company of the West (TCW) sebuah perusahaan manajemen investasi yang telah mendapatkan izin Badan Pengawas Pasar Modal pada tahun 1995. Produk-produk yang dikeluarkan oleh Bahana TCW Investment Management adalah reksa dana pasar uang, reksa dana obligasi atau sukuk, reksadana campuran, dan reksa dana saham. Dana kelolaan dari Bahana TCW Investment Management pada bulan Juni 2022 adalah Rp40,14 triliun.

3. Batavia Prosperindo Aset Manajemen


Batavia Prosperindo Aset Manajemen. Sumber: Amii.or.id

Batavia Prosperindo Aset Manajemen merupakan manajer investasi yang telah ada sejak tahun 1996. Manajer investasi ini tergabung pada grup Batavia Prosperindo Internasional. Produk-produk yang dijual pada Batavia Prosperindo Aset Manajemen meliputi reksa dana pasar uang, reksa dana obligasi atau sukuk, reksadana campuran, reksa dana saham, dan exchange traded fund. Total dana kelolaan yang dimiliki oleh Batavia Prosperindo Aset Manajemen pada bulan Juni adalah Rp37,06 triliun.

4. Mandiri Manajemen Investasi


Mandiri Manajemen Investasi. Sumber: Mandiri-investasi.co.id

Salah satu manajer investasi terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Mandiri Manajemen Investasi. Mandiri Manajemen Investasi memiliki berbagai produk reksa dana yang ditawarkan seperti reksa dana saham, reksadana campuran, reksa dana pasar uang, reksa dana syariah, reksa dana terproteksi, dan reksa dana pendapatan tetap. Mandiri Manajemen Investasi ini diresmikan pada tahun 2004 dan bagian dari grup PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Dana kelolaan bulan Juli 2022 Mandiri Manajemen Investasi mencapai Rp36,50 triliun.

5. Sucorinvest Asset Management


Sucorinvest Asset Management. Sumber: Amii.or.id

Sucorinvest Asset Management adalah manajer investasi yang telah memperoleh izin sejak tahun 1999 melalui Keputusan Ketua Badan Pengawas Keuangan Pasar Modal dan Lembaga Keuangan. Manajer investasi ini menawarkan reksa dana saham, reksa dana syariah, reksa dana campuran, dan lain-lain. Dana kelolaan milik Sucorinvest Asset Management pada bulan Juni 2022 adalah Rp35,58 triliun.

6. BNI Asset Management


BNI Asset Management. Sumber: Bni-am.co.id

Manajer investasi BNI Asset Management mulai beroperasi pada tahun 1995. Namun, pada tahun 2011 BNI Asset Management melakukan spin off dari PT BNI Sekuritas. Produk yang ditawarkan pun beragam jenisnya mulai dari reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, reksa dana saham, reksa dana syariah, reksa dana terproteksi, dan reksa dana terbatas. Pada bulan Juni 2022, BNI Asset Management memiliki dana kelolaan sebesar Rp31.84 triliun.

7. Schroder Investment Management Indonesia


Schroder Investment Management Indonesia. Sumber: Schroder Hedge Funds

Schroder Investment Management Indonesia merupakan manajer investasi yang 99 persen sahamnya dimiliki oleh Schroders Plc dan telah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan pada April 1997. Produk-produk dari Schroder Investment Management Indonesia dibagi sesuai dengan tingkat risiko, misalnya reksa dana dengan tingkat risiko rendah, konservatif, moderat, hingga berisiko agresif. Kamu dapat membeli produk tersebut sesuai dengan tingkat risiko. Dana kelolaan Schroder Investment Management Indonesia pada bulan Juni 2022 adalah Rp29,21 triliun.

8. Danareksa Investment Management


Danareksa Investment Management. Sumber: Investasisyariah.info

Berdiri pada tahun 1992, Danareksa Investment Management adalah manajer investasi pertama di Indonesia yang mengeluarkan reksa dana open end, yaitu Danareksa Seruni, Danareksa Mawar, dan Danareksa Anggrek. Pada bulan Juni 2022, dana kelolaan milik Danareksa Investment Management mencapai Rp29,21 triliun rupiah.

9. Syailendra Capital


Syailendra Capital. Sumber: Bareksa.com

Manajer investasi Syailendra Capital mulai beroperasi pada tahun 2006. Ada beberapa produk yang ditawarkan oleh Syailendra Capital. Seperti reksa dana saham, reksa dana campuran, reksa dana indeks, reksa dana pasar uang, dan reksa dana pendapatan tetap. Pada bulan Juni 2022, dana kelolaan manajer investasi Syailendra Capital adalah Rp28,13 triliun.

10. Trimegah Asset Management


Trimegah Asset Management. Sumber: Trimegah-am.com

Manajer investasi terbaik di Indonesia yang terakhir adalah Trimegah Asset Management. Trimegah Asset Management adalah manajer investasi yang berdiri sejak tahun 2011. Trimegah Asset Management menyediakan berbagai produk investasi seperti reksa dana saham, reksa dana pendapatan tetap, dan discretionary fund. Trimegah Asset Management memiliki dana kelolaan bulan Juni 2022 sebesar Rp26,76 triliun.

Baca juga: 6 Investasi syariah untuk investor pemula beserta keunggulan dan risikonya

Demikian informasi mengenai 10 manajer investasi terbaik di Indonesia lengkap dengan dana kelolaan pada bulan Juni 2022. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari manajer investasi terbaik, ya!

Sekarang, melamar pekerjaan sangat mudah karena kamu bisa langsung melamar dari rumah dengan menggunakan platform EKRUT. EKRUT punya banyak informasi tentang dunia pekerjaan, lho! Kamu bisa mencari informasi seputar lowongan pekerjaan, diskusi tentang pekerjaan, dan berbagai kebutuhan lainnya terkait dengan pekerjaan.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, berbagai informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • ojk.go.id
  • bareksa.com
  • idxchannel.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    Biaya_Implisit_Adalah.jpg

    Lainnya

    Mengenal Perbedaan Biaya Implisit dan Biaya Eksplisit beserta Contohnya

    Mauditalani

    20 September 2022
    7 min read
    Mengenal_Apa_Saja_Kelebihan_dan_Kekurangan_Kartu_Debit_dan_Cara_Menjaga_Keamanannya.jpg

    Lainnya

    Debit Adalah : Pengertian, Kelebihan, dan Cara Menjaga Keamanannya

    Sylvia Rheny

    14 September 2022
    5 min read
    H1_fintech_indonesia.jpg

    Technology

    10 Aplikasi Fintech Indonesia Lengkap dengan Ruang Lingkup Bisnisnya

    Alvina Vivian

    12 September 2022
    6 min read

    Video