Published on

Careers

Mengenal Manfaat Power Nap "Tidur Ayam" di Tempat Kerja untuk Produktivitas Karyawan

Farah Reginda

H1_Mengenal_Manfaat_Power_Nap_Tidur_Ayam_di_Tempat_Kerja_untuk_Produktivitas_Karyawan_(1).jpg

Bagi mayoritas karyawan atau pekerja kantoran, punya kesempatan untuk istirahat adalah suatu kelegaan tersendiri. Tidak jarang juga banyak yang menggunakan waktu istirahat mereka untuk tidur selama setengah jam. Kebiasaan tidur yang jadi hobi mereka ini disebut power nap. Para pekerja ini bukannya malas. Power nap atau tidur ayam justru menjadi hal yang direkomendasi untuk dilakukan karena dapat meningkatkan produktivitas mereka! Kok bisa begitu, ya?

Apa itu power nap?


Tidur siang merupakan kebiasan baik yang dapat kamu terapkan untuk meningkatkan performa di kantor (Sumber: Freepik)

Secara teknis, power nap berarti tidur siang dalam waktu singkat. Jika kamu adalah karyawan kantoran, waktu yang paling pas adalah saat jam istirahat sekitar pukul 12.30-14.00. Jika kamu tidur lewat pukul 4 sore, kamu berpotensi tidak bisa tidur malam dengan nyenyak dan mengganggu siklus bangun-tidurmu.

Kelebihan power nap adalah tidak akan mempengaruhi kemampuan kita untuk tidur di malam hari. Menurut ahli, power nap membawa kita ke tahap tidur yang tidak terlalu lelap. Jika lebih dari durasi yang disarankan, maka kamu akan lebih susah bangun serta merasa pusing dan lebih mengantuk daripada sebelumnya.

Dikutip dari Cleveland Clinic, tidak ada aturan durasi power nap yang pasti. Namun, durasi 10-30 menit merupakan idealnya kamu untuk tidur sebentar. Waktu tidur ini sudah cukup untuk memberikan kamu keuntungan dari power nap tanpa efek samping.

Baca juga: Manfaat dan Pentingnya Work-Life Balance bagi Karyawan serta 5 Tips Mewujudkannya

Perbedaan power nap dengan tidur biasa


Siklus tidur yang dijalani saat tidur siang dan tidur malam berbeda (Sumber: Unsplash)

Walaupun aktivitas yang dilakukan sama-sama tidur, tidur siang atau power nap dengan tidur malam biasa memiliki esensi yang berbeda. Di power nap, durasinya yang singkat hanya membawa kamu ke tingkat kedua dan pertama tidur. Sementara, tidur malam adalah upayamu untuk menyelesaikan siklus tidur secara penuh, yang biasanya diulang setiap 90-110 menit. Kondisi otak akan kurang responsif dan lebih susah untuk dibangunkan.

Baca juga: Mudah, Ini 9 Cara Mempraktikan Mindfulness di Tempat Kerja

Beberapa macam tidur siang


Power nap merupakan pilihan tidur siang yang lebih baik karena durasinya yang pas dan sesuai dengan kelonggaran waktumu (Sumber: Pexels)

Kita sering dianjurkan untuk melakukan power nap. Namun, terdapat macam tidur siang lainnya yang mungkin lebih sesuai dengan kelonggaran waktumu. Di bawah ini adalah macam-macam tidur siang menurut durasinya.

1. Lazy man’s nap

Memiliki durasi terpanjang, lazy man’s nap dapat berlangsung selama 50-90 menit. Tidur siang ini biasanya dilakukan jika kamu telah melakukan aktivitas yang sangat menguras tenaga atau belum cukup tidur di malam sebelumnya. Namun, hati-hati kebablasan tidur lebih dari 90 menit. Selain membuatmu susah tidur di malam hari, potensi susah dibangunkan meninggi. Maka dari itu, lakukan lazy man’s nap 6 jam setelah bangun tidur biasa agar tetap bisa tidur malam.

2. Power nap

Teknik tidur siang ini paling disarankan. Durasi idealnya 15-20 menit dan tidak lebih dari 30 menit. Power nap sangat populer di kalangan pekerja kantoran dan melakukan multi-tasking. Kamu bisa melakukannya setelah makan siang pada jam istirahat. Ketika bangun, kamu akan merasa lebih segar dan dapat melanjutkan aktivitas kembali.

3. Nano nap

Nano nap merupakan bentuk tidur siang paling kilat di antara ketiganya. Durasi tidur siang ini hanya berkisar 2-5 menit. Teknik ini lebih cocok kamu lakukan ketika belum masuk waktu istirahat tapi kamu sudah sangat mengantuk dan ingin curi-curi waktu tidur 5 menit.

Baca juga: Cara Meditasi Sebelum Tidur selama 10 Menit dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Manfaat melakukan power nap


Power nap merupakan upaya untuk menyeimbangkan kesehatan mental dan fisik serta kinerjamu (Sumber: Pexels)

Power nap membawa perubahan yang signifikan khususnya untuk karyawan. Selama waktu bekerja, mereka dituntut untuk menjadi produktif dan mengerahkan performanya yang maksimal. Manusia tetap punya batasan, namun kamu bisa mengakalinya dengan tidur siang.

Banyak sekali manfaat dari power nap untuk kinerja di kantor yang lebih baik, di antaranya:

  • Merasa lebih segar dan bertenaga setelah bangun
  • Lebih rileks dan mengurangi rasa lelah dan stres
  • Meningkatkan daya ingat short-term dan long-term
  • Memperbaiki suasana hati
  • Meningkatkan konsentrasi dan kreativitas

Di ranah kesehatan fisik, power nap memiliki bermanfaat untuk menurunkan potensi penyakit jantung dan stroke. Daya imun tubuh juga meningkat. Tentunya, manfaat ini bisa kamu dapatkan jika power nap dilakukan sesuai anjurannya.

Baca juga: 14 Penyakit Akibat Kerja Berlebihan yang Sering Diderita Karyawan

Tips melakukan power nap


Pastikan alarm telah diatur agar kamu tidak kebablasan tidur siang dan justru memberikan impresi buruk pada perusahaan (Sumber: Unsplash)

Meskipun terkesan mudah untuk dilakukan, power nap harus dilakukan dengan benar agar manfaat yang diperoleh maksimal. Tidur siang bukan hanya sekedar menghilangkan kantuk saja, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat melakukannya.

  • Atur alarm dengan durasi yang disarankan agar tidak kebablasan. Jangan malas-malasan bangun setelah mendengarnya.
  • Jarak power nap dan tidur malam tidak boleh terlalu dekat agar kamu tetap bisa tidur malam dengan normal.
  • Hindari mengonsumsi kafein setelah jam 3 sore. Hal ini dapat mengganggu siklus tidurmu karena efeknya yang tahan cukup lama.
  • Cari tempat tidur siang yang nyaman juga. Apabila kantormu menyediakan ruang istirahat untuk tidur, gunakan dengan selimut dan bantal milikmu.
  • Jika kamu tidak terbiasa tidur siang atau tidak punya waktu untuk itu, kamu bisa mencoba meditasi kilat untuk mengembalikan tenaga dan semangat bekerjamu.

Baca juga: 7 Tips Manajemen Waktu yang Efektif untuk Mencapai Kesuksesanmu

Bagi yang sudah terbiasa, power nap membawa efek yang signifikan pada kinerjanya. Namun, jika kamu baru mulai, kamu boleh mencoba melakukannya dengan menyesuaikan waktu yang kamu punya. Intinya, kamu sebagai karyawan harus tahu kapan istirahat dan bekerja agar performa sekaligus kesehatan sama-sama baiknya!

Kalau kamu tertarik dengan artikel seperti ini, EKRUT memiliki banyak pilihan bacaan lainnya mengenai tips dan trik seputar kerja! Daftarkan dirimu ke EKRUT dan temukan banyak lowongan pekerjaan yang menantimu dan berbagai informasi lainnya!

Rekomendasi Bacaan:

Sumber:

  • medicalnewstoday.com
  • everydayhealth.com
  • clevelandclinic.org
  • healthline.com
  • hellosehat.com
  • sleepandheadache.com
  • verywellmind.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    zoom-fatigue-EKRUT.jpg

    Careers

    Hati-Hati Terkena Zoom Fatigue, Berikut 10 Cara untuk Mengatasinya

    Lita Lia

    07 July 2022
    6 min read
    contoh-surat-izin-tidak-masuk-kerja---EKRUT.jpg

    Careers

    6 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja beserta Cara Membuatnya

    Anisa Sekarningrum

    07 July 2022
    7 min read
    cara-interview-kerja-yang-baik-EKRUT.jpg

    Careers

    12 Cara Interview Kerja yang Baik Agar Bisa Diterima

    Lita Lia

    06 July 2022
    6 min read

    Video