Published on

Technology

Tech Savvy: Pengertian, Manfaat, 3 Skills, dan Tips Pentingnya

Algonz D.B. Raharja

H1_Tech_Savvy.jpg

Apakah kamu mengidentifikasi dirimu sebagai tech savvy? Atau, apakah kamu merasa dirimu cukup update dengan teknologi? Nah, jika kamu masih bingung mengenai apa itu tech savvy, maka sebaiknya kamu simak ulasan berikut ini.

Apa itu tech savvy?


Tech savvy adalah sebutan bagi seseorang yang memiliki pengetahuan dan keahlian luas di bidang teknologi modern seperti komputer (Sumber: Pexels)

Menurut Cambridge Dictionary, istilah tech savvy merupakan seseorang yang memiliki pengetahuan luas mengenai teknologi modern, khususnya komputer. Secara umum, tech savvy memang diartikan secara luas sebagai seseorang dengan pengetahuan baik tentang dunia teknologi modern.

Seorang tech savvy tidak hanya memiliki pengetahuan tetapi juga dapat menggunakan keterampilannya untuk memanfaatkan teknologi terkini. Sebagai seorang tech savvy, segala hal mengenai teknologi, khususnya komputer, bukan lagi menjadi hal yang asing. Sehingga, orang-orang dengan kemampuan tech savvy akan terus memperbarui pengetahuan mereka sepanjang teknologi berkembang.

Baca juga: Kenali Fear of Missing Out (FOMO)

Manfaat menjadi tech savvy


Salah satu manfaat menjadi tech savvy adalah memiliki banyak kemudahan hidup yang ditunjang oleh teknologi (Sumber: Pexels)

Berikut ini adalah manfaat menjadi tech savvy di dunia modern sekarang ini.

1. Memiliki daya cipta tinggi

Tech savvy umumnya diistilahkan dengan sebutan “melek teknologi”. Seorang tech savvy umumnya bisa memanfaatkan teknologi terkini untuk membuat hidupnya lebih mudah. Hal ini mungkin dapat dilihat dari bagaimana mereka menggunakan berbagai gawai untuk membantu daya kreatif mereka dalam menjalani hidup sehari-hari.

2. Melihat dengan cara berbeda

Seorang tech savvy umumnya melihat dengan cara berbeda karena mereka tahu bahwa segala sesuatu bisa dilakukan dengan dukungan teknologi. Prinsip hidup yang ringan dan tidak rumit diberlakukan oleh para tech savvy dalam kehidupannya sehari-hari. Hal ini misalnya dengan memanfaatkan beberapa aksesoris perangkat ponsel untuk melakukan presentasi, mencetak brosur, melihat buku menu, membayar makanan atau transportasi, dan sebagainya.

3. Menghemat waktu dan tenaga

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, seorang tech savvy memiliki kecenderungan hidup dengan usaha seminimal mungkin. Jika semua bisa dibantu oleh teknologi, maka ia akan menggunakan hal itu. Hal ini dapat menghemat waktu dan tenaga sehingga seorang tech savvy umumnya lebih luwes mengatur waktu untuk pribadi.

Baca juga: 5 Manfaat Talent Marketplace EKRUT Bagi HR dan Perusahaan

3 Skills penting bagi seorang tech savvy


Kemampuan penting yang umum dimiliki seorang tech savvy adalah fasih memanfaatkan mesin peramban di internet (Sumber: Pexels)

Di bawah ini adalah tiga kemampuan penting bagi seorang tech savvy yang umum diterapkan dalam pekerjaan sehari-hari.

1. Presentasi digital

Salah satu kemampuan penting bagi seorang tech savvy adalah presentasi digital. Presentasi digital ini berarti seseorang membutuhkan satu atau lebih perangkat untuk menjelaskan atau memaparkan pemikirannya secara interaktif dan menarik. Seorang tech savvy umumnya memiliki kemampuan untuk membuat presentasi semenarik dan sesederhana mungkin. Konten visual adalah salah satu andalan seorang tech savvy dalam merepresentasikan dirinya.

2. Kemampuan untuk deep browsing

Salah satu kemampuan penting lainnya bagi seorang tech savvy adalah menyoal pengetahuan untuk menggunakan mesin peramban sebaik mungkin. Dengan adanya kemampuan menelusur tersebut, seorang tech savvy akan menemukan berbagai kemudahan atau informasi secara cepat dan akurat. Umumnya, keahlian ini muncul saat menggabungkan beberapa kata kunci di mesin peramban untuk mendapatkan informasi tertentu.

3. Shortcut keyboard

Bagi seorang tech savvy yang pekerjaannya berbasis komputer, tentunya keahlian dalam pintasan keyboard menjadi salah satu hal umum. Berbagai tindakan di komputer pada dasarnya bisa dilakukan dengan rangkaian atau kombinasi beberapa tombol untuk dapat berjalan dengan cepat tanpa mencari satu per satu pada opsi. Penggunaan pintasan atau shortcut ini juga bisa menunjang efisiensi pekerjaan.

Baca juga: Ini Pengaruh Perkembangan Teknologi Terhadap Kehidupanmu

3 Tips mengasah skill seorang tech savvy


Seorang tech savvy bisa terus mengasah kemampuannya dengan membaca buku terkait teknologi maupun diskusi komunitas (Sumber: Pexels)

Selain menguasai beberapa kemampuan tertentu, seorang tech savvy juga bisa terus mengembangkan kemampuannya lewat berbagai treatment. Adapun tiga tips untuk mengasah skill seorang tech savvy adalah sebagai berikut.

1. Membaca buku teknis

Salah satu cara untuk mengasah skill seorang tech savvy adalah membaca atau mempelajari buku teknis mengenai teknologi-teknologi baru. Hal ini bisa dengan mudah dilakukan sembari mengisi waktu luang atau hanya sekadar membaca lewat situ-situs teknologi. Dengan memperkaya pengetahuan ini, nantinya seorang tech savvy bisa menemukan hal-hal baru mengenai pemanfaatan teknologi seperti ponsel maupun laptop.

2. Menonton video tutorial daring

Tips untuk mengasah kemampuan tech savvy yang satu ini adalah yang paling mudah dilakukan dan dipahami. Sebabnya, dengan melihat video tutorial ini seseorang dapat langsung melihat bagaimana suatu teknologi dimanfaatkan atau digunakan. Selain itu, dengan melihat video ini seorang tech savvy langsung bisa menerapkan atau mencoba penggunaan suatu teknologi secara interaktif.

3. Bergabung pada komunitas teknologi atau komputer

Umumnya, para pengguna perangkat lunak, aplikasi, hingga gawai macam ponsel dan laptop memiliki komunitas berbasis produk atau merek yang komunikatif. Komunitas ini tidak hanya ada di dalam bentuk grup-grup media sosial, tetapi juga di ranah terdekat, misalnya kota atau kabupaten. Dari diskusi-diskusi dalam komunitas semacam inilah diharapkan para tech savvy bisa saling tukar-menukar pengetahuan mengenai pemanfaatan teknologi modern yang terkini.

Baca juga: Ketahui Pentingnya Manfaat Literasi Digital dalam Perusahaan

Nah, kini kamu tentu sudah sedikit memahami apa itu tech savvy dan bagaimana mengasah kemampuan untuk menjadi tech savvy yang inovatif. Seorang tech savvy umumnya memiliki kepekaan untuk selalu belajar mengenai teknologi yang ada di sekitarnya. Teknologi ini lantas digunakan untuk mempermudah akses atau mempermudah kehidupan sehari-hari mereka.

Bagi kamu yang kini tengah memanfaatkan teknologi untuk mencari pekerjaan lewat situ-situs atau aplikasi talent marketplace, EKRUT hadir sebagai tempat yang tepat buat kamu. Kamu bisa mendaftar lewat EKRUT untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai karier dan kesempatan rekrutmen dari berbagai perusahaan bonafide di Indonesia. Kamu hanya perlu menyiapkan CV terbaik yang kamu punya lalu klik tautan di bawah ini untuk langsung mendaftar lewat EKRUT.

Sumber:

  • indeed.com
  • digitaldoughnut.com
  • businesstechweekly.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-cottonbro-7595266.jpg

    Technology

    YouTube Desktop Dashboard: Cara Mengukur Performa Konten Video yang Efektif di Tahun 2022

    Chrissila Jessica

    06 October 2022
    5 min read
    H1_cara_membuat_linktree.jpg

    Technology

    Cara Membuat Linktree dengan Mudah di Bio Instagram [2022]

    Alvina Vivian

    06 October 2022
    6 min read
    H1_Google_Meet.jpg

    Technology

    Mengenal Google Meet, Mulai dari Manfaat, Fitur, hingga Cara Menggunakannya

    Algonz D.B. Raharja

    06 October 2022
    5 min read

    Video