Published on

Careers

7 Platform Tes Psikotes Online untuk Kebutuhan Rekrutmen serta Tips Mengerjakannya

Tio Derma

h1_psikotes.jpg

Tes psikologi merupakan suatu bentuk penilaian yang dipersiapkan dan dilakukan oleh seorang psikolog atau tim HRD. Biasanya penilaian ini untuk mengetahui kemampuan dalam menalar, memecahkan masalah, kecerdasan bahkan perilaku calon karyawan. Biasanya ketika hendak melamar pekerjaan, sebelum sampai pada tahap wawancara atau interview, kamu harus melewati tahap psikotes untuk mengetahui kecerdasaan, karakter dan juga kepribadian kamu. Nah, artikel ini akan mengulas platform tes psikotes online untuk kebutuhan rekrutmen serta tips mengerjakannya. Untuk itu, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga: 12 Jenis Contoh Soal Tes Psikotes Beserta Tipsnya Agar Lolos Seleksi Kerja

Tujuan tes psikotes online dalam rekrutmen


Tujuan diadakannya psikotes salah satunya adalah dalam rangka seleksi penerimaan karyawan (sumber: pexels)

Tes psikotes kerja biasanya dilakukan oleh pihak ketiga yang bekerja sama dengan perusahaan atas tujuan untuk menjamin netralitas hasil penilaian terhadap calon karyawan. Tujuan diadakannya psikotes antara lain dalam rangka seleksi penerimaan karyawan, pemetaan karyawan, atau mengevaluasi performa dan kesiapan karyawan yang akan mendapatkan promosi.

Dalam dunia lowongan pekerjaan, tes psikotes menjadi salah satu rintangan yang wajib dilalui bagi pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan idamannya karena tes psikotes memberikan hasil nyata dari kepribadian seseorang. Oleh karena itu, kamu tidak bisa membohongi diri sendiri dan panitia dalam tes psikotes.

Jadi sebelum kamu melamar pekerjaan, sebaiknya kamu mempersiapkan secara matang terlebih dahulu terutama di tes psikotes. Tidak sedikit para pencari kerja yang sudah belajar banyak tentang psikotes namun tetap gagal. Tes psikotes tidak bisa kamu pelajari lebih dalam, artinya kamu tidak bisa menghafal jawaban apa yang akan kamu jawab di psikotes. Namun terlepas dari itu, kamu bisa sedikit memahami tentang cara pengerjaan soal psikotes.

Baca juga: 10 Jenis Psikotes Kerja yang Sering Digunakan dalam Proses Rekrutmen

7 Platform tes psikotes online untuk kebutuhan rekrutmen


Platform online psikotes menyediakan banyak jenis tes psikotes yang bisa dipelajari secara otodidak dan gratis (sumber: pexels)

Belajar psikotes di tempat kursus atau bimbel akan sangat mahal, dan itu belum tentu menjamin kamu lulus psikotes. Di zaman yang serba canggih ini, belajar psikotes pun dapat kamu akses dan pelajari secara otodidak. Kamu bisa mempelajarinya dengan cara membaca kumpulan tips, trik, dan soal-soal latihan di platform online. Platform online psikotes menyediakan banyak sekali jenis-jenis tes psikotes yang bisa kamu pelajari secara otodidak dan gratis.

Sekarang ini ada banyak sekali platform tes psikotes online yang tersedia dan bisa kamu jadikan referensi untuk belajar secara gratis. Dengan begitu, jika kamu gagal tes psikotes, kamu tidak merasa dirugikan karena kamu latihan tanpa mengeluarkan biaya. Berikut rekomendasi platform tes psikotes online untuk kebutuhan rekrutmen.

1. Nsd.co.id

Nsd.co.id adalah layanan psikotes online yang terintegrasi dalam aplikasi recruitment. Dengan sistem yang terintegrasi dengan aplikasi recruitment (job posting, psikotes online, database recruitment) membantu membangun pusat data dan mempermudah pengambilan keputusan dalam proses recruitment. Layanan dapat diakses via desktop maupun smartphone dengan menggunakan aplikasi browser atau aplikasi smartphone.

2. Psikotesyuk.com

Psikotesyuk.com menyediakan beragam jenis contoh tes psikotes online yang biasanya diselenggarakan oleh berbagai instansi dan perusahaan. Psikotesyuk memberikan lebih dari 100 kumpulan soal psikotes yang bisa kamu pelajari. Kamu juga bisa upgrade langganan ke premium untuk menikmati soal-soal lainnya yang lebih spesifik.

3. Latihanpsikotes.com

Latihanpsikotes.com selain menyuguhkan contoh-contoh tes psikotes, website ini juga memberikan banyak sekali artikel dan informasi yang bisa kamu nikmati sehingga kamu tidak hanya fokus kepada soal-soal tes psikotes, namun kamu juga mendapatkan kabar terkini serta tips dan trik untukmu.

4. Golife.id

Golife.id menawarkan berbagai layanan tes psikologi gratis untuk semua kalangan. Golife menawarkan berbagai simulasi tes psikotes online gratis untuk kebutuhan asesmen diri, tingkat intelegensi, kepribadian, dan kebutuhan tes penilaian kerja. Tes Psikologi Golife dirancang untuk mengeksplorasi diri agar mengetahui karakter dan potensi diri.

5. Ptesonline.com

Ptesonline.com memberikan lebih dari 1000 database soal psikotes dari berbagai jenis dan kategori, dengan hasil pengisian secara realtime. Kamu akan diberikan berbagai pilihan paket soal-soal tes yang bisa kamu kerjakan dalam waktu kurang lebih satu jam. Website ini merupakan sistem online psikotes yang hadir untuk memudahkan kamu dalam mencari dan melakukan pengisian psikotes.

6. Lokerpintar.id

Lokerpintar.id tidak hanya menyediakan contoh tes psikotes online, namun juga ada soal-soal tryout CPNS yang bisa kamu pelajari. Ada pula latihan interview, latihan tes TOEFL, serta IQ & personality test agar persiapanmu dalam mencari pekerjaan makin dalam dan matang.

7. Psikotesdaring.com

Psikotesdaring.com dapat membantumu mengetahui potensi profesimu. Dari hasil psikotes, seorang calon tenaga kerja bisa dilihat potensi serta kinerjanya. Tetapi, keputusan tidak dapat diambil hanya dari sebuah psikotest saja, dibutuhkan juga data pendukung yang langsung diberikan saat wawancara.

Baca juga: 7 Penjelasan dan tips psikotes gambar pohon agar memperbesar peluang kamu lolos

Tips mengerjakan tes psikotes online


Membangun kepercayaan diri ketika menjawab soal adalah salah satu tips mengerjakan tes psikotes online (sumber: pexels)

Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu dilakukan dalam mengerjakan tes psikotes online agar kamu mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Berlatih mengerjakan latihan soal
  2. Membangun kepercayaan diri
  3. Menghadiri psikotes dengan persiapan yang matang
  4. Pahami kebutuhan perusahaan
  5. Menjawab dengan jujur
  6. Menghindari kontradiksi dalam jawaban
  7. Bersikap tenang ketika menjawab soal

Baca juga: 10 Situs untuk Tes Psikologi Online Terpercaya untuk Semakin Mengenal Dirimu

Itulah platform tes psikotes online untuk kebutuhan rekrutmen serta tips mengerjakannya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untukmu, ya! Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • dreamtalent.id
  • nigelwright.com
  • smallbusiness.chron.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    23 September 2022
    7 min read
    persiapan-wajib-menghadapi-interview-EKRUT.jpg

    Careers

    6 Tips Persiapan Interview Kerja Untuk Mendapatkan Pekerjaan Idaman

    Maria Yuniar

    23 September 2022
    4 min read
    H1_1._Ditanya_Berapa_Gaji_yang_Anda_Inginkan__Ini_dia_Cara_Menjawabnya!.jpg

    Careers

    Ini Dia 4 Contoh Jawaban Pertanyaan Berapa Gaji yang Anda Inginkan

    Anisa Sekarningrum

    16 August 2022
    7 min read

    Video