Published on

Expert's Corner

Panduan 100 hari bekerja sebagai Tech Lead

Nur Lella Junaedi

100-hari-bekerja-sebagai-Tech-lead-EKRUT.jpg

Peran Tech Lead salah satunya adalah menjembatani antara kebutuhan tim produk dengan tim developer perusahan.

Terkadang peran ini tidak mudah untuk diemban oleh orang yang termasuk baru menjabat di perusahaan tersebut, lantaran proses adaptasi yang tidak mudah dilakukan.

Untuk memperlancar proses tersebut, coba perhatikan panduan kerja 100 hari pertama sebagai Tech Lead berdasarkan hasil wawancara bersama Ferdinand Dimas selaku Tech Lead di Tiket.com berikut ini,

Persiapan kerja 100 hari sebagai Tech Lead di Tiket.com

100 hari bekerja sebagai Tech Lead EKRUT 
Salah satu persiapan yang perlu disiapkan menjadi Tech Lead baru yakni kemampuan Tech stack-EKRUT  

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar proses kerjamu di perusahaan baru berjalan mulus. Salah satunya seperti:

Beradaptasi dengan tim kerja

Ferdinand selaku Tech Lead di Tiket.com mengatakan bila proses mengenal tim menjadi hal yang penting.

Bahkan sejak di bulan pertama dirinya datang, Ferdind selalu berusaha mengenal lebih dekat anggota timnya yang sebagian besar berasal dari tim engineering.

Tak hanya dengan tim engineering, ia juga mencoba mengenal pihak-pihak lain yang bekerja sama dengan timnya, mulai dari tim Scrum Master, DevOps, Quality Assurance, Product Manager, Engineering Manager maupun Tech Lead dari squad lainnya.

Membangun kepercayaan dan tanggung jawab

Berada di lingkungan baru dengan dikelilingi oleh teman-teman yang tidak dikenal sebelumnya menjadi suatu tantangan.

Apalagi sebagai Tech Lead baru kamu dituntut untuk membangun kepercayaan tim dan atasan senior.

Untuk mengatasi hal itu, Ferdinand biasanya akan melakukan pendekatan untuk mengenal timnya lebih dekat serta mengetahui karakter dari tiap orang.

Ia juga dituntut untuk bertanggung jawab dengan memberikan contoh yang benar terhadap bawahannya.

Dengan selalu menaati aturan perusahaan, seperti datang lebih pagi, memotivasi karyawan yang kurang bersemangat untuk bekerja.

Ferdinad juga selalu siap sedia, manakala ada pekerjaan yang harus diselesaikan di akhir pekan atau mengganggu jadwal cutinya.

Baca juga: Ragam hak cuti karyawan yang patut kamu ketahui

Mempelajari arsitektur sistem dari service

Di dalam IT, istilah service oriented architecture (SOA) dikenal sebagai  gaya desain perangkat lunak di mana layanan diberikan kepada komponen aplikasi, melalui protokol komunikasi dan jaringan.

Kemampuan arsitektur sistem ini memang diperlukan untuk posisi Tech Lead. Di mana nilai-nilai ini meliputi fleksibilitas, layanan berbagi, penyempurnaan evolusioner, tujuan strategis, nilai bisnis, dan interoperabilitas intrinsik.

Mempelajari Tech Stack

Seorang Tech Lead yang baru juga perlu mempelajari Tech stack.

Tech stack adalah kombinasi dari bahasa pemrograman, alat dan kerangka kerja yang digunakan oleh developer untuk membuat aplikasi situs dan seluler.  

Secara singkat, dalam istilah pengembangan Tech Stack ini merupakan tempat fondasi segala proses pengembangan itu berjalan.

Istilah ini kadang-kadang diterapkan untuk layanan pemasaran atau penjualan.

Mengetahui proses suatu proyek dikembangkan menuju ke production environment

Production environment yakni lingkungan yang dapat digunakan untuk memproduksi perangkat lunak. Perangkat lunak tersebut yang nantinya dapat digunakan dalam bisnis perusahaan

Mengenal tantangan 100 hari bekerja sebagai Tech Lead

100 hari pertama sebagai Tech Lead 
Tantangan sebagai seorang Tech Lead di antaranya harus mengenal ragam jenis service di perusahaan-EKRUT

Sebagai orang yang banyak bekerja dengan tim lain, seorang Tech Lead yang andal dituntut untuk dapat menjawab setiap tantangan yang muncul dari dalam tim atau luar tim. Nah beberapa tantangan itu menurut Ferdinand meliputi:

  • Mempelajari servis yang bukan berasal dari tanggung jawabnya, dengan kata lain bisa mencakup servis dari divisi lain yang meminta bantuan terhadap tim Tech Lead.
  • Seorang Tech Lead harus mampu mengetahui orang yang tepat diajak berkomunikasi agar servis dapat berjalan dengan lancar
  • Memastikan pengerjaan proyek dengan melihat kesiapan tim, lantaran dalam perjalanannya jumlah proyek terkadang tidak sebanding dengan jumlah tim yang memadai
  • Menjalin integrasi dengan keberadaan sistem yang sedang berjalan

Baca juga: Mau lebih handal? Intip 10 situs belajar PHP di sini!

Kesalahan yang harus dihindari dalam 100 hari bekerja sebagai Tech Lead

100 hari pertama sebagai Tech Lead 
Persyaratan yang tidak dipenuhi saat rilis jadi salah satu kesalahan Tech Lead-EKRUT

Untuk mendapatkan penilaian yang baik dalam 100 hari bekerja sebagai Tech Lead, kamu perlu menghindari beberapa kesalahan berikut ini,

  • Adanya persyaratan yang tidak terpenuhi saat rilis proyek
  • Komunikasi yang tidak terjalin baik antara anggota saat membagi tugas sehingga tidak satu pemikiran

Dari pemaparan di atas sekarang kamu sudah mendapat gambaran seperti apa pekerjaan sebagai Tech Lead itu, kan? Tidak mudah memang menjalankan tanggung jawab sebagai Tech Lead. Itu sebabnya kamu harus membiasakan diri untuk dapat bekerja dengan banyak  tim serta menjalin komunikasi yang baik dengan mereka.

Tips terakhir yang juga bisa kamu pakai agar 100 hari bekerja sebagai Tech Lead berjalan baik adalah dengan menuliskan hal yang kamu lakukan di hari tersebut serta menentukan prioritasnya.

Baca juga: 5 Manfaat ini alasan kamu harus ikut hackathon 

Jika kamu juga tertarik untuk memulai karier sebagai Tech Lead, cobalah mulai dengan mendaftarkan diri di talent marketplace seperti EKRUT. Pasalnya, dengan mendaftarkan diri kamu dapat membuka peluang bekerja di perusahaan impian lebih lebar.

100 hari bekerja sebagai Tech Lead EKRUT

Rekomendasi Bacaan: 

Tags

Share