Published on

Expert's Corner

Sales Advisor: Pengertian, deskripsi pekerjaan, skill-set, dan proyeksi karier di tahun 2022

Anisa Sekarningrum

H1_1._Sales_Advisor_Pengertian__deskripsi_pekerjaan__skill-set__dan_proyeksi_karier_di_tahun_2022.jpg

Sales advisor adalah penasihat penjualan yang memfasilitasi transaksi penjualan dengan memberikan saran kepada pelanggan tentang produk atau layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka dan mendorong pelanggan melakukan pembelian.

Apa itu sales advisor?


Sales advisor adalah staf yang bertanggung jawab langsung dengan pelanggan - Pexels

Sales advisor adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk mengembangkan, merencanakan, dan mengimplementasikan strategi penjualan perusahaan. Sales advisor adalah pekerjaan yang umumnya dicari oleh industri yang menjual produk dan layanan.  Umumnya, sales advisor adalah mereka yang bekerja sebagai penasihat bisnis dan menjadi pihak yang bertemu langsung dengan klien.

Tugas sales advisor adalah bekerja untuk menarik prospek menjadi pelanggan serta mampu meningkatkan penjualan. Tugas lainnya adalah menjelaskan fitur produk kepada pelanggan dan mencoba meyakinkan mereka untuk membeli produk tersebut dengan alasan yang realistis. Sehingga sales advisor membutuhkan ketahanan fisik yang baik, kemampuan organisasi dan multitasking, mahir menggunakan sistem komputer, dan memiliki pengalaman sales.

Baca juga: Mengenal tugas Sales Executive dan skill yang dibutuhkan

Deskripsi pekerjaan sales advisor?


Salah satu tugas sales advisor adalah membuat dan menganalisis strategi penjualan - Pexels

Tugas dari sales advisor adalah untuk mengidentifikasi dan mengamankan status pelanggan agar perusahaan dapat memperluas basis klien dan menghasilkan uang. Sejalan dengan tugas utama sales advisor adalah sebagai penjual produk dan layanan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan, mereka juga harus bisa menjelaskan fitur dan manfaat produk kepada pelanggan.

Tugas lain sales advisor adalah sebagai berikut.

1. Mengelola prospek

Sales advisor adalah mereka yang bertugas untuk mencari tahu siapa target pasar yang mungkin tertarik dan akan melakukan pembelian atas produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Pekerjaan ini juga termasuk menghubungi calon klien dan melakukan presentasi di tempat yang mungkin mereka kunjungi. Contohnya, sales advisor untuk perusahaan perangkat medis yang dapat menghubungi klien secara individu atau pergi ke konferensi dokter.

2. Berhadapan langsung dengan pelanggan

Tanggung jawab dari sales advisor adalah menyapa pelanggan saat mereka datang di toko, memenuhi kebutuhan pelanggan melalui email, panggilan telepon, atau kontak langsung. Sales advisor juga harus bisa menawarkan bantuan, mengambil inventaris produk toko, mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, menciptakan lingkungan yang menarik bagi pelanggan, dan memaksimalkan kemungkinan penjualan. Contohnya, seperti merekomendasikan produk toko yang sesuai untuk mereka hingga membantu pelanggan melakukan pembayaran.

3. Mempelajari produk atau layanan

Sales advisor membutuhkan pengetahuan yang luas mengenai produk atau layanan yang mereka jual. Mereka juga harus menjaga pengetahuan terkini tentang produk atau layanan untuk memberikan informasi yang berguna kepada pelanggan. Keahlian ini akan memberikan mereka kemampuan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan calon pelanggan.

4. Memberikan analisis dan memantau strategi penjualan

Seorang sales advisor juga perlu menganalisis, memantau, menerapkan kinerja dan strategi departemen penjualan, serta menyarankan solusi untuk mengoptimalkan dan meningkatkan penjualan.

5. Melatih karyawan lain dalam tim

Seorang sales advisor juga memiliki tanggung jawab untuk melatih karyawan di entry level untuk mempercepat pertumbuhan anggota tim penjualan baru. Hal ini dilakukan untuk dapat membantu tim sales mengembangkan prospek atau menginstruksikan tentang cara menyajikan penawaran perusahaan secara efektif.

Baca juga: 7 Pertanyaan interview kerja untuk Sales dan jawabannya

Skill-set untuk menjadi sales advisor


Salah satu skill-set menjadi sales advisor adalah bisa membuat dan menyajikan presentasi - Pexels

Beberapa skill-set yang dibutuhkan sales advisor adalah sebagai berikut.

1. Sales

Seorang sales advisor adalah mereka yang jenius dalam penjualan. Sales advisor harus bisa meyakinkan pelanggan untuk melakukan pembelian atau setidaknya menggoyah pikiran prospek agar mereka mau menjadi pelanggan.

2. Komunikasi

Kemampuan komunikasi yang baik dan efektif secara lisan dan tertulis sangat dibutuhkan oleh seorang sales advisor agar dapat menyampaikan informasi kepada pelanggan dan anggota tim sales lainnya. Keterampilan ini juga digunakan sales advisor untuk mendengarkan keluhan pelanggan dan berikan solusi untuk hal yang menjadi masalah tersebut.

3. Hospitality

Seorang sales advisor adalah orang yang memiliki hospitality tinggi, ramah, dan customer-oriented agar dapat mendorong penjualan dan memastikan bahwa pelanggan memiliki pengalaman berbelanja yang menyenangkan.

4. Time management

Sales advisor juga harus bisa mengelola waktu dengan baik untuk dapat memastikan tenggat waktu terpenuhi dan pelanggan dapat menerima respon dengan cepat.

Baca juga: 9 Skills ini kamu butuhkan untuk jadi Sales yang sukses

5. Fokus

Sales advisor adalah pekerjaan yang membutuhkan fokus tinggi pada hasil agar mereka bekerja lebih keras untuk mendapatkan pelanggan baru dan meningkatkan penjualan.

6. Gigih

Melakukan penjualan bukanlah hal yang mudah sehingga sales advisor membutuhkan kegigihan agar tidak mudah menyerah dan bisa terus mengejar target penjualan yang diberikan perusahaan dan target yang mereka tetapkan sendiri.

7. Dapat mengoperasikan komputer dan perangkat seluler

Seorang sales advisor juga harus bisa mengoperasikan komputer dan perangkat seluler. Contohnya, keterampilan dasar dalam melakukan pencarian di internet, riset, dan mengoperasikan Microsoft Office. Selain itu, dibutuhkan juga keterampilan manajemen basis data, komunikasi tertulis via surel atau pesan singkat, komunikasi lisan via telepon, dan keterampilan administrasi dasar lainnya.

8. Data Customer Relationship Management (CRM)

Seorang sales advisor harus bisa membaca dan mengumpulkan informasi tentang pelanggan yang diperoleh dari berbagai sumber seperti situs web perusahaan, live chat, media sosial, dan surel. Data Customer Relationship Management (CRM) ini akan digunakan untuk mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan dan apa yang mereka inginkan.

Dengan data ini, sales advisor dapat melaporkan kepada perusahaan tentang produk mana yang lebih banyak diinginkan pelanggan agar perusahaan dapat menghemat biaya produksi.

9. Presentasi

Sales advisor adalah garda terdepan yang mewakili perusahaan untuk berhadapan langsung dengan calon pelanggan sehingga mereka akan dituntut untuk bisa membuat dan melakukan presentasi di depan klien untuk menjelaskan mengenai produk yang ditawarkan.

Baca juga: 15 Tips presentasi yang efektif dan tepat untuk kebutuhanmu

Proyeksi karier sales advisor di tahun 2022


World Economic Forum menyebutkan bahwa pekerjaan yang berhubungan dengan sales termasuk dalam 10 jenis pekerjaan yang meningkat permintaannya di tahun 2022 - Pexels

Biro Statistik Tenaga Kerja di Amerika menyebutkan bahwa pekerjaan yang berhubungan dengan sales diproyeksikan tumbuh 5% sejak tahun 2014 sampai 2024. Sejak pandemi Covid-19, banyak sekali jenis pekerjaan yang hilang. Sebaliknya, pekerjaan yang berkaitan dengan sales terus menjadi vital bagi kesuksesan bisnis. Seiring pertumbuhan industri bisnis kembali setelah badai pandemi, kebutuhan akan staf sales pun juga meningkat secara bertahap. 

World Economic Forum menyampaikan bahwa pekerjaan di bidang profesional sales dan marketing termasuk dalam 10 jenis pekerjaan yang meningkat 133 juta lapangan pekerjaan dan permintaannya akan meningkat di tahun 2022. Namun, perubahan teknologi yang begitu cepat juga akan memberikan dampak kepada fungsi sales dalam tiga sampai lima tahun. Mulai dari Artificial Intelligence (AI), Machine Learnings, hingga Automation nantinya akan menjadi bantuan yang besar untuk tenaga sales.

Terlebih otomatisasi yang akan membantu tugas sederhana dan berulang yang dilakukan tim sales sehari-hari akan menjadi lebih efisien. Contohnya, seperti panggilan dengan klien untuk memberikan pengingat atau konfirmasi panggilan akan dibantu oleh software secara otomatis.

Sejumlah besar data yang dibutuhkan CRM juga nantinya akan dikelola oleh AI yang dapat memproses sejumlah data besar dalam sekejap. Sehingga dibutuhkan skill terutama di bidang teknologi dan penjualan agar dapat meningkatkan kemampuan percakapan dan navigasi penjualan yang kompleks secara efektif agar fungsi karyawan di bidang sales tidak sepenuhnya digantikan oleh komputer.

Pandemi Covid-19 juga membuat banyak karyawan ditugaskan bekerja dari rumah, tidak terkecuali dengan staf sales. Namun staf sales tidak akan bekerja 100% dari rumah, mereka harus bekerja dari kantor ditambah bekerja dari tempat klien untuk berinteraksi langsung dengan mereka.

Baca juga: 5 Skill yang dibutuhkan perusahaan pasca pandemi

Siap membuktikan skill kamu kepada perusahaan incaran kamu sebagai seorang sales advisor? Sambil mencari pekerjaan, coba daftarkan diri kamu untuk menjadi talent di EKRUT juga, ya! Semua proses dan bantuan professional di talent marketplace EKRUT gratis. Kamu – sebagai talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang di EKRUT!

Itu tadi informasi mengenai sales advisor, sekarang kamu sudah tahu mengenai skill yang dibutuhkan seorang sales advisor. Tonton juga video berikut ini mengenai skill incaran perusahaan pasca pandemi untuk membantu kamu mengetahui skill apa yang paling dibutuhkan di situasi saat ini.

sign up EKRUT

Rekomendasi Bacaan:

Sumber:

  • talentlyft
  • betterteam
  • resources.workable
  • jobhero
  • emblemwealth
  • varicent
  • forbes
  • hubspot

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_user_experience_adalah.jpg

    Technology

    User Experience: Pengertian, Tujuan, dan 7 Aspek yang Penting dalam Membangunnya

    Alvina Vivian

    01 July 2022
    6 min read
    H1_1._Impression_Definisi__Jenis_dan_8_Tips_Untuk_Meningkatkan_Impression.jpg

    Technology

    Impression: Definisi, Jenis, dan 8 Tips untuk Meningkatkan Impression

    Anisa Sekarningrum

    30 June 2022
    5 min read
    H1-Ketahui_Perbedaan_Efektif_dan_Efisien_Serta_Contohnya.jpg

    Careers

    Ketahui Perbedaan Efektif dan Efisien Serta Contohnya

    Lita Lia

    27 June 2022
    5 min read

    Video